cover
Contact Name
David
Contact Email
david_liauw@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
sisfotenika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
SISFOTENIKA
ISSN : 20877897     EISSN : 24605344     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA" : 8 Documents clear
SOLUSI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PROSES BISNIS PERUSAHAAN IKAN DALAM PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA PT NUSANTARA ALAM BAHARI Saragih, Hoga; ., Linardi
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.132 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.54

Abstract

Abstrak:Solusi Teknologi Informasi untuk Proses Bisnis Perusahaan Ikan dalam Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada PT Nusantara Alam Bahari. Dewasa ini tuntutan untuk membuat sebuah kegiatan bisnis yang makin terintegrasi semakin tinggi, ini disebabkan oleh makin kompleksnya proses bisnis dan kegiatan usaha yang makin berkembang. Aliran data dan proses bisnis harus cepat mengalir dari satu bagian ke bagian yang lain yang mempunyai kepentingan akan proses dan data tersebut, misalnya kegiatan penjualan mengalirkan data dari bagian penjualan, ke bagian persediaan barang, kemudian ke bagian keuangan, kemudian ke bagian pembelian dan pengadaan barang, dan berakhir hingga ke tangan pembeli barang. Setiap perusahaan mencoba untuk menerapkan teknologi informasi agar dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam proses bisnis, hal ini bertujuan agar mampu memberikan nilai tambah yaitu berupa competitive advantage dalam persaingan bisnis.Untuk itu penerapan teknologi informasi adalah sangat penting dalam mendukung proses bisnis dalam perusahaan. Rencana strategis perusahaan adalah suatu rencana jangka panjang yang bersifat menyeluruh, memberikan rumusan ke mana perusahaan akan diarahkan, dan bagaimana sumberdaya dialokasikan untuk mencapai tujuan selama jangka waktu tertentu dalam berbagai kemungkinan keadaan lingkungan sehingga lebih efektif dalam menggunakan sumberdaya. Untuk itu perlu adanya perencanaan strategis teknologi informasi pada PT Nusantara Alam Bahari Jakarta. Kata kunci: IT Strategic Planning, PT Nusantara Alam Bahari, arsitektur jaringan, arsitektur basis data, arsitektur aplikasi, SDM.
PERANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB PADA PT. BANK INTERNASIONAL INDONESIA CABANG PONTIANAK ., Hasan
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1320.179 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.55

Abstract

Abstract:Design of Customer Relationship Management Web-Base Application for PT Bank Internasional Indonesia, Tbk. branch of Pontianak. This study aims to to develop an CRM application to provide the best services to their customers, and than to ccommodate some complaints from the customers, and manage relationships with customers in order that the customer loyalty is remains awake and does not switch to another bank. Designing CRM begins with identifying the needs of the system, and than created the system design with UML diagrams. The result is an web-based application of CRM that has the facility to manage customer data, banking product display, and display the frequently ask questions FAQ). It also includes complete customers personal data which includes date of birth, hobbies and habits of the customer must be clearly understood by the CSO or relationship officer to support services exclusively to customers who have given a major contribution to the BII branch of Pontianak. Keywords: customer relationship management, web-based application, customer services
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN MEMILIH PAKET WISATA DENGAN METODE CASE-BASED REASONING Kosasi, Sandy
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1175.497 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.50

Abstract

Abstrak: Sistem Penunjang Keputusan Memilih Paket Wisata dengan Metode Case-Based Reasoning. Pemilihan paket wisata sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia dalam kehidupan masyarakat saat ini dengan tujuan menurunkan tingkat tekanan dalam bekerja. Kenyataan ini membutuhkan sebuah aplikasi sistem penunjang keputusan yang dapat memberikan solusi untuk menentukan pilihan paket tour wisata. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode CBR (Case-Based Reasoning). Untuk penelusuran kasus menggunakan logika fuzzy dan perhitungan similarity dengan teknik nearest neighbor. Metode analisis dan perancangannya menggunakan OOAD (Object-Oriented Analysis and Design) dan untuk pengujiannya menggunakan metode pengujian basis kasus dan penerimaan pengguna (acceptance test). Hasil penelitian dapat membantu meningkatkan kinerja pada CV. Putera Tour & Travel melalui pemberian solusi pemilihan paket wisata yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen secara cepat dan akurat dengan batasan jumlah anggaran yang tersedia.Kata Kunci: case-based reasoning, logika fuzzy, object-oriented analysis and design, prototipe, acceptance test
MENILAI KINERJA TATA KELOLA TI DI DOMAIN DELIVERY DAN SUPPORT PADA “MK” DENGAN MENGGUNAKAN COBIT Wingdes, Irawan
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.862 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.56

Abstract

Abstrak: Menilai Kinerja Tata Kelola TI di Domain Delivery dan Support ada “MK” dengan Menggunakan Cobit. Penilaian kinerja pada tata kelola TI menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan menyelenggarakan TI di perusahaan. Pada perusahaan UKM lokal seperti MK yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun, kinerja TI dinilai berdasarkan kerangka kerja cobit dengan pembatasan hanya di domain delivery dan support. Riset dilakukan dengan eksploratif yang diikuti dengan deskriptif. Hasil riset eksploratif menunjukkan bahwa untuk industri yang sama, maturity level masih berada pada tingkat yang rendah. Untuk MK sendiri, hasil menunjukkan maturity level yang cukup sesuai dengan target pemilik. Namun, terdapat perbedaan persepsi antara pemilik bisnis dan pengguna TI.Kata Kunci: Maturity level, Cobit, IT Governance
PERANCANGAN APLIKASI INFORMASI TITIK GEMPA DI INDONESIA BERBASIS ANDROID Susanto, Cucut
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.809 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.51

Abstract

Abstract: Design of Earthquake Point Information Android-Base Application in Indonesia. Indonesia is a country located in the ring of fire or fire circle where an area often experience earthquakes and volcanic eruptions caused by the friction of the earth. This area is shaped like a horseshoe covers an area of 40,000 km long. Thus require an information about the rapid earthquake information and notifications directly in order to avoid things that are not desirable. For example, when the earthquake and tsunami in Aceh on Sunday morning, December 26, 2004. Magnitude 8.5 on the Richter scale resulted Approximately 500,000 lives lost in an instant around the edge of the world that is directly adjacent to the Indian Ocean. And Indonesia alone Approximately 126,000 casualties casualties. This is all due to the lack of information about earthquake faced. The purpose of this study is: to design an application that can provide location information where the latest quake which areas are affected by the earthquake by using mobile devices and can provide locations of seismic information can be viewed as Maps and Google Maps. The research method is the Data Collection Techniques to approach literature studies and experiments and observations.The results showed that the application provides a solution to the Indonesian public about the latest earthquake information, so that information is mobile earthquake can be accessed anytime and anywhere with the help of BMKG. Keywords: Design, Point Earthquake, Android.
ROBOT PENYORTIR BENDA BERDASARKAN WARNA MENGGUNAKAN SENSOR WARNA TCS3200 Andrian, Yudhi
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.297 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.57

Abstract

Abstract : Color Based Sortir Robot Using TCS3200 Color Sensor. A robot arm that can sort objects based on color has been designed. Color sensor that has been used is TCS3200 that can recognize RGB color of an object. Objects that will be sorted, it’s moved by conveyor to the color objects reading room. When the infrared sensor hit the object, the conveyor will stop, so that the position of the object is exact below the color sensor then the color sensor reads the object color. DFRobot Adjustable Infrared Sensor Switch is used to determine whether the objects that have come out of the color reading room was ready to lifted by a robotic arm to be moved into the place. Robot arm consists of 4 pieces of servo, that each has a different function. A robot arm consists of gripper, elbow, shoulder, and site. From the research it can be concluded that the TCS3200 sensor can read RGB color of objects very well, a very small percentage of errors reading that’s 0.04%, a very high of sensor accuracy that’s reaches 99.96%. Keywords: Color Sensor, Robot Arm, Microcontroller, AVR ATMega8535, TAOSTM TCS3200D, DT Sense Color
STRATEGY SELECTION ON SOFTWARE INDUSTRY BASED ON GE MULTI-FACTORS PORTFOLIO MATRIX Akbar, Rufman Imam; Mardiyana, Muh.; Riyanto, Slamet
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1320.179 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.52

Abstract

Abstract:Strategy Selection on Software Industry Based on Ge Multi-Factors Portfolio Matrix. Based on some data, we found that half of software project had been fail to fulfill their needs for information processing, storage, search, and retrieval. Almost 53 percent were completed, but they were over-budget and over-schedule and did not meet the original specifications. Even most of the problem came from process of the development – the impact are to software industry. This study try to apply GE Multifactors Portfolio Matrix on Software Industry to see position based on Business Strength and Industry Attractiveness.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS Yuliani, I Dewa Ayu Eka
SISFOTENIKA Vol 3, No 2 (2013): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.814 KB) | DOI: 10.30700/jst.v3i2.53

Abstract

Abstrak:Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan terbaiknya dapat mendorong setiap karyawan untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik bagi perusahaan dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya di perusahaan. Pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan terbaik dapat dilakukan perusahaan dengan cara menilai kinerja yang telah dilakukan oleh karyawannya dalam jangka waktu tertentu. Penilaian kinerja karyawan di pada KFC Gajah Mada Pontianak dipengaruhi oleh beberapa kriteria yaitu cleanliness (kebersihan), hospitality (keramahtamahan), accuracy (ketepatan), maintenance (perawatan peralatan), productquality (kualitas produk), speed kecepatan). Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan terbaik menggunan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dimana proses pengambilan keputusan dilakukan dengan menilai alternatif pilihan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Perhitungan dari metode AHP memberikan hasil yaitu urutan tingkat kepentingan kriteria dan rekomendasi karyawan terbaik, dimana urutan kriteria yang paling penting dimulai dari product quality, cleanliness, accuracy, maintanace, speed, dan hospitality. Perhitungan matriks alternatif menghasilkan nilai 53% untuk Juliansyah, 24% untuk Novi Natalia, dan 23% untuk Lenny, dan karyawan yang direkomendasikan sebagai karyawan terbaik untuk KFC Gajah Mada Pontianak adalah karyawan dengan memiliki nilai tertinggi yaitu Juliansyah.Kata Kunci: Keputusan, Analytical Hierarchy Process, Karyawan Terbaik. Abstract: Decision

Page 1 of 1 | Total Record : 8