cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ECODEMICA
ISSN : 25498932     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica" : 13 Documents clear
Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Bisnis Susu Murni Q-Milk Miharja, Kasmanto
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.537 KB)

Abstract

Q-Milk adalah bisnis yang bergerak di bidang minuman segar dan sehat di daerah Cilodong Depok . Produk yang dihasilkan adalah susu murni Q-Milk dengan berbagai varian rasa tanpa bahan pengawet. Dalam menjalankan usaha perlu mengenali dan memahami diri perusahaan agar siap menghadapi dan memenangkan persaingan dengan para kompetitor. Penentuan strategi tersebut dapat dilakukan dengan analisis IFAS dan EFAS serta analisis SWOT untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi perusahaan serta menentukan strategi apa yang harus dilakukan untuk mengatasi pasang surutnya penjualan dengan menggunakan analisis IFAS, EFAS dan SWOT. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan hasil dari observasi, studi dokumentasi serta wawancara dengan informan penelitian yaitu manajer, karyawan dan konsumen. Hasil penelitiann menunjukkan bahwa posisi Q-Milk berada pada kuadran II, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan kekuatan dalam menghadapi berbagai ancaman. Berdasarkan analisis SWOT maka perusahaan dapat menggunakan strategi Diversifikasi dalam menjalankan usahanya. Dimana perusahaan dituntut untuk melakukan perubahan guna menutup kelemahan dan mengejar peluang yang ada, Hal yang harus dilakukan perusahaan yaitu : Pertahankan harga jual, lakukan inovasi dan terus ciptakan produk yang unik dan menarik, pertahankan kemasan produk sehingga menjadi ciri khas, tingkatkan kualitas produk, tingkatkan kegiatan promosi, memperluas wilayah distribusi agar produk Q-Milk lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
Manfaat Informasi Akuntansi Dalam Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Mulyani, Ade Sri
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.829 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat informasi akuntansi dalam perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah menganggap bahwa akuntansi tidak begitu penting bagi usaha mereka, mereka lebih fokus kepada pengembangan usahanya melalui pemasaran mencari supplier yang sesuai, memberikan pelayanan yang baik, tetapi tidak pernah mengetahui secara rinci alur biaya yang dikeluarkan dan masuk, dalam prakteknya selalu berjalan tanpa mengandalkan informasi keuangan yang disusun secara teratur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data berasal dari sumber data internal yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pemilik dan pengelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Hasil penelitian ini membandingkan teori dengan hasil wawancara dengan pemilik dan pengelola Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Informasi akuntansi mempunyai manfaat terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Manfaat yang diperoleh dari informasi akuntansi adalah untuk pengambilan keputusan, mengetahui naik turunya laba usaha, mengetahui pemasukan dan pengeluaran uang serta untuk mengetahui grafik penjualan dan produksi dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Informasi akuntansi dibutuhkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk pengawasan dalam menjalankan usaha yang sedang dijalankan.
Analisis Pengukuran Kinerja Direktorat Kepelabuhanan Pada Kementerian Perhubungan Kota Jakarta Tahun 2016 Islami, Vina; Marthanthy, Lauren Rizky
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.938 KB)

Abstract

Pengukuran adalah suatu proses untuk mendapatkan deskripsi numerik (angka) sebagai ukuran tampilan sesuatu/seseorang. Pengukuran kinerja merupakan suatu alat manajemen yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas, pengukuran kinerja juga digunakan untuk menilai pencapaian tujuan dan sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang bagaimana cara pengukuran kinerja yang digunakan, apa saja kendala dalam pengukuran kinerja, bagaimana cara mengatasi kendala tersebut. Hasil penelitian pada Direktorat Kepelabuhanan pada Kementrian Perhubungan adalah kurangnya kualitas dan kuantitas SDM dalam bidangnya dan anggaran yang tidak sesuai dengan target. Cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan memaksimalkan kuantitas dan kualitas yang ada dengan diberikannya BIMTEK dan sosialisasi. Sedangkan untuk anggaran, dilakukan penghematan anggaran dan beberapa kegiatan dalam perencanaan kinerja terpaksa ditunda atau tidak dilaksanakan. Anggaran dapat diajukan kembali pada tahun berikutnya dan kegiatan akan direalisasikan pada tahun berikutnya.
Pengukuran Kinerja Perusahaan Hotel Berdasarkan Kriteria Malcolm Baldrige Hasyim, Muhammad Ardi Nupi
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.534 KB)

Abstract

Kinerja perusahaan perlu ditingkatkan secara berkelanjutan seiring dengan meningkatnya persaingan, kinerja pada industri jasa perhotelan menuntut terus adanya perubahan sehingga diperlukan alat ukur yang tepat agar perusahaan mengetahui level kinerjanya. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan hotel bintang Kota Bandung saat ini adalah peningkatan kinerja agar dapat bersaing dengan perusahaan sejenis yang sesuai dengan kondisi dan permintaan pasar, selain itu juga perusahaan hotel belum memiliki pengukuran kinerja dengan baik sehingga harus dilakukan penelitian untuk mengukur kinerja yang tepat untuk menilai kondisi kinerja perusahaan secara keseluruhaan. Penelitian ini menggunakan kriteria Malcolm Baldrige dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa kriteria fokus kepada operasi harus menjadi perhatian bagi pemimpin perusahaan. penelitian menemukan lemahnya sistem kerja dan proses kerja yang ada di perusahaan, sehingga perlunya penerapan pengendalian kualitas dengan baik. Jenjang predikat Kinerja Hotel bintang Kota Bandung berdasarkan pengukuran menggunakan Malcolm Baldrige berada di posisi Early Improvement.
Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi Riyanto, Andi
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.648 KB)

Abstract

Penelitian dilakukan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Cibadak Kabupaten Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei dan metode deskriptif asosiatif. Sampel diambil dengan menggunakan sampling probabilitas secara klaster sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, untuk variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dengan skala ordinal. Instrument diuji dengan reliabilitas dan validitas. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan memiliki hubungan cukup kuat dengan kepuasan pelanggan dan bersifat positif, artinya jika kualitas pelayanan semakin meningkat maka kepuasan pelanggan akan semakin meningkat pula.
Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB Atmaja, Jaka
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.172 KB)

Abstract

Pelayanan nasabah yang bermutu menuntut adanya upaya keseluruhan karyawan bank bukan hanya bertugas di front office yang berhadapan langsung dengan nasabah dalam menghasilkan pelayanan yang mencerminkan kualitas, tetapi juga karyawan di back office. Pelayanan yang diberikan dan kepuasan nasabah merupakan tolak ukur berhasilnya suatu bank dalam mempertahankan nasabah. Pengukuran pelayanan dan kepuasan nasabah ini yang menjadi dasar dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kuantitatif untuk menguji signifikansi hubungan antar variabel serta untuk mengukur besarnya pengaruh yang terjadi pada variabel bebas Kualitas Pelayanan, variabel terikat Loyalitas Nasabah, sedangkan Kepuasan Nasabah sebagai variabel mediasi. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah berpengaruh kuat terhadap Loyalitas Nasabah. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa Kualitas Pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan puas atau tidak nasabah dalam pelayanan, yang dimulai dari Loyalitas para nasabah atau konsumen. Sehingga melalui pelaksanaan Kualitas Pelayan yang dengan baik akan memberikan dorongan ketertarikan nasabah dan memunculkan loyalitas para nasabah.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis Utami, Hesty Nurul; Firdaus, Iqbal Fauzi Akbar
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.537 KB)

Abstract

Keberadaan internet memberikan konsekuensi tidak hanya pada perubahan baya hidup modern namun juga merubah perilaku individu dalam melakukan aktivitas pembelian produk barang dan/atau jasa secara daring (online). Penelitian ini dilakukan bertujuan menginvesitigasi model online shopping yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran untuk produk pertanian berupa bibit tanaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan alat analisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran dengan mengkombinasikan bauran produk, harga, lokasi pembelian, dan promosi berpotensi mempercepat keputusan pembelian konsumen produk bibit tanaman yang dilakukan melalui situs jual beli yang dikembangkan oleh perusahaan. Namun, hasil uji parsial menunjukkan bahwa hanya produk dan lokasi pembelian saja yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk bibit tanaman yang dilakukan secara online. Model pembelian secara online menjadi salah satu upaya perusahaan produk agribsinis sejenis untuk memberikan pilihan kepada konsumen memenuhi kebutuhannya. Perubahan gaya hidup dengan maraknya e-commerce dapat meningkatkan peluang pemasaran baru yang dapat dimanfaatkan dan fleksibilitas bagi pilihan konsumen untuk melakukan pembelanjaan. Bauran produk dan bauran promosi perlu dipertahankan dengan terus memberikan inovasi pada bauran produk dan bauran tempat yaitu pengeloaan website penjualan agar dapat memberikan kombinasi peran yang lebih baik bagi keberlangsungan perusahaan.
Membangkit Spontanitas Belanja Pada Supermarket Melalui Promosi, Pramuniaga dan Atmosfer Toko Sunawarman, Agung; Rohendi, Acep; Sofyan, Iwan
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.011 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i1.2690

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Pramuniaga Serta Atmosfer Toko Terhadap Spontanitas Belanja Di Supermarket Toserba XYZ Sunda Bandung”. Adapun yang menjadi target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Supermarket Toserba XYZ Sunda Bandung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 orang responden. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh antara variabel yang satu dan lainnya serta menggunakan uji hipotesis t dan F yang bertujuan untuk melihat pengaruh variabel promosi penjualan pramuniaga dan atmosfer toko terhadap spontanitas belanja secara parsial dan simultan. Hasil menunjukaan promosi penjualan, pramuniaga dan atmosfer toko dapat mempengaruhi perilaku spontanitas belanja konsumen Supermarket Toserba XYZ Sunda Bandung.
Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang Depok Widiyanti, Wiwik; Retnowulan, Julia
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.681 KB)

Abstract

Loyalitas pengunjung merupakan suatu hal yang penting dalam kelangsungan suatu bisnis wisata, dan dapat terjadi jika pengunjung mendapatkan pengalaman yang berkesan saat mengunjunginya. Oleh karena itu salah satu strategi marketing yang harus diperhatikan adalah memaksimalkan experiental marketing agar pengunjung memberikan loyalitasnya dengan cara berkunjung kembali. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuisioner yang disebar di Taman Wisata Edukasi D’kandang sebagai alat pengambilan data dan pengolahan data yang digunakan adalah SPSS 17. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor-faktor dalam experiental marketing yaitu sense, feel,think, act dan relate secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengunjung Taman Wisata Edukasi D’Kandang dan juga yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas secara parsial adalah faktor sensedan feel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi marketing Taman Wisata Edukasi D’Kandang yang tepat adalah dengan mengoptimalkan experiental marketing khususnya yang berkaitan dengan sensedan feel sehingga loyalitas pengunjung dapat terbentuk
Analisa Rasio Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan PT Kino Indonesia Tbk Erica, Denny
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.215 KB)

Abstract

PT Kino Indonesia Tbk awalnya dibangun pada tahun 1999 dengan hanya satu pabrik dan 58 karyawan. Salah satu perusahaan yang telah menghasilkan lebih dari 400 jenis produk yang meliputi produk tubuh, makanan, minuman, dan obat-obatan. PT Kino Indonesia Tbk pada tahun 2014 telah menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia yang memiliki 4 pabrik dengan 3.234 karyawan, tentu saja memiliki laporan keuangan internal dan eksternal. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan analisis rasio terhadap laporan keuangan. Sedangkan untuk metode data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi pustaka terkait data keuangan PT Kino Indonesia Tbk, untuk kemudian dianalisis dengan menghitung rasio aritmatika yang dapat ditafsirkan dalam hubungan ekonomi yang berkaitan dengan kinerja perusahaan. Hasil analisis laporan keuangan menggunakan pengukuran Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Aktivitas, Rasio Profitabilitas, dan perusahaan memiliki kemampuan yang cukup untuk mengambil tindakan dalam menjamin dan melunasi hutang kepada kreditur, dan untuk hasil analisis rasio keuangan usaha lainnya dapat dilakukan. dijadikan patokan bagi investor dalam menginvestasikan dana ke perusahaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 13