cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ECODEMICA
ISSN : 25498932     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecodemica menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, manajemen akuntansi, sistem informasi manajemen, bisnis internasional, hukum bisnis, dan kewirausahaan. Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica" : 16 Documents clear
Model Prediksi Kepailitan Bank Berdasarkan Risk Profile: Bank Umum di Indonesia Sintha, Lis
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.388 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.4491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu model sistim peringatan dini yang dapat digunakan untuk memprediksi  kepailitan bank dengan menggunakan indikator variabel-variabel dominan dari Risk Profile yang berpedoman pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.13/1/PBI/2011. Indikator Risk Profile dalam penelitian ini adalah Risiko Kredit, Risiko Pasar, Risiko Likuiditas dan Risiko Operasional. Sampel penelitian ini adalah 74 bank di Indonesia untuk tahun 2005 – 2014 terdiri dari 13 bank bermasalah/pailit dan 61 bank tidak pailit. Model hubungan antara variabelnya mengikuti pola regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa credit risk, market risk, liquidity risk dan operasional risk secara simultan berpengaruh terhadap kepailitan Bank. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa indikator-indikator Risk secara simultan mampu memprediksi kepailitan bank di Indonesia
Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Pada Nilai Perusahaan Properti & Real Estate Palupi, Rara Sukma; Hendiarto, R. Susanto
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.894 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebijakan hutang,  profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada sektor properti dan real estate periode 2012-2016. Populasi penelitian adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling dan didapat 10 perusahaan yang sesuai dengan kriteria sampel. Metode analisis data menggunakan data panel dan ordinary least squares (OLS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kebijakan dividen, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan secara bersama-sama. Secara parsial kebijakan dividen memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sub sektor properti dan real estate. Kebijakan hutang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sub sektor properti dan real estate. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sub sektor properti dan real estate.
Analisa Loyalitas Wisatawan Mancanegara dengan Metode MALLVAL pada Wisata Belanja Rahmiati, Filda; Othman, Norfaridatul Akmaliah; Amin, Grace
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.279 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.4437

Abstract

Pariwisata telah menjadi kegiatan ekonomi yang penting dan berkembang pesat di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, Belanja adalah salah satu kategori utama belanja wisatawan, yang merupakan sumber pendapatan penting bagi ekonomi nasional baik secara langsung maupun melalui banyak keterkaitan dengan sektor lain dalam perekonomian. Belanja wisata bisa disebut sebagai daya tarik tersendiri bagi tumbuhnya pariwisata di Kota Bandung. Lebih dari itu, wisata belanja dapat memperbaiki kondisi ekonomi bisnis lokal seperti UKM karena lebih banyak pendapatan yang berasal dari penjualan produk kepada wisatawan mancanegara (wisman). Saat ini, pelanggan menjadi lebih berorientasi nilai, oleh karena itu penting bagi penjual yang menjual produk wisata untuk memahami nilai pelanggan Penelitian ini berfokus pada nilai pelanggan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada wisatawan mancanegara yang melakukan aktifitas wisata belanja di Kota Bandung. Penelitian ini akan dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan yang tersebar di Kota Bandung dengan menggunakan survey kuesioner yang diberikan kepada wisatawan mancanegara (wisman). Metode yang digunakan pada penelitian ini ada menggunakan kuesioner yang disebarkan pada wisman yang berkunjung ke Bandung. Analisa data dilakukan pada 103 wisman dan di uji menggunalan PLS. Hasil dari penelitian ini dinyatakan empat dari lima belas hipotesis dinyatakan memiliki pengaruh signifikan.
Strategi Komunikasi Pengembangan Potensi Pariwisata Melalui Situs Web Kampung Budaya Sindangbarang Soelistyowati, Rr Dinar
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.636 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.4492

Abstract

Pariwisata merupakan integral pembangunan yang semakin dipertimbangkan oleh negara-negara di seluruh dunia. Pengaruh pembangunan pariwisata terhadap perkembangan regional, terutama peningkatan percepatan pembangunan dan perekonomian wilayah cukup besar. Hal ini pun tidak luput dari usaha pihak Pemerintah Kota Bogor dalam mengembangkan salah satu objek wisata yang ada di Bogor yaitu Kampung Budaya Sindangbarang melalui jejaring sosial untuk menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran secara garis besar mengenai Kampung Budaya Sindangbarang beserta bagaimana proses dari promosi wisata tersebut. Penelitian ini sendiri menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan dan studi literatur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi yang ada pada jejaring sosial akan meningkatkan nilai kultural sekaligus nilai ekonomi yang ada pada Kampung Budaya Sindangbarang apabila dikelola secara berkelanjutan dan berkala oleh pihak terkait dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di kawasan tersebut. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah keberadaan seni dan budaya yang diterapkan melalui jejaring sosial Kampung Budaya Sindangbarang dengan memanfaatkan keindahan panorama alam situs terkait akan dapat memperkuat dan meningkatkan nilai kultural dan ekonomi wilayah tersebut apabila terjalin dengan baik antara para wisatawan sebagai pengguna media, pihak pemerintah sebagai pengelola media, serta kelompok-kelompok kepentingan lainnya.
Evaluasi Manajemen Komunikasi PT. Prudential Pada Agen Sales Marketing dan Calon Pemegang Polis Baskoro, Angga Pradipta
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.741 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.3672

Abstract

Meningkatkan kualitas layanan dan memuaskan pelanggan atau dalam hal ini adalah nasabah asuransi merupakan salah satu hal yang menjadi tujuan bagi setiap perusahaan baik perusahaan jasa maupun perusahaan industri. Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui tugas dan fungsi serta peran unit manager dalammengidentifikasi permasalahan terkait komunikasi yang terbuka baik secara organisasional maupun publik, memperoleh gambaran mengenai program dan perencanaan yang dilakukan dalam komunikasi kebijakan transparansi informasi, mengetahui bagaimana menyusun program komunikasi antara agen dengan calon nasabah. Penelitian ini menggunakan metodo penelitian deskriptif kualitatif serta metode pengumpulan data wawancara,observasi. Adapun hasil penelitian ini terdapat tiga tahapan manajemen komunikasi yang digunakan pada sistem keagenan PT. Prudential Life Assurance dalam menjaga kepercayaan nasabah, diantaranya tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, hal tersebut diwujudkan oleh Prudential Indonesia dan seluruh karyawan untuk sepakat melayani calon nasabah dan nasabah dengan mendengarkan dan memahami. Konsep tersebut dibuktikan dengan melayani nasabah, memberikan informasi secara jelas dan ramah, dengan keramahan dan pelayanan secara intens yang diberikan oleh Prudential Indonesia terhadap calon nasabah maupun nasabah yang sudah loyal.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dengan Gri 3 Wati, Lela Nurlaela
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1043.496 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.4457

Abstract

Konsep CSR di Indonesia sudah berkembang ke arah yang lebih baik seiring dengan meningkatnya perhatian masyarakat global terhadap perkembangan perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia, walaupun masih banyak ditemukan perusahaan yang tidak melakukan kewajiban sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR. Jumlah sampel yang digunakan adalah 87 perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Analisis data panel menggunakan General Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Good Corporate Governance, profitabilitas prusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR baik secara total maupun terhadap dimensinya yaitu pengungkapan ekonomi, lingkungan dan sosial. Sementara pertumbuhan perusahaan dan usia perusahaan bukan merupakan faktor penentu pengungkapan CSR di perusahaan manufaktur Indonesia.
Kepuasan Wisatawan Terhadap Situs Warisan Budaya Candi Prambanan Ernawati, Hani; Avenzora, Ricky; Damiasih, Damiasih
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.937 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.4493

Abstract

Penelitian ini mengukur tingkat kepuasan wisatawan dan faktor-faktor yang mempengaruhi dengan mengidentifikasi atribut obyek wisata candi Prambanan dengan menggunakan analisis importance-performance dan regresi berganda Ordinary Least Square. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kepuasan wisatawan Candi Prambanan menurut atribut destinasi wisata termasuk dalam kriteria cukup puas. Prosedur kehidupan masyarakat, hasil kreasi manusia, dan fasilitas pariwisata adalah indikator utama kepuasan wisatawan. Kondisi fisik candi (kemegahan candi, taman, keramahan, keselamatan, dan kebersihan) adalah faktor yang sangat memuaskan wisatawan. Fokus pada atribut-atribut tersebut akan meningkatkan kepuasan wisatawan. Sedangkan transportasi umum, area perbelanjaan, restoran, hotel atau penginapan, cenderamata, paket wisata, festival atau upacara budaya, harga tiket, pengeluaran selama perjalanan, dan kecocokan harga memiliki tingkat kepentingan dan kinerja yang rendah, sehingga peningkatan atribut-atribut tersebut tidak harus  menjadi prioritas. Museum dan areal parkir dinilai berlebihan oleh wisatawan.
Analisa Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Tentang K3 Terhadap Budaya K3 Pada Perusahaan Manufaktur Endriastuty, Yenia; Adawia, Popon Rabia
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (811.127 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.4014

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan tentang K3 dengan budaya K3 pada perusahaan manufaktur. Adapun yang menjadi target populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja pada bagian produksi di perusahaan kendaraan bermotor roda dua Kawasan Industri Cibitung Bekasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 responden. Dalam penelitian ini desain penelitian menggunakan desain cross sectional (potong lintang) yang bertujuan  untuk mengetahui frekuensi dan distribusi variabel bebas dan hubungannya dengan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja dengan budaya kesehatan dan keselamatan kerja dengan nilai p = 0.00. Hasil menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara tingkat pendidikan dengan budaya kesehatan dan keselamatan kerja tetapi ada hubungan  signifikan antara pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja dengan budaya kesehatan dan keselamatan kerja terhadap pekerja yang bekerja di bagian produksi pada perusahaan manufakturing di Kawasan Industri Cibitung Bekasi.
Kesadaran Merek Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Wisatawan Domestik Martina, Sopa; Hakim, Lukmanul
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.71 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.4458

Abstract

Kota Bandung memiliki 15 sentra produksi UMKM dengan berbagai produk yang menjadi destinasi wisata belanja. Salah satunya adalah Sentra Rajut Binong Jati. Meskipun telah berdiri sejak tahun 1960, Sentra Rajut Binong Jati tidak berkembang secepat sentra produksi lainnya. Bahkan di kalangan wisatawan domestik saja masih belum terkenal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran merek dan tingkat keputusan pembelian konsumen pada Sentra Rajut Binong Jati, serta menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pemebelian. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan instrumen utama kuesioner. Sampel sebanyak 129 responden ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linear sederhana serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menyimpulkan Pertama, tingkat kesadaran merek dan tingkat keputusan pembelian wisatawan domestik pada Sentra Rajut Binong Jati berada pada kategori sedang. Kedua, kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Instagram, search engines optimizer, dan iklan di televisi adalah tiga media teratas yang dapat dipilih sebagai media promosi untuk meningkatkan kesadaran merek Binong Jati. Novelty pada penelitian ini adalah bahwa kontribusi pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian dalam kategori rendah. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan mengukur lebih banyak variabel.
Beban Kerja Dan Kepemimpinan Tranformasional Implikasinya Pada Kepuasan Kerja Karyawan Sulastriningsih, R. Dewi; Komalasari, Yunika; Handayani, Rina Dwi
Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Ecodemica
Publisher : LPPM Universitas BSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.34 KB) | DOI: 10.31311/jeco.v2i2.2945

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana pengaruh beban kerja dan kepemimpinan tranformasional terhadap kepuasan kerja karyawan, dengan melakukan studi kasus di PT. Asia Penta Garment. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil yang didapat dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara beban kerja dan kepemimpinan transformasional terhadap Kepuasan kerja. Variabel kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh lebih kuat dan cenderung positif terhadap Kepuasan kerja daripada variabel beban kerja. Hal ini membuktikan bahwa, karyawan di PT. Penta Asia Garment merasa  puas dalam bekerja karena ditunjang dengan kepemimpinan seorang pemimpin yang mampu menyampaikan visi dan misi perusahaan, dapat menjadi panutan dalam bekerja, dapat dipercaya, pimpinan mampu menyelesaikan persoalan, mampu bekerja dengan cepat, mampu memotivasi karyawannya, dapat menjadi contoh, kreatif, mampu mengambil keputusan, mampu menyelesaikan masalah, mau mendengarkan keluhan bawahannya, memperlakukan bawahannya dengan baik, memberikan pelatihan dan mampu memberikan saran. Sedangkan untuk hasil  pengujian pengaruh beban kerja terhadap kepuasaan kerja membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara beban kerja terhadap Kepuasan kerja. Hal ini brarti bahwa jumlah beban kerja yang diberikan kepada karyawan tidak mempengaruhi kepuasaan kerja karyawannya.

Page 1 of 2 | Total Record : 16