cover
Contact Name
Yosef Abdul Ghani
Contact Email
yosef.ylb@bsi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi.jurnalubsibdg@bsi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pariwisata
ISSN : 23556587     EISSN : 25282220     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JURNAL PARIWISATA pertama publikasi tahun 2014, dengan registrasi ISSN dari LIPI Indonesia. JURNAL PARIWISATA merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Destinasi Pariwisata, Perhotelan, Budaya, Makanan. Dengan artikel tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya. JURNAL PARIWISATA memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan April dan September setiap tahunnya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA" : 7 Documents clear
PENGOLAHAN MACAROON DI BAGIAN PASTRY AND BAKERY ASTON TROPICANA HOTEL BANDUNG Andriani, Rian; Dina, Dina
Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKDunia pariwisata tidak bisa dipisahkan dengan dunia perhotelan, karena hotel merupakan suatu industri yang berperan penting dalam perkembangan ekonomi pariwisata, dalam dunia perhotelan salah satu departemen yang memiliki peran penting adalah F&B Product, salah satunya Pastry And Bakery Section yang menyajikan berbagai makanan penutup yang sifatnya manis, seperti ice cream, pudding, cake, dan yang paling menarik perhatian adalah Macaroon. Macaroon ini selain enak, juga mempunyai tekstur yang lembut, bentuk yang menarik, rasa yang menggugah selera, dan disenangi banyak kalangan, tetapi macaroon ini menggunakan bahan yang mewah atau Exclusive maka dari itu penulis mengambil judul tersebut. Dalam studi ini, dilakukan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dan untuk pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,  observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengolahan macaroon dibagian Pastry And Bakery Aston Tropicana Hotel Bandung cukup rumit karena berbeda dengan pengolahan cake atau cookies lainnya, seperti menggunakan bahan dasar yang cukup sulit dicari karena tidak semua toko bahan kue menyediakan almond powder, dalam cara mengocok meringue harus dengan kecepatan yang stabil, setelah di cetakpun harus di resting agar permukaan macaroon mongering sebelum dibakar dan alat yang digunakan harus menggunakan silpat agar macaroon tidak lengket saat dikelupas. Kata Kunci : Hotel, Pastry, Bakery, Macaroon. ABSTRACTWorld tourism can not be separated from the world of hospitality, because the hotel is an industry that plays an important role in the economic development of tourism, in the world of hospitality one of the departments that have an important role is the F & B Product, one Pastry And Bakery Section which serves a variety of desserts that are sweet , such as ice cream, pudding, cake, and the most attention is the Macaroon. Besides delicious macaroon, also has a soft texture, shape attractive, appetizing flavors, and resented by many people, but this macaroon using luxury materials or Exclusive therefore the writer take the title. In this study, conducted descriptive qualitative research method. And for the collection of data obtained through interviews, observation, literature study, and documentation. These results indicate that the processing macaroon section Pastry And Bakery Aston Tropicana Hotel Bandung is quite complicated because it is different from the processing of cake or cookies, such as using a basic material that is quite difficult to find because not all grocery store cake provide almond powder, in a way whisk meringue should steady pace, after resting in cetakpun must in order macaroon surface dried before being burned and the tools used must be used in order macaroon silpat not sticky when peeled.  Keywords: Hotel, Pastry, Bakery, Macaroon.
PENGEMBANGAN ATRAKSI WISATA PANTAI TANJUNG PENDAM SEBAGAI DAYA TARIK WISATA Novianti, Syntia; Hariyanto, Oda I. B.
Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKBelitung merupakan daerah tujuan wisata yang cukup popular dengan segala potensi yang dimilikinya, terkenal karena keindahan alam serta keanekaragaman budayanya. Pantai Tanjung Pendam merupakan satu-satunya pantai yang ada di Kota Tanjungpandan yang memiliki potensi wisata alam yang layak untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata. Pantai Tanjung Pendam berada di 0 km kota Tanjungpandan dengan luas sekitar 22 hektar. Berhadapan dengan pantai ini terdapat pulau kalamoa, didalamnya ada tempat peribadatan masyarakat Thionghoa. Pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih yang terdapat disekitar pantai ini menjadi daya tarik tersendiri serta letaknya yang strategis. Metode dari penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, penulis mengidentifikasi potensi-potensi atraksi wisata apa saja yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Pendam, selanjutnya menganalisa potensi-potensi tersebut melalui pedoman wawancara yang ditanyakan langsung kepada informan subjek penelitian yaitu pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung dan UPTD Taman Hiburan. Sehingga dari hasil tersebut didapatkan hasil penelitian, bahwa Pantai Tanjung Pendam memiliki potensi yaitu potensi wisata alam, budaya, dan buatan. Sehingga menghasilkan konsep event-event atraksi wisata alam, budaya, dan buatan yang harusnya bisa rutin diadakan di kawasan Pantai Tanjung Pendam. Penelitian ini juga menghasilkan konsep pengembangan atraksi Pantai Tanjung Pendam untuk menarik minat wisatawan agar menjadi daya tarik wisata unggulan di Belitung. Kata Kunci : Pengembangan, Atraksi Wisata Pantai, Wisata Unggulan. ABSTRACTBelitung is tourism destination area which quite popular with all of it’s potention. Tanjung Pendam beach is the only beach located  in Tanjung pandan city which have natural tourism potention that suitable to be develop as tourism region. Tanjung Pendam beach is located at 0 Km from Tanjungpandan beach with broad about 22 hectare. Be faced with this beach there is Calamoa Island, In the inside  there are place for act of devotion for Society of Thionghoa. Beautiful scenery with spread out area of white sand which is located in around this beach became attractiveness itself and it’s located that strategic. The Method of this research is descriptive Method with Phenomenological Qualitative. In this research, author identified potentions tourism attraction that own by Tanjung Pendam, after analize those potentions through manual interview that asked directly to the research informan subject which is Official Government of Tourism and Creative conomic Regency of Belitung and UPTD Taman Hiburan. Until from the result get result of Research, that Tanjung Pendam beach have potention like tourism nature,culture,and made in. With the result that produce events concept  attraction nature tourism,culture, and made in that supposed can be routinely be held in Tanjung Pendam beach area. This research also produce attraction development concept Tanjung Pendam beach for  attractive the interest of the tourist to became attractive considered superior in Belitung. Keywords: Development, Tourism atractions, Considered Superior.
DAYA TARIK MUSEUM SITUS TAMAN PURBAKALA CIPARI SEBAGAI WISATA MINAT KHUSUS Mahardhika, Nida Wasilla; I.B. Hariyanto, Oda
Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKMuseum Situs Taman Purbakala Cipari merupakan objek daya tarik wisata yang berada di lingkungan Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat.Museumini memiliki koleksi benda purbakala yang cukup lengkap yang mampu memberikan gambaran tentang masa prasejarah di Indonesia terutama pada masa Megalitikum.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori-teori pariwisata secara umum.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi daya tarik minat khusus di Museum Situs Taman Purbakala Cipari, untuk menjawab permasalahan penelitian, maka digunakan metode pendekatan penelitian kualitatif.Dalam metode pendekatan kualitatif data diperoleh melalui kegiatan studi literatur, observasi lapangan, wawancara dengan informan terpilih, dan dokumentasi.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perlu menambahkan sarana prasarana yang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan, meningkatkan koordinasi dengan dinas pendidikan untuk mempertahankan program wisata edukasi sejarah kepurbakalaan kepada setiap sekolah di Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan, koordinasi antara pemerintah terkait untuk perencanaan perluasan akses jalan dan rambu petunjuk arah serta merealisasikan pembebasan lahan yang diidentifikasi merupakan benteng pemisah wilayah pada jaman megalitik. Kata kunci: Daya Tarik, Wisata Minat Khusus, Museum Situs Taman Purbakala Cipari ABSTRACTMuseum situs taman purbakala cipari is an attraction tourism object that located in Cipari, Cigugur subdistrict, Kuningan, West Java. This museum has enough archaeological collection that could give an illustration about the prehistoric period in Indonesia, especially megalithic period. Theory that used in this research is tourism theories generally. The purposes of this research are to determine the potential of special interest attraction in Museum Situs Taman Purbakala Cipari. To answer the research problem, used qualitative research approach method. In qualitative approach method, data obtained through literature study, field observation, interviews with selected informants, and documentation. The results that obtained on this research is the need to add infrastructure that expected can increasing visitor, improving the coordination with education with education departement to maintain an education tour program of Archaeological history to all schools in Indonesia especially in Kuningan, coordination between relevant government for expansion planning of road access and signs directions and to realization of land deliverance that identified as fortified arean on the megalithic period. Keyword: Tourist Attraction, special interest tourism, Museum Situs Taman Purbakala Cipari.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI THESECRET FACTORY OUTLET Tunis, Anugrah Janwar; Martina, Sopa
Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.437 KB) | DOI: 10.31311/par.v3i1.902

Abstract

ABSTRACTThe aim of this research is to know the influence of product quality and price to purchase decision of The Secret Factory Outlet in Bandung. This research type is descriptive-verificative. Sampling technique used is incidental sampling with 100 respondents. The technique of data analysis used is multiple linear regression analysis wich hypothesis test uses R2test, t test, and F test. It also performed by classical assumption which include normality test, multicollinierity test, heteroscedasticity test, and autocorrelation test. From the statistical examination known that product quality positively and significantly influence positively and significantly to purchase decision which regression coefficient =0,060, price influence positively and significantly to purchase decision which regression coefficient =0,833, and product quality and price influence simultanously 68,3% to purchase decision.   Keywords: Product Quality, Price, and Purchase Decision. ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di The Secret Factory Outlet Kota Bandung. Penelitian ini berjenis deskriptif-verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2, uji t, dan uji F. Penelitian ini juga dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Dari hasil pengujian secara statistik, diketahui bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi = 0,060, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi = 0,833, dan kualitas produk dan harga berpengaruh secara simultan sebesar 68,3% terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian. 
PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN NUSANTARA Juwita, Intan; Hariyanto, Oda I. B.
Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTingkat jumlah kunjungan wisatawan nusantara di Museum Perundingan Linggarjati mengalami fluktuasi pada 6 tahun terakhir dari 2010 - 2015. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kurang keberagaman aktifitas dan kurang ketertarikan terhadap koleksi museum. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kondisi daya tarik wisata, keputusan berkunjung wisatawan nusantara, dan mengetahui pengaruh antara daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan nusantara di Museum Perundingan Linggarjati. Penelitian dilakukan di Museum Perundingan Linggarjati dengan teknik sampling insidental sampling. Responden yang di ambil sebanyak 100 orang responden yaitu wisatawan nusantara yang berkunjung ke museum dari total populasi sebanyak 2053 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan alat bantu software SPSS 16.0 for windows, penyebaran kuesioner, wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, daya tarik wisata yang ada di Museum Perundingan Linggarjati berada pada kategori “Cukup Baik” dan keputusan berkunjung wisatawan  berada pada kategori “Baik”. Terdapat pengaruh antara daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Museum Perundingan Linggarjati sebesar 24,3%. Semakin baik kualitas daya tarik wisata yang ada di Museum Perundingan Linggarjati maka akan semakin tinggi pula keputusan berkunjung wisatawan yang datang ke museum. Kata Kunci: Daya Tarik Wisata, Keputusan Berkunjung, Museum Perundingan Linggarjati.ABSTRACTThe level of nusantara tourist’s visits number in Perundingan Linggarjati Museum was fluctuated development in the last six years since 2010 - 2015. One of the factors that influence it is the lack of diversity of activities and the lack of interest to the museum’s collections. The purpose of this research was to identify the condition of a tourist attraction, nusantara tourist’s visiting decision, and determine the influence of tourist attraction to nusantara tourist’s visiting decision  in Perundingan Linggarjati Museum. The research was conducted in Perundingan Linggarjati Museum by insidental sampling technique. The respondent was taking of 100 respondents were nusantara tourist who visiting the museum of the 2053 persons population. This research uses descriptive verification methods with quantitative approach using simple linear regression analysis techniques with using software SPSS 16.0 for windows as a tools, interview and observation as the techniques of collecting data. Based on this research, a tourist attraction in Perundingan Linggarjati Museum  are in “Good Enough” category and the tourist’s visiting decision are in “Good” category. An influence between tourist attraction to tourist’s visiting decision in Perundingan Linggarjati Museum is 24,3%. The better tourist attraction quality in Perundingan Linggarjati Museum it will be improve the tourist’s visiting decision who come to Perundingan Linggarjati Museum. Keywords: Tourist Attraction, Visiting Decision, Perundingan Linggarjati Museum.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGUNJUNG SAUNG ANGKLUNG UDJO Priyanto, Rahmat
Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTService becomes an important factor in tourism business industry as the main products are delivered to consumers, so that good quality is essential in satisfying consumers. Good service quality will generate customer satisfaction and loyalty, while the poor service quality that will give disappointment to consumers. This study aims to determine the effect of service quality on satisfaction and loyalty of tourists visiting the Saung Angklung Udjo. The independent variables in this study is the service quality and the dependent variable is the satisfaction and loyalty. The method used in this research is descriptive verification with quantitative approach. Based on a statistical test can know that the variables significantly influence the quality of service satisfaction and loyalty of visitors Saung Angklung Udjo, as well as the satisfaction variables that significantly influence visitor loyalty variable. Based on the research that has been done so in an effort to improve visitor satisfaction and loyalty, the necessary strategy for improving the service excellence. Keywords: Service Quality, Satisfaction, Loyalty. ABSTRAKPelayanan menjadi faktor penting dalam industri usaha pariwisata sebagai produk utama yang disampaikan kepada konsumen, sehingga kualitas yang baik menjadi sangat penting dalam memuaskan konsumen. Kualitas pelayanan yang baik akan menghasilkan kepuasan dan loyalitas konsumen, sedangkan kualitas pelayanan yang buruk akan memberikan kekecewaan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan yang berkunjung ke Saung Angklung Udjo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan serta variable terikatnya adalah kepuasan dan loyalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan uji statistika yang dilakukan dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung Saung Angklung Udjo, begitu juga dengan variabel kepuasan yang berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dalam upaya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengunjung, diperlukan strategi peningkatan kualitas pelayanan yang prima
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BERKUNJUNG DI TAMAN OBJEK WISATA SITU PATENGGANG Fatimah, Siti; Hariyanto, Oda I.B.
Jurnal Pariwisata Vol 3, No 1 (2016): Jurnal PARIWISATA
Publisher : LPPM Ars Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSitu Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan , Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh. Pengelola harus dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk menciptakan suatu kepuasan konsumen. Populasi penelitian ini adalah pengunjung taman objek wisata Situ Patenggang, dengan sampel sebanyak 30 responden dan teknik pengambilannya dengan Nonprobability sampling. Metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada 100 pengunjung taman objek wisata Situ Patenggang disamping metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pengunjung taman objek wisata Situ Patenggang sebesar 47,9%, sedangkan sisanya, yaitu 52,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di taman objek wisata Situ Patenggang, terlihat dari pengkategorian skor dan nilai rata-rata pada statistik data hasil penelitian tentang kualitas pelayanan ke ke taman objek wisata Situ Patenggang secara keseluruhan dikategorikan cukup baik, dengan persentase 52,1% berada pada rentang skor 4069. Sedangkan berdasarkan pengkategorian skor dan nilai rata-rata pada statistik data hasil penelitian tentang kepuasan pengunjung ke taman objek wisata Situ Patenggang secara keseluruhan dikategorikan tidak baik, dengan persentase 52% berada pada rentang skor 2080. Maka kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan berkunjung, jika kualitas pelayanan baik maka muncul rasa nyaman dan puas dari wisatawan atas kunjungannya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Obyek WisataABSTRACTSitu Patenggang or Situ Patengan is a lake located in South Bandung nature tourist attraction, Jawa Barat, Indonesia, Ciwidey, to be exact. Located 1600 metres above see level, this lake has a really exotic view. Situ Patenggang has a beautiful natural view as well, because of the tea garden surrounding it. The managers should give their best service to make the customers satisfied. This research’s population is the visitor of Situ Patenggang Tourist Attraction Park, with a sample of 30 respondents and the technique used was nonprobability sampling. Data collection method was by using questionnaire given to 100 visitors of Situ Patenggang Tourist Attraction Park and documentation method. The result shows that service quality affects the satisfactory of 47.9% visitors of Situ Patenggang Tourist Attraction Park while the rest, which is 52.1%, was affected by other variables which was not investigated in this research. According to the result of the research done in Situ Patenggang Tourist Attraction Park, it can be seen from the score and mean categorization in the research result’s statistics data regarding the service quality of Situ Patenggang Tourist Attraction Park can be categorized as well enough, with the percentage of 52.1% at the score range of 4069. Whereas according to the score and mean categorization in the research result’s statistics data regarding the customer satisfactory of Situ Patenggang Tourist Attraction Park can be categorized as not good, with the percentage of 52% at the score range of 2080. Therefore, the service quality really takes effect to the satisfaction in visiting, if the service quality is good then the customers will be pleasant and satisfied of their visit. Keywords: Service Quality, Satisfaction, Tourist Attraction.

Page 1 of 1 | Total Record : 7