cover
Contact Name
David
Contact Email
david_liauw@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
sisfotenika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
SISFOTENIKA
ISSN : 20877897     EISSN : 24605344     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk kumpulan/akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empirik atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan atau usulan baru.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA" : 10 Documents clear
Pengembangan Sistem Pengelolaan E-Journal Berbasis Open Journal System (OJS) 2.4.8 ke Versi 3.1.0.1 Handayani, Indri; Febriyanto, Erick; Shofwatullah, muhammad
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.836 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.422

Abstract

Jurnal merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang disusun untuk memperluas ilmu pengetahuan dengan melakukan penelitian untuk menemukan suatu temuan yang baru. Pada salah satu perguruan tinggi yang ada di wilayah Tangerang yang menjadi objek penelitian sudah menggunakan sistem pengelolaan dan publikasi jurnal ilmiah berbasis Open Journal Systems (OJS) Versi 2.4.8. Namun, pada versi tersebut masih terdapat beberapa kendala dalam proses pengelolaan jurnal, diantaranya alur kerja pada OJS versi 2 tidak fleksibel dimana setelah proses submission tidak dapat segera dilanjutkan ke proses production, tidak dapat melakukan kustomisasi tampilan dengan mudah seperti penambahan dan pengurangan menu navigasi yang harus dilakukan secara langsung pada kode program (hardcode), serta setiap anggota dalam struktur organisasi jurnal harus mempunyai akun terlebih dahulu agar dapat dicantumkan dalam struktur organisasi jurnal. Metode penelitian yang digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut antara lain metode analisis permasalahan, dan metode analisis kebutuhan yang diperlukan dalam proses pengembangan sistem, serta metode untuk pengembangan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall. Setelah melakukan pengembangan terhadap sistem publikasi karya ilmiah berbasis Open Journal System (OJS) Versi 2.4.8 menjadi Versi 3.1.0.1, proses pengelolaan menjadi lebih flexible dan efisien, serta tampilan sistem menjadi lebih menarik dan mudah untuk melakukan kustomisasi tampilan menggunakan tema bootstrap 3.
Perbandingan Algoritma Astar dan Dijkistra Dalam Menentukan Rute Terdekat Prasetyo, Arif Cahyo; Arnandi, Maful Prayoga; Hudnanto, Harish Setyo; Setiaji, Bayu
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1142.322 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.456

Abstract

Google Maps merupakan peta digital yang telah sering digunakan oleh masyarakat. Dengan adanya Kecerdasan Buatan dan Algoritma Pencarian rute terdekat pada Google Maps, kini semakin dimudahkan untuk mencari lokasi dari rute yang terdekat sehingga lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga. Dalam implementasinya, algoritma pencarian sangat berguna dalam mencari rute terdekat. Diantaranya, Algoritma A* (A Star) dan Algoritma Dijkstra. Kedua Algoritma tersebut bekerja dengan Mekanisme yang berbeda. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan menggunakan Pathfinding.js. Output yang dikeluarkan diambil berdasarkan lamanya waktu pemrosesan dari setiap algoritma dalam menentukan jarak terdekat. Semakin cepat waktu pemrosesan suatu Algoritma, maka akan semakin baik untuk diimplementasikan ke dalam suatu aplikasi. Setelah melakukan penelitian didapatkan hasil bahwa kinerja Algoritma A* lebih baik dari Algoritma Dijkstra dengan rata-rata waktu 0.37 ms dan jumlah langkah sebanyak 200, sedangkan algoritma Dijkstra mempunyai rata-rata waktu0.41 ms dan jumlah langkah 497. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan mampu membandingkan kedua algoritma tersebut dengan parameter yang lain sehingga didapatkan rute terdekat dengan waktu tercepat.Kata kunci— Google Maps, Algoritma A*, Algoritma Dijkstra
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PENGGUNA ALUMNI BERBASIS WEB PADA STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG Andrika, Yuyi; Mayasari, Melati Suci; Pradana, Harrizki Arie
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.103 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.453

Abstract

Data pengguna alumni di suatu perguruan tinggi sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan akreditasi program studi. Kebutuhan untuk data pengguna alumni perguruan tinggi itu sendiri meliputi kepuasan pengguna terhadap alumni dan banyak lagi kegiatan-kegiatan di perguruan tinggi yang berhubungan dengan pengguna alumni perguruan tinggi itu sendiri. Dalam mengelola data pengguna alumni itu sendiri banyak perguruan tinggi yang merasa kesulitan tidak terkecuali dengan STMIK Atma Luhur itu sendiri. Di STMIK Atma Luhur pengelolaan pengguna alumni masih dilakukan secara manual dengan membagikan kuesioner kepada alumni selanjutnya meneruskannya ke atasan mereka untuk diisi. Hasilnya nanti baru diarsip dan direkap oleh Bagian Kemahasiswaan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode terstruktur dengan menggunakan model Waterfall.  Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk menyimpan data-data pengguna alumni agar dapat tersimpan secara efektif dan efesien serta apabila dibutuhkan dapat dicari dengan cepat dan mudah.. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dalam melakukan pendataan pengguna alumni, menghasilkan sistem informasi yang efektif dan efesien dalam mengumpulkan data tentang pengguna alumni. Dalam melakukan pendataan alumni tidak perlu mendatangi satu persatu alumni di tempat mereka bekerja tetapi cukup menginformasikan kepada mereka melalui email untuk mengisi kuesioner. Selanjutnya alumni akan menginformasikan kepada atasannya untuk mengisi kuesioner tersebut.Kata Kunci : Pengguna Alumni, Sistem Informasi Web, Metode Terstruktur
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KOLESTEROL DAN ASAM URAT MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR Hasan, Patmawati; Sholeha, Eka Wahyu; tetik, Yulius Nahak; Kusrini, Kusrini
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.978 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.448

Abstract

Saat ini Kolestrol dan Asam urat merupakan pernyakit yang tingkat kejadianya cukup tinggi. Berdasarkan ahli dari Clinical Research Support Unit (CRSU) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Nafrialdi, PhD menyatakan bahwa 35% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal dan Menurut data WHO 2015, penderita asam urat di Indonesia terjadi pada usia dibawah 34 tahun sebesar 32% dan di atas 34 tahun sebesar 68%. Namun ketidaktahuan masyrakat umum terhadap penyakit yang dialami di karenakan mahalnya biaya yang harus di keluarkan untuk mengetahui penyakit lebih dini tanpa harus berkonsultasi ke dokter. Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut penulis membuat program sistem pakar yang dapat mengidentifikasi penyakit kolestrol dan asam urat masyarakat umum. Namun kemampuan sistem dalam mendiagnosa suatu gejala tidak 100% sama dengan diagnosa seorang dokter, masih banyak hal yang tidak pasti atau sehingga dapat menyebabkan kemungkinan kesalahan dalam diagnosa maka salah satu metode dalam perhitungan ketidakpastian adalah metode  certainty factor (CF). Metode Certainty Factor menyatakan kepercayaan dalam sebuah kejadian (fakta atau hipotesis) berdasarkan bukti atau penilaian pakar. Berdasarkan pengujian rekapitulasi sampel data dari 20 orang korespoden didapatkan 50% berpotensi Kolestrol, 35% berpotensi Asam Urat, dan 15% Bukan kedua penyakit. Rekapitulasi Validasi Sistem melalui pakar memberikan keakuratan 80% terhadap sistem pakar tersebut.
Penerapan Media E-Journal Menggunakan Sistem IJC berbasis OJS di STT YUPPENTEK Handayani, Indri; Febriyanto, Erick; Ana, Yuli
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.661 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.457

Abstract

Pada teknologi yang berkembang saat ini sudah mampu menyajikan informasi yang informatif dan sangat mudah untuk didapatkan berupa elektronik. Namun pada STT YUPPENTEK dalam pengelolaan jurnal atau karya ilmiah lainnya masih menggunakan cara konvensional atau manual sehingga menimbulkan beberapa permasalahan yaitu pada saat proses terbit jurnal membutuhkan waktu yang cukup lama, karena sudah terlalu lama data – data menjadi terpisah – pisah dan dari segi biayapun membutuhkan biaya yang cukup besar, dalam pengelolaan karya ilmiahnya pun belum memenuhi syarat yang ditentukan oleh dikti dengan perihal akreditas jurnal yang mengharuskan jurnal dikelola secara online karena dengan begitu akan lebih mudah dan cepat. Dengan adanya iJC (iLearning Journal Center) dapat mempublikasikan jurnal secara online, memudahkan pengguna untuk submit jurnal, mengubah pengelolaan e-journal menjadi lebih terdistribusi dan dapat mempermudah proses penyerahan naskah, review, edit, sampai dengan tahap publikasi serta dengan menggunakan iJC (iLearning Journal Center) akan menghasilkan e-journal yang berkualitas. Pada penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan studi pustaka serta menggunakan UML (Unified Modeling Language).
Perancangan Smart Car Menggunakan Speech Recognition Berbasis Arduino Uno Kusumah, Hendra; Indrianto, Indrianto; Pradana, Oktorio Ari
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.177 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.427

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan di bidang komputerisasi khususnya mikrokontroler semakin hari semakin meningkat, sehingga mendorong terjadinya arus globalisasi. Perkembangan tersebut tumbuh secara pesat tidak hanya dari bidang komputer saja, selain itu manfaat dari kemajuan teknologi komputer saat ini dapat kita rasakan dalam bidang komputer yang memiliki peranan sangat penting dalam dunia teknologi informasi dan berfungsi sebagai media yang dapat mengolah kreatifitas, dan imajinasi menjadi bentuk yang nyata. Perusahaan PT Indonesia Nippon Seiki yang bergerak di bidang produksi komponen elektrik kendaraan bermotor roda dua dan empat terus berinovasi dalam menciptakan suatu produk Salah satunya adalah menciptakan sebuah alat yang berfungsi dengan menggunakan perintah suara atau ucapan (Spach Recognition), oleh karena itu dalam penelitian ini akan membuat suatu alat speech recognition untuk mengendalikan sebuah kendaraan seperti starter pada kendaraan bermotor yang diaktifkan dengan perintah suara. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian analisa, metode perancangan dan metode prototype. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat mengatasi permasalahan yang dialami pengemudi seperti mempermudah dalam menyalakan mobil, menyalakan lampu utama, dan lampu sein.Kata kunci—Perancangan, Smart Car dan Arduino.
PERPADUAN COBIT 4.1 DAN BALANCED SCORECARD DALAM MENILAI TATA KELOLA PERGURUAN TINGGI Pawan, Elvis; Utami, Ema; Nasiri, Asro
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.634 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.447

Abstract

AbstrakDalam perkembangan lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh teknologi informasi(TI). Pada STIMIK Sepuluh Nopember Jayapura terdapat masalah lembaga cenderung belum menyadari pentingnya untuk orientasi terhadap layanan . Sehingga perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui tingkat kematangan dari lembaga dalam meningkatkan orientasi dan layanan.  Tata kelola TI  sebuah lembaga sangat dibutuhkan demi mengetahui sejauh mana pemanfaatan  TI demi tercapaianya visi dan misi. Salah satu proses yang sangat penting dalam penerapan tata kelola TI dengan melakukan sebuah evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana institusi dalam menerapkan tata kelola yang baik. Penelitian ini menjelaskan bagaimana sebuah lembaga pendidikan untuk meningkatkan orientasi dan layanan pada perguruan tinggi. Balanced Scorecard merupakan sebuah kerangka kerja yang baik untuk melakukan penilaian terhadap kinerja Organisasi. Dalam hal ini COBIT dan Balanced scorecard memberikan sebuah patokan pada costumer perspektif yang dapat dijadikan acuan manajemen pada sebuah institusi yang ingin melakukan pembenahan khususnya meningkatkan orientasi layanan. Penelitian ini memperoleh cara meningkatkan maturity level yang dapat dijadikan acuan oleh lembaga dalam menyusun tata kelola TI yang sesuai dengan best practice COBIT 4.1. Pada penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kematangan tata kelola lembaga saat berada pada level 2 dengan nilai rata-rata 2,48..  Kata kunci— COBIT, Balanced Scorecard, Tata Kelola TI
Monitoring Sebaran Petugas Lapangan Citarum Harum dalam Pelaporan Digital Pamungkas, R Wisnu Prio; Khalida, Rakhmi
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.584 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.438

Abstract

Sampah jadi satu masalah dari sekian banyak masalah yang melanda Sungai Citarum, penyebab lainnya adalah limbah kimia.  Pada kasus ini diperlukan tim pembersih sungai yang mengawal Sungai Citarum. Strategi sebaran petugas lapangan menjadi sangat penting, karena apabila ada sampah menyerang sungai dapat langsung ditangani. Tujuan penelitian ini adalah memaksimalkan peran petugas lapangan dalam mengawal Sungai Citarum, melakukan sosialisasi dan mengubah cara pandang masyarakat tentang lingkungan di sepanjang daerah aliran Sungai Citarum. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode perancangan sistem yang digunakan menggunakan metode prototype yaitu pengumpulan data, membangun prototype, evaluasi prototype, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan menggunakan sistem. Hasil yang dicapai pada penelitian ini berupa aplikasi monitoring persebaran petugas lapangan berbasis website dan android yang mampu mengetahui persebaran petugas lapangan pada daerah aliran Sungai Citarum. Pemanfaatan teknologi opensource tak berbayar ini membuat efektifitas, efisiensi, serta meningkatkan performa dalam pelaporan petugas lapangan sungai citarum
Sistem Pakar Deteksi Penyakit Pada Tanaman Singkong Yunita, Selviana; Jasuma, Agung; Sudir, Mat; Kusrini, Kusrini
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (737.209 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.444

Abstract

Singkong merupakan tanaman pengganti makanan pokok yang banyak ditemukan di Indonesia. Namun penyakit pada singkong menyebabkan berkurangnya produksi singkong. Dibutuhkan seorang pakar untuk dapat mendeteksi dan mencegah penyakit pada singkong. Namun seorang pakar tidak dapat memberikan diagnosisnya setiap saat kepada petani saat dibutuhkan. Untuk itu dikembangkan suatu aplikasi sistem pakar yang dapat membantu petani mendeteksi penyakit pada tanaman singkong. Aplikasi sistem pakar ini merupakan aplikasi berbasis desktop yang dikembangkan dengan teori Bayes. Skema pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil diagnosis sistem dengan hasil diagnosis pakar. Berdasarkan hasil pengujian, keakuratan aplikasi sistem pakar ini adalah 93.33%. Kata kunci—Sistem Pakar, Teori Bayes, Tanaman Singkong
Implementasi E-CRM berbasis Web pada Perpustakaan Digital Sekolah Gema Nurani Nurajizah, Siti
SISFOTENIKA Vol 9, No 1 (2019): SISFOTENIKA
Publisher : STMIK PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.278 KB) | DOI: 10.30700/jst.v9i1.425

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu lembaga pelayanan publik yang sangat berarti bagi kemajuan suatu sekolah. Pelayanan informasi yang diberikan oleh pengelola perpustakaan hendaknya dapat mencakup semua ruang lingkup informasi seputar perpustakan tersebut. Sekolah Gema Nurani telah memiliki sebuah perpustakaan Digital yang berbasis web, dimana proses dokumentasi data telah terjadi proses sentralisasi database guna memudahkan proses dokumentasi data sehingga memberikan kemudahan dalam pengelolaan data perpustakaan sehingga sistem administratif perpustakaan dapat ditangani dengan cepat. Semakin hari, jumlah pengunjung maupun anggota perpustakaan semakin bertambah. Pengguna website perpustakaan yang semakin bertambah ternyata belum dapat dijadikan sebagai peluang tersendiri bagi pengelola perpustakaan, karena banyaknya jumlah pengguna website perpustakaan belum dapat diimbangi dengan kualitas pelayanan yang memadai terhadap pengguna perpustakaan. Customer Relationship Management (CRM) adalah salah satu teknik yang bisa digunakan untuk memperoleh, mengkonsolidasi, menganalisa data yang kemudian digunakan sebagai sarana interaksi dengan customer(penggunan perpustakaan: guru, siswa, karyawan sekolah), sehingga akan terwujud sebuah pandangan yang bersifat ensiklopedis terhadap pengguna. Konsep E-CRM diterapkan pada perpustakaan digital Sekolah Islam Gema Nurani dengan maksud untuk meningkatkan dedikasi serta loyalitas pengguna perpustakaan sebagai upaya pihak sekolah untuk menumbuhkan dan meningkatkan  minat membaca pengunjung perpustakaan.Kata kunci—E-CRM, Perpustakaan Digital, Sistem Informasi

Page 1 of 1 | Total Record : 10