cover
Contact Name
Arfan Amrin
Contact Email
Arfan Amrin
Phone
-
Journal Mail Official
jep@stiem.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Pembangunan
ISSN : 23391529     EISSN : 2580524X     DOI : -
Jurnal Ekonomi Pembangunan dengan nomor ISSN 2339-1529 (cetak) dan 2580-524X (online) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Januari-Juni & Juli-Desember) oleh Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo. Jurnal Ekonomi Pembangunan memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang Ekonomi Pembangunan (Perencanaan dan Analisis Pembangunan; dan Bisnis. Jurnal ini menerima penyerahan naskah dengan berbagai topik dan tidak terbatas pada perencanaan anggaran sektor publik; perencanaan pembangunan desa; analisis kebijakan publik dan regional; akuntansi; manajemen investasi; perbankan; manajemen keuangan; pajak daerah dan retribusi; serta bisnis dan hukum bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 59 Documents
IMPLEMENTASI GREEN ECONOMY TERHADAP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI KOTA KEDIRI Antasari, Dewi Wungkus
Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jep01.v5i2.402

Abstract

ABSTRAK Peningkatan jumlah pabrik di Kediri berbanding lurus dengan peningkatan volume limbahnya. Sampah kini telah menjadi masalah lingkungan utama yang akan memicu masalah lingkungan lainnya. Masalah lingkungan terjadi karena sampah yang berlebihan dan dapat menyebabkan banyak polusi lingkungan dan kesehatan bagi masyarakat. Hal ini dapat menyebabkan hambatan untuk melaksanakan kegiatan ekonomi dan kegiatan lainnya. Dalam jangka panjang, pembangunan berkelanjutan di Kota Kediri tidak dapat dicapai karena hambatan lingkungan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep baru untuk mengorganisir sampah dengan baik melalui program 3R (reduse, reuse, dan recycle) sebagai penerapan konsep ekonomi hijau untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan studi kasus. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada orang-orang Kediri, pemerintah, dan juga kepada penulis.Kata Kunci: Ekonomi Hijau, Pembangunan Berkelanjutan, 3R. ABSTRACTThe increase in the number of factories in Kediri is directly proportional to the rise in the volume of waste. Garbage has now become a major environmental problem that will trigger other ecological issues. Environmental problems occur because of excessive trash and can cause a lot of environmental pollution and health to the community. These issues can create obstacles to carry out economic activities and other activities. In the long run, sustainable development in the City of Kediri cannot be achieved because of these environmental obstacles. The purpose of this research is to explain the new concept to organize waste accurately through the 3R program (reduce, reuse, and recycle) as the application of the idea of the green economy to realize sustainable development in the City of Kediri. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach and case studies. The results of this study are recommended to the people of Kediri, the government, and also to the authors.Keywords: Green Economy, Sustainable Development, 3R.
THE INFLUENCE OF THE PRINCIPLES OF INTEGRITY, OBJECTIVITY AND PROFESSIONAL BEHAVIOR ON AUDIT QUALITY Basmar, Nur Azizah
Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jep01.v5i2.404

Abstract

This study aims to determine whether the principle of integrity, the principle of objectivity and the principle of professional behavior affect the quality of audits at public accounting firms (KAP) in Makassar. Data collection uses primary data obtained from questionnaires using the Nonprobality Sampling technique. The population is all public accountants in the city of Makassar totaling 56 auditors, while the sample taken amounted to 56 respondents. The results of the questionnaire have been tested for validity and reliability, also tested classic assumptions in the form of normality assumptions, heterokedasticity assumptions, multicollinearity assumptions and autocorrelation. The method of data analysis uses multiple regression techniques. The results showed that the principle of professional behavior had no significant effect on audit quality, while the principle of integrity and objectivity principles had a significant effect on audit quality. From these results, the principle of integrity and objectivity should be a concern for public accountants to create good audit quality.
TAX AVOIDANCE DITINJAU DARI CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE Ningrum, Ema Murtia; Samrotun, Yuli Chomsatu; Fajri, Rosa Nikmatul
Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jep01.v5i2.417

Abstract

ABSTRAKTax Avoidance dilakukan oleh wajib pajak (perusahaan) untuk meminimalkan beban pajak perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh corporate governance yang terdiri dari kepemilikan institusional, dewan komisaris, kualitas audit, dan komite audit terhadap tax avoidance. Populasi penelitian ini adalah 48 perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI tahun 2014 - 2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, perusahaan yang tepilih sebanyak 23 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini kepemilikan institusional, dewan komisaris, kualitas audit, dan komite audit berpengaruh secara simultan terhadap tax avoidance. Secara parsial, dewan komisaris dan kualitas audit berpengaruh negatif terhadap tax avoidance. Sedangkan kepemilikan institusional dan komite audit tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan tambahan informasi bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akuntansi perpajakan.Kata Kunci : Corporate Governance; Tax Avoidance. ABSTRACTTax Avoidance is carried out by taxpayers (companies) to minimize the corporate tax burden. This study aimed to determine and analyze the influence of corporate governance consisting of institutional ownership, the board of commissioners, audit quality, and audit committee on tax avoidance. The population of this research was 48 Property and Real Estate companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014 - 2018. Sampling used a purposive sampling technique; 23 selected companies were selected. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study are institutional ownership, the board of commissioners, audit quality, and audit committee simultaneously influence tax avoidance. Partially, the board of commissioners and audit quality negatively affect tax avoidance, whereas institutional ownership and audit committees do not affect tax avoidance. The benefit of this research is to provide additional information for the development of science in tax accounting.Keywords: Corporate Governance; Tax Avoidance.
PENGEMBANGAN SMART BRANDING SEBAGAI LANGKAH AWAL MENUJU TERWUJUDNYA SMART CITY DI KOTA TOMOHON Patabuga, Reynold; Purnomo, Eko Priyo; Kasiwi, Aulia Nur
Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jep01.v5i2.420

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini memakai metode penelitian yang bersifat kualitatif, yang mana menurut (Creswell, 2010) adalah kegiatan yang kemudian berdasar atas suatu telaah yang komprehensif terhadap suatu objek, yang mana merupakan data yang berbentuk kata demi kata dan data tersebutlah yang akhirnya akan di interpretasikan oleh peneliti secara subjektif dengan kritis. Sedangkan teori yang di pakai di sini adalah teori dari Yuli yang saya kutip dari (Siti Zumroh Nur Ivani, 2015) di mana ia mengemukakan bahwa dalam pemasaran yang pintar (smart branding) dalam kota cerdas (smart city) haruslah memenuhi beberapa kriteria yang di antaranya yakni: Pertama, mempunyai ide atau sebuah simbol yang kemudian menjadi ikon dari sebuah tempat (attributes); Kedua, mengandung pesan yang hendak di sampaikan yang mana hal tersebut akan menjadi pengingat bagi orang tentang tempat itu (message); Ketiga, mempunyai sebuah keunikan atau sebuah perbedaan yang kemudian itu mengkhususkan tempat tersebut ketimbang tempat lain sehingga bisa menjadi suatu nilai jual yang tinggi (differentiation); Keempat, dan yang terakhir yakni bagaimana caranya di sana bisa kemudian di temukan suatu hal yang barangkali bisa di bilang memikat bagi orang dari tempat yang berbeda untuk memutuskan diri agar datang, lebih lebih tinggal di tempat tersebut (ambassadorship). Dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemasaran pintar (smart branding) di kota Tomohon sudah baik adanya, dengan memanfaatkan potensi wisata yang bukan hanya alam akan tetapi dengan kerukunan atau bisa di bilang pluralisme yang melampaui sekat sekat yang biasanya di tabukan, malahan di jadikan sebuah ikon kota yang di sana mudah di ingat dan sekaligus menjadi pesan damai kepada para wisatawannya. Saran yang perlu kiranya di kemukakan di sini adalah bahwa kota Tomohon bisa sebenarnya mendapatkan keuntungan materil dari pemasaran pintar yang di jalankan di sana jika saja dengan baik di kelola oleh pemerintah kota, seturut dengan itu oleh masyarakat yang secara baik menerimanya.Kata Kunci : Smart Branding, Smart City, Attributes, DifferentiationABSTRACTThis study uses qualitative research methods, which according to (Creswell, 2010) are activities that are then based on a comprehensive study of an object, which is data in the form of the word for word. The data is what will ultimately be interpreted by researchers subjectively critically. While the theory used here is a theory from Yuli that I quoted from (Siti Zumroh Nur Ivani, 2015) in which he stated that in smart marketing (smart branding) in a smart city (smart city) must meet several criteria, including namely: First, have an idea or a symbol which then becomes an icon of a place (attributes); Second, it contains a message to be conveyed which will be a reminder for people about the site (news); Third, it has a uniqueness or a difference which then specifies the place rather than other places so that it can become a high selling value (differentiation); Fourth, and finally how can there be found something that might be said to be attractive to people from different places to decide themselves to come, more stay in the site (ambassadorship). From this study the researchers concluded that the smart marketing strategy (smart branding) in the city of Tomohon is already good, by utilizing the potential of tourism that is not only natural but with harmony or can be said of pluralism that goes beyond the bulkhead of the divisions that are usually taboo, even made the city's icon is easily remembered and at the same time a message of peace to the tourists. The suggestion that needs to be put forward here is that the city of Tomohon can benefit materially from smart marketing that is run there if only it is well managed by the city government, according to that by the people who are well received.Keywords: Smart Branding, Smart City, Attributes, Differentiation
PENGARUH PEMBANGUNAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PEMBANGUNAN KAWASAN TIMUR INDONESIA Al-Mursyid, Arief Rahmanda
Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jep01.v5i2.372

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembangunan teknologi informasi dan komunikasi terhadap pembangunan manusia di Kawasan Timur Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indeks Pembangunan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (IP TIK) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 17 Provinsi di Kawasan Timur Indonesia tahun 2015-2017. Metode Analisis Regresi Data Panel digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembangunan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) terhadap pembangunan manusia di Kawasan Timur Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembangunan TIK memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembangunan manusia di Kawasan Timur Indonesia. Provinsi Sulawesi Barat, NTT, Papua Barat, dan Papua merupakan provinsi yang masih tertinggal dan memerlukan perhatian lebih dalam pembangunan TIK di provinsi tersebut.Kata Kunci: IP TIK; IPM; regresi data panel.  ABSTRACT This study aims to determine the effect of information and communication technology development on human development in Eastern Indonesia. The data used in this research are the Technology, Information, and Communication Development Index (ICT) and the Human Development Index (HDI) of 17 Provinces in Eastern Indonesia in 2015-2017. Panel Data Regression Analysis Method is used in this study to determine the effect of technology, information, and communication development (ICT) on human development in Eastern Indonesia. The results of this study indicated that ICT development has a positive and significant influence on human development in Eastern Indonesia. The provinces of West Sulawesi, NTT, West Papua and Papua are provinces that are still lagging and need more attention in developing ICT in the region.Keywords: IP ICT; HDI; panel data regression.
NON PERFORMING FINANCING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA Ningrum, Eka Prasetya; Samrotun, Yuli Chomsatu; Suhendro, Suhendro
Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jep01.v5i2.422

Abstract

ABSTRAKDalam memberikan pembiayaan bank tidak lepas dari non performing financing dalam memberikan pembiayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh rasio keuangan (BOPO, CAR, ROA, dan FDR) terhadap non performing financing pada Bank Umum Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2012-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan didapat 11 sampel. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel CAR, ROA, dan FDR berpengaruh negatif terhadap non performing financing, sedangkan variabel BOPO tidak berpengaruh terhadap non performing financing. Perbankan dalam menjalankan usahanya harus dapat menjaga nilai rasio yang dapat meningkatkan non performing finacing.Kata kunci : Non-Performing Financing; BOPO; CAR; ROA; FDR ABSTRACTIn providing bank financing, it cannot be separated from funding non-performing in offering aid. The purpose of this study is to find out and analyze how the influence of financial ratios (BOPO, CAR, ROA, and FDR) on non-performing financing at Islamic Commercial Banks. The population in this study was a Sharia Commercial Bank registered with the Financial Services Authority (OJK) for the 2012-2018 period. The sampling technique uses a purposive sampling method, and 11 samples are obtained. The method of analysis uses multiple linear regression analysis. The results of data analysis showed that the CAR, ROA, and FDR variables had a negative effect on non-performing financing. In contrast, the BOPO variable had no impact on funding non-performing. Banks in running their business must be able to maintain the value of the ratio that can increase non-performing financing.Keywords: Non-Performing Financing; BOPO; CAR; ROA; FDR
FENOMENA UNDERPRICING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA Kusumawati, Rita; Fitriyani, Azhar
Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35906/jep01.v5i2.397

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, pengaruh, reputasi underwriter, rasio lancar dan ukuran perusahaan terhadap underpricing. Objek penelitian adalah perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2012-2017. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan total sampel yang digunakan yaitu 99 sampel atau 99 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap underpricing, underwriter tidak berpengaruh signifikan pada underpricing, liqudity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan pada underpricing.Keywords: Profitability; Leverage; Underwriter Reputation; Liquidity; Underpricing. ABTRACT This study aimed to analyze the effect of profitability, influence, underwriter reputation, current ratio, and company size on underpricing. The object of research was a publicly listed company listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2012-2017 period. This study used a purposive sampling method as a sampling technique with a total sample used are 99 samples or 99 companies. The analytical tool used in this study is multiple linear regression analysis with the SPSS 23 program. The results of the study showed that profitability has a significant negative effect on underpricing, gaining a significant positive impact. It also found that the underwriter has no considerable impact on underpricing, and liability does not have a substantial effect on underpricing. Company size has a significant negative effect on underpricing.Keywords: Profitability; Leverage; Underwriter Reputation; Liquidity; Underpricing.
PENGARUH POLA PENGELUARAN ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH TERHADAP LOYALITAS SERTA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MUZAKKI DAN MUSTAHIQ DI SULAWESI SELATAN Q, Muhammad Yusuf; Hapid, Hapid
Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : Jurnal Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.868 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjadi masukan kepada pemerintah dalam bentuk kebijakan institusi Badan Amil Zakat (BAZ) terkait pola pengeluaran Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) sehingga dapat memberi manfaat yang berarti terhadap sistem dan kebijakan terhadap pengelolaan ZIS bagi pemerintah dan masyarakat. Metode yang akan digunakan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode penelitian kuantitatif yang titik beratnya diletakkan pada kenyataan sebenarnya, yakni mempelajari hubungan variabel-variabel yang menggunakan alat analisis statistik Partial Least Square (PLS). Permasalahan yang bersifat normatif dilakukan analisis kualitatif dengan metode intuitif (kasyf) untuk menelaah hakekat yang terkandung dalam pelaksanaan perintah ZIS, tingkat loyalitas muzakki serta kesejahteraan, baik muzakki maupun mustahiq. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola pengeluaran ZIS berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Muzakki (H1). Nilai t-statistics sebesar 20,8751, yang menunjukkan angka yang lebih besar dari t-tabel =1,96. t-statistik (20,8751) > t-tabel (1,96). Pola pengeluaran ZIS berpengaruh signifikan terhadap keejahteraan muzakki (H2). Nilai t-statistics sebesar 3,8185, yang menunjukkan angka yang lebih besar dari t-tabel =1,96. t-statistik (3,8185) > t-tabel (1,96). Loyalitas tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan muzakki (H3). Nilai t-statistics sebesar 0,1533, yang menunjukkan angka yang lebih kecil dari t-tabel =1,96. t-statistik (0,1533) ≤ t-tabel (1,96). Loyalitas berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan mustahiq (H4). Nilai t-statistics sebesar 2,5930, yang menunjukkan angka yang lebih besar dari t-tabel =1,96. t-statistik (2,5930) > t-tabel (1,96), dan Kesejahteraan muzakki tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan mustahiq (H5). Nilai t-statistics sebesar 1,1583, yang menunjukkan angka yang lebih kecil dari t-tabel =1,96. t-statistik (1,1583) ≤ t-tabel (1,96). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa secara parsial varibel X pada H1, H2, dan H4 berpengruh secara signifikan terhadap variabel Y, sedangkan variabel X pada H3 dan H5 tidak ada pengruh yang signifikan terhadap variabel Y. dan secara simultan memberi pengaruh yang signifikan.
PENGARUH CSR PT VALE INDONESIA TBK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEKITAR KECAMATAN NUHA Jamaluddin, Jamaluddin; Anwar, Suhardi M.
Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol 3, No 2 (2017): Desember
Publisher : Jurnal Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.137 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social resonsibility (CSR) terhadap kesejahteraan masyarakat Kecamatan Nuha. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data kualitatif yang diperoleh disini merupakan keseluruhan bahan, keterangan data fakta-fakta yang tidak dapat diukur dan dihitung secara eksak matematis, tetapi hanya berwujud keterangan naratif semata. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan tiga model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  CSR PT Vale Indonesia Tbk berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan kelompok tani di Kecamatan Nuha, tapi tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kesehatan masyarakat.  Model 1 kontribusi dana CSR pada bidang pendidikan sebesar 71,6 dan model 3 memberikan kontribusi dana CSR pada bidang pertanian di kecamatan Nuha sebesar 93.7%.  Sedangkan model 3 menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat yang diproksikan dengan tingkat kesehatan.
PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA SIBALI RESOE DI MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA Muhani, Mustafa; Mustafa, Sri Wahyuni; Sabia, Sabia
Jurnal Ekonomi Pembangunan Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Jurnal Ekonomi Pembangunan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompensasi terhadap kinerja karyawan pada KUB Sibali Resoe. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 19 responden dengan metode sensus yang terdiri dari seluruh populasi dan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner serta studi pustaka dan diuji dengan metode analisis secara komputerisasi dengan bantuan program SPSS for windows. Hasil dari penelitian diperoleh persamaan Y = 9.711 + 0.768X+e ataua = 9.711 adalah bilangan konstanta yang berarti apabila variabel bebas yaitu X=0, maka besarnya variabel Y adalah 9.711. Dengan kata lain jika variabel bebas pemberian kompensasi nilainya dianggap nol berarti besarnya adalah 9.711 Karena besarnya kinerja karyawan tidak dapat digambarkan secara kuantitatif, jika tidak ada variabel pemberian kompensasi masih ada kecenderungan.b= 0.768 adalah besarnya koefisien regresi variabel bebas Xpemberian kompensasi yang berarti setiap pemberian kompensasi akan meningkatkan kinerja karyawan sebesar 0.768 satuan. Uji F dilakukan untuk mengetahui variable pemberian kompensasi terhadap kinerja karyawan pada KUB Sibalie Resoe bahwa F-hitung sebesar 23.041> dari F-tabel 4.45 yang berarti bahwa pada taraf nyata  = 0,05 variabel Pemberian Kompensasi (X) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan (bermakna) terhadap kinerja karyawan pada KUB Sibalie Resoe Masamba (Y) dapat diterima atau teruji pada taraf nyata  = 0,05. Selain itu untuk mengetahui signifikansi pengaruh variabel terikat terhadap variabel bebas secara bersama-sama dengan membandingkan antara probabilitas signifikan (0,000) dengan  (0,05). Dimana, jika probabilitas