cover
Contact Name
Muiszudin
Contact Email
muiszudin2004@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
iszoe_khat@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
ISSN : 20851596     EISSN : 24075310     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, pemikiran, profesi dan praktik manajemen
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI" : 9 Documents clear
Analisis Kualitas Pelayanan Taksi CV. Dhafin Transport Jurusan Pontianak-Pemangkat yasmin, devi; Arni, Sartika
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.87 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.437

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan CV. Dhafin Transport Jurusan Pontianak-Pemangkat. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen CV. Dhafin Transport. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang  menjadi pelanggan tetap pada CV. Dhafin Transport. Hasil penelitian dari kualitas pelayanan pada CV. Dhafin Transport jurusan Pontianak-Pemangkat dapat dilihat bahwa responden merasa puas, dengan nilai harapan sebesar Y= 4,32 dan nilai kepuasan lebih tinggi yaitu sebesar X= 4,51.Berdasarkan hasil analisis menggunakan diagram kartesius  bahwa variabel Assurance dan Tangible berada pada kuadran A menunjukkan faktor atau atribut yang dianggap, mempengaruhi kepuasan pelanggan, termasuk unsur-unsur jasa yang dianggap sangat penting, namun manajemen belum melaksanakannya sesuai keinginan responden sehingga mengecewakan/tidak puas. Variabel Emphaty berada pada kuadran B menunjukkan unsur jasa pokok yeng telah berhasil dilaksanakan perusahaan, untuk itu wajib dipertahankan. Unsur ini dianggap sangat penting dan sangat memuaskan. Variabel Reliability dan Responsiveness berada pada kuadran C menunjukkan beberapa faktor yang kurang penting pengaruhnya bagi pelanggan. Pelaksanaannya oleh perusahaan biasa-biasa saja tapi dianggap kurang memuaskan. Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen
Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Di PT.Arwana Internusa Tour Pontianak 01, Muiszudin; Sista, Ori
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186.654 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.432

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada PT.Arwana Internusa Tour Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu konsumen yang membeli tiket pesawat minimal 2 kali dengan memesan tiket via telepon dan datang langsung ke kantor perusahaan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode statistik terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi (r), analisis koefisien determinasi, dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linier sederhana: Ŷ = 0,469 + 0,885X + e. Persamaan ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada PT.Arwana Internusa Tour Pontianak. Kepuasan konsumen memiliki korelasi yang kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,637, dan berkontribusi cukup besar terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada PT.Arwana Internusa Tour Pontianak sebesar 40,00%, dan sisanya sebesar 60,00% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model.Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Tiket Pesawat
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Jasa King Laundry Pontianak Khadijah, Siti
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1779.685 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.438

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pelanggan menggunakan jasa King Laundry Pontianak.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang menggunakan jasa King Laundry Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan sebagai berikut: pernah menggunakan jasa King Laundry Pontianak minimal 2 kali, dan konsumen melakukan pembayaran atas nama sendiri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif regresi linear berganda. Analisis regresi linier berganda dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) terhadap keputusan pelanggan  menggunakan jasa King Laundry Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang menggunakan jasa King Laundry Pontianak sebagian besar berjenis kelamin laki-laki, berumur 20-29 tahun, tingkat pendidikan SMA, bekerja sebagai swasta, dan memiliki penghasilan Rp. 1.500.000 – Rp. 2.499.000. Determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,504. Koefisien korelasi (R) menunjukkan nilai sebesar 0,710. Uji analis F secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. F tabel yang diperoleh adalah sebesar 2.10. Hal ini menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (13,346 > 2,10) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Uji t secara parsial terhadap 7 variabel independent yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Hasilnya ada di antara berpengaruh kuat terhadap keputusan pembelian ada juga yang tidak yaitu: produk (5,035 > 1,980) berpengaruh secara parsial, harga (1,314 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, tempat (3,709 > 1,980) berpengaruh secara parsial, promosi (0,345 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, orang (-0,136 < 1,980) tidak berpengaruh secara parsial, proses (-2,077 > 1,980) berpengaruh secara parsial, dan bukti fisik (0,354 < 1,980) tidak berpengruh secara parsial Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan King Laundry
Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan PT. Matahari Department Store Tbk, Mega Mall Pontianak 01, Sinhan; Citany, Paduka
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.156 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.433

Abstract

Penelitian ini untuk mengalisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan PT. Matahari Department Store Tbk Mega Mall Pontianak.Penelitian ini menggunakan metode survey, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pelanggan yang pernah membeli atau berbelanja di Matahri Department Store dan dipilih sebanyak 100 orang sebagai sampel dengan teknik accindental sampling.Variabel penelitian menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), empati (Emphaty) dan bukti fisik (Tangible) yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Pernyataan dalam skala Likert tersebut berhubungan dengan tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen. Teknik analisis data menggunakan diagram kartesius. Hasil analisis tingkat kepentingan dan kualitas pelayanan meperlihatkan bahwa konsumen tidak puas dengan kinerja pelayanan yang diberikan  PT. Matahari Department Store Tbk Mega Mall Pontianak. Ketidakpuasan ini tercermin dari nilai peringkat kepentingan ( ) rata-rata sebesar 4,52% dan peringkat kepuasan ( ) rata-rata sebesar 4,39%. Artinya, bahwa kinerja pelayanan yang diberikan lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kepentingan (harapan) responden, sehingga konsumen tidak puas dengan pelayanan PT. Matahari Department Store Tbk Mega Mall  Pontianak. Kata kunci :bukti fisik, keandalan, daya tanggap,jaminan, dan empati
Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Rafi Kemajaya Abadi Irawan, Candra
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.269 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.439

Abstract

Sumber daya manusia atau mandor memberikan peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Hal ini menuntut perusahaan atau organisasi selalu berusaha menemukan cara dan kebijakan yang efektif untuk meningkatkan kinerja mandor. Penilaian tentang kinerja individu mandor semakin penting ketika perusahaan akan melakukan reposisi mandor. Artinya bagaimana perusahaan harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; mengetahui apakah ada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja mandor pada PT.Rafi Kemajaya Abadi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 73 orang mandor dengan jabatan Mandor 1 dan Mandor Lapangan di lingkungan PT.Rafi Kemajaya Abadi. Dengan alat analisis data Persamaan regresi linier sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen (X) atau kepuasan kerja mandor terhadap variabel dependen (Y) atau kinerja mandor. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; (Y) = -2,122 + 1,287 (X). artinya jika unsur-unsur kepuasan kerja mandor (X) bernilai 0 (nol) maka kinerja mandor PT. Rafi Kemajaya Abadi  akan bernilai – 2,122. Nilai koefisien regresi sederhana variabel kepuasan kerja mandor (X) yang diperoleh regresi sebesar 1,287 artinya jika nilai kepuasan kerja mandor (X) meningkat sebesar satu satuan, maka kinerja mandor PT. Rafi Kemajaya Abadi akan naik sebesar 1,287 satuan. Nilai koefisien determinansi (R2) yang diperoleh dari pengolahan data adalah sebesar 0,500 yang artinya konstribusi atau sumbangan pengaruh kepuasan kerja mandor (X) terhadap variasi naik turunnya kinerja mandor PT.Rafi Kemajaya Abadi adalah sebesar 50,0% (0,500 x 100%), sedangkan sisanya yang sebesar 50,0% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari penelitian ini. Nilai F hitung dan F tabel tersebut, maka dapat diketahui bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (70,980 > 3,98) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja mandor berpengaruh signifikansi terhadap kinerja mandor di PT.Rafi Kemajaya Abadi. Kata Kunci: Kepuasan Kerja Mandor, Kinerja, PT.Rafi Kemajaya Abadi
Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Unit Pemeliharaan JalanDan Jembatan Pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat Hariyanto, Dedi; Kesumawati, Rita
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.434 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.435

Abstract

Kemajuan suatu Daerah dapat dilihat dan diukur dari ketersedian dan kemajuan infrastrukturnya seperti Prasarana Jalan, Jembatan, Gedung dan Perumahan, Pelabuhan Laut, Bandar Udara, Pasar sebagai Pusat Ekonomi, Prasarana Kesehatan, Irigasi dan Air Bersih, Prasarana Kesehatan dan Prasarana Dasar lainnya. Ketersediaan dan Penggunaan Infrastruktur tersebut diatas sangat erat kaitannya dengan Sumber Daya Manusia (SDM) baik sebagai Pembuat maupun sebagai Penggunanya. Di Indonesia, salah satu Kementrian yang bertanggung jawab terhadap Pembangunan dan Ketersedian salah satu Prasarana diatas khususnya dibidang Jalan, Jembatan, Gedung dan Perumahan serta Irigasi dan Air Bersih adalah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dan khusus untuk Daerah Provinsi Kalimantan Barat kewenangannya ada di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh pegawai Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat yang berjumlah 68 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana. Berdasarkan Analisis Regresi Linear Sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ78,693 + 0,053X yang artinya jika tidak ada peningkatan nilai motivasi kerja, maka nilai kinerja pegawai adalah 78,693. Nilai koefisien regresi sebesar 0,053 menyatakan bahwa jika nilai motivasi kerja di tingkat 1 satuan, maka nilai kinerja pegawai sebesar 0,053. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan Uji-F diperoleh nilai Fhitung sebesar 0,205. sedangkan Ftabel diperoleh nilai sebesar  3,99. Jadi diperoleh hasil bahwa Fhitung<Ftabel atau 0,205<3,99), maka  H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi tidak ada pengaruh yang signifikan antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat. Berdasarkan hasil Uji Koefisien Diterminasidiperoleh  nilai R = 0, 056 dan nilai (Rsquare) sebesar 0,003. Hal ini menunjukkan pengertian bahwa Kinerja Pegawai (Y) dipengaruhi sebesar 0,3% (0,003 x 100%) oleh Motivasi Pegawai (X), sedangkan sisanya sebesar 99,7% (100% - 0,3%) dipengaruhi oleh faktor lain dan  karena kecilnya angka tersebut berarti mempunyai hubungan lemah antara kedua variabel.Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai korelasi sebesar 0,056 artinya terdapat hubungan antara motivasi kerja terhadap kinerja pegawai sebesar 0,056 dengan kekuatan hubungannya lemah. Kata kunci : Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai, Analisis Regresi Sederhana.
Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Tempat, Proses, Orang dan Bukti Fisik Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Simpedes Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Sintang Anabas, Safitri
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.653 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh bauran pemasaran jasa yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik terhadap loyalitas nasabah oleh nasabah yang menggunakan Tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Sintang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 100 sampel. Teknik pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear berganda).Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk(X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif. Dimana persamaan regresiỲ= 0,240+0,155X1-0,026X2+0,024X3+0,120X4+0,493X5+0,094X6+0,082X7. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa sebanyak 96,80% loyalitas nasabah tabungan Simpedes dipengaruhi oleh bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik dan sisanya sebanyak 3,20% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa produk, harga, promosi, tempat,orang, proses dan bukti fisik secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan Simpedes.  Pada uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel produk sebesar 2,064, variabel tempat sebesar 2,109, variabel proses sebesar 7,966, variabel orang sebesar 2,546 variabel bukti fisik sebesar 3,644 secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan Simpedes. Sedangkan harga dan promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan Simpedes. Kata kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik dan Loyalitas
Tingkat Kepuasan Anggota Simpanan Syariah Terhadap Pelayanan Koperasi Simpan Pinjam BaitulMaal Wattamwil (KSP BMT) Barokah Abdussalam Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya 01, Samsuddin; 01, Salman
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.58 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.436

Abstract

Kepuasan anggota merupakan aspek yang sangat penting dalam bisnis jasa dalam memuaskan pelanggan dan bertahan dalam persaingan adalah memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas. Oleh karena itu, pertumbuhan waktu ke waktu perlu selalu ditingkatkan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan terhadap anggota simpanan syariah pada KSP BMT Barokah Abdussalam Sungai Ambawang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif – kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok, data yang di kumpulkan di sebarkan kepada 85 simpanan  syariah pada KSP BMT Barokah Abdussalam Sungai Ambawang sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik random sampling yang terdiri dari Probability Sampling. Penelitian ini menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan sebagai variabel, yaitu keandalan (Reability), daya tanggap (Resvonsiveness), kepastian (Assurance), Empaty (Empathy), Berwujud (Tangible). Yang di dalamnya memuat sebanyak 21 atribut pelayanan dan diukur menggunakan uji kartesius. Kelima dimensi ini digunakan untuk mengukur kepuasan anggota simpanan syariah pada KSP BMT Barokah Abdussalam Sungai Ambawang. Hasil dari kuesioner kemudian di tabulasi dan di analisis menggunakan analisis uji kartesius untuk mengukur kepentingan dan kepuasan anggota simpanan syariah pada KSP BMT Barokah Abdussalam Sungai Ambawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggota simpanan syariah tidak puas dengan pelayanan jasa yang diberikan oleh karyawan KSP BMT Barokah Abdussalam karena dari hasil rekapitulasi data  nilai kepuasan lebih rendah yaitu : 4,29, sedangkan nilai kepentingan kepentingan yaitu : 4, 41. Hal ini berarti harapan anggota simpanan syariah terhadap kinerja pelayanan jasa tidak tercapai, sehingga anggota simpanan syariah tidak puas dengan pelayanan koperasi yang ada. Kata Kunci: Kepuasan, dimensi kualitas jasa
Analisis Manajemen Modal Kerja Pada Koperasi Pegawai Bhinneka Karya Bank Kalbar Pontianak Suryadi, Edy; Larasati, Muthia
JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI Vol 12, No 1 (2016): MOTIVASI
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.279 KB) | DOI: 10.29406/jmm.v12i1.431

Abstract

Penelitian ini menyajikan uraian tentang manajemen modal kerja yaitu tentang pengukuran dan penilaian tingkat efisiensi penggunaan modal kerja berdasarkan konsep kuantitatif dan kualitatif serta proyeksi kebutuhan modal kerja. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus dengan objek penelitian pada Koperasi Pegawai Bhinneka Karya Bank Kalbar Pontianak dengan analisis menggunakan rumus Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, Working Capital Turnover dan Return On Working Capital sebagai ukuran modal kerja. Sedangkan untuk kebutuhan modal kerja menggunakan Least Square Method, Metode Perputaran Modal Kerja dan Pendekatan Keterikatan Dana. Untuk teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.    Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan modal kerja Koperasi Pegawai Bhinneka Karya Bank Kalbar Pontianak masih kurang efisien. Perputaran modal kerja sangat rendah sehingga menyebabkan lamanya waktu keterikatan modal kerja tersebut. Katakunci: Modal Kerja, Koperasi Pegawai Binneka Karya, Bank Kalbar

Page 1 of 1 | Total Record : 9