cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2008)" : 4 Documents clear
SIKAP PEMAKAI TERHADAP PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UNIT II UGM Y.Paidjo, Y.Paidjo; Purwono, Purwono
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 4, No 1 (2008)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8283

Abstract

Circulation service is the front line in achieving library objective which is to fulfill users needs through information resources available in library. Based on the statement, this research is intended to know how success of Gadjah Mada University/GMU Library is in playing its role and function to fulfill the information needs of users. Users attitude on the circulation service is that may be negative or positive. There are three components which support each other in attitude building i.e. cognitive, affective, and behavior. The research aims to: 1) to find out users attitude on the circulation service of Unit 2, Gadjah Mada University Library 2) to find out attitude differences based on gender, age, and scientific-social sciences on the circulation service of Unit 2, Gadjah Mada University Library. The research was held at Unit2 GMU Library and took sample of 100 respondents of graduate students that were registered as GMU Library members. Analysis method that was used in the research was descriptive quantitative with a statistic method. Analysis and hypotheses testing used Oneway Anova. The conclusions of the research showed that: users attitude on the circulation services were good and fairly good. There were no attitude differences on the circulation service based on gender and age. There were significant attitude differences between scientific students and non scientific (social) students on the circulation service. Keywords : library users, users attitude, circulation
PERAN PEREMPUAN PADA SEKTOR JASA PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA Wahyuningsih, Yuli Hesti; Tafrikhuddin, Tafrikhuddin
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 4, No 1 (2008)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8282

Abstract

Perpustakaan merupakan komponen penunjang yang penting dalam proses pendidikan tinggi. Salah satu aspek yang sangat berperan terhadap pelayanan perpustakaan adalah aspek SDM balk secara kualitas maupun kuantitas. Perempuan merupakan bagian dari SDM yang patut diperhitungkan mengingat kesempatan mereka untuk berperan terhadap berbagai bidang semakin luas termasuk peran dalam bidang pelayanan perpustakaan. Perpustakaan UGM secara kuantitas memiliki pegawai perempuan yang cukup besar. Permasalahannya, belum diketahui bagaimana peran mereka pada sektor jasa pelayanan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut, dan diharapkan bermanfaat untuk memberikan sumbangan pemikiran pada sektor jasa pelayanan perpustakaan, terutama peningkatan peran perempuan pada sektor jasa pelayanan perpustakaan yang profesional. Permasalahan tersebut dikupas dengan mempergunakan metoda kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan diolah melalui tahap reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa peran perempuan dalam jasa pelayanan perpustakaan antara lain dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu tanggapan perempuan yang terdiri dari persepsi dan motivasi, serta sikap; partisipasi; dan kompetensi. Sejauh ini peran perempuan lebih dominan pada bidang pelayanan yang langsung berhadapan dengan pengguna berkaitan dengan sifat perempuan yang ramah, terampil, dan rajin. Perpustakaan UGM memberikan peluang yang sama bagi perempuan untuk memberikan peranannya. Kata Kunci : Peran Perempuan, Motivasi, Partisipasi, Kompetensi.
KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOICERTO PESERTA KKN TERPADU DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI WILAYAH KABUPATEN BANYUMAS Daryanto, Daryanto; Febriansah, Riski
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 4, No 1 (2008)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8285

Abstract

This research is aimed to find out the kinds of students contribution at some schools libraries. This research was done Public Service Unit of Muhammadiyah University from March — May 2007. The method used in this research is by analysing the documents as the final report of Public Field Work Based on the result of the research, it can be concluded that the students contributions can be both technical and financial aids. The technical aids, such as: room management, inventarization, classification, catalogue, making book card, making member card, putting the book label, giving the book cover, putting the data in computer, book shelfing, arranging the wall paper an doing the administration as well as circulation service. The financial aid was Rp. 3,134,850 used to buy the libraries needs, including books, bookselves, paint and writing utensils. Key words: shoots libraries.
PERSEPSI PEMAKAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN TERBITAN BERKALA DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UGM Supriyono, Supriyono; Sidik, Umar
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 4, No 1 (2008)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8284

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan Persepsi Pemakai Terhadap Kualitas Pelayanan Terbitan Berkala di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah persepsi pemakai terhadap kualitas layanan terbitan berkala di Perpustakaan Pascasarjana UGM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi pemakai terhadap pelayanan terbitan berkala di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Dalam pembahasan ini digunakan teori servqual dari Parasuraman. Sementara analisisnya dengan menggunakan lima dimensi kualitas layanan yaitu dimensi bukti fisik, dimensi keandalan, dimensi daya tanggap, dimensi jaminan, dan dimensi empati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan maksud untuk menggambarkan persepsi pemakai terhadap kualitas pelayanan terbitan berkala. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Responden penelitian ini adalah mahasiswa S2 sejumlah 100 responden. Berdasarkan hasil olah data masing—masing variabel dimensi persepsi pemakai terhadap pelayanan terbitan berkala sebagai berikut: variabel dimensi fisik sebesar 4,18 dimensi kehandalan sebesar 3,98 dimensi daya tanggap sebesar 4,11 dimensi jaminan sebesar 3,72 dimensi empati sebesar 4,18 Ada dua dimensi yang paling rendah nilainya yaitu dimensi kehandalan sebesar 3,98 dan dimensi jaminan sebesar 3,72 Mengingat nilai total rata-rata variabel persepsi pemakai adalah 4,03, maka persepsi pemakai terhadap kualitas layanan terbitan berkala di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Gadjah Mada adalah baik. Kata kunci : Persepsi Pemakai, Kualitas Pelayanan, Terbitan Berkala

Page 1 of 1 | Total Record : 4