cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2009)" : 4 Documents clear
KAMAN PELAYANAN MEDIA AUDIOVISUAL: STUDI KASUS DI THE BRITISH COUNCIL JAKARTA Purnomo, Hindar
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 5, No 2 (2009)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8287

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penyelenggaraan pelayanan media AV, efektivitas pelayanan serta tingkat kepuasan pemustaka terhadap berbagai aspek pelayanan. Penelitian dilakukan di The British Council Jakarta dengan cara evaluasi karena dengan cara ini dapat diketahui berbagai fenomena yang terjadi. Perpustakaan British Council menyediakan tiga jenis media yaitu berupa kaset video, kaset audio, dan siaran televisi BBC. Subjek penelitian adalah pemakai jasa pelaya-nan media audiovisual yang terdaftar sebagai anggota. Subjek dikelompokkan berdasarkan kelompok usia dan kelompok tujuan pemanfaatan media AV. Data angket terkumpul sebanyak 157 responden (75,48%) kemudian dianalisis secara statistik dengan uji analisis varian sate arah Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga media tersebut diminati oleh banyak pemakai terutama pada kelompok usia muda. Sebagian besar pemustaka lebih menyukai jenis fiksi dibandingkan jenis nonfiksi, mereka menggunakan media audiovisual untuk mencari informasi pengetahuan. Pelayanan media audiovisual terbukti sangat efektif dilihat dari angka keterpakaian koleksi maupun tingkat kepuasan pemakain. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa antarkelompok usia maupun tujuan kegunaan tidak ada perbedaan yang berarti dalam menanggapi berbagai aspek pelayanan media audiovisual. Kata Kunci: MediaAudio Visual-Layanan Perpustakaan
PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SIPUS TERPADU VERSI 3) TERHADAP KINERJA PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA Haryanta, Haryanta
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 5, No 2 (2009)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Sistem Informasi Perpustakaan terhadap kinerja Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Model penelitian ini, menggunakan variabel penggunaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS Terpadu Versi 3) sebagai variabel independen, dan variabel kinerja pelayanan sirkulasi sebagai variabel dependen. Dimana variabel Penggunaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS Terpadu Versi 3) diurai menjadi subvariabel-subvariabel berdasarkan karakteristik sistem informasi menurut Delone dan McLean (2003). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner yang disebarkan pada staf perpustakaan yang bertugas di bagian layanan sirkulasi dan bagian lainnya yang bertugas perpanjangan waktu (lembur) di pelayanan sirkulasi. Dad 40 kuesioner yang didistribusikan, semuanya kembali dan layak untuk dianalisis lebih lanjut. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi menggunakan Program SP SS versi 12 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif yang ditunjukan dengan angka signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dad 0,05 (signifikan) dan koefisien regresi sebesar 0,175 (positif) antara Penggunaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS Terpadu Versi 3) dan Kinerja Pelayanan Sirkulasi. Berdasarkan pedoman Uji Signifikansi korelasi Product Moment, diperoleh koefisien determinasi adjusted R2 sebesar 0,413 yang termasuk dalam kategori sedang. Dari pengujian model diperoleh bahwa variabel penggunaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS Terpadu versi 3) mempengaruhi kinerja pelayanan sirkulasi sebesar 41,3% sedangkan sisanya 58,7% (100% - 41,3%) dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar model. Kata kunci: Sistem Informasi Perpustakaan, Karakteristik Sistem Informasi, Kinerja, Pelayanan Sirkulasi
MOTIVASI MAHASISWA MENJADI ANGGOTA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA Iswandari, Rini
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 5, No 2 (2009)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8288

Abstract

Pada dasarnya perpustakaan adalah perpaduan antara manusia, tempat, dan informasi. Perpustakaan UGM merupakan sumber informasi guna menunjang terlaksanya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi apa yang mendorong mahasiswa menjadi anggota Perpustalcaan UGM. Penelitian dilaltukan di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Gedung Unit II Sekip, pada bagian layanan Kartu Anggota Perpustakaaan. Pada tahun 2006, terdapat 1.674 orang mahasiswa tercatat sebagai anggota perpustakaan. Sampel yang diambil sebanyak 200 orang dengan metode aksidental. Jenis penelitian adalah survei dengan pendekatan deslcriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, uji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach, dan uji hipotesis menggunakan analisis Anova. Analisis data menggunakan Program SP SS versi 12 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi mahasiswa untuk menjadi anggota Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, yaitu motivasi ektrinsik dan motivasi intrinsik, motivasi mahasiswa positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 33,303 dan signifikansi 0,05, sedangkan nilai value atau tingkat signifikansi 0,000 ( lebih kecil dari 0,05 atau 5%). Disamping itu terdapat penilaian kurang baik dari mahasiswa yaitu pada aspek promosi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat direkomendasikan kepada perpustakaan supaya lebih meningkatkan kualitas layanan dan promosinya, sehingga dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menjadi anggota perpustakaan. Kata kunci: Perpustakaan UGM; motivasi; anggota perpustakaan.
MANAJEMEN PUBLIKASI HASIL PENELITIAN PADA PUSAT STUDI UNIVERSITAS GADJAH MADA Sunarno, Sunarno
Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol 5, No 2 (2009)
Publisher : UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/bip.8289

Abstract

Manajemen publikasi hasil penelitian Pusat Studi di Universitas Gadjah Mada merupakan kegiatan dalam melaksankan fungsi-fungsi; perencanaan, pengorganisasian, pengkordinasian, pengelolaan personalia, dan pengawasan dalam kegiatan desirninasi publikasi terhadap basil penelitian pusat studi. Kegiatan publikasi berfungsi sebagai sarana komunikasi antara para peneliti dengan masyarakat pengguna, civitas akademika maupun masyarakat umum. Secara fisik bentuk publikasi hasil penelitian dapat berbentuk: Jumal Ilmiah, Buku Monograf, Prosiding Seminar Hasil Penelitian, Buku Refensi, dan hasil penelitian yang didesiminasikan secara digital, diterbitkan dalam majalah ilmiah tingkat nasional dan tingkat intemasional. Indikator keberhasilan manajemen publikasi hasil penelitian pada pusat studi pada dasamya ditunjukkan oleh besamya kontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Indikator yang disebutkan ini sulit untuk mengukur keberhasilan, sehingga diperlukan indikator terukur yang mudah, dievaluasi dan dikembangkan pada masa yang akan datang. 1ndikator-indikator keberhasilan publikasi hasil peneltian pada pusat studi dapat disebutkan: 1) jumlah publikasi dalam bentuk jurnal, prosiding seminar hasil penelitian, buku monograf, buku hasil penitian, hasil penelitian yang didesminasikan secara digital, diterbitkan dalam majalan ilmiah; 2) tingkat akreditasi jumal yang dikelola pusat studi; 3) jumlah publikasi ilmiah pusat studi yang dimanfaatkan oleh masyarkat pengguna, dan 4) tingkat tanggapan atas pemanfaatan publikasi Keberhasilan manajemen publikasi hasil penelitian pada pusat studi tidak hanya dimaknai sebagai penyokong terhadap kontribusinya bagi tercapainya misi universitas sebagai universitas riset, tetapi lebih dari itu dimaksudkan untuk pemanfaatan bagi masyarakat. Pemegang manajemen pada tingkat pusat studi temyata mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menentukan kebijakan dalam pencapaian kerberhasilan publikasi hasil penelitian. Setiap pusat studi mempunyai keberagaman dalam mengelola penyelenggaraan publikasi ilmiah, sehingga menghasilan kualitas publikasi ilmiah yang berbeda pula. Cara tepat untuk mengelola publikasi hasil penelitian adalah dengan cara-cara yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan fungsifungsi manajemen yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pusat studi telah melalukan publikasi hasil penelitian dengan standar sedang, hanya sebagian kecil pusat studi yang telah melakukan publikasi hasil penelitian dengan standar baik. Kondisi ini akan terus berubah seiring dengan perkembangan kebijakan IPTEKS dan didukung oleh kebij akan universitas. Kata Kunci : Management, Research Publication

Page 1 of 1 | Total Record : 4