cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Indonesia
Published by Universitas Telkom
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 136 Documents
ANALISIS PEMASARAN BERBASIS HUBUNGAN PT. XYZ DENGAN HOREKA DI BOGOR Rantetoding, Rangga Jayanti; Yuliati, Lilik Noor; Suharjo, Budi
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 19 No 3 (2019): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v19i3.2414

Abstract

The  influence  of  the  growth  of tourism  industry  which  affected the  increasing  demand  for  beef  also  occurs  in Bogor City and Regency. This research was conducted at PT XYZ with their business partners Horeka in Bogor. The  relationship  between  PT  XYZ  and  100  business  partners  in  Bogor  is  a  marketing  relationship  between suppliers  and  suppliers,  in  which  PT  XYZ  acts  as  a  supplier  and  company  as  a  product  distributor  to  end consumers. The purpose of this study was to analyze relationship-based marketing between PT XYZ and Horeka business  partners  in  the  city  of  Bogor.  Data  was  obtained  by  the  census  method  on  100 Horeka  business partners who had made purchases at least twice in the past month at PT XYZ until August 2018. The research methodin this study  was descriptive  analysis using the  Top two boxes method and Structural Equation Model (SEM) with Lisrel tools. Based on the results of descriptive analysis, it can be seen that 98 percent of people try to  promote  mutually  beneficial  cooperation.  The  results  of  the  SEM  model  analysis  show  that  the  pattern  of linkages that occur in relationship-based marketing of PT XYZ with business partners is not only based on mere financial  benefits.  The  relationship  that  was  built  between  PT  XYZ  and  Horeka  business  partners  was  based more on trust based on flexible business practices. Keywords?Commitment, Cooperation, Relationship Marketing, Trust Abstrak Pengaruh  pertumbuhan  industri  pariwisata  yang  juga  menjadi  pengaruh  meningkatnya  kebutuhan  daging  sapi terjadi juga di Kota dan Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada PT XYZ dengan mitra usaha horeka di Bogor.  Hubungan  antara  PT  XYZ  dengan  100  mitra  usaha  horeka  di  Bogor  merupakan  hubungan  pemasaran antara  pemasok  dan  penyalur.Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  menganalisis  pemasaran  berbasis  hubungan antara PT XYZ dengan mitra usaha horeka di kota Bogor.Data di peroleh dengan metode sensus pada 100 mitra usaha  horeka  yang  sudah  melakukan  pembelian  minimal  dua  kali  dalam  satu  bulan  terakhir  pada  PT  XYZ sampai  dengan  bulan  Agustus  2018.  Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis deskriptif  dengan  menggunakan  metode Top  two  boxesserta Structural  Equation  Model(SEM)  dengan  tools Lisrel. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa 98 persen horeka berupaya mengedepankan kerjasama  saling  menguntungkan.  Hasil  analisis  model  SEM  menunjukan  bahwa  pola  keterkaitan  yang  terjadi dalam  pemasaran  berbasis  hubungan  PT  XYZ  dengan  mitra  usaha  horeka  tidak  hanya  didasarkan  pada keuntungan  finansial  semata.  Karena  hubungan  yang  terbangun  antara  PT XYZ  dan  mitra  usaha  horeka  lebih didasari karena kepercayaan yang berpedoman pada praktek bisnis yang fleksibel. Kata kunci? Kepercayaan, Kerjasama, Komitmen, Pemasaran Berbasis Hubungan
UNDERSTANDING ATTITUDE TOWARDS CHANGE Utami, Ami Fitri; Triady, Moch Sandy
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 19 No 3 (2019): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v19i3.2409

Abstract

Business dynamics aimed to urge the organization to adapt in order to parlay their competitive advantage. By this,  change  attempts often  inevitable  as  an  effort  to  keep  functioning  on  the  dynamic  condition.  However, change  in  an  organization  is  not  easy,  mainly  when  it  deals  with  a  human  within  the  structure.  This  research aims to untangle the individual factor, which forms their attitude toward change. By this, the study determines two-variable such self-efficacy and employee?s trust in a leader as a predictor of the employee attitudes toward change. Through the sample of 50 employees from a company which facing a change in business process, it was found  that  employees?  self-efficacy  and  trust  in  leader  positively  related  with  the  positive  attitude  toward change. Otherwise, the self-efficacy and trust in leader negatively influence the negative attitude toward change. Through  the  result, managers might gain insight that gaining trust in the executives and gaining employees? trust within their ability is imperative to acquire a positive attitude towards change. Keywords?Attitude towards Change, Change, Self-Efficacy, Trust Abstrak Dinamika bisnis akan terus mendorong organisasi untuk melakukan perubahandemi mencapai keunggulan daya saing yang mumpuni. Namun,perubahan bukanlah hal  yang mudah diterima oleh anggota organisasi, terutama saat  hal  tersebut  berimplikasi  langsung  terhadapmereka  sebagai individu. Penelitian  ini  bertujuan  untuk memahami bagaimana  pengaruh  antara  keyakinan  diri  atau self-efficacydan  rasa  percaya  terhadap  pemimpin atau  trust  in  leader  terhadap  respon  akan  perubahan yang  terjadi. Dengan  menggunakan  sampel  sebanyak  50 karyawan dari satu organisasi yang sedang melakukan restrukturisasi ditemjkan bahwa baik rasa keyakinan akan kemampuan  diri  serta  rasa  percaya  terhadap  pemimpin  dapat  mempengaruhi respon  karyawan  terhadap perubahan yang ada. Kata kunci?Attitude towards Change, Change, Self-Efficacy, Trust
LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT Sari, Purnama; Muzaki, Isep Saepul; Mulyatini, Nurdiana; Faridah, Eva; Prawiranegara, Benny
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 19 No 3 (2019): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v19i3.2413

Abstract

The  regional autonomy  system provides an opportunity for regions in the  territory  of Indonesia to utilize  their sources of income independently so that the implementation of development in the regions does not only rely on finance from the central government. In this study, we are of the opinion that regions that are able to optimize their  local  own  revenue  will  have  an  impact  on  increasing  local  financial  independence.  Local  financial independence is the  ability  of a region to finance development in its area. Our other opinion assumes that the relationship  between  localown  revenue  and  the  local  financial  independence  can  be  strengthened  by  the implementation  of  decentralization.  With  good  decentralization,  local  governments  are  more  transparent  in providing all information to the public, can increase accountability because public services are getting closer, local  governments  can  take  strategic  decisions,  improve  fiscal  management,  improve  economic  growth  and market security. The new contribution of this study is related to the literature of the merging of the relationship between  local  own  revenue,  decentralization,  and  local  financial  independence  that  was  built  through Moderated Regression Analysis (MRA) evidence in one of the regions in Indonesia, namely Ciamis. The results of  the  study  show  that  regional  local  own  revenues  influence  local  financial  independence.  Meanwhile, decentralization which is proxied using local government expenditures is able to strengthen the relationship of local own revenues to local financial independence. So it can be concluded that the effective implementation of decentralization is able to encourage an increase in regional income that comes from its own sources to realize financial independence in the region. Keywords?Decentralization, Local Financial Independent, Local Own Revenue. Abstrak Sistem   otonomi   daerah   memberikan   kesempatan   kepada   daerah-daerah   di   wilayah   Indonesia   untuk memanfaatkan  sumber-sumber  pendapatannya  secara  mandiri  agar  pelaksanaan  pembangunan  di  daerah  tidak hanya  mengandalkan  keuangan  yang  berasal  dari  pemerintah  pusat.  Dalam  studi  ini,  kami  berpendapat  bahwa daerah  yang  mampu  mengoptimalkan  pendapatan  asli  daerahnya  akan  berdampak  terhadap  meningkatnya kemandirian   keuangan   daerah.   Kemandirian   keuangan   daerah   adalah   kemampuan   suatu   daerah   dalam membiayai  pembangunan  di  daerahnya.  Pendapat  kami  lainnya  menganggap  bahwa  hubungan  pendapatan  asli daerah dengan kemandirian keuangan daerah dapat diperkuat oleh pelaksanaan desentralisasi yang baik. Dengan desentralisasi  yang baik  maka pemerintah daerah lebih transparan dalam  memberikan  semua informasi  kepada publik, dapat meningkatkan akuntabilitas karena pelayanan publik menjadi lebih dekat, pemerintah daerah dapat mengambil  keputusan  yang  strategis,  meningkatkan  manajemen  fiscal,  meningkatkan  pertumbuhan  ekonomi dan keamanan pasar. Kontribusi baru dari studi ini adalah menyangkut literature penggabungan hubungan antara pendapatan  asli  daerah,  desentralisasi,  dan  kemandirian  keuangan  daerah  yang  dibangun  melalui  Moderated Regression  Analysis  (MRA)  bukti  pada  salah  satu  daerah  di  Indonesia,  yaitu  Ciamis.  Hasil  studi  menunjukan bahwa pendapatan asli daerah berpengaruh terhadap kemandirian keuangan daerah. Sementara itu desentralisasi yang  diproksi  menggunakan  pengeluaran  pemerintah  daerah  mampu  memperkuat  hubungan  pendapatanasli daerah  terhadap  kemandirian  keuangan  daerah.  Jadi  dapat  disimpulkan  bahwa  pelaksaksanaan  desentralisasi yang  efektif  mampu  mendorong  peningkatan  pendapatan  daerah  yang  berasal  dari  sumber-sumbernya  sendiri untuk mewujudkan kemandirian keuangan di daerah. Kata kunci?Desentralisasi, Kemandirian Keuangan Daerah, Pendapatan Asli Daerah.
ANALISA PERAN CUSTOMER ONLINE REVIEW DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK PERJALANAN WISATA INDONESIA Permatasari, Anggraeni; Mapuasari, Supeni A.; Yuliana, Eka; Janah, Miftakhul
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 19 No 3 (2019): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v19i3.2411

Abstract

The  development  of  online travel  business in the  world is going  very fast.  The  transformation  of  new  business models from traditional to online aims to create more efficient trading strategies. In tourism marketing, Customer Online Review (COR) plays an important role in validating information about the products or services. The role of  COR  is  very  important  to  gain  trust  on  online  buying  decisions  of  products  or  services.  This  study  aims  to analyze the influence of COR as a mediator variable towards consumer online trust and interest in buying online travel  products.  This  research  uses  quantitative  methods  through  a  survey  of  customers  or  tourists  who  have purchased online  tourism  products  through  the  Online  Travel  Agency  (OTA)  service.  The  collected  data  is analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results showed that there was a significant influence between perceived ease of use on customer online trust. Research also shows that COR plays a significant role as a mediating variable between customer trust and consumer buying interest in buying travel products. The novelty of  the  results  shows  the  online  tourism  marketing  model  based  on  Customer  Online  Review  has  the  ability  to explore real consumer experience and knowledge in Indonesia. Keywords?E-Tourismcommerce,  Customer  Online  Review, Customer Online Trust,Purchase  Intention, Wonderful Indonesia Abstrak Perkembangan bisnisperjalanan wisatadaring (online) di dunia berjalan sangat cepat. Transformasi model bisnis baru dari tradisional menjadi online bertujuan untuk menciptakan strategi perdagangan yang lebih efisien. Dalam memasarkan perjalanan  wisata, Customer Online Review (COR) memainkan peran penting untuk memvalidasi informasi tentang produk atau pun jasa yang ditawarkan sehingga mengarahkan konsumen untuk membeli produk ataupun  jasa  tersebut. Peran COR  menjadi  sangat  penting  untuk  meyakinkan kepercayaan konsumen  membeli produk ataupun jasa secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh COR dalam membangun kepercayaan dan minat beli  konsumen dalam  membeli produk  perjalanan  wisata  secara daring. Penelitian  ini menggunakan  metode  kuantitatif melalui  surveiterhadap pelanggan  jasa Online Travel  Agency (OTA) di Indonesia  yang  telah  membeli  produk  wisata  daring. Data  yang  terkumpul  dianalisa menggunakan Structural Equation Modelling(SEM). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara perceived ease of usedalam  membangun  kepercayaan  pelanggan OTA.  Penelitian  juga  menunjukkan  COR berperan  signifikan sebagai variabel mediasi antara kepercayaan pelanggan dan minat beli kosumen dalam membeli produk perjalanan wisata. Kebaruan dari hasil penelitian ini adalah menemukan model pemasaran wisata daring berbasis Customer Online Review,yang berkemampuan menggali pengalaman dan pengetahuan konsumen secara realdi Indonesia. Kata kunci?E-Tourism commerce ,Customer Online Review, Customer Online Trust, Minat Beli Konsumen, Wonderful Indonesia
IDENTIFYING FINANCIAL DISTRESS FIRMS: A CASE STUDY ON PROPERTY AND REAL ESTATE COMPANIES LISTED IN INDONESIAN STOCK EXCHANGE Dillak, Vaya Juliana; Fitri, Zaza Humaida
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 19 No 3 (2019): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this study is to investigate the simultaneous and partial effects between ratio of liquidity, leverage, profitability and sales growth to financial distress in property companies listed in Indonesian Stock Exchange in 2013-2017. Sampling technique used in this study is purposive sampling technique. Sample in this study is as many as 38 samples within 5 years; therefore, a total of 190 company samples were obtained. Technique of analysis used in this study is logistic regression analysis using application of SPSS 24.0. Based on the research result, the ratio of liquidity, leverage, profitability and sales growth variables affect financial distress by 61.3%, and the rest of 38.7% is affected by other factors outside the research variables. Partially, liquidity variable has a positive effect to financial distress and profitability variable has a negative effect to financial distress. On the other hand, leverage variable proxied with debt to asset ratio and sales growth has no effect to financial distress.
THE IMPACT OF PERCEIVED USEFULNESS AND PERCEIVED EASE-OF-USE TOWARD REPURCHASE INTENTION IN THE INDONESIAN E-COMMERCE INDUSTRY Wilson, Nicholas
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 19 No 3 (2019): Jurnal Manajemen Indonesia
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25124/jmi.v19i3.2412

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness dan perceived ease-of-use terhadap repurchase intention pelanggan pada industri e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survey, dimana, sebanyak 440 responden berpartisipasi dengan mengisi kuesioner yang diberikan. Setelah mengumpulkan seluruh data dari responden, data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode PLS-SEM. Software SmartPLS versi 3.2.7 digunakan untuk menganalisis dan menemukan hasil akhir dari pengolahan data ini akan digunakan untuk menyimpulkan hasil dari penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa kedua variabel independen, yaitu perceived usefulness dan perceived ease-of-use berpengaruh positif terhadap repurchase intention, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui trust. Berdasarkan hasil ini, peneliti ingin menyarankan kepada seluruh perusahaan yang bergerak di industri e-commerce di Indonesia untuk dapat menigkatkan kualitas sistemnya, dimana, system yang diimplementasikan oleh perusahaan haruslah mudah untuk dipelajari dan dimengerti oleh masyarakat dengan tujuan agar masyarakat tidak bingung di dalam menggunakan system yang dikelola oleh perusahaan. Selain itu, peneliti juga ingin menyarankan kepada perusahaan untuk dapat menciptakan suatu sistem e-commerce yang dimana sistem tersebut akan dipersepsikan sebagai suatu sistem yang akan berguna bagi masyarakat di dalam membantu mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga, masayarakat akan belajar dan menggunakan sistem yang dikelola oleh perusahaan e-commerce tersebut. Berdasarkan  hasil  studi  yang dilakukan  oleh  peneliti,  penelitian  ini  merupakan  satu  dari  sedikit  penelitian  yang  bertujuan  untuk mengetahui hubungan antar variabel melalui metode PLS-SEM pada industri e-commerce di Indonesia. Kata kunci? Industri E-Commerce, Perceived ease-of-use, Perceived usefulness, Repurchase Intention, Trust
PENGARUH KINERJA GREEN BRANDING TERHADAP GREEN BRAND PREFERENCE PADA INDUSTRI GREEN COSMETICS DI KOTA BANDUNG Dewi, Anisa Indriani
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 14 No 3 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1262.958 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v14i3.368

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meneliti pengaruh dari Green Branding terhadap Green Brand Preference pada Industri Kosmetik Hijau di Kota Bandung. Sebagaimana dengan maraknya isu lingkungan yang kerap terjadi dewasa ini, serta munculnya tuntutan masyarakat akan produk yang ramah lingkungan maka hal tersebutlah yang menjadi dasar dilakukannya penelitian. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas ialah green branding dan variabel terikatnya green brand preference. Objek penelitian ini berada di Kota Bandung. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan kuisioner yang disebar kepada 200 orang responden, di mana merupakan konsumen pada industri kosmetik hijau di Kota Bandung. Data sekunder dalam penelitian ini diambil dari berbagai literatur dan dokumen yang berkaitan. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dan untuk pengujian hipotesisnya menggunakan Uji F. Selain itu digunakan analisis koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh green branding terhadap green brand preference. Hasil penelitian dari koefisien determinasi berada di angka 40,40% Dapat disimpulkan bahwa pengaruh green branding terhadap green brand preference secara umum berada pada kondisi yang baik namun belum maksimal. Maka dari itu disarankan agar perusahaan lebih sering menggunakan promosi tentang produknya yang ramah lingkungan dan memberikan informasi yang jelas akan kelebihan-kelebihan dari gaya hidup peduli lingkungan sehingga diferensiasi produk dapat lebih terasa  
ANALISIS EKSPOR-IMPOR DAN INDEKS HARGA KONSUMEN PADA PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA Darman, Darman
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 16 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12132.384 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v16i1.726

Abstract

This study aims to assess and analyze the Effect of Export, Impor and Consumer Price Index in economic growth in Indonesia from 2000 to 2014. This research uses quantitative descriptive approach with the nature of verification explanatory method. The data used are secondary data in the form of Export, Import, and the Consumer Price Index of Indonesian Economic Growth (GDP) in 2000-2014. The results showed that export push the GDP more effectively: compared to import sector and CPI. Regression analysis showed that the constant value of GDP was 0.526. Also, the Export Coefficients value is 0.015, the Import Coefficients value is -0,026 and CPI is -0.2303. Meaning that 1 percent of the value of exports will increase GDP by 1.5 percent, 1 percent of imports will lower the value of GDP by 2.6 percent and 1 percent of the CPI will lower the value of GDP by 23.03 percent. This means that Exports variable boots GDP more effective from Import sector and the Consumer Price Index. Significance test results showed that the variables of export, import and CPI jointly influence economic growth (GDP) with the alpha (a) of 5% as shown by the F-statistic significant value of 0.74, greater than a=0,05. In other words, the independent variabel (exports, imports and CPI) jointly affect the dependent variable (GDP)
STRATEGI MARKET ENTRY CONVENIENCE STORE DI INDONESIA Wulandari, Respati; Sriwardiningsih, Enggal
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 15 No 3 (2015)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9573.532 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v15i3.717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan melihat strategi yang digunakan pada Convenience Store di Indonesia dengan mengambil 7-Eleven sebagai sumber field study dengan metode orientasi pasar. Pengaruh lifestyle menjadi indikator penunjang dalam perkembangan 7-Eleven ddengan menerapkan beberapa strategi yang mengena di market Indonesia, terutama bagi kalangan muda dimana diketahui memiliki indikasi terpenting dalam siklus lifestyle di Indonesia. Tujuan tercapai dengan mengetahui penerapan strategi yang digunakan sehingga dapat diterapkan dalam menjalankan strategi bisnis pada Convenience Store
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM MODIFIED UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2) TERHADAP NIAT PROSPECTIVE USERS UNTUK MENGADOPSI HOME DIGITAL SERVICES PT. TELKOM DI SURABAYA Putra, Gioliano; Ariyanti, Maya
Jurnal Manajemen Indonesia Vol 14 No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1895.096 KB) | DOI: 10.25124/jmi.v14i1.352

Abstract

Home Digital Service TELKOM merupakan teknologi yang penting bagi kemajuan inovasi teknologi, perekonomian negara, serta target pemerintah dan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dalam modified UTAUT2 yang memengaruhi niat prospectiv users untuk mengadopsi Home Digital Service PT TELKOM di Surabaya, seberapa besar pengaruh variabel yang memoderasi pengaruh antarkonstruk dan kemampuan prediksi modified UTAUT2 dalam memprediksi niat prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service TELKOM di Surabaya. Dalam penelitian ini, 200 sampel dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan smartPLS 2.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa seluruh konstruk eksogen memiliki pengaruh positif signifikan terhadap konstruk endogen. Hedonic motivation, social influence, price value, facilitating condition, effort expectancy, dan performance expectancy memiliki pengaruh sebesar 0,260; 0,194; 0,138; 0,116; 0,094; dan 0,090. Variabel rnoderasi age (usia) memoderasi pengaruh facilitating condition dan price value terhadap niat (behavioral intention) prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service di Surabaya. Sernentara variabel moderasi jenis kelamin (gender) hanya memoderasi pengaruh performance expectancy, social influence, dan price value terhadap niat (behavioral intention) prospective users untuk mengadopsi Home Digital Service di Surabaya. Modified UTAUT2 dalam penelitian ini dapat memprediksi 54.8% behavioral intention penggunaan Home Digital Service PT. TELKOM di Surabaya.

Page 1 of 14 | Total Record : 136