cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 25496972     EISSN : 25493604     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Dr Soetomo Surabaya bekerjasama dengan Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) Cabang Surabaya. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan, dan menyalurkan minat berbagi serta penyebarluasan pengetahuan bagi para akademisi, mahasiswa, praktisi dan para pemerhati ilmu pengetahuan. Redaksi menerima artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan ilmu Bisnis dan Manajemen. Jurnal Bisnis dan Manajemen - Ekspektra terbit dua kali setahun, yaitu edisi bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2017)" : 7 Documents clear
PERILAKU PEMBELIAN PRODUK FASHION DIDASARKAN PADA KEPERCAYAAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL Purwanto, Sugeng
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.209 KB) | DOI: 10.25139/ekt.v1i1.89

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan sosial media pada perilaku pembelian berdasarkan kepercayaan mereka dalam membeli di Kota Surabaya. Penelitian ini mengusulkan dan menguji model lima variabel yang mempengaruhi keyakinannya dalam membeli serta perilaku pembelian. Faktor-faktor yang diuji terdiri dari variabel bebas yaitu pada penggunaan media sosial, antara lain keterhubungan, keterbukaan, kecepatan, aksesibilitas, dan partisipasi, sedangkan variabel terikat adalah keyakinan membeli dan perilaku pembelian. Dalam rangka untuk mengeksplorasi masalah ini, metode kuantitatif menggunakan software partial least square dengan melakukan penyebaran kuesioner di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan 250 responden yang representatif. Hasil mengkonfirmasi adanya pengaruh yang signifikan antara faktor penggunaan media sosial terhadap kepercayaan membeli dan minat pembelian.
ANALISIS PENGARUH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA : PENGUJIAN MENGGUNAKAN GARCH ( GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSKEDASTICITY) Cahyaningdyah, Dwi; Faidah, Faridhatun
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.433 KB) | DOI: 10.25139/ekt.v1i1.84

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia. Subjek penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh. Ditemukan jumlah observasi sebanyak 1.697 observasi data harian harga saham penutupan selama tahun 2007-2015. Analisis data yang digunakan adalah analisis GARCH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2015 dimana ditemukan return saham yang negatif pada hari Senin (Monday Effect) dan return terbesar yang terjadi pada hari Jumat (Weekend effect). Sementara itu, fenomena week four effect tidak ditemukan pada penelitian ini karena Monday effect tidak hanya digerakkan oleh return negatif yang terjadi pada Senin minggu keempat dan kelima saja namun juga digerakkan oleh return negatif pada Senin minggu kedua dan ketiga. Pada penelitian ini, fenomena bad Friday juga tidak ditemukan karena tidak hanya return negatif hari Jumat saja yang mempengaruhi return negatif hari Senin (Monday Effect) tetapi juga dipengaruhi oleh return positif pada hari umat minggu sebelumnya.
KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA Susilowati, Sri
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (698.239 KB) | DOI: 10.25139/ekt.v1i1.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Dampak Faktor-Faktor Kepuasan Kerja secara Simultan dan Parsial Terhadap Komitmen Organisasi Pegawai Universitas Dr. Soetomo Surabaya. dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi Komitmen Organisasi Pegawai Universitas Dr. Soetomo Surabaya.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan menggunakan rumus regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20, yaitu Uji F dan Uji t dan dibandingkan dengan F Tabel dan t Tabel pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Uji F yaitu variabel X 1 (Pekerjaan), X 2 (Gaji), X 3 (Rekan kerja), X 4 (Kondisi Kerja) secara simultan berpengaruh terhadap komitmen organisasi (Y). Hal ini dibuktikan karena F Hitung 5,034 > F Tabel 2,47 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan Uji t, X 2 (Gaji) merupakan varibel yang paling dominan terhadap komitmen organisasi (Y) hal ini dibuktikan karena t Hitung – 0,507 > t Tabel – 1,661 dengan signifikansi 0,001 atau 1%. Besarnya pengaruh variabel bebas yang dianalisis bersama-sama terhadap variabel terikat yaitu komitmen organisasi sebesar 17,5%. Sedangkan sisanya sebesar 82,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH SEBELUM DAN SESUDAH SPIN OFF Anggraini, Rachmania
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.62 KB) | DOI: 10.25139/ekt.v1i1.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan Return On Asset (ROA) sebelum dan sesudah peristiwa spin off pada bank syariah. Penelitian ini dilakukan pada dua bank syariah yaitu PT. BNI Syariah dan PT. BCA Syariah yang melakukan spin off. Periode pengamatan adalah lima tahun dan teknik analisis data menggunakan uji beda paired sample t-test. Hasil temuan penelitian bahwa terdapat perbedaan signifikan DPF sebelum dan sesudah peristiwa spin off sedangkan CAR dan ROA dari kedua bank tersebut tidak terbukti terdapat perbedaan. Implikasi penelitian ini bahwa kinerja bank syariah setelah melakukan spin off mampu menurunkan NPF sehingga tingkat kesehatan bank menjadi lebih baik. Tingkat kesehatan berdasarkan CAR bank syariah tergolong kondisi sehat namun dengan melakukan spin off masih belum mampu menutupi penurunan aktiva sebagai akibat dari kerugian bank karena aktiva yang beresiko sedangkan ROA bagi manajemen bank harus lebih selektif dalam mengelola seluruh aktiva yang tersedia walaupun nilai ROA telah menunjukkan kondisi sehat.
EFEKTIVITAS PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA PENYANDANG TUNARUNGU Purnomo, Bambang Raditya
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.973 KB) | DOI: 10.25139/ekt.v1i1.85

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas pelatihan kewirausahaan dalam meningkatkan motivasi berwirausaha pada individu penyandang tuna rungu di Kota Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi berwirausaha individu penyandang tuna rungu sehingga banyak yang menjadi buruh atau bahkan pengangguran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan design One Group Pre Test Post Test. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner motivasi berwirausaha. Data yang diperoleh melalui kuisioner dianalisis dengan menggunakan metode t Test. Dari analisis data yang dilakukan terlihat bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan motivasi berwirausaha pada individu tunarungu setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan.
IDENTIFIKASI KEBERADAAN PENGAMBA’ DAN POLA RELASI DENGAN MASYARAKAT NELAYAN PESISIR TIMUR BANYUWANGI Indriadewi Atmadjaja, Yovita Vivianty
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.464 KB) | DOI: 10.25139/ekt.v1i1.86

Abstract

Masyarakat nelayan memiliki karakteristik dan kebiasaan yang unik dalam pengelolaan keuangan, yaitu ketergantungan dalam mencari solusi masalah keuangan terhadap pedagang perantara atau yang disebut sebagai pengamba’ dalam masyarakat nelayan Madura. Pedagang perantara menjadi lembaga informal yang membantu nelayan dalam memenuhi kebutuhannya dengan imbal balik hasil tangkapan nelayan harus disetorkan kepada pedagang perantara. Masyarakat nelayan dengan karakteristik seperti ini juga terjadi pada masyarakat pesisir Timur Banyuwangi yang menjadi subyek dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang mengambil sampel tiga pengamba’ dan 2 nelayan di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi didapatkan bahwa keberadaan pengamba’ didasari dan ditunjang dengan adanya ketergantungan nelayan yang telah berlangsung lama terhadap pengamba’ dalam hal kebutuhan dana, baik dana untuk pembelian aset maupun dana kerja melaut, serta adanya hubungan yang erat dan saling menguntungkan antara nelayan dan pengamba’. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pola relasi antara nelayan dan pengamba’ tidak hanya berdasarkan utang piutang, tetapi sudah menjadi seperti keluarga, dan pola relasi ini terputus apabila nelayan berpindah ke pengamba lain yang berada di satu wilayah dengan pengamba lama dengan terlebih dahulu melunasi pinjaman awal nelayan kepada pengamba’.
PERAN ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN INTENSI BERWIRAUSAHA PADA ANAK Antawati, Dewi Ilma
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Dr. Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.239 KB) | DOI: 10.25139/ekt.v1i1.87

Abstract

Intensi berwirausaha merupakan salah satu faktor predisposisi yang menentukan perilaku kewirausahaan seseorang. Berbagai aspek menentukan berapa kuat intensi seseorang untuk mewujudkan suatu perilaku, salah satunya adalah lingkungan sosial dalam kehidupan seorang anak, terutama orang tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa intensi berwirausaha dapat dipupuk sejak dini melalui pendidikan. Sebagai pendidik yang utama, orang tua berperan penting dalam prosesnya. Artikel ini membahas bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan intensi berwirausaha pada anak dengan menggunakan teori-teori intensi yaitu theory of planned behavior.

Page 1 of 1 | Total Record : 7