cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
TARLING Journal of Language Education
ISSN : 25991302     EISSN : 26144271     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 49 Documents
PERUBAHAN BUNYI KATA SERAPAN KEAGAMAAN DARI BAHASA ARAB KE DALAM BAHASA JAWA Arwan, Muhammad Sayyidul
Tarling : Journal of Language Education Vol 3 No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.721 KB) | DOI: 10.24090/tarling.v3i1.2893

Abstract

Penyerapan kata merupakan salah satu proses peminjaman bahasa sumber oleh bahasa penyerap. Dalam penyerapan akan timbul adanya perubahan bunyi pada kata serapan. Dalam penelitian ini akan membahas tentang bentuk perubahan bunyi kata serapan dalam bidang keagamaan dari bahasa Arab ke dalam bahasa Jawa dengan menggunakan metode padan dan teori Crowley. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk perubahan bunyi pada kata serapan dalam bahasa jawa. Dan hasil penelitian ini adalah bentuk perubahan bunyi kata serapan keagamaan dari bahasa arab dalam bahasa jawa ditinjau dengan teori perubahan bunyi Crowly sebagai berikut: a) lenisi terdiri dari reduksi konsonan, apokope, sinkopo, dan kompresi, b) penambahan bunyi yang meliputi anaptiksis, dan epentesis, c) metatesis, d) asimilasi, e) disimilasi. Dan perubahan bunyi yang tidak ditemukan adalah haplologi, fusi, protesis, pemisahan, pemecahan vokal dan perubahan suara yang tidak biasa. Dan dalam penelitian ini, peneliti nenemukan gejala lain yang tidak diungkapkan pada teori perubahan bunyi menurut Crowley sebagai berikut: aferesis, pengenduran bunyi, penguatan bunyi, paragog, monoftongisasi dan penyingkatan.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI PROGRAM KHUSUS PENGEMBANGAN BAHASA ARAB (PKPBA) UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG Al Anshory, Abdul Muntaqim
Tarling : Journal of Language Education Vol 3 No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.478 KB) | DOI: 10.24090/tarling.v3i1.3089

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran bahasa arab berbasis teknologi informasi di Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data adalah dosen-dosen PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2018-2019 dengan instrumen penelitian berupa observasi dan angket. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) sebagian besar dosen (90%) telah menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam pembelajaran Bahasa Arab, 2) media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang digunakan beragam, yang utama adalah LCD proyektor, dan media social seperti WhatsApp, Youtube, dan Instagram, 3) materi pelajaran yang paling sering diajarkan dengan menggunakan Media pembelajaran berbasis teknologi informasi adalah materi mendengar dan kosakata, 4) banyak kendala yang dihadapi dosen ketika menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, di antaranya adalah: media pembelajaran tidak  bisa digunakan untuk semua pelajaran, penggunaan media tidak sesuai dengan rentang waktu pelajaran, lemahnya jaringan internet yang tersedia, kadang-kadang listrik mati, beberapa media sudah rusak dan sedikitnya keterampilan dosen dalam menggunakan media.
PENGEMBANGAN MATERI AJAR SECARA 3D AUGMENTED REALITY UNTUK PENGAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB Setiawan, Muhammad Adi
Tarling : Journal of Language Education Vol 3 No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.125 KB) | DOI: 10.24090/tarling.v3i1.3357

Abstract

Proses pembelajaran yang umumnya berjalan di setiap kelas hanya terpaku pada satu sumber belajar yaitu buku pelajaran membuat peserta didik merasa jenuh dalam belajar. Mereka merasa sulit belajar terutama dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Seorang pendidik harus mampu untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan. Sehingga perlu variasi model materi ajar yang membuat peserta didik tertarik dalam belajar berbicara bahasa Arab. Salah satu cara yaitu dengan melakukan pengembangan materi ajar yang berbasis elektronik seperti pembuatan media 3D Augmented Reality yang bisa di gunakan peserta didik untuk belajar berbicara Bahasa Arab hanya dengan Handphone Android. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini nantinya adalah menggunakan metode Research and Development (RnD). Yang mana media ini akan diuji coba pada peserta didik diantaranya kelas yang beranggotakan dalam skala kecil dan kelas yang beranggotakan dalam skal besar. Dengan begitu akan diketahui hasil data yang jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan materi ajar secara 3D Augmented Reality untuk pengajaran berbicara bahasa Arab, (2) melihat respon peserta didik terhadap pembelajaran berbicara bahasa Arab yang berbasis elektronik, (3) menganalisis apakah terdapat peningkatan secara signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan media 3D Augmented Reality dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media 3D Augmented Reality dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Dari penelitian yang akan dilakukan ini, diharapkan peserta didik semakin tertarik untuk belajar berbicara bahasa Arab dengan praktis dan efisien.
THE PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN MATERINYA BERBASIS NEW MEDIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO Maslahah, Nuriya
Tarling : Journal of Language Education Vol 3 No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.57 KB) | DOI: 10.24090/tarling.v3i1.3400

Abstract

Dunia pendidikan nasional saat ini sedang dihadapkan dengan kemajuan teknologi revolusi industri 4.0, yang artinya semua kegiatan belajar mengajar harus segera mengikuti dan menerapkannya. Evaluasi pendidikan seluruh mata pelajaran di hampir seluruh sekolah sudah mulai menerapkan evaluasi berbasis digital, termasuk MAN Sidoarjo. Namun, itu masih sebatas pada evaluasi belum mengarah pada media pembelajaran dan materinya. Oleh karena itu, peneliti akan mencoba menawarkan sebuah desain media pembelajaran dan materi-materi ajar berdasarkan kurikulum nasional 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain media pembelajaran bahasa Arab dan materinya berbasis new media di MAN Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian research and development model Borg & Gall level 4 sampai tahap mendesain produk. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan menghasilkan satu media pembelajaran berbasis new media berupa website khusus pembelajaran bahasa Arab beserta latihan dan ujiannya yang diharapkan bisa memecahkan masalah pembelajaran bahasa Arab di MAN Sidoarjo. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Materi Ajar,  New Media, Kurikulum 2013.
PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DIDALAM KELAS UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON GURU DALAM KURIKULUM 2013 Amelia, Sella
Tarling : Journal of Language Education Vol 3 No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.346 KB) | DOI: 10.24090/tarling.v3i1.3481

Abstract

Artikel ini bertujuan pada peran Penilaian Otentik dalam Melaksanakan di Kelas EFL Untuk Mempersiapkan Guru Pra-Layanan Untuk Kurikulum 2013. Penilaian Otentik adalah unit yang akan menjadi titik diskusi dalam artikel ini. Bagaimana Penilaian Otentik memiliki pengaruh besar untuk pemahaman dan persepsi calon guru. Penilaian Otentik adalah hal penting yang harus dipahami oleh calon guru. Penelitian ini melibatkan 10 responden yang merupakan mahasiswa semester 5 Program Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Ibn Khaldun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu calon guru memahami dan mempersiapkan tentang Penilaian Otentik. Untuk mengumpulkan data, peneliti mengikuti beberapa tahap, yaitu mengisi kuesioner, wawancara, dan observasi. Dari metode kualitatif, para peneliti melaporkan bahwa tanggapan responden sangat beragam. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka tidak cukup memahami apa itu Penilaian Authentic.  
MANAJEMEN PENGORGANISASIAN PROGRAM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN SALAF Hidayati, Fitri; Arifah, Zakiyah; Jariyah, Ainun; Zahriyah, Shofiatus
Tarling : Journal of Language Education Vol 3 No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.368 KB) | DOI: 10.24090/tarling.v3i1.2031

Abstract

Pengorganisasian (organizing) merupakan langkah kedua dalam manajemen organisasi setelah perencanaan (planning). Perencanaan yang matang tidak akan berjalan sempurna, tanpa ada yang menjalankan dan menggerakkan, tanpa diperjelas pekerjaan dan siapa yang akan mengerjakannya. Pengorganisasian yang baik menghasilkan bentukorganisasi yang baik, mulai dari sistem kerja, struktur, sumberdaya hingga aspek lainnya. Penelitian ini membahas tentang: 1) Manajemen pengorganisasian dalam program bahasa Arab Pondok pesantren Salaf, 2) Pembagian tugas dalam pengorganisasian program bahasa Arab Pondok pesantren Salaf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi langsung ke salah satu guru yang mengajar di pondok tersebut.Setelah data terkumpul dilakukan analisis data dengan: a) reduksi data, b) penyajian data, c) penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa 1)Manajemen pengorganisasian yang dimiliki program bahasa Arab Pondok pesantren Salaf menggunakan sistem koordinasi bisa dilihat dari tugas manager dibawah naungan ketua umum, setelah berkoordinasi dengan staf (koord. Per departemen), dan pada masing-masing program yang ada pada departemen bahasa Arab tersebut karena pada program bahasa Arab maupun organisasi secara umum memiliki model struktur garis dan staf (line and staf organization). 2) Pembagian tugas pengurus dan pengajar merekrut dari para siswa-siswa pengabdian, mahasiswa, alumni, guru atau dosen yang bertugas di yayasan. Para pengurus pada program bahasa Arab mendapat tanggungjawab dan wewenang pada sistem keorganisasian pada program bahasa Arab
STRATEGI BELAJAR MEMBACA TEKS ARAB BERBASIS BELAJAR MANDIRI Fitriani, Laily
Tarling : Journal of Language Education Vol 3 No 1 (2019): Desember 2019
Publisher : Prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.822 KB) | DOI: 10.24090/tarling.v3i1.2872

Abstract

ABSTRAK Belajar membaca tidak dapat dipisahkan dalam rangkaian strategi metakognitif, kognitif dan mediasi sosial. Ketiga jenis strategi ini memiliki konstribusi dalam implementasi belajar membaca teks Arab khususnya pada pembelajar mandiri non Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul pada saat membaca teks Arab, strategi apa yang mahasiswa gunakan dan bagaimana strategi itu dapat membantu mereka dalam membaca teks Arab. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab semester lima dan tujuh. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumen, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) Permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam membaca teks Arab adalah kurangnya pemahaman pada kosakata/mufrodat baru, pemahaman teks secara kontekstual saat kosakata/mufrodat berada dalam sebuah kalimat serta membaca teks Arab sesuai dengan kaidah nahwiyah dan shorfiyah; 2) Strategi-strategi yang digunakan dalam membaca teks Arab adalah strategi metakognitif, kognitif dan mediasi sosial; 3) Strategi di dalam kelas terdiri dari: membuka kamus, mencari kosakata baru dan merangkum intisari teks. Sedangkan strategi di luar kelas terdiri dari: berdiskusi dengan teman, membaca teks/tulisan Arab melalui majalah, koran, buku, dan internet, membentuk kelompok belajar dengan penerapan tutor sebaya, mengulang materi yang telah dipelajari, dan belajar membaca teks sebelum memasuki kelas. Kata Kunci: Strategi belajar, membaca teks Arab, belajar mandiri    
METODE AUDIO LINGUAL (AUDIO-LINGUAL METHOD) DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MUNASIB, MUNASIB
TARLING Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Tarling Vol 1 No. 1 Tahun 2017
Publisher : TARLING Journal of Language Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas tentang metode audio lingual (sam’iyyah wassayafawiyah) yang merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pemlajaran bahasa Asing. Metode audio lingual merupakan metode yang mnggunakan latihan-latihan pendengaran dan latihan-latihan pengucapan dalam pembelajaran bahasa Asing. Munculnya metode ini berdasarkan asumsi bahwa bahasa adalah berbicara bukan menulis. Sehingga maharah pertama yang diajarkan adalah maharah istima’ dan kalam, kemudian baru qira’ah dan kitabah. Awalnya metode ini digunakan untuk program pembelajaran bahasa Asing bagi para tentara Amerika. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan metode audio lingual ini.Kata Kunci: Audio Lingual, Bahasa Arab
استراتيجية تعليم المفردات بالغناء في البرنامج المكشف لتعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج BASID, ABDUL
TARLING Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Tarling Vol 1 No. 1 Tahun 2017
Publisher : TARLING Journal of Language Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pengajaran kosakata dengan menggunakan (strategi bernyanyi). Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana proses strategi pengajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan strategi bernyanyi, (2) bagaimana efektivitas penggunanan strategi pengajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan strategi bernyanyi. Desain Penelitian yang digunakan adalah studi eksperimental.  Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh mahasiswa progam Studi PBA di UIN Maulana Malik Ibrahim, adapun sampel yang diambil dari populasi tersebut adalah mahasiswa Program Studi PBA kelas B-4 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses strategi pengajaran kosakata bahasa Arab dengan strategi bernyanyi yaitu aktivitas pra instruksional, petunjuk isi dan pembelajaran. Partisipasi peserta didik, penilaian, aktifitas timbal balik (2) efektifitas strategi pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan strtegi bernyanyi menunjukkan nilai t-test lebih kecil daripadda t-tabel 0,243< 2, 0639, nilai t-test 0,243 itu berada diantara nilai interval konfidensi perbedaan, yaitu nilai tertinggi 1,901 dan nilai terendah 1,501 serta nilai signifikansi 0,810 yang mania lebih kecil dari t-table yaitu 2,0639
PENGEMBANGAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK DI KELAS V SD AMBARWATI, WAHYU
TARLING Journal of Language Education Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Tarling Vol 1 No. 1 Tahun 2017
Publisher : TARLING Journal of Language Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini difokuskan untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan model sinektik berbantuan media video dalam pembelajaran  menulis puisi pada peserta didik kelas V SD, (2) mendeskripsikan karakteristik model sinektik berbantuan media video dalam pembelajaran  menulis puisi yang dikembangkan pada peserta didik kelas V SD, (3) menguji kefeektifan model sinektik berbantuan media video dalam pembelajaran  menulis puisi pada peserta didik kelas V SD. Prosedur penelitian pengembangan dalam penelitian ini menurut Borg & Gall. Hasil penilaian validator terhadap model sinektik berbantuan media video mendapatkan persentase 79,29% yang berada dalam kriteria valid (dapat digunakan dengan revisi). Hasil penilaian uji keefektifan menunjukan bahwa 95% peserta didik sudah tuntas dalam pembelajaran menulis puisi, dan hasil uji t menunjukan Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.000 yang menunjukan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model sinektik berbantuan media video efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas V SD. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan oleh peneliti selanjutnya sehingga dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dalam penelitian ini.Kata Kunci: model sinektik, media video, menulis puisi