cover
Contact Name
David
Contact Email
david_liauw@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
sisfotenika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
SISFOTENIKA
ISSN : 20877897     EISSN : 24605344     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA" : 10 Documents clear
Integrasi Sistem Informasi Akademik STMIK Pontianak Dengan Metode Togaf Architechture Development Method Kurniawan, Hendra; Rosidi, Abidarin; Al Fatta, Hanif
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.278 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.160

Abstract

STMIK Pontianak adalah perguruan tinggi swasta yang berbasis pada teknologi informasi. Saat ini kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh masing-masing bagian tersebut dilakukan secara terpisah tanpa adanya keterkaitan antara data. Salah satu tujuan dari perencanaan Architecture Enterprise adalah menciptakan keselarasan antara bisnis dan teknologi informasi bagi kebutuhan organisasi. Melakukan perencanaan Architecture Enterprise diperlukan metodologi yang lengkap serta mudah digunakan. TOGAF ADM merupakan metodologi yang lengkap dan jelas. Penekanan pembahasannya penelitian ini hanya pada tahap 4 (Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architectur dan Technology Architectur) sehingga menghasilkan sebuah Blueprint yang nantinya bisa dijadikan oleh organisasi sebagai acuan pengembangan sistem informasi yang terintegrasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi dokumentasi dan akses internet. Observasi atau pengamatan secara langsung dilakukan untuk mendapatkan permasalahan dan kendala berbagai fenomena yang terjadi (situasi, kondisi) di STMIK Pontianak. Wawancara dilakukan terhadap pejabat struktural dan staf di lingkungan STMIK Pontianak. Hasil dari analisis penerapan metode TOGAF ADM, diperoleh 31 kandidat aplikasi dan 26 kandidat entitas data untuk mendukung sistem informasi akademik terintegrasi di STMIK Pontianak. sedangkan hasil akhir adalah berupa pemodelan Architecture Enterpriseyang memberikan panduan dalam membuat cetak biru sistem informasi terintegrasi.Kata kunci – Integrasi sistem informasi, The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Architecture Development Method (ADM), Blueprint
Penerapan Zachman Framework dalam Merancang Customer Relationship Management pada Bank Perkreditan Rakyat Yuliani, I Dewa Ayu Eka
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1561.943 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.181

Abstract

Penggunaan Zachman Framework sebagai arsitektur dalam merancang customer relationship management bertujuan untuk menggambarkan arsitektur organisasi secara umum dan menguraikannya sebagai sistem informasi perusahaan yang lebih kompleks. Pada penelitian ini Zachman Framework digunakan untuk membangun rancangan arsitektur dari Customer Relationship Management pada BPR Tamara Dana Khatulistiwa. Matriks dari Zachman Framework yang digunakan adalah ukuran 3 x 5 dimana setiap kolom mempresentasikan data, proses dan jaringan yang menjelaskan pengertian dan berkenaan dengan hal signifikan dari perusahaan, tentang informasi apa yang akan ditangani, sedangkan setiap baris mempresentasikan scope description, model of the business, model of the information sistem, technology model, dan technology definiton. Hasil dari penerapan Zachman Framework untuk merancang CRM adalah peningkatan layanan terhadap nasabah dengan membuat desain sistem, yang dimodelkan dengan menggunakan diagram UML, dan rancangan aplikasi CRM berbasis website yang memiliki fasilitas untuk mengelola data nasabah, tampilan produk perbankan, forum antara nasabah dengan CSO, dan menampilan Frequently Ask Question (FAQ).Kata kunci—Arsitekur Sistem Informasi Perusahaan, Zachman Framework, CRM
Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Memprediksi Kesiapan Siswa SMP IT PAPB Semarang Menghadapi Ujian Nasional Rahma, Nadia Zulfa; Setyono, Andik
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.869 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.177

Abstract

Kelulusan siswa dalam menghadapi ujian nasional dapat dijadikan sebagai tolak ukur sejauh mana siswa memahami materi-materi yang di dapat saat di sekolah. Untuk mendapatkan nilai tuntas pada ujian nasional, sekolah mengadakan latihan try out yang bertujuan agar siswalebih siap menghadapi ujian. Dalam pelaksanaan try out, tidak semua siswa dapat menyelesaikan soal-soal dengan benar. Hal tersebut  berdampak pada hasil nilai try out yang buruk. Maka dari itu, sekolah membutuhkan sebuah data mining dengan metode klasifikasi yang dapat membantu memprediksi kesiapan siswa menghadapi ujian nasional. Metode tersebut mengolah data yang memiliki perbedaan atribut kemudian disusun ke dalam kategori yang sesuai. Data tersebut di prediksi menggunakan algoritma Decision Tree, yang merupakansalah satu machine learning menggunakan perhitungan probabilitas. Penggunaan algoritma ini didukung dengan simulasi yang dilakukan menggunakan aplikasi RapidMiner dan mendapatkan nilai akurasi sebesar 99,48%. Dari hasil simulasi tersebut, diolah kembali menjadi sebuah aplikasi yang ditujukan untuk membantu pihak sekolah. Untuk menguji kegunaan dari aplikasi tersebut dilakukan penyebaran kuesioner berjumlah 10 soal ke 20 guru dan memperoleh hasil index 83,3% yang berarti memuaskan. Dengan begitu, aplikasi tersebut berguna bagi pihaksekolah. Kata Kunci— Ujian Nasional, Tryout, Data Mining, Klasifikasi, Decision Tree.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Asuransi Studi Kasus : PT Commonwealth Life Pontianak Prasetya, Wahyu Sindu; ., Kusrini; Fatta, Hanif Al
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1139.375 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.182

Abstract

Dalam menentukan produk asuransi sering terjadi masalah-masalah yang dihadapi oleh agen asuransi dan calon nasabah, yaitu lamanya proses penentuan produk dan kurangnya pemahaman nasabah terhadap produk yang ditawarkan. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat digunakan oleh agen asuransi dalam proses pemilihan produk yang sesuai dengan kriteria calon nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan pemilihan produk asuransi dengan menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Prototype Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem yang dibangun menghasilkan perangkingan produk asuransi sesuai dengan kriteria dari calon nasabah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perancangan prototype SPK telah dapat dilakukan berdasarkan hasil pengujian menggunakan User Acceptance Test dengan jumlah pertanyaan 8 dan jumlah responden 6 orang dimana rata-rata jawaban adalah 43,73% responden menjawab setuju dan 56,27% responden menjawab sangat setuju. Pengujian akurasi sistem SPK dilakukan dengan membandingkan output dari sistem dengan proses prospekting manual dimana diketahui tidak terdapat perbedaan hasil. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian yang berkaitan dengan perhitungan premi asuransi dan uang pertanggungan bagi calon nasabah.Kata kunci—Asuransi, SPK, AHP, TOPSIS
Perangkat Visualisasi Metamorfosis Kupu-kupu Menggunakan Animated Augmented Reality Wahyudi, Andria Kusuma; Mewo, Freandy Fernando; Ganda, Sabatino
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.416 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.180

Abstract

Aplikasi ini menampilkan visualisasi metamorfosis kupu-kupu dan jenis jenis kupu kupu. Pada saat ini media visualisasi metamorfosis kupu-kupu masih terbatas pada tampilan 2D dan belum bisa di lihat secara keseluruhan. Umumnya media pengenalan metamorfosis kupu-kupu masih menggunakan buku ataupun poster yang terbatas 2D saja dan ukurannya tidak sama persis seprti ukuran aslinya. Aplikasi ini merupakan aplikasi augmented reality pada smartphone yang dapat menampilkan proses metamorfosis kupu-kupu dan jenis-jenis kupu-kupu dengan menampilkan gambar 3D dari setiap objek metamorfosis dan jenis-jenis kupu-kupu secara detail dan dengan skala yang sesunguhnya. Paper ini membahas cara pembuatan, pengumpulan data, perancangan aplikasi dan implementasi. Hasilnya adalah aplikasi visual 3D disempurnakan dengan animasi, text, narrator, yang dapat menstimulasi lebih dari satu indra dan model game kuis yang dapat di jalankan dalam smartphone berbasis android.Kata kunci— Augmented Reality, Metamorfosis Kupu-kupu, interaktif media, Animasi.
Perancangan Sistem Absensi Kinerja Pengabdian Tri Dharma secara Online pada Website Berbasis YII Framework Aini, Qurotul; Rahardja, Untung; Allamiah, Femi
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.416 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.149

Abstract

Di era globalisasi saat ini perkembangan tekhnologi memang semakin cangih dan mudah diakses . yang dimana semua kebutuhan manusia bisa dilakukan dengan suatu akses yang secara online . Karena perkembangan tekhnologi semakin canggih maka dari itu pun segala sesuatu yang ada harus bisa dijadikan mudah . Saat ini belum kebanyakan sistem absensi di akses lebih mudah dengan cara online masih dengan sesuatu yang manual dan sering kali bisa adanya terjadi penitipan absensi dengan teman sesama yang menjalani Pengabdian Tri Dharma . Maka dari itu dengan adanya suatu perkembangan yang ada perancangan sebuah sistem absensi untuk kinerja Pengabdian Tri Dharma dengan secara online akan mencegah terjadi adanya kecurangan dalam sebuah penitipan absensi . Dengan adanyanya sistem absensi tersebut bisa diakses dengan mudah dengan hanya scan Qrcode saja . yang akan dirancang sedemikian rupa agar bisa absensi dengan mudah . Kata Kunci : Absensi Online , Framework , Yii Framework
Pemanfaatan Rinfogroup Sebagai Media Diskusi dan Penilaian Keaktifan Mahasiswa Rahardja, Untung; Harahap, Eka Purnama; Anjani, Dwi
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1173.756 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.162

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang pesat trus melahirkan inovasi yang mempermudah manusia dalam melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi. Dengan berkembangnya suatu teknologi kita dapat berinteraksi dengan satu sama lain tanpa ada batasan tempat dan waktu. Hal ini dapat terjadi karena adanya suatu wadah (forum) komunitas yang bisa di jadikan media untuk berdiskusi secara online. Pada Perguruan Tinggi Raharja, setiap civitas akademika diberikan fasilitas berupa email resmi yaitu Rinfo yang digunakan sebagai media  komunikasi. Namun saat ini belum tersedia wadah untuk berdiskusi antara mahasiswa dan dosen, sehingga proses diskusi pembelajaran belum efektif dan efisien karena masih dilakukan secara tatap muka. Oleh karena itu, diperlukannya pemanfaatan RinfoApps yang dapat digunakan sebagai wadah diskusi pembelajaran online. RinfoGroups merupakan salah satu Google System dapat dimanfaatkan sebagai wadah formal untuk proses diskusi pembelajaran online. Dengan membuat milis kelas pada RinfoGroups, mahasiswa dan dosen dapat berdiskusi di luar jam perkuliahan, dosen dapat sharing mengenai bahan materi pembelajaran, serta dosen dapat memantau keatifan berdiskusi mahasiswa. Dalam penelitian ini, ditemukan 3 (tiga) permasalahan pada sistem yang ada sebelumnya. Lalu dengan didukung 2 (dua) metode penelitian yaitu metode observasi dan studi pustaka. Hasil akhir yang di capai dari penelitian ini yaitu terbentuknya media diskusi yang dapat di akses dimana dan kapan saja sehingga proses diskusi antara mahasiswa dan dosen menjadi lebih efektif dan efisien.
Prediksi Jumlah Produksi Jenang di PT Menara Jenang Kudus Menggunakan Metode Logika Fuzzy Tsukamoto Azmi, Tatak Ulul; Haryanto, Hanny; Sutojo, T.
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.087 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.176

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang permasalahan yang terjadi pada PT. Menara Jenang Kudus, yaitu kesulitan dalam memprediksi jumlah produksi jenang perbulannya. Setiap bulannya penjualan jenang meningkat dan pihak perusahaan hanya mengandalkan perhitungansecara manual untuk menentukan jumlah produksi jenang pada bulan berikutnya. Dengan menggunakan perhitungan secara manual kadang terjadi kelebihan produksi yang mengakibatkan jenang menjadi basi karena jumlah produksi tidak sesuai dengan permintaan.Untuk dapat mengatasi permasalahan ini dan membantu mempermudah dalam memprediksi jumlah produksi Jenang perbulannya, maka diperlukan sistem untuk memprediksi secara otomatis menggunakan kecerdasan buatan. Logika fuzzy adalah sebuah metode dalamkecerdasan buatan yang menggunakan variabel kata-kata sebagai pengganti berhitung dengan bilangan. Dengan logika fuzzy, sistem kepakaran manusia bisa diimplementasikan ke dalam bahasa mesin secara mudah dan efisien. Logika fuzzy diaplikasikan untuk data di PT. Menara Jenang Kudus dari bulan Februari sampai September dengan hasil dari pengujian menggunakan MSE untuk Jenang Wijen sebesar 7.121, jenang spesial sebesar 15.940 dan Jenang Duren sebesar 21.168, yang menunjukkan bahwa meskipun terjadi error namun hasil prediksi masih dapat diterima.  Kata Kunci—Fuzzy Tsukamoto, jenang, kecerdasan buatan, produksi, prediksi
Penerapan Qrcode Sebagai Media Pelayanan Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native Aini, Qurotul; Rahardja, Untung; Fatillah, Anggy
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30700/jst.v8i1.151

Abstract

Semakin berkembang pesatnya kemajuan teknologi kita tentunya sangat penting untuk bidan pendidikan dan sebagainya. Dan kita menjadi mengikuti perkembangan kemajuan teknologi tersebut. Pada Perguruan Tinggi Absensi merupakan suatu keunggulan karena Absensi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menunjukan kehadiran seseorang. Dan proses absensi yang biasanya masih berjalan adalah menggunakan absensi memakai kertas ataupun absensi menggunakan mengisi form google docs  menjadi tidak rapih dan tidak tertata dengan baik. Di zaman yang serba canggih ini penulis melakukan metode penelitian, pengumpulan data dan perumusan masalah yang sering terjadi pada proses absensi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah menggunakan sistem baru yang bernama Pensil (Penilaian Asisten Lab) yang dimana saat ini masih dalam tahan proses pembuatan. Dalam sistem ini menerapkan absensi menggunakan Qrcode, yang seorang asisten lab kalau absensi hanya tinggal create Generate Qrcode pada sebuah website pensil.raharja.ac.id lalu tinggal scan qrcode pada device yang telah disediakan, dengan adanya sebuah sistem baru ini semoga absensi menjadi efektif. Kata Kunci— Absensi, Asisten Lab,  Qrcode
Penerapan Single Sign On dengan Google pada Website berbasis YII Framework Aini, Qurotul; Rahardja, Untung; Naufal, Romzi Syauqi
SISFOTENIKA Vol 8, No 1 (2018): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.974 KB) | DOI: 10.30700/jst.v8i1.161

Abstract

Era globalisasi yang membuat perkembangan teknologi sangat pesat memberikan pengaruh sangat besar bagi manusia setiap bidang kehidupan. Website pastinya akan membuat sebuah perubahan dari era yang manualisasi ke era yang pastinya lebih komputerisasi dalam berbagai bidang pendidikan. Pengaksesan Website secara komputerisasi yang dilalui tahap awal adalah login dengan mudah padawebsite. Aktifitas login yang sering menggunakan username dan password sebuah email google yang terkadang berbeda – beda. Kesulitan untuk login jika seorang pengguna login yang berbeda-beda untuk setiap sistem yang digunakan, karena seseorang harus dapat mengingat banyak username dan password yang juga keamanan harus dijaga dengan baik. Single Sign On ( SSO ) with googlemerupakan fasilitas yang memberikan kemudahan untuk user yang melakukan login ketika menjelajah di internet. Dengan metode Single Sign On ( SSO ) with google ini, setiap user hanya perlu memiliki satu account Gmail untuk login. User hanya perlu login satu kali saja agar menggunakan semua fasilitas yang ada di website utama PenA (Penilaian Absensi). Disimpulkan dengan SSO with googledalam system dapat mempermudah aktifitas satu kali Login dan menangani authentifikasi.Kata kunci— Single Sign On with Google, Login dan Website.

Page 1 of 1 | Total Record : 10