cover
Contact Name
David
Contact Email
david_liauw@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
sisfotenika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
SISFOTENIKA
ISSN : 20877897     EISSN : 24605344     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA" : 10 Documents clear
Pengolahan Citra Negatif Klise Menjadi Citra True Color Dengan Matlab Surya Saputra, Dhanar Intan; Triwibowo, Muhammad Agus; Noeris, Muhammad Faiz; Alasad, Maskur
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.795 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.123

Abstract

Mulai berkurangnya tempat untuk mencetak foto dari klise membuat masyrakat kesulitan untuk mencetak klise miliknya. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sebuah aplikasi dan alat yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan citra true color dari klise secara mandiri.Aplikasi berbasis komputer untuk pengolahan citra negatif menjadi citra true color yang menggunakan fungsi dari matlab ini merupakan proses memasukkan informasi berupa citra negatif yang diakuisisi dengan menggunakan alat scan klise sederhana ke dalam komputer. Selanjutnya komputer mengolah citra negatif yang telah dimasukkan dan memberikan keluaran yang berupa citra true color. Kami juga menambahkan beberapa fitur tambahan seperti memberikan keluaran yang berupa grayscale, dan juga histogram dari citra yang telah diproses, fitur lainnya adalah mengirim citra hasil pengolahan melalui email dan menyimpan hasil citra kedalam komputer.
Pengukuran Customer Satisfaction Index Terhadap Pelayanan di Century Gym Budhi, I gede kt. Tjahyadi Putra; Sumiari, Ni Kadek
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.262 KB)

Abstract

Kepuasan adalah penilaian terhadap suatu produk dengan membandingkan kenyataan dan harapan pada produk tersebut. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas dan kesetiaan pelanggan. Kepuasan Pelanggan memberikan dampak positif pada kelangsungan suatu organisasi dan dapat memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan yang baru. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan adalah salah satu cara dari century Gym untuk menjaga kualitas pelayanan terhadap pelanggan.Customer Satisfaction Index adalah metode untuk mengukur kepuasan pelanggan berdasarkan atribut yang akan diukur seperti keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kinerja pelayanan, fasilitas dan penanganan keluhan pelanggan dari Century Gym. Hasil dari penelitian ini adalah perhitungan tingkat kepuasan pelanggan di Century Gym yang dinilai dari atribut  bukti fisik (tangible) keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persetase tingkat kepuasan konsumen dari kelima atribut tersebut. Perhitungan ini bermanfaat bagi organisasi untuk mengetahui tingkat kepentingan pelanggan dan kinerja organisasi menurut persepsi pelanggan. Selain itu dengan adanya penelitian ini juga bisa diketahui kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan dan mendorong upaya peningkatan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan century gym.
Pemanfaatan Jquery Mobile Untuk Merancang Aplikasi Kinerja Salesman Syarifudin, Gusti; Yuliani, I Dewa Ayu Eka
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2039.75 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi kinerja salesman yang menggunakan mobile device dengan framework JQuery mobile yang mempermudah proses pencatatan orderan, pengecekan stok dan mengontrol sistem kinerja salesman. Penelitian ini, menggunakan metode research and development sebagai bentuk penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Pemodelan sistem menggunakan unified modeling language, sedangkan metode perancangan aplikasi menggunakan agile software development method dengan pendekatan extreme programming. Untuk membangun web mobile menggunakan bahasa pemrograman PHP (hypertext preprocessor) dengan framework JQuery mobile dan database MySQL. Penelitian ini menghasilkan fitur login salesman, fitur indent, fitur pengontrol kinerja salesman dan menampilkan laporan penjualan secara periode tertentu yang dapat diakses dari perangkat mobile salesman.
Implementasi Fuzzy - Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa Kartika, Nanny Fajar; ., Suprayogi
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.815 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.132

Abstract

Setiap mahasiswa tentunya ingin mendapatkan kualitas pelayanan pendidikan yang optimal dan sesuai dengan harapan mahasiswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui seberapa besar tingkat puas atau tidaknya mahasiswa terhadap kualitas layanan pendidikan yang diberikan oleh pihak universitas. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung nilai fuzzifikasi, defuzzifikasi, serta perhitungan nilai GAP antara persepsi dan harapan mahasiswa. Dengan hasil yang diperoleh, dapat membantu pihak Universitas Dian Nuswantoro dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan dalam hal bidang akademik, dan sarana prasarana. Dari hasil pengolahan data menggunakan metode fuzzy-servqual (service quality) diperoleh hasil yang memiliki gap terbesar dan perlunya ada perhatian khusus dan perbaikan dari pihak universitas yaitu gap dengan nilai terbesar adalah atribut kenyamanan, kebersihan dan ketersediaan lahan parkir dengan nilai gap sebesar (-2.55), kemudian peringkat kedua yaitu pada atribut ketersediaan bandwidth hotspot dengan nilai gap (-2.523), selanjutnya atribut ketersediaan green area dengan nilai gap (-2.521). Dari hasil perhitungan Gap secara keseluruhan menunjukkan bahwa nilai gap negative dengan arti yaitu persepsi atau layanan yang diterima mahasiswa tidak sesuai dengan harapan mahasiswa
Perancangan Desain Brosur Penunjang Informasi dan Promosi pada SMA Pribadi 2 Febriyanto, Erick; Mutakin, Ainul; Armansyah, Fernanda Setyobudi
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.705 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.133

Abstract

Promosi pada umumnya dilakukan untuk memperkenalkan atau memberitahu sebuah informasi mengenai produk atau jasa yang dimiliki oleh suatu instansi yang tujuannyaadalah untuk mempengaruhi atau menarik minat para masyarakat untuk mencoba dan membeli, atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh instansi tersebut. Banyak dari peruashaan atau instansi menggunakan jenis media cetak untuk mempromosikan produk atau jasa salah satunya yaitu brosur. Brosur adalah jenis media informasi yang berupa selembar kertas yang didalamnya terdapat informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan agar produk dan jasa tersebut dapat dikenal dimasarakat. Seperti yang dilakukan oleh Yayasan Perguruan Pribadi ialah salah satu instansi yang bergerak dalam bidang pendidikan di Kota Tangerang. Untuk meningkatkan jumlah peserta didik baru disetiap tahunnya maka SMA Pribadi 2 Kota Tangerang harus memiliki sebuah media promosi dan informasi yangdapat menarik dan mencakup seluruh fasilitas dan aset yang ada di pada SMA Pribadi 2 Kota Tangerang. Oleh karena itu melalui Perancangan Desain Brosur Penunjang Informasi dan Promosi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah siswa siswi SMA Pribadi 2 Kota Tangerang ditahun berikutnya dan SMA Pribadi 2 Kota Tangerang dapat dikenal lebih luas agar para masyarakat dapat menimbah ilmu pada SMA Pribadi 2 Kota Tangerang.
Sistem Informasi Eksekutif STMIK Atma Luhur Dengan Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Website Wahyuningsih, Delpiah; Hamidah, Hamidah
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.733 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.126

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Atma Luhur adalah sekolah tinggi komputer satu satunya di kepulauan Bangka Belitung. STMIK Atma Luhur mempunyai 3 eksekutif yaitu Yayasan pendidikan Atma Luhur, Ketua STMIK Atma Luhur dan Pembantu ketua I bidang akademik. Semua bagian yang ada di STMIK Atma Luhur akan bertanggung jawab langsung kepada 3 eksekutif tersebut sehingga menghasilkan keputusan yang simpang siur atau berbeda setiap eksekutif. Dengan adanya perbedaan keputusan, maka akan menyebabkan masalah serius yang akan menghambat perkembangan dan kemajuan STMIK Atma Luhur. Sistem pengambilan keputusan eksekutif masih dilakukan secara manual untuk semua bagian. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan semua eksekutif dalam memantau semua kegiatan baik kegiatan akademik dan non akademik dengan penerapan Customer Relationship Management (CRM). Pemilihan motode Customer Relationship Management (CRM), karena akan menambah ketertarikan semua bagian dalam mengisi data semua kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan, sehingga semua kegiatan pada STMIK Atma Luhur dapat terkontrol dengan baik oleh semua eksekutif.
Desain Media Komunikasi Visual Berbentuk Tabloid Sebagai Sarana Promosi SMK Mandiri 2 Maulani, Giandari; Janah, Siti Nur; Mahbubi, Yuri Alam
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.777 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.134

Abstract

SMK Mandiri 2 merupakan salah satu lembaga pendidikan yang membutuhkan promosi dalam memperkenalkan sekolahnya kepada masyarakat. Pembuatan desain media komunikasi visual ini akan dijadikan sebagai media informasi dan promosi SMK Mandiri 2. Untuk metodologi yang digunakan pada penelitian ini, diantaranya metode analisis permasalahan, metode pengumpulan data, metode analisis perancangan dan metode konsep desain. Permasalahan yang ada saat ini SMK Mandiri 2 dalam menunjang kegiatan promosinya belum menggunakan media komunikasi visual dan berdasarkan analisis permasalahan tersebut maka dibuatlah desain media komunikasi visual dalam bentuk Tabloid yang bertujuan agar promosi dengan tabloid dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi, terutama menerapkan strategi pemasaran yang menarik minat calon siswa-siswi baru. Dalam menunjang kegiatan promosinya pihak sekolah membutuhkan sebuah media komunikasi visual yang dinilai efektif maka melalui desain media komunikasi visual berbentuk tabloid ini diharapkan dapat memberikan banyak informasi, diterima berbagai kalangan, serta dapat meningkatkan nama baik sekolah SMK Mandiri 2 agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Peningkatan Rank Webometrics Menggunakan Metode Inbound Dan Outbound Pada Perguruan Tinggi Rahardja, Untung; Dewi, Endah Nirmala; Lutfiani, Ninda
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (785.193 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.129

Abstract

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi saat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan daya saing perguruan tinggi yang berkualitas. Untuk mengetahui kualitas dan peringkat suatu perguruan tinggi terbaik maka diperlukan adanya parameter. Pemeringkatan webometrics adalah salah satu parameter penilaian terhadap kinerja web universitas dunia yang semakin menjadi perhatian khusus di kalangangan akademisi. Sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan ilmu komputer dengan selalu mengutamakan mutu, Perguruan Tinggi Raharja juga turut serta dalam peringkat webometrics untuk bersaing dengan perguruan tinggi tingkat dunia. Webometrics memberikan informasi mengenai kualitas suatu web universitas yang didukung dengan adanya subdomain dari domain utama yang dimiliki setiap universitas yang sudah mendaftarkan untuk bisa masuk dalam ranking webometrics ini. Semakin kecil rank yang di dapat maka semakin besar peluang untuk  menduduki peringkat atas. Adapun kriteria atau level yang dibuat menggunakan metode pendekatan obyek 10 level inbound, hal ini untuk memudahkan penyebaran link agar sesuai dengan target yang diharapkan dan lebih meluas sehingga mencapai hasil yang maksimal untuk mencapai predikat perguruan tinggi yang masuk dalam World Class University (WCU).
Visualisasi Berbasis Naive Bayes untuk Pemetaan Penyebaran Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Prasetio, Yoga; Haryanto, Hanny
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.369 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.135

Abstract

Di daerah yang terjadi banyak kasus penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), data-data yang telah terkumpul tidak digunakan dengan maksimal dan  hanya digunakan untuk kebutuhan operasional. Padahal dengan adanya proses klasifikasi yang benar akan membantu dalam menemukan pola pembeda kelas dan membantu prediksi pola agar mempermudah dan tepat sasaran sesuai dengan Program Pemberantasan ISPA. Masyarakat pun dapat mengetahui tentang apa itu ISPA dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit ISPA sehingga membentuk masyarakat tanggap ISPA. Klasifikasi secara otomatis dapat dilakukan menggunakan kecerdasan buatan, salah satunya dengan metode Naive Bayes. Naive bayes adalah metode yang melakukan proses klasifikasi berdasarkan teorema bayes. Metode diterapkan dalam data penyakit ISPA dan melakukan klasifikasi berdasarkan data tersebut. Dengan demikian, informasi visual tentang  penyebaran penyakit ISPA dapat disajikan lebih detail sehingga membentuk masyarakat tanggap ISPA dan membantu pihak medis untuk menyelesaikan target pemberantasan penyakit ISPA P2 dari Dinas Kesehatan. Hasil dari penelitian ini adalah visualisasi yang digunakan untuk pemetaan penyebaran penyakit infeksi saluran pernafasan akut berbasis klasifikasi menggunakan Naive Bayes.
Sistem Informasi Geografis Objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara Berbasis Mobile Android Kurniawan, Helmi; Tanjung, Muhammad Rusdi
SISFOTENIKA Vol 7, No 1 (2017): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.72 KB) | DOI: 10.30700/jst.v7i1.130

Abstract

Provinsi Sumatera Utara merupakan propinsi yang sangat di kenal karena memiliki daerah wisata yang banyak pada setiap kabupaten bahkan sampai kecamatan yang ada di Sumatera Utara.  Sistem informasi yang menyajikan informasi daerah-daerah wisata Sumatera Utara telah banyak dibuat. Namun hanya menampilkan gambar dan namanya saja yang disajikan dalam bentuk peta, media iklan surat kabar dan web yang belum menyajikan petunjuk langsung ke lokasi wisata yang dituju. Permasalahan yang didapat dari informasi media tersebut bagi wisatawan adalah tidak mendapatkan pentunjuk langsung lokasi wisata letak posisi secara geografisnya. Hal ini dibutuhkan teknologi yang dapat menyajikan infromasi objek wisata yaitu Sistem informasi geografis (SIG) Seperti hal dengan informasi yang memberi penjelasan dalam informasi wisata harus meliputi data dan gambar yang nyata dan benar. Sehingga para wisatawan yang ingin bepergian ke Propinsi Sumatera Utara tetapi masih belum tahu lokasi atau tempat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi dapat mengetahuinya. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis menggunakan pendekatan pada model pemetaan digital berupa SIG dengan berbasis mobile android memanfaatkan google maps sebagai peta digital.  Metode yang di pakai dalam peneltian ini dengan menggunakan UML (Unifed Modeling Language), program PHP, java dan database MySQL sebagai penyimpanan data. Sistem informasi Geografis (SIG) objek wisata alam ini memiliki dua program yaitu program admin untuk mengelola data wisata berbasis web dan program user untuk menampilkan objek wisata berbasis mobile android. Sistem informasi geografis ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kecepatan kepada masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai Objek Wisata Alam di Propinsi Sumatera Utara.

Page 1 of 1 | Total Record : 10