cover
Contact Name
mohammad arief
Contact Email
papi.arief@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jsmb.utm2@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
ISSN : 23559543     EISSN : 24603775     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
urnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and practitioners in the publishing of scientific papers have been produced, both the study of theory and research. Through innovative thinking, the expected scientific developments, especially in the field of Management and Business can be achieved. JSMB issue two (2) times a year in June and December. This journal focuses on topics: corporate governance, human resources, strategic management, entrepreneurship, marketing management, the Management and information system, financial management, decision analysis, management research, Tourism Management, Green Management, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 102 Documents
Jaringan Nilai dan Sikap Konsumen terhadap Kualitas dan Private Label pada Komoditas Brokoli Organik di Ritel Modern (Suatu Kasus di Lotte Mart Festival Citylink Bandung, Jawa Barat) Risdianto, Ari; Utami, Hesty Nurul; Mukti, Gema Wibawa
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2017): DESEMBER
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemasaran produk tercipta karena adanya hubungan kerjasama antar pelaku pemasaran. Salah satunya antara supplier dengan ritel modern. Hubungan kerjasama membentuk jaringan nilai bagi supplier dengan ritel modern untuk menjadi titik kunci membangun hubungan jangka panjang untuk terus meningkatkan kualitas produk dan jasa. Terutama ritel modern yang berkembang dengan pesat memiliki harapan mendapatkan keuntungan yang lebih dan memberikan image lebih kepada konsumen dengan meningkatkan kualitas produk dan penggunaan private label. Pada akhirnya, sikap konsumen yang mampu mengevaluasi seluruh atribut produk sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kualitas brokoli organik dan penggunaan private label pada brokoli organik dalam jaringan nilai antara supplier dengan ritel modern dengan menggunakan Value Network Mapping yang dikaitkan dengan sikap konsumen dalam menilai kualitas dan private label yang diterapkan menggunakan model multiatribut Fishbein. Penelitian dilaksanakan di Lotte Mart Festival City Link Bandung. Desain penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari analisis jaringan nilai adalah kerjasama yang dilakukan oleh Lotte Mart dengan Bimandiri sudah berjalan baik kurang lebih 6 tahun. Persepsi antara kedua belah pihak sudah tercipta dengan baik mulai dari penerapan kualitas brokoli organik dan label L Choice dan Everydayfresh. Hasil dari analisis multiatribut Fishbein, 14 atribut brokoli yang diuji yaitu ukuran, bentuk, warna, kemulusan, kesegaran, kerenyahan, daya tahan, cita rasa, kandungan nutrisi, keamanan produk, harga jual, presentasi, promosi dan kemenarikan kemasan. Terdapat 3 nilai atribut tertinggi yang telah sesuai dengan harapan pada tingkat evaluasi konsumen brokoli organik yaitu kemulusan, warna dan keamanan produk sedangkan pada brokoli non organik yaitu kesegaran, kerenyahan dan harga jual.
Perbaikan Kualitas Wire Rod Steel Di PT. Krakatau Steel (persero) Tbk. Cilegon Menggunakan Pendekatan Six Sigma Fachrur, Aditya Rahadian; Karningsih, Putu Dana
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2017): Juni
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan proses produksi wire rod steel di PT. Krakatau Steel (persero) Tbk. Cilegon dengan menggunakan pendekatan six sigma. Tingginya jumlah defectwire rod steel menyebabkan Divisi Wire Rod Mill selalu melebihi batas defect yang diizinkan oleh perusahaan dan berakibat pada kerugian. Pendekatan six sigma dilakukan dengan menggunakan beberapa metode seperti menghitung defect permillion opportunity, level sigma, analisa pareto, diagram ishikawa dan borda count methods. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa DPMO dari produk wire rod steel adalah sebesar 899,978 dengan level sigma 4,621σ. Berdasarkan analisa pareto bahwa defect yang paling sering terjadi adalah defect laps dengan jumlah 288,512 Ton dan penyebab-penyebab utama terjadinya defect adalah kerusakan guide dan operator tidak melakukan adjustment bar. Rekomendasi yang dapat diberikan pada PT. Krakatau Steel (persero) Tbk. Cilegon adalah maintenance harus tetap dijalankan meskipun sedang tidak produksi, melibatkan bagian perawatan dalam memperbaiki kerusakan, program direct buying untuk sparepart di bawah harga tertentu melalui Prima Koperasi Krakatau Steel (Primkokas), Menambah item sparepart yang ada didalam kontrak perjanjian dengan vendor, melakukan proses pendampingan dan mentoring karyawan terutama pada karyawan baru.
Analisis Prediksi Tingkat Kebangkrutan Perusahaan Dengan Metode Altman Z-Score Dan Springate (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Minyak dan Gas Bumi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2012) Putra, Tri Utama; MochT, Arlin Ferlina
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2014): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to predict bankruptcy using the Altman Z-Score and Springate on mining companies sub-sector oil and gas companies listed on the Stock Exchange 2009-2012. One of the things behind the decline in revenues caused by the companys oil and gas industry. And a decline in oil production from year to year. By using quantitative descriptive method, the population in this study is a sub-company financial statements of oil and gas mining. The type of sample used is purposive sampling to obtain a sample of five companies, namely Prabu Energi Tbk (ARTI), Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI), Elnusa Tbk (ELSA), Energi Mega Persada Tbk (ENRG), dan Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS). The results showed the companys bankruptcy prediction mining and oil and gas sub-sector model with Altman Z-Score, for ARTI 2009 in the category of distress zone, in the following years in the category of gray zone. BIPI always get into the safe category. ELSA in 2009 and 2010 are in the category of a safe zone, and in the next two years are in the gray zone category. For each year the ENRG always fall into the category distress zone. Ruis 2009 in the category of safe zone, 2010 in the category of gray zone, and the following year in the category distress zone. Prediction of corporate bankruptcy in mining and oil and gas sub-sector with Springate models, which enter into the healthy category, namely ELSA company in 2009 and Ruis company in 2009 and 2010. Additionally, all companies would be predicted to fall into the category of bankruptcy because bankruptcy.
Penentuan Lokasi Gudang Penyangga Regional PT. “X” Wilayah Jawa Timur Septiandre, -; Siswanto, Nurhadi
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2016): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. “X” merupakan perusahaan pupuk terlengkap di Asia tenggara. Untuk memperlancar sarana pendistribusian pupuk dari pabrik ke petani, PT. “X” telah membangun jaringan pemasaran yang kuat. Untuk mencapai tingkat efisiensi yang tinggi, diperlukan sistem distribusi yang baik. Gudang penyangga merupakan salah satu cara untuk menekan biaya transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan letak gudang penyangga dan kapasitas dari masing-masing gudang penyangga tersebut di Jawa Timur serta memberikan rekomendasi untuk menekan biaya yang dikeluarkan oleh Perusahaan dengan menggunakan metode P-Median. Hasil yang didapat adalah biaya optimum dari model matematis pada penelitian ini sebesar Rp 216.046.540.140,-  selama satu tahun dengan total suplai sebesar  3.565.398 ton yang diperoleh dari 24 gudang penyangga. Sehingga biaya distribusinya menjadi Rp 61.000/ton. Jika dibandingkan dengan biaya distribusi saat ini, terjadi penurunan sebesar 67% untuk tiap ton nya.
Transformasi Ojek Tradisional ke Ojek Online Roesdijanto, -; Tutuko, Pindo; David, Ronald; Sonalitha, Elta
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2016): Juni
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehidupan masyarakat dewasa ini lebih dinamis dibandingkan dengan era sebelum teknologi informasi berkembang pesat. Berbagai macam kesibukan masyarakat seolah kekurangan waktu untuk melakukan beberapa pekerjaan dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kesibukan yang paling dirasakan menyita waktu antara lain pengiriman paket dalam kota, pengantaran ke tempat tujuan yang biasanya terkendala macet dan angkutan umum, antri yang menyita waktu, dan belanja kebutuhan. Di kehidupan masyarakat, kita temui para pekerja yang berkesempatan untuk menawarkan jasa antar menggunakan motor yang dimiliki yang disebut Tukang Ojek. Tukang ojek tradisional hanya melayani jasa antar saja. Hal ini berpengaruh terhadap kurangnya pemenuhan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan bantuan berupa jasa kurir, belanja, antar dan antri. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan bagi para pekerja jasa antar guna peningkatan pelayanan prima, Safety riding, dan strategi pemasaran jasa melalui media online sehingga diharapkan dapat melakukan pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggan. Sistem yang dirancang diharapkan mampu menunjang kemandirian dan kewirausahaan sehingga dapat menambah penghasilan untuk memberi kontribusi tambahan terhadap ekonomi keluarganya. 
Pengujian Technology Acceptance Model Terhadap Keinginan Penggunaan Kembali Teknologi Informasi Dengan Nilai Pribadi Sebagai Mediasi Abad, Taufik Bin
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2015): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap intensi penggunaan kembali software accurate dengan nilai pribadi sebagai mediasi. Rancangan penelitian cross-sectional dengan responden mahasiswa S1. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan bahwa variabel penelitian mempunyai cronbach’s alpha berkisar 0,8011 – 0,8070. Hasil pengujian validitas konstruk menunjukkan bahwa semua variabel mempunyai validitas konstruk yang tinggi semua lebih besar dari rule of tumb 0,5. Hasil pengujian AMOS menunjukkan bahwa persepsi manfaat mempengaruhi intensi penggunaan kembali software accurate, sedangkan variabel kemudahan tidak hal ini terjadi karena software accurate adalah program akuntansi yang komplek dan harus teliti. Nilai pribadi sebagai penghubung antara manfaat tapi tidak sebagai penghubung antara kemudahan, hasil interaksi nilai pribadi justru memperlemah pengaruh manfaat terhadap pengambilan keputusan penggunaan kembali software accurate.
Analisis Karakteristik Dosen yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Surabaya Setioningtyas, Widhayani Puri; Widyatmika, Sutama Wishnu
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2017): Juni
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkuliahan merupakan suatu jenjang pendidikan terakhir yang diharapkan dapat mampu mengajarkan pengetahuan dan kemampuan yang baru sekaligus memberikan stimulus bagi mahasiswa untuk merefleksikan ilmu yg telah didapat pada dunia kerja nyata. Sebagai pengampu mata kuliah, dosen memiliki peran besar untuk keberhasilan meraih capaian pembelajaran tersebut. Selanjutnya terdapat 4 karakteristik dosen yakni Koleris Kuat, Melankolis Sempurna, Sanguinis Popular, dan Phlegmatis damai yang disinyalir memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa pada beberapa perguruan tinggi di kota Surabaya dengan teknik purposive sampling.Uji coba penelitian menggunakan uji regresi linier multiple dengan software SPSS 20 untuk mengetahui adanya pengaruh dari keempat variabel karakteristik dosen terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa.
Peranan Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Membangun Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Nurfarida, Iva Nurdiana; Mustikowati, Rita Indah
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2014): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

There is a debate about the quality of service with trust bank syariah customers to syariah banking in applying the syariah principle, so regarded need to be researched about howquality of the service of syariah banks able to build customer satisfaction and trust. Fatmah (2007) found that affects the customer on syariah commercial banks in East Java was the quality of the service. In contrast to the research from Al – Hawari (2011) who does not find a direct relationship between the quality of services with trust. Gounaris and Venetis (2002) found that not all factors have influence on the quality of service trust. This studi was conducted to find out how the levels of trust customers of the bank syariah in applying the principles of syariah analyze the role of the quality of services of a trust customers and the role of customer satisfaction as variable mediation influence the quality of service of a trust. The research was done to the three syariah banks they were Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah banks and Bank Syariah BNI, with samples from 150 customers by applying a technique accidental sampling method. Research variable divided into 2 namely endogenous variable that is the quality of service, while endogenous variable is satisfaction customers and trust. Data collection technique uses a questionnare that arranged in Likert sclae 5 point, while data analysis techniques use Path Analysis. The analysis shows that quality of services and not directly influence on customer trust. Professional service quality on one side of syariah bank customers will strengthen confidence, in the other side will from the creation of customer satisfaction, the satisfaction of customers will strengthen confidence of the bank syariah customers.
Pengaruh Strategi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Sepuluh Nopember Surabaya Jannah, Dewi Ayu Miftahul; Andriani, Nurita; Arief, Mohammad
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2014): Juni
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Surabaya, as a heroic city, saves a lot of history about war in independence era. It influences the creation of tourist objects in history nuance such as museum. Phenomenon on reality shows the opposite that people prefer to visit, even spending time in malls, theaters, and cafes than visiting a museum. So, it needs an effort to shift people preference by implementing Experiential Marketing strategy. The purpose of this study is to determine the effect of Experiential Marketing variables that consist of Sense Experience, Feel Experience, Think Experience, Act Experience, and Relate Experience on Sepuluh November Museum visitors’ satisfaction and also to determine the five elements of Experiential Marketing variable that dominantly influences the visitor satisfaction of Sepuluh November Museum Surabaya. This study applies quantitative methods with type of survey research conducted through structured interviews and questionnaires to 60 respondents, i.e visitors of Sepuluh November Museum Surabaya. The sampling technique used is purposive sampling technique, and is being analyzed through multiple regression analysis. The results of this study are (1) variable Sense Experience, Feel Experience, Think Experience, Act Experience, and Relate Experience jointly or simultaneously influence visitor satisfaction of Sepuluh November Museum. (2) Partially, Sense Experience and the Relate Experience significantly influence visitor satisfaction of Sepuluh November Museum, while the variable of Feel Experience, Think Experience, and Act Experience does not significantly influence visitor satisfaction of Sepuluh November Museum. (3) The five elements of Experiential Marketing variable that mostly influence the visitor satisfaction of Sepuluh November Museum is Sense Experience variable
Peran Mediasi Perceived Value dalam Memediasi Pengaruh Experiental Marketing terhadap Behavioral Intention (Studi pada Wisata Wahana di Kota Batu) Mudzakkir, Mohammad Fakhruddin; Nurfarida, Iva Nurdiana
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2016): Desember
Publisher : Trunojoyo University of Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran variabel perceived value dalam memediasi experiental marketing terhadap Behavioral Intention pada pengunjung wisata wahana di Kota Batu. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa experiental marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value  dan Behavioral Intention pengunjung wisata wahana Kota Batu. Variabel perceived value dapat memediasi hubungan experiental marketing terhadap Behavioral Intention secara posisitf dan signifikan, namun mediasi yang terjadi adalah mediasi parsial karena tanpa peran perceived value , variabel experiental marketing dapat berpengaruh terhadap Behavioral Intention.

Page 1 of 11 | Total Record : 102