cover
Contact Name
Amiruddin
Contact Email
amiruddin14@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalkariman@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
KARIMAN: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
ISSN : 2303338X     EISSN : 25498487     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 110 Documents
تحليل الأخطاء النحوية في استعمال النواسخ الصغرى في التعبير التحريري Kurniadi, Pahar
Jurnal Kariman Vol 5 No 1 (2017): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1116.145 KB)

Abstract

وسكان إندونيسيا يحتاجون إلى تعليم اللغة العربية مسلمين كانوا أو غيرهم. وبالأخصّطلبة المعهد الإسلامي. فهؤلاء الطلبة يدرسون اللغة العربية من خلال النحو أكثر من خلال المهارات الأربع. والمشكلات التي تواجه دارسي اللغة العربية في إندونيسيا لا تخلو عن الجوانب الأربعة الآتية:[1] الجانب التعليمي، ما يتعلق بالمنهج والمعلّم والوسائل التعليمية؛ والجانب الثقافي والاجتماعي، ما يتعلق بالبيئة والمجتمع؛ والجانب اللغوي، ما يتعلق بخصائص اللغة العربية؛ والجانب السياسي، ما يتعلق بالصلات الدبلوماسية والقرارات القومية.   [1]Matsna HS, Problematika Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia. Makalah disajikan pada Pertemuan Ilmiah Nasional Bahasa Arab (PINBA I), Malang, 1999, 24 September. p. 5
ANALISIS ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN BAYI DAN URGENSI PERAN ORANG TUA TERHADAP MASALAH-MASALAH BAYI Sa?diyah, Kholifatus
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak ditemukan diantara orang tua yang belum memahami terhadap aspek-aspek perkembangan bayi. Bahkan tidak tahu sama sekali bagaimana cara-cara mengembangkannya. Banyak anggapan-anggapan, mengembangkan bayi cukup pada perkembangan fisik dan motoriknya saja. Namun sebenarnya aspek-aspek perkembangan bayi meliputi perkembangan fisik motorik, perkembangan kognitif, perkembangan sosial, perkembangan emosi dan perkembangan bahasa. Aspek-aspek perkembangan tersebut sangat urgen untuk dikembangkan, karena melihat periode pada masa bayi ini merupakan masa dasar sebagai penentu pada perkembangan selanjutnya dan masa bayi merupakan dasar periode kehidupan yang sesungguhnya karena pada saat ini banyak pola perilaku, sikap, dan pola ekspresi emosi terbentuk. Suatu hal yang disadari atau tidak beberapa masalah-masalah pasti ada pada masa bayi. Baik masalah yang timbulkan dari bayi sendiri bahkan dari lingkungan maupun dari orang tua sendiri. Maka dari itu orang tua lebih meningkatkan perannya supaya masalah-masalah pada bayi dapat teratasi sedini mungkin salah satunya dengan melalui memberikan rangsangan dan perhatian yang baik,  membentuk keadaan lingkungan yang kondusif serta ada kerjasama ayah dan ibu sehingga aspek-aspek perkembangan bayi berkembang dengan baik dan normal.  
TATA KELOLA KEARSIPAN DI KANTOR PENDIDIKAN MADRASAH KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SUMEDANG Jahari, Jaja; Prayoga, Ari; Paramudita, Alfiyan
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Sumedang terdapat 47 berkas arsip Ajuan Sertifikasi Guru 2018 yang belum tersusun rapi masih terpisah dalam berkas map sehingga pengelola kesulitan dalam mensortir serta mencari file yang sesuai dengan kebutuhan pendaftaran. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap tata kelola kearsipan di Kementerian Agama Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Sumedang, Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tata kelola penyimpanan arsip meliputi; pertama, penerimaan berkas ajuan sertifikasi guru; kedua, pencatatan melalui pendataan manual blangko pendaftaran; ketiga, penataan menggunakan map merah bagi guru madrasah aliyah, biru madrasah tsanawiyah dan hijau untuk madrasah ibtidaiyah; keempat, penyimpanan arsip dilakukan pada ruangan staf pendidikan madrasah secara terbuka.
أهمية مهارة الكلام Hermanto, Bambang
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

?????? ????? ??????? ???? ?? ?????? ?????? ??? ??????? ??????? ???? ? ?????? ?? ????? ??????? ? ???? ????? ????? ? ??????? ??? ????? ??? ??????? ??? ????? ??????? ?? ????? ?????? ?? ?? ?????? ????? ?? ????? ??????? ????? ????? ?????? ?? ?????? ??????.??? ?? ?????? ????? ????? ???????? ???????? ??? ???? ????? ??? ??????? ???????? ???? ???????? ??????? ?? ??? ???? ????? ??????? ????? ??????? ??????? ?????? ?????? ??? ????? ?????? ????? ??? ???????? ??????? ???????? ???????? ?????? ????? ???? ?????? ???? ????? ???? ??? ?????? ?? ??? ?????? ??????? ??????????. ???? ??? ?? ?????? ?? ????? ???? ????? ?????? ?????? ????? ??????? ?? ????? ?? ????? ????? ?? ???? ??????? ??? ??? ?????? ?? ?????? ??? ??????.
PENYELESAIAN SENGEKETA HAK MILIK DAN KEPERDATAAN LAIN DI PENGADILAN AGAMA Muni, Abd
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sengketa hak milik dan keperdataan lain merupakan kewenangan yang termasuk masih belia dan berada dalam yuridiksi Peradilan Agama. Sejak undang-undang nomor 07 tahun 1989 dirubah dengan undang-undang nomor 3 tahun 2006 dan terjadi perubahan kedua menjadi undang-undang nomor 50 tahun 2009 tentnag Peradilan Agama, sebagai konsekuensi dari perluasan wewenang Pengadilan Agama dalam memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara perkara tertentu yang sesuai dengan pasal 49 tersebut. Dihapusnya hak opsi dalam perkara waris dan perkara kebendaan lainnya seperti wasiat, hibah dan wakaf hingga masuknya perkara ekonomi syari?ah di Pengadilan Agama, tentu saja hal ini memperluas wilayah mengadili yang bukan hanya terletak dalam subjek sengketa saja namun objek yang terkait di dalamnya. Seringkali terhadap objek sengketa ada persinggungan kewenangan antara Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri dalam kaitannya terhadap kewenangan mengadili. Maka dalam hal ini penulis akan membahas terkait batasan, cara penyelesaian hingga masalah lain yang dapat ditimbulkan akibat perluasan wewenang Pengadilan Agama tersebut yang berhubungan langsung dengan sengketa hak milik dan keperdataan lain di Pengadilan Agama.
KONSEP PENDIDIKAN PLURALISME DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID Musayyidi, Musayyidi
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Allah SWT. menciptakan manusia dengan bermacam-macam perbedaan agar saling berinteraksi mengenal antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan bangsa dan suku tentu akan melahirkan bermacam budaya yang ada di masyarakat. Keragaman dan perbedaan dalam kehidupan manusia merupakan sunnatullah. Al-Qur?an sebagai representasi pesan-pesan Allah untuk menjadi panduan umat manusia, sesungguhnya telah memberikan beberapa isyarat penting, baik secara eksplisit maupun implisit tentang eksistensi keragaman dan perbedaan tersebut. Pelaksanaan pendidikan Islam berbasis dan berwawasan pluralisme tersebut semakin dirasakan urgen dan mendesak jika dikorelasikan dengan kenyataan bahwa kemajemukan agama dan kemajemukan lainnya, seperti kemajemukan etnis, antar golongan dan kemajemukan lainnya belakangan ini telah menjadi suatu hal yang memancing eskalasi konflik yang sedemikian mengental pekat
URGENSI MATA KULIAH ASWAJA DI PERGURUAN TINGGI ISLAM Arifin, Siful
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang urgensi mata kuliah aswaja di Perguruan Tinggi Islam. Dalam kajian ini diuraikan pentingnya ahlus sunnah wal jama?ah (aswaja) diajarkan di Perguruan tinggi Islam dalam rangka menghadapi paham ekstremis yang semakin massif memasuki ruang-ruang publik, termasuk perguruan tinggi Islam. Argumen yang dibangun dalam tulisan ini adalah Aswaja penting untuk dimatakuliahkan di perguruan tinggi Islam karena beberapa alasan. Pertama; sebagai upaya preventif dalam menangkal tumbuh-kembangnya aliran ektrimisme-radikalisme dan liberalisme dalam pemikiran keagamaan. Kedua; untuk menjaga dan membentengi akidah mahasiswa dari pengaruh paham keagamaan yang menyimpang . Ketiga, sebagai upaya menanamkan dan menumbuh-kembangkan prinsip fikrah an-nahdliyah dan nilai aswaja sebagai way of life  yang meliputi: fikrah tawassuthiyah, fikrah tasamuhiyah, fikrah ishlahiyah, tathawwuriyah dan fikrah manhajiayah. Melalui matakuliah aswaja, perguruan tinggi Islam diharapkan dapat menjadi arus utama dalam menyebarkan dan menanamkan ajaran Islam yang moderat.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN EDUKATIF Hairiyah, Siti
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kreatifitas perlu dikembangkan semaksimal mungkin karena dalam memperkaya pemikiran seorang anak, segala ide yang ada pada diri anak akan dapat dikembangkan melalui aktifitas kreatif. Aktifitas kreatif memberikan kesempatan untuk mengekspresikan perasan adan pikiran seseorang, untuk mengembangkan kreatifitas pada diri anak guru dituntut untuk mendemonstrasikan dan menunjukkan proses kreatifitas. Pendidikan anak usia dini berperan penting dalam membantu perkembangan anak dan pembentukan kepribadiannya. Pembelajaran pada anak usia dini menggunakan pripsip belajar sambil bermain, dengan demikian permainan?pemainan yang digunakan selama proses pembelajaran sebaiknya dapat bernilai pendidikan agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu permainan yang digunakan seorang guru di sekolah harus diperhatikan sebaik mungkin agar dapat membantu aspek-aspek perkembangan anak, karena tidak semua permainan dapat digunakan dalam pembelajaran. Pendidik anak usia dini harus menunjukkan kemampuan kreatifitasnya dalam setiap pembelajaran agar anak-anak didiknya dapat menunjukkan pula kemampuan dirinya, permainan edukatif harus selalu dikembangkan baik di sekolah atau di rumah agar dapat membantu pengembangan kreatifitas seorang anak khususnya pada pendidikan anak usia dini dan diharapkan dapat mendorong untuk menjadi kreatif.
IMPLIKASI PERSELISIHAN FUQAHA’ TENTANG AMAR TERHADAP STATUS PRODUK HUKUM ISLAM muhaki, anum
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Para ahli fiqh sependapat mengenai amar sebagai katalisator normatif dari adanya hukum, namun mereka cenderung berbeda-beda dalam hal aplikasi amar sebagai model istinbat hukum. Perbedaan ini berimplikasi luas pada status produk hukumnya. Permasalahannya, pertama, Bagaimana para ahli fiqh memandang hakikat amar? Kedua, Bagaimana pertentangan ahli fiqh dalam mempergunakan amar pada istinbat hukum? Ketiga, Bagaimana implikasi perbedaan ulama tentang amar terhadap hukum Islam? Deskripsi dari penelitian pustaka ini menghasilkan temuan; pertama, Perbedaan terjadi karena ulama fiqh berbeda di dalam memandang sighat amar. Kedua, Sebagian ulama memandang qarinah amar sebagai li al-faur dan sebagaian yang lainnya memandang sebagai li al-tarakhi.  Ketiga, perbedaan ulama pada aplikasi amar berimplikasi pada sifat dan status hukumnya. Kesimpulannya bahwa kaidah yang ditunjuk oleh amar tetaplah sebagai taklif bagi mukallaf, karena perintah syari? menghendaki adanya suatu perbuatan yang kongkrit sebagai unsur formal dari hukum Islam.  
RELEVANSI PEMBELAJARAN DI MADRASAH NIZAMIYAH DENGAN PEMBELAJARAN PADA MASA SEKARANG karomah, fika fitrotin
Jurnal Kariman Vol 7 No 2 (2019): Pendidikan dan Keislaman
Publisher : STIT AL-KARIMIYYAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejarah telah mencatat bahwa masa Daulah?Abba>siyah adalah masa keemasan Islam terutama dalam bidang pendidikan. Pada masa ini telah berkembang berbagai cabang ilmu pengetahuan, ditambah lagi dengan banyaknya penerjemahan buku-buku dari bahasa asing ke bahasa Arab. Pada umumnya pembelajaran yang digunakan pada masa Bani ?Abba>siyah cenderung menggunakan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru (konservatif). seperti: metode  lisan, hafalan, pengulangan, dan tulisan.             Berangkat dari fenomena tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran di madrasah Niz{amiyah, karena di madrasah merupakan bagian dari lembaga pendidikan formal yang terkenal pada masanya. Di madrasah ini menggunakan pendekatan pembelajaran konservatif mampu melahirkan ilmuan muslim dari berbagai bidang keahlian. Sehingga hal ini menggugah penulis untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran di madrasah Niz{amiyah dan mencari relevansinya dengan pembelajaran pada masa sekarang.             Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis. Data dan informasi yang didapatkan dari berbagai referensi akan diolah, dianalisis dalam rangka untuk menemukan pembelajaran di Madrasah Niz{amiyah. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah contentanalysis. Teknik pengumpulan data dan informasi menggunakan metode dokumentasi.             Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Madrasah Niz{a>miyah cenderung metode mengajarnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab. Metode ini termasuk dari model pembelajaran langsung. Sedangkan metode lain yang digunakan di Madrasah Niz{a>miyah ialah metode diskusi, koresponden jarak jauh, dan r{ihlah ilmiah. Metode ini merupakan bagian dari model pembelajaran berbasis masalah dan kontekstual. Jadi model pembelajaran yang digunakan di Madrasah Niz{a>miyah ialah model pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran kontekstual. Sementara itu, terdapat relevansi antara pembelajaran di Madrasah Niz{amiyah dengan pembelajaran pada masa sekarang. Metode hafalan dan pengulangan memiliki relevansi dengan metode sorogan dan muh{afadlah, metode ceramah memiliki relevansi dengan metode bandongan, serta metode h{alaqah memiliki relevansi dengan metode diskusi (Muh{adlarah, bah{thul Masa?>il).

Page 1 of 11 | Total Record : 110