cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Sketsa
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
IKLAN: KOMUNIKASI SENI ATAU DESAIN ? Yuliansyah, Hendy
Jurnal Sketsa Vol 5, No 2 (2018): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 ABSTRAK  Komunikasi seni dan desain, sering menjadi pembedaan yang tidak terdefinisikan. Ruang praktis seni dikelola langsung oleh seniman-seniman, sedangkan desain digawangi oleh para desainer. Karya seni dan desain yang tertuang pada iklan dompet dhuafa menjelaskan bagaimana sisi-sisi kualitatif dapat menjelaskan bagaimana keterkaitan dan kekuatan dari seni dan desain, artinya baik seni dan desain sebagai sarana utama bagi siapapun dalam mengungkapkan pesan-pesan tertentu, dna hal ini sebagai pengembangan khazanah manusia terhadap berbagai ilmu yang mesti dikembangkan kemanfaatannya. Melalui penelitian deskriptif analisis, penelitian ini menjelaskan bahwa seni dan desain dibedakan dari fungsi secara pribadi dan fungsi untuk khalayak, yang selanjutnya dibedakan dengan jumlah karya yang ada dan dipesan oleh masyarakat. Kata kunci : desain, pribadi, seni, masyarakat.   Communication of art and design often becomes a distinction that is not defined. The practical space of art is managed directly by artists, while design is fronted by designers. Art works and designs contained in wallet dhuafa advertisements explain how the qualitative side can explain how the interrelationships and strengths of art and design, meaning both art and design as the main means for anyone to express certain messages, and this as the development of treasures human beings to various sciences that must be developed for their usefulness. Through descriptive analysis research, this study explains that art and design are distinguished from personal functions and functions for audiences, which are then distinguished by the number of works that are available and ordered by the public. Keywords: design, personal, art, society.
PERANCANGAN FILM DOKUMENTER THE PANTURAS DAN SURF ROCK MUSIK Juliansyah, Ade; Adityawan, Oki
Jurnal Sketsa Vol 5, No 2 (2018): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.256 KB)

Abstract

ABSTRAKKurangnya informasi tentang perkembangan musik surf rock di kota Bandung menjadikan pemicu film dokumenter ini dibuat. Mengangkat profil The Panturas sebagai band yang memainkan musik surf rock di kota Bandung kedalam media film dokumenter, semoga bisa memberikan manfaat serta menjadi informasi baru pada perkembangan skena  musik surf rock di kota Bandung. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis menggunakan metode kualitatif yang datanya didapat dari kepustakaan, kuisioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar musik surf rock dan profil The Panturas, serta melakukan wawancara langsung dengan The Panturas dan beberapa narasumber terkait untuk melengkapi data yang diperlukan dalam pengerjaan film dokumenter ini.Media utama yang digunakan berupa film dokumenter, media ini dipilih karena bisa menjadi salah satu informasi yang bermanfaat dalam perkembangan musik surf rock serta mengenalkan The Panturas ke khalayak luas.Kata Kunci: Film Dokumenter, Musik Surf Rock, The PanturasABSTRACKLack of information about the development of surf rock music in the city of Bandung made the trigger of this documentary film making. Raising the profile of The Panturas as a band that plays surf rock music in the city of Bandung into documentary film media, hopefully it can provide benefits and become new information on the development of surf rock music scene in the city of Bandung. Based on these problems the author uses qualitative methods whose data is obtained from the literature, questionnaires containing questions about surf rock music and The Panturas profile, as well as conducting direct interviews with The Panturas and related sources to complete the data needed in the documentary. The main media used in the form of documentary films, this media was chosen because it could be one of the useful information in the development of surf rock music and introducing The Panturas to a wider audience.Keyword :Documentary, Surf Rock Music, The Panturas
PERANCANGAN INFOGRAFIS TENTANG MAKANAN DENGAN KANDUNGAN GIZI YANG BAIK UNTUK BALITA Yuliansyah, Hendy
Jurnal Sketsa Vol 5, No 2 (2018): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.102 KB)

Abstract

ABSTRAK Setiap harinya anak membutuhkan asupan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Asupan kandungan gizi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi yang berguna untuk pertumbuhan otak (intelegensia) dan pertumbuhan fisik. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode pengumpulan data seperti survey berupa observasi yang dilakukan dengan wawancara kepada masyarakat berisi masalah seputar makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk balita.Hasil dari penelitian tersebut berupa Infografis dengan karya poster, banner, xbanner, brosur, stiker. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat terutama para orang tua yang memiliki balita agar lebih menjaga makanan apa saja yang akan di berikan ke pada si kecil.  Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Gizi, Balita, Infografis. ABSTRACT Every day children need balanced nutritional intake consists of carbohydrates, proteins, fats, vitamins and minerals. The nutrient intake can be obtained from the food consumed are useful for the growth of the brain (intelegensia) and physical growth. This research was conducted with multiple methods of data collection such as survey form interview conducted with observation to society contains a problem surrounding food contain good nutrition for toddlers. The results of such research be Infographics with posters, banners, stickers, flyers, xbanner. The results of this research are expected to arouse the public especially the elderly who have a toddler to better safeguard the food will be given to it on the little one.  Keywords: Public Service, Nutrition, Toddlers, Infographics
VIDEO ILUSTRASI KREATIF TENTANG KULINER KOTA BANDUNG UNTUK MENUNJANG PARIWISATA Rikobi, Abi
Jurnal Sketsa Vol 2, No 1 (2015): Jurnal SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.398 KB)

Abstract

ABSTRACTBandung is known as a city of natural attractions, shopping, and gradually known as a city of culinary tourism. Title as the city of Bandung culinary demands continue to be creative and innovative in terms of culinary, including in conveying information about the culinary.The purpose of designing creative illustration video about Bandung city culinary is becoming one of the media information that is able to engage and influence people to travel in the city of Bandung. Illustration of Bandung city culinary packed with creative, unique, and interesting in the integrity of video. The design of this thesis using inductive analysis approach. Inductive means the process of taking a conclusion of the things that are special becomes general conclusions. The technique of collecting data through interviews, observation, and literature study.Results of designing video creative illustration of culinary Bandung city is expected to describe the city of Bandung perkulineran treasures to the public. Keywords: Creative Illustrations Video, Tourism, Bandung City Culinary ABSTRAKBandung dikenal sebagai kota wisata alam, belanja, dan kuliner. Predikat sebagai kota wisata kuliner menuntut Bandung terus kreatif dan inovatif dalam hal kuliner termasuk dalam menyampaikan informasi mengenai kuliner.Tujuan dari perancangan video ilustrasi kreatif mengenai kuliner Bandung adalah menjadi salah satu media informasi yang mampu mengajak dan memengaruhi orang untuk berwisata di kota Bandung. Ilustrasi tentang kuliner kota Bandung dikemas secara kreatif, unik, dan menarik dalam satu keutuhan sebuah video. Perancangan tugas akhir ini menggunakan pendekatan analisis induktif. Induktif berarti proses mengambil suatu kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka.Hasil dari perancangan video ilustrasi kreatif mengenai kuliner kota Bandung ini diharapkan mampu menggambarkan khazanah perkulineran kota Bandung kepada masyarakat luas.Kata kunci: Video Ilustrasi Kreatif, Pariwisata, Kuliner Kota Bandung
ANALISIS VISUAL ILUSTRASI KOMIK STRIP “OM PASIKOM” TERHADAP KARAKTER JURNALIS PADA HARIAN UMUM KOMPAS Yuliansyah, Hendy
Jurnal Sketsa Vol 1, No 2 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.703 KB)

Abstract

Abstract - Comic is one of the works of art, which has extensive functionality. As one of the popular public communication media, comics become an important tool in a variety of situations. Similarly, the comic om Pasikom. One of the daily comics in general daily compass. As work on the newspaper. Then proved, character follows the character om Pasikom journalists. In this study, it was found that the figure does not follow  the character om Pasikom journalists in general, so this comic om Pasikom more stylish society at large. Keyword: Design,  Journalist, Comic, Character.   Abstrak - Komik adalah salah satu karya seni, yang memiliki fungsi yang luas. Sebagai salah satu media komunikasi yang digemari masyarakat, komik menjadi alat penting dalam berbagai situasi. Begitu juga halnya, dengan komik om pasikom. Salah satu komik harian pada harian umum kompas. Sebagaimana pekerjaan pada surat kabar. Maka terbukti, tokoh om pasikom mengikuti karakter jurnalis. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa tokoh om pasikom tidak mengikuti karakter jurnalis pada umumnya, sehingga tokoh komik om pasikom ini lebih bergaya masyarakat pada umumnya. Kata Kunci: Desain,  Jurnalis, Komik, Karakter.
PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KEJAYAAN KERAJAAN PAKUAN PAJAJARAN Setiadi, Rali
Jurnal Sketsa Vol 2, No 1 (2015): Jurnal SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.007 KB)

Abstract

ABSTRACTIn West Java, the opportunity for kids to get knowledge history of the ancestors is very rare, And then how to give back the values of nationalism among the young generation in West Java traced back to the issue of preservation and continuation of the nations history, and how to preserve the story of Pakuan Pajajaran and be continue to the next generation. Until this study, the authors tried to make design of interactive multimedia Kingdom of Pakuan Pajajaran characteristics and identity of wisdom local culture of Sunda. as a means of introduction to the history of the primary school students. With illustrations of authors try to explain and tell the history of the present, in order to provide moral message contained within the history.Keywords: Multimedia, Interactive, History, Pakuan Pajajaran. ABSTRAKDi Jawa Barat kesempatan anak-anak untuk mengenal sejarah leluhur sangat jarang, Bagaimana mengembalikan nilai nasionalisme dikalangan generasi muda di Jawa Barat dirunut kepada persoalan pelestarian dan penerusan sejarah bangsa, lalu bagaimana melestarikan kisah Pakuan Pajajaran serta diteruskan turun temurun kepada generasi berikutnya. Melalui penelitian ini, penulis mencoba merancang multimedia interaktif Kerajaan Pakuan Pajajaran ciri khas identitas lokal Tatar Sunda. sebagai sarana pengenalan sejarah pada siswa sekolah dasar. Dengan ilustrasi penulis mencoba memaparkan dan menceritakan sejarah yang ada, guna memberikan pesan moral yang terkadung dalam sejarah tersebut.Kata kunci: Multimedia, Interaktif, Sejarah, Pakuan Pajajaran
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA SUNDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kasus SDN Sukasenang) Sarrahdiba, Tyara Umi Yuhanis
Jurnal Sketsa Vol 1, No 1 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.198 KB)

Abstract

ABSTRAKKegiatan belajar mengajar Aksara Sunda di tingkat Sekolah Dasar sulit untuk dilaksanakankarena  banyaknya  hambatan.  Salah  satunya  yaitu  dengan keterbatasan  media  pembelajaran  yangsesuai dengan kemampuan dan  psikologis siswa kelas 4 & kelas 5 Sekolah Dasar. Perancangan mediapembelajaran aksara Sunda untuk siswa Sekolah Dasar ini, diharapkan memenuhi kebutuhan pendidikdan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar aksara Sunda. Tujuan perancangan yaitu untukmembuat anak tertarik untuk mempelajari aksara Sunda, serta mempermudah mereka dalammempelajarinya.Media   pembelajaran   yang   berupa   buku   ini,   disajikan   dalam   bentuk   komik.Perancangan buku ini merupakan perancangan media cetak dan menggunakan ilustrasi yang dibuatdengan CorelDraw X6.Kata kunci: aksara sunda, media pembelajaran, sekolah dasar, coreldraw x6    ABSTRACTSundanese script learning activities at elementary school level had been quiet hard becausea lot of obstacle. One of them is theres no Sundanese script learning media that appropiate forelementary  student  psychology  and  ability.  This  Sundanese  script  learning  media  design  forelementary school, be expected can fulfill the educator and the students needs in Sundanese scriptlearning activities. It has a purpose to make children interest learning Sundanese script, and make iteasier. This learning media which is in book form, presented in Manga style. This book design is aprint media, and the illustration made by CorelDraw X6.Keywords: coreldraw x6, elementary school, learning media, sundanese script
NARASI VISUAL DISKURSUS TUBUH PADA KARYA DIGITAL PAINTING DALAM TINJAUAN BUDAYA (STUDI KASUS KARYA MASSIVE WAR – AGAINST SAD RIPU) Yusa, I Made Marthana; Triyadi, Agus
Jurnal Sketsa Vol 1, No 2 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1402.956 KB)

Abstract

Abstract - Body discourse often implemented and visualized into art and design artform. This article reveals designing process with digital painting tehnique which narrate body discourse in term of cultural observation. The artwwork object entitled : Massive War – Against Sad Ripu. Methodology started with methodological phases to reveal the visual narration and conceptual meaning consisted. The next phase is to reveal the concept art connected with body discourse and phenomena about the ways human respond its issue visualized into artwork in cultural point of view. The cultural observation measured up to Eastern socio culture (Buddhisme-Hinduisme). The output of the observation reveals spesific values that narrates in visual way related to body discourse in scope of cultural observation. Keywords : Visual Narration, Body Discourse, Multiculturalism, Massive, War, Sad Ripu, Hinduisme, Buddhisme Abstrak - Diskursus terhadap tubuh seringkali divisualisasikan dalam wujud karya seni rupa dan desain. Pada artikel ilmiah ini diungkap proses penciptaan karya dengan teknik digital painting. Karya tersebut berjudul Massive War-Against Sad Ripu oleh I Made Marthana Yusa. Metodologi diawali dengan langkah-langkah metodologis mengungkap pesan dan narasi visual yang terkandung pada ilustrasi. Langkah selanjutnya mengungkap konsep karya yang berhubungan dengan diskursus tubuh dan bagaimana manusia merespon diskursus tubuh dalam visualisasinya pada karya dari sudut pandang budaya. Tinjauan budaya dibatasi pada socio-culture Timur (Buddhisme-Hinduisme). Hasil kajian mengungkap nilai-nilai khusus yang dinarasikan secara visual berdasar atas diskursus tubuh dalam batasan tinjauan budaya. Kata Kunci : Narasi Visual, Diskursus Tubuh, Multikulturalisme, Sad Ripu, Hinduisme, Buddhisme
Perancangan Visual Brand Army City untuk Menunjang Promosi Batik Kota Cimahi Nurjaman, Agus Ramdan
Jurnal Sketsa Vol 2, No 1 (2015): Jurnal SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.69 KB)

Abstract

ABSTRACTThe design of the study was intended to inform and introduced batik of Cimahi through the design a brand Army City. The design a brand Army City to promote batik of Cimahi use the qualitative method is descriptive by understanding the data obtained, in the form of survey directly to the community Cimahi City. Batik of Cimahi is the batik is still considered new, hence batik of Cimahi need to be promoted so the citizens own Cimahi city know that Cimahi also owns batik design of any its territory. Brand Army City as a medium alternative to promote batik of Cimahi city will be to provide batik innovation applied to that packed interesting and unique.This brand will be to provide fashion who follows of era development, so as to make the community more interested and be attracted to only know batik Cimahi especially addressed to teenagers mature.  Brand Army city is expected to introduced change the perception of teenagers and adults against batik used in certain places that impressed old and formal.Keywords : Batik of Cimahi, Innovation of Fashion, Brand Army City                                                                            ABSTRAKPerancangan dari penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan dan mengenalkan batik kota Cimahi melalui perancangan sebuah brand Army City. Perancangan sebuah brand Army City untuk mempromosikan batik kota Cimahi menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan memahami data yang didapat, berupa penelitian secara langsung ke masyarakat kota Cimahi. Batik Cimahi merupakan batik yang terbilang masih baru, oleh karena itu batik kota Cimahi perlu dipromosikan agar masyarakat kota Cimahi sendiri mengetahui bahwa Cimahi juga mempunyai batik khas dari setiap daerahnya. Brand Army City sebagai media alternatif untuk mempromosikan batik kota Cimahi ini berupa inovasi batik terapan yang dikemas menarik dan unik. Brand Army City ini berupa fashion yang mengikuti perkembangan jaman, sehingga membuat masyarakat lebih berminat dan tertarik untuk mengenal batik Cimahi khususnya yang ditujukan kepada remaja dewasa.Brand Army City diharapkan dapat mengenalkan batik kota Cimahi dan merubah pandangan remaja dewasa terhadap batik yang dipakai di tempat-tempat tertentu yang terkesan tua dan formal.Kata kunci : Batik Cimahi, Inovasi fashion, Brand Army City
PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PROPAGANDA GERAKAN BIKE TO WORK UNTUK MENGURANGI KEMACETAN DI KOTA BANDUNG Anugrah, Ecky Esa; Triyadi, Agus
Jurnal Sketsa Vol 1, No 2 (2014): JURNAL SKETSA
Publisher : LPPM BSI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.167 KB)

Abstract

Abstract - The high volume of traffic crossing the main roads in the Bandung city tend to cause congestion at some crossroads. Traffic management is one way to way to resolve the issue. This study aims to determine how much influence the implementation of traffic management to reduce congestion in the Bandung city. Data collected through observation and interviews directly. Furthermore, provide solutions to reduce congestion in the Bandung city. Keyword : : Bike To Work, Reduce, Congestion, City, Bandung  Abstrak - Tingginya volume lalu lintas yang melintasi jalan-jalan utama di kota Bandung cenderung menimbulkan kemacetan pada beberapa persimpangan jalan. Manajemen lalu lintas merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan manajemen lalu lintas untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara secara langsung. Selanjutnya memberikan solusi untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung. Kata Kunci : Bike To Work, Mengurangi, Kemacetan, Kota, Bandung