cover
Contact Name
Muiszudin
Contact Email
muiszudin2004@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
iszoe_khat@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
ISSN : 20851596     EISSN : 24075310     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik manajemen
Arjuna Subject : -
Articles 115 Documents
CELEBRITY ENDORSER DAN EKUITAS MEREK: BAGAIMANA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN ISOTONIK? Hidayah, Lisa Iin; Marlena, Novi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 15, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Motivasi (October)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jmm.v15i2.1731

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keputusan pembelian minuman isotonik berdasarkan pengaruh dari celebrity endorser dan ekuitas merek. Produk minuman isotonik pada penelitian ini adalah Pocari Sweat. Subyek penelitian ini adalah seluruh anggota PB (Persatuan Bulutangkis) Suryanaga Surabaya yang berjumlah 109 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman isotonik, ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman isotonik dan cebrity endorser dan ekuitas merek seccara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman isotonik. Sehingga implikasi penelitian adalah untuk dapat mempertahankan posisi Pocari Sweat sebagai top brand dari minuman isotonik, dengan menjaga kualitas celebrity endorser yang digunakan.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KONSUMEN PADA RUMAH TYPE 66 DI KOTA PONTIANAK Sumiyati, Sumiyati; Yulian, Ryani
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 15, No 1 (2019): Jurnal Manajemen Motivasi (June)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jmm.v15i1.1489

Abstract

This study  aimed to determine the effect of product quality, price, location, product knowledge,  reference group, investment, and company image on consumer choice in type 66 houses in Pontianak City. The results showed that product quality, price, location, product knowledge, reference group, and investment have positive and significant effect on consumer choice, while corporate image has a positive and insignificant effect on consumer choice. Product quality is the most dominant variable affecting consumer choice in buying type 66 houses in Pontianak City.
Analisis Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak Terhadap Produk Tabungan Syariah Mandiri Pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Pontianak Yasmin, Devi; Muhajir, Khalid
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 10, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.874 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v10i2.13

Abstract

The purpose of this study was to determine the level of satisfaction of the students at the University of Muhammadiyah Pontianak Savings products Syariah Mandiri Bank Syariah Mandiri (BSM) Branch Pontianak. This study is a descriptive study, with the entire student population of the University of Muhammadiyah Pontianak ever open a savings account at Bank Syariah Mandiri Syariah Mandiri (BSM) Pontianak in 2013 was 2,225 people. Sampling using purposive sampling, which each faculty will be represented by 20 respondents, so the total respondents were 120 people. Data were collected through questionnaires and documents of the company. Research variable is the variable quality of service consisting of reliability (reliability), responsiveness (responsiveness), assurance (assurance), empathy (empathy), and tangibles (physical evidence / real). Analyzer used in this research is importance performance analysis using Cartesian diagram. The results of this study indicate level of the average consumer satisfaction obtained X = 4.73 and the average rate of interest is Y = 4.07 which means that the average level of customer satisfaction is above the level of importance so overall the respondents are satisfied with the quality of service services provided by the Bank Syariah Mandiri Branch Pontianak. While the overall attributes associated with the fifth dimension is defined satisfaction level is above derive maximum satisfaction level, which is satisfied, except for some attributes such as queuing system at Bank Syariah Mandiri regular and attributes There are a large parking area and regularly at Bank Syariah Mandiri.
PENGARUH PEMAHAMAN PRODUK (FAMLIARITY) PERBANKAN SYARIAH TERHADAP NASABAH MENABUNG DI iB HASANAH PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PONTIANAK Triana, Neni; Mahdi, Fadhil
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Oktober)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.654 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i2.765

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman produk Bank Syariah (familiarity) terhadap keputusan nasabah menabung di iB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan rumusan masalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausal sebagaimana yang dijelaskan oleh Sugiyono. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan karakteristik: responden di dominasi oleh perempuan sebesar 52 %, dan sebagian besar responden baru menjadi nasabah kurang dari 1 tahun (<1 tahun) sebanyak 53 %. Berdasarkan uji koefisien normalitas, uji validitas dan reliabilitas adalah masing-masing data terdistribusi dengan normal (0,717 > 0,05) dan seluruh item pernyataan kuesioner yang mewakili tiga variabel bebas: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3) dan satu variabel terikat keputusan nasabah menabung (Y) dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji determinasi (R2) menunjukkan bahwa terdapat fakotr lain sebesar 48,2 % diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung lebih besar daripada F tabel (31,995 > 2,699 ) berarti masing–masing variabel X (familiarity) secara simultan atau bersama–sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan variabel yang secara parsial paling dominan memengaruhi variabel Y adalah variabel X1 (objective knowledge).Kata Kunci: familiarity,objective knowledge,subjective knowledge,experience, keputusan menabung  ABSTRACTThe aim of this research is to investigate the effect of familiarity of sharia banking product on customers’ decision to deposit in IB Hasanah PT. Bank BNI Syariah Pontianak branch. Qualitative method and associative research are carried out on an-going basis with causal relationship as explained by Sugiyono. The respondents of the research consisted of 100 people characterized by the domination of women with 52%, and most of the respondents are categorized new customers less than a year (<1 year) of 53%. Based on normality coefficient test, validity and reliability test, the data are respectively distributed normal with (0,727 > 0,05), and the whole items of questionnaire which represent three independent variables: objective knowledge (X1), subjective knowledge (X2), dan experience (X3), and one dependent variable on customers’ decision to deposit (Y) are stated valid and reliable. The test result of determination (R2) showed that there are other factors out of the scope of this research. The F result test also discovered that F value of 48,2% is bigger than F table (31,995 > 2,6999) which means each X variable (familiarity) has a significant effect on Y variable simultaneously, while parsially dominant variable influences the Y variable which is X1 (objective knowledge) variable. Keywords: familiarity, objective knowledge, subjective knowledge, experience, decisons to deposi
Analisis Proses Keputusan Pembelian Online dan Implementasi Costumer Interface 7C Pada PT.Datacom Digital (Studi Kasus Pada www.datacomdigital.com tahun 2016 Supriadi, Fenni
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 3 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.494 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i3.463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses keputusan pembelian online dan implementasi customer interface 7C pada www.datacomdigital.com sebagai toko komputer online terlengkap di Pontianak.Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal dengan teknik convienience sampling. Objek penelitian adalah pengunjung datacom digital online di Pontianak. Pengumpulan Data Kuesioner diolah secara kuantitatif dan disajikan secara kualitatif  dengan jumlah 50 orang responden yang merupakan konsumen yang tergabung melalui akun facebook group facebook/fanspage datacomdigital.com. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi customer interface 7C pada www.datacomdigital.com adalah baik, dimana 6 (enam) dari 7 (tujuh) sub variabel berada pada kategori baik dan 1 (satu) sub variabel sangat baik dengan persentase 83%. Proses keputusan pembelian online juga berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 73%. Hal ini berarti, bahwa proses keputusan pembelian online pada www.datacomdigital.com di Pontianak sudah berjalan dengan baik. Kata kunci : Customer Interface, Pembelian Online, Data comdigital
Pengaruh Brand Image Rokok Dunhill Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Pontianak Suryadi, Edy; A, Halimah
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 11, No 2 (2015)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.39 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v11i2.67

Abstract

ssues raised in this study is about the effects of smoking Dunhill Brand Image Buying Decision Against In Pontianak. Forms of this study is deskriptif.Populasi in this study were all people who consume cigarettes Dunhill in Pontianak. The sample used in this study were 100 respondents by using a sampling technique in which the unknown population. Hasilregresi simple linear significant value of 0.197 is greater than 0.05 so it can be concluded that no significant regression coefficient and simple linear regression equation Y = 3.355 + 0,138X. The coefficient is positive that there is a positive influence between the brand image of Dunhill cigarettes with purchasing decisions in Pontianak. From the results of testing the feasibility of a model (Test F)  the result is a simple linear regression model can not be used to predict the purchasingdecisions in Pontianak influenced by brand image of Dunhill cigarettes, as evidenced by the calculated F value is greater than the significant level of confidence 0.05, then the model simple linear regression can not be used to predict pembelian.Sedangkan decision to test the correlation (r) has the effect of very low, with the correlation of 0.130 and for the test of determination (R2) has the effect of 17%. Purchase decisions in Pontianak influenced by brand image of Dunhill cigarettes, while the rest influenced by other variables.
Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Bingka Al-Fajar Di Kota Pontianak 01, Samsuddin; 01, Fathurrozi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 2 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.126 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i2.448

Abstract

 Permasalahan dalam penulisan ini adalah “Bagaimana pengaruh produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 100 orang  konsumen dari keseluruh pelanggan yang membeli kue Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak.Hasil uji validitas, baik variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan validitas. Karena pada uji validitas variabel X maupun variabel Y nilai korelasi antara semua item (pertanyaan) dengan skor totalnya (rxy) menunjukkan hasil yang lebih besar dari r tabel dengan tingkat signifikan 1%. Hasil uji reliabilitas, baik variabel produk, harga, promosi dan tempat sebagai variabel bebas maupun keputusan konsumen membeli Bingka Al-Fajar di Kota Pontianak sebagai variabel terikat menunjukkan bahwa daftar kuesioner yang disampaikan kepada responden telah memenuhi persyaratan reliabilitas. Karena memiliki koefisien cronbach’s alpha sama dengan 0,60 atau lebih. Hasil uji regresi linier berganda yang telah dilakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Persamaan atau estimasi regresi yang dapat dituliskan berdasarkan hasil pengolahan data dapat dituliskan: Ŷ = 0,324 + 0,155X1 + (0,044X2) + 0,492X3 + 0,340X4. Dari hasil analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan tempat) dengan keputusan konsumen. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,476. Uji hipotesis pengaruh simultan (uji F) menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen. Uji hipotesis pengaruh parsial (uji t) menunjukkan bahwa produk, promosi dan tempat secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan harga secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Tempat Dan Keputusan Konsumen.
Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Nusa Kabupaten Natuna A, Samsudin; Andira, Ayu
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 11, No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.983 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v11i1.57

Abstract

This study analyzes customer satisfaction provided by PDAM Tirta Nusa Natuna. The customer satisfaction survey was conducted to determine customer satisfaction is of the data obtained through interviews, observation, and questionnaire. Data were analyzed using Cartesian diagram. The sample of 100 clients drawn from a population of 3,161 customers in 2013. The results showed that the respondents were dissatisfied with the services provided by PDAM.This can be seen in a comparison of the satisfaction and expectations of respondents. The average score of satisfaction was 3.17 and the average score of importance was 4.39.
Analisis Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Dan Perceived Enjoyment Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna M-Business S, Sugianto; S, Vivi
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 10, No 1 (2014)
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.39 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v10i1.2

Abstract

The use of Internet technology as a medium for marketing purpose in order to obtain correspondence between marketers and consumers so that consumers can feel the perceived usefulness, perceived ease of use and perceived enjoyment in shopping satisfaction and marketers get the implication that repeat purchases by consumers. This research is explanatory research using sampling techniques that accidental sampling method combined with snowball sampling method. The data was collected through questionnaires and interviews. This study used a multiple regression analysis. The conclusion that can be derived from the results of the analysis are from three independent variables studied, only two (2) independent variables that significantly affect the variable satisfaction (satisfaction) consumer m-business users in the city of Pontianak is the variable perceived ease of use, and perceived enjoyment, while the variable perceived usefulness does not significantly affect the variable satisfaction (satisfaction) m-business consumer users in the city of Pontianak.
MANAJEMEN KINERJA, KEADILAN DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUNPRIMA NUSANTARA PEMBIAYAAN (COLUMBIA FINANCE) PONTIANAK Rinaldi, Udin; Diana, Tri; Dewi, Andini Triana
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Manajemen Motivasi (Juni)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (773.594 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v13i1.542

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menginvestigasi manajemen kinerja, keadilan dan kinerja karyawan pada PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (Coumbia Finance) Pontianak. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan bentuk Explanatory Research. Populasi sebanyak 82 orang (penelitian sensus) yang datanya dikumpulkan melalui kuisioner dan dianalisis menggunakan model penyelesaian analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menjawab hipotesis bahwa terdapat pengaruh signifikan antara manajemen kinerja terhadap keadilan, adanya pengaruh signifikan antara manajemen kinerja terhadap kinerja karyawan, adanya pengaruh signifikan antara keadilan terhadap kinerja karyawan. Keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model analisis jalur adalah sebesar 96,4% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model dan error.Kata kunci : manajemen kinerja, keadilan, kinerja karyawan

Page 1 of 12 | Total Record : 115