cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
ISSN : 24600822     EISSN : 25279114     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian dalam bentuk artikel penelitian, studi literatur dan artikel dalam bentuk konsep dan kebijakan dalam bidang komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 337 Documents
STEGANOGRAFI LSB 3 BIT PADA GAMBAR DIGITAL DENGAN KEY TERENKRIPSI VIGENERE CHIPER Yenni, Helda
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.319

Abstract

Komunikasi antar komputer saat ini merupakan hal yang umum dilakukan para pengguna komputer. Komunikasi ini dapat memperpendek jarak dan waktu terutama pada posisi geografis yang berjauhan. Bentuk komunikasi tersebut dapat salah satunya berupa transfer data. Dalam hal transfer data tersebut,mutlak diperlukannya aspek keamanan data baik pada saat pengiriman data sehingga data diterima oleh pihak penerima dalam keadaan utuh. Hal tersebut mencegah terjadinya kemungkinan kerusakan ataupun manipulasi data oleh pihak yang tidak memiliki otoritas terhadapnya.Steganografi merupakan teknik untuk melindungi file digital dalam hal ini file gambar digital dengan prinsip kerja menyisipkan â??suatu pesanâ? didalam file digital tersebut. Metode LSB ( Least Significant Bit dapat menyisipkan 3 bit pada setiap file sumber (carrier). Selain itu dalam penelitian digunakan juga metode enkripsi pesan berupa Vigenere Chiper yang nantinya dapat mengubah bentuk pesan yang disisipkan ke dalam gambar digital ke dalam bentuk chipertext sehingga meningkatkan keamanan data gambar digital tersebut. Pengujian aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemograman Borland Delphi 2007. Sistem ini mampu menyisipkan teks sebanyak ±  37,5% dari jumlah pixel pesan pada setiap file carrier.
SEGMENTASI CITRA DIGITAL BERBASIS CLUSTERING MENGGUNAKAN DETEKSI TEPI SOBEL Nasution, Torkis
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.320

Abstract

Dalam proses analisis citra digital,segmentasi merupakan salah satu proses yangpenting. Segmentasi digunakan untuk membagicitra ke dalam beberapa bagian atau regionyang homogen berdasarkan kriteria kemiripantertentu (region based segmentation). Salah satumetode yang dapat digunakan untuk melakukansegmentasi berbasis area (region based) adalahclustering. Dalam penelitian ini metodaclustering yang digunakan adalah deteksi tepimenggunakan metoda sobel. Metoda sobel,mendeteksi piksel dari sebuah gambar denganmenggunakan matrik sobel. Operasi matrik iniakan menghasilkan objek dalam citra digitalyang sudah tersegmentasi.Pada prosespengujian akan dibuat aplikasi dengan bahasapemrograman Microsoft Visual Basic. Langkahpertama dalam segmentasi objek pada ctradigital adalah meneteapkan citra warna,kemudian mengkonversi ke dalam citra biner,citra biner akan di filter dengan metoda lowpass filter, selanjutnya citra akan di di deteksitepi menggunakan metoda Sobel, objek yang dihasilkan sudah teridentifikasi melalui batasbatas tepi objek. Selanjutnya penajaman atasbatas tersebut untuk menetapkan objek hasilsegmentasi
SISTEM PENGELOLAAN TUGAS AKHIR MAHASISWA SECARA ONLINE (STUDI KASUS PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA STMIK-AMIK RIAU) -, Erlin; Andesa, Khusaeri
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.321

Abstract

Tugas akhir adalah proyek terakhir yangharus dikerjakan oleh mahasiswa untukmenyelesaikan pendidikan mereka di sebuahperguruan tinggi. Dalam prosesnya, mahasiswadibimbing oleh dua orang dosen pembimbingyang ditunjuk oleh jurusan yang sesuai denganbidangnya. Namun masalah yang sering munculadalah pembimbing tidak memiliki cukup waktuuntuk memberikan arahan dan bimbingan untukbanyak mahasiswa bimbingannya. Selanjutnya,setiap proses bimbingan mahasiswa diwajibkanmembawa draft tugas akhir dalam bentuk bahancetak sekali pakai yang akhirnya menjadilimbah ketika penyusunan skripsi selesai. SistemPengelolaan Tugas Akhir Mahasiswa secaraOnline (SPTAMO) dirancang untuk menanganikeragaman tugas akhir mahasiswa STMIKAMIK Riau yang bervariasi dan komplek. Sistemini menyediakan suatu proses secarasentralisasi dan dapat diakses kapan saja dandimana saja secara bersamaan olehpenggunanya. Hal ini tidak memerlukankesesuaian waktu antara mahasiswa denganpembimbingnya dalam memberikan bimbingandan konsultasi terhadap tugas akhir. Kerangkadari sistem pengelolaan tugas akhir mahasiswasecara online ini juga dilengkapi denganpemberian saran oleh sistem kepada jurusantentang penunjukkan dosen pembimbing yangpaling sesuai bidangnya dengan judul proposaltugas akhir mahasiswa dengan menggunakanmetoda vector space model. Sistem inimencakup mulai dari pengajuan judul, reviewjudul, seminar proposal, penunjukanpembimbing, tugas pembimbing, prosesbimbingan dan penilaian akhir yang semuanyadiproses secara online
ANALISIS TINGKAT POLUSI UDARA MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC -, Tashid
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.322

Abstract

Polusi udara menjadi permasalahan besardisetiap kota besar yang disebabkan oleh zatpencemar. Zat pencemar yang menjadi tolakukur ukur untuk menentukan tingkat polusiudara adalah PM10 (Partikulat Matter),SO2(Sulfur), CO (Carbon Monoksida), O3(Ozon),dan NO2 (Nitrogen Oksida). Banyak cara yangtelah dilakukan untuk meneliti menentukankadar tingkat pencemaran udara, namun seringmenemui banyak kendala sehingga informasitentang tingkat polusi udara tidak tercapaidengan baik. Penelitian ini akan menerapkanFuzzy Logic dengan menggunakan metodetsukamoto utuk menentukan tingkat polusiudara, zat pencemar digunakan variabel input.Basis pengetahuan dibangun denganmenggunakan kaidah produksi (IF-Then). Firestrength yang diperoleh pada setiap aturanfuzzy untuk masing zat pencemar pada basispengetahuan, kemudian dikomposisikan denganmenggunakan rata â?? rata terbobot. Hasil rata â??rata terbobot merupakan output dalammenentukan tingkat polusi udara
PEMANFAATAN TEKNOLOGI GAMMU DALAM SISTEM SMS GATEWAY MARKAZ ISLAM BANGKINANG Zoromi, Fransiskus; -, Herwin
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.323

Abstract

Short Message Service (SMS) merupakansalah satu fasilitas layanan komunikasi yangdigunakan oleh banyak orang untuk zamansekarang karena saat ini biaya sms sangatmurah, proses cepat dan langsung diterima olehnomor tujuan. Markaz Islam Bangkinangmerupakan salah satu wadah atau sebuahperkumpulan baik bagi para pemuda maupunmasyrakat bangkinang yang berada dalamkabupaten kampar sendiri maupun yang adadikecamatan- kecamatan dalam kabupatenKampar yang berkumpul untuk melakukanaktivitas keagamaan dalam wadah tersebut.Dalam melakukan aktivitas keagamaan seringkali para pengurus wadah memberikaninformasi kepada para jamaah setempatmaupun dikecamatan melalui SMS secaramassal sehingga muncul kendala dalammengirimkan SMS secara massal dalam waktuyang bersamaan dan waktu yang singkat yaitulambatnya mengirim sms dan pengetikkan smsyang akan dikirim kepada para jamaah MarkazIslam Bangkinang yang mengakibatkankelelahan dalam pengetikan SMS sehinggadirancang dan dibuatlah sebuah sistem yangmemanfaatkan gammu dalam sms gateway padaMarkaz Islam Bangkinang
PENGEMBANGAN SYNCHRONIZED MULTIMEDIA INTEGRATION LANGUAGE (SMIL) BERINTEGRASI PADA E-COMMERCE Rio, Unang
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.324

Abstract

Synchronized Multimedia Integration Language (SMIL) merupakan teknologi baru di dunia internet multimedia. Dalam hal ini  penulis melakukan penelitian untuk mempelajari dan mengimplementasikan pengembangan Synchronized Multimedia Integration Language  terintegrasi dengan ecommercce yang didukung oleh bahasa pemrograman internet PHP dan MYSQL.Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan teknologi multimedia, SMIL mampu mengelola berbagai jenis materi multimedia, baik itu gambar digital, video digital, maupun suara digital yang dikembangkan menjadi sajian yang utuh. Metode yang dipakai yaitu dengan menggunakan streaming server, streaming yang digunakan adalah on-demand stream. Proses diaktifkan oleh permintaan user dan dapat dipresentasikan kapan saja sesuai dengan perintah client
SINERGI PENDEKATAN PROTOTYPING DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT LUNAK PELAYANAN PASIEN (STUDI KASUS PADA RSUD SIAK) Ali, Edwar
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.325

Abstract

Aktifitas layanan kesehatan pada sebuah rumah sakit diawali dari registrasi pasien, perlakuan dari dokter, pemeriksaan tenaga pendukung medis, dan evaluasi terhadap pasien hingga ia meninggalkan rumah sakit. Pengolahan data pasien dilakukan dengan cara manual dan terpusat pada bagian rekam medis rumah sakit tersebut, di mana ia menyimpan rekaman data pasien  dalam jangka waktu yang lama. Berdasarkan kondisi ini, diperlukan pengembangan sistem informasi manajemen data pasien yang mampu merespon kebutuhan informasi  secara cepat dan akurat. Pendekatan prototipe digunakan dalam pengembangan sistem informasi tersebut, yang merupakan salah satu metode dalam siklus pengembangan sistem. Alat bantu yang digunakan dalam mengembangkan sistem informasi manajemen data pasien adalah â??prototype evaluation formâ?, yang diterjemahkan ke dalam database MYSQL Server, model perangkat lunak berbasis web, dan Active Server Page (ASP) untuk proses pemrograman. Daftar pertanyaan secara berulang terus diajukan untuk mengeksplorasi kebutuhan pengguna sistem merupakan aktifitas utama dari riset ini. Penerapan sistem pada lingkungan berbasis intranet menghasilkan pengelolaan dan pemrosesan data yang lebih baik. Setiap unit pada organisasi di rumah sakit seharusnya dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan
VISUALISASI INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK DESAIN RUMAH TIGA DIMENSI DENGAN TEKNIK POLYGONAL DAN NURBS MODELLING Fatha, Eiva
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.326

Abstract

Teknologi multimedia  meliputi banyak aspek salah satunya desain rancangan produk atau desain rumah. Multimedia dapat memberikan gambaran bagi pemakai atau konsumen sebelum benar-benar membangun rumah yang sebenarnya karena desain rumah yang akan dibeli tergambar seperti rancangan manual. Sebagai gambaran ada sebuah perusahaan properti yang menawarkan rumah idaman dengan berbagai tipe, untuk memberikan kemudahan kepada konsumen yang hendak membeli rumah tersebut, maka digunakanlah teknologi multimedia berupa visualisasiruangan atau bangunan yang menyerupai bangunan aslinya. Teknologi multimedia akan  sangat berperan penting  dalam  menampilkan  desain  yang  ditampilkan, gambar  dua  dimensi  dan  model tiga dimensi adalah visualisasi yang sering digunakan dalam teknologi multimedia, yang dapat diciptakan dengan memakai beberapa teknik salah satunya adalah teknik polygonal dan nurbs modeling.Modeling polygonal merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya digunakan sedikit polygon, maka objek yang didapatkan akan terbagi menjadi pecahan-pecahan polygon. Sedangkan Modeling dengan Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) adalah metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Hal ini dikarenakan kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan beberapa titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol
PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA PELANGGAN INTERNET CAMP SERVICE PADA PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA BERBASIS WEB Zamri, Diki; -, Rahmiati
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.327

Abstract

Kehadiran internet (international network) memang telah membawa banyak perubahan di segala bidang. Tidak terkecuali bagi perusahaan besar seperti PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) yang bergerak di bidang produksi dan eksplorasi minyak berskala internasinal, internet telah menjadi suatu media untuk dapat menunjang kepentingan perusahaan. Bukan hanya dalam ruang lingkup bisnis, kehadiran internet juga sangat signifikan dalam menyediaan informasi sekaligus sebagai media komunikasi di lingkungan perumahan / camp milik PT. CPI. Untuk memperlancar proses pengolahan data aktivitas internet camp, saat ini sangat diperlukan suatu sistem yang dapat mempermudah dalam pengolahan  data. Sistem pengolahan data pelanggan yang akan dikembangkan adalah sistem pengolahan data berbasis Web, dengan sistem pengolahan data ini nantinya sangat memudahkan internet camp Helpdesk dalam proses pengolahan data seperti input data permintaan pemasangan baru, pemindahan, pemutusan dan layanan gangguan dan membuat laporan bulanan akan lebih cepat.Sehingga dari hasil perancangan sistem pengolahan data berbasis web ini diharapkan dapat membantu helpdesk internet camp dalam menyampaikan informasi kepada kordinator dan Technical Asst â?? IT.
ALGORITMA PENYELESAIAN MASALAH LINEAR PROGRAMMING PADA EFISIENSI BAHAN BAKU PRODUKSI UNTUK VARIAN PRODUK MIE BAGI PEDAGANG MAKANAN Risanto, Joko
SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi
Publisher : STMIK Amik Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33372/stn.v1i2.328

Abstract

Penggunaan bahan baku dalam produksi barang atau jasa adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi harga pokok penjualan sebuah produk yang mana pada akhirnya akan menentukan apakah sebuah produk dapat dijual dengan tingkat harga yang kompetitif atau tidak. Seringkali terjadi pada kegiatan usaha kecil yang dilakukan masyarakat seperti usaha mie ayam misalnya, mereka menggunakan bahan baku yang sama untuk memproduksi beberapa variasi produk berbeda. Namun  pada penentuan penggunaan bahan baku tidak disertai dengan formulasi yang tepat yang mengakibatkan sering menimbulkan masalah seperti mengalami kekurangan atau kelebihan bahan baku, atau masalah volume produksi yang berlebih pada sebuah produk sementara kekurangan pada volume produksi yang lain.Masalah kecil diatas sangat berdampak pada laba usaha. Untuk memudahkan penghitungan penggunaan bahan baku yang effisien maka dibuatkan algoritma Penyelesaian Efisiensi Bahan Baku Produksi sehingga para pedagang kecil seperti mereka dapat terbantu tanpa merasa disulitkan dengan formulasi penghitungan yang kompleks

Page 1 of 34 | Total Record : 337


Filter by Year

2012 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 5 No 2 (2019): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 5 No 1 (2019): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 4 No 2 (2018): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 4 No 1 (2018): SATIN-Sains dan Teknologi Informasi Vol 4, No 2 (2018): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 4, No 1 (2018): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 3 No 2 (2017): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 3 No 1 (2017): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 3, No 2 (2017): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2017): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 2 No 2 (2016): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 2 No 1 (2016): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 2, No 2 (2016): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 2, No 1 (2016): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2015): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1, No 2 (2015) Vol 1, No 1 (2015) Vol 3 No 2 (2014): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 3 No 1 (2014): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 3, No 2 (2014): Sains dan Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2014): Sains dan Teknologi Informasi Vol 2 No 2 (2013): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 2 No 1 (2013): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 2, No 2 (2013): Sains dan Teknologi Informasi Vol 2, No 1 (2013): Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 2 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2012): SATIN - Sains dan Teknologi Informasi Vol 1, No 2 (2012): Sains dan Teknologi Informasi Vol 1, No 1 (2012): Sains dan Teknologi Informasi More Issue