cover
Contact Name
Hamdan Sugilar
Contact Email
Hamdan Sugilar
Phone
-
Journal Mail Official
pmtk@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Analisa
ISSN : 25495135     EISSN : 25495143     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, Psychology of Mathematics Learning, Didactical Mathematics , Thinking Process and Development of Mathematics, History / Philosophy of Mathematics and Other Mathematics Education. Journal Analysa is published twice a year in June and December with 5 articles per number or 10 articles per year. Copyright Department of Mathematics Education UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Arjuna Subject : -
Articles 69 Documents
PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERNUANSA ISLAMI Sobarningsih, Nunung; Juariah, Juariah; Nurdiansyah, Rikrik; Purwanti, Ayu Retno; Kariadinata, Rahayu
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.5895

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal matematika bernuansa Islami atau soal terintegrasi. Maksud terintegrasi disini merupakan keterhubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari berlandaskan nilai-nilai Islami. Jenis penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D)  dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kota Bandung dan Kabupaten Sukabumi. Instrumen penelitian terdiri dari seperangkat soal bernuansa Islami dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa soal matematika bernuansa Islami telah memiliki kriteria soal yang baik melalui tahapan (R&D) sehingga layak untuk digunakan. Peserta didik merespon baik terhadap soal bernuansa Islami. Bagi peserta didik dan guru meskipun hal baru namun soal tersebut memberikan manfaat yang lebih bermakna akan adanya soal terintegrasi yang diharapkan tertanam nilai-nilai karakter yang baik.
PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE Fisher, Dahlia; Yaniawati, R. Poppy; Supianti, In in; Mariani, Mira
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.6234

Abstract

Pendekatan Saintifik berbasis e-learning dapat eningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-confidence Siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence merupakan aspek penting yang perlu dikuasai siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning adalah sebuah metode pembelajaran inovatif yang memungkinkan siswa untuk dapat melaksanakan pembelajaran berbasis aneka sumber melalui kerangka ilmiah yang didukung dengan media interaktif berbasis teknologi informasi. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh metode Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning terhadap peningkatan Kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 2 dari 3 kelas yang sudah terbentuk.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket yang dianalisis dengan statistik anova satu jalur. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang pembelajarannya melalui Resources-Based Learning dengan pendekatan Scientific menggunakan media e-learning lebih baik dibandingkan melalui Resources-Based Learning tanpa menggunakan media e-learning dan pembelajaran konvensional, dimana terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan self-confidence.
HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS XII PADA PELAJARAN MATEMATIKA Julaecha, Siti; Baist, Abdul
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.4752

Abstract

Kemandirian belajar siswa merupakan peran serta aktif dari siswa secara metakognitif dalam proses pembelajaran yang mereka alami untuk mencapai suatu kompetensi. Kemandirian belajar perlu dimiliki oleh siswa dalam rangka mencapai keberhasilan di sekolah. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti, kemandirian belajar siswa kelas XII salah satu SMK di Kota Tangerang sebagian besar masih rendah. Sementara itu hasil belajar siswa pada pelajaran matematika sebagian besar mendapatkan hasil yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dalam bentuk korelasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif secara signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 0,400.
PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF CONCEPT MATEMATIK SISWA SMP Sugandi, Asep Ikin
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.6350

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan Reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Cimahi, sedangkan sampel dipilih kelas VII dari salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Cimahi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbetuk soal uraian yang terdiri dari 5 pertanyaan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan non tes dalam bentuk skala Likert untuk mengukur self concept. Berdasarkan pengolahan data, didapat kesimpulan bahwa pendekatan reciprocal teaching  lebih efektif daripada pendekatan  biasa ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif dan self concept siswa.The purpose of this study was to examine the effectiveness of using Reciprocal teaching in improving students' mathematical creative thinking abilities. The method in this study is a quasi-experimental method. The population in this study were all State Junior High School students in the city of Cimahi, while the sample was selected grade VII from one of the Public Middle Schools in the city of Cimahi. The instrument in this study was a test in the form of a question description consisting of 5 questions to measure the ability to think creatively and non-test in the form of a Likert scale to measure self concept. Based on data processing, it was concluded that the reciprocal teaching approach is more effective than the usual approach in terms of students' creative thinking abilities and self concept.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DI SMP Jihad, Asep; Lasmanah, Aan
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.6884

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut peningkatan kompetensi guru matematika dengan mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi satunya membuat media pembelajaran matematika berbasis android. Penelitian eksperimen, bertujuan menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematik  siswa melaluim pembelajaran berbasis androrid, hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis android dapat meningkatkan kemampuan kounikasis matematika siswa SMP
PENGARUH METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP KREATIFITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA Hapsan, Amran; Kristiawati, Kristiawati
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.6359

Abstract

Berpikir merupakan proses kognitif untuk memperoleh pengetahuan. Kemampuan berpikir manusia berdasarkan prosesnya dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu kemampuan berpikir dasar dan kemampuan berpikir kompleks atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. Proses kemampuan berpikir tingkat tinggi, diantaranya meliputi kemampuan berpikir kritis (tajam dalam menganalisis dan kreatif dan bersifat daya cipta). Kemampuan berpikir baik kemampuan berpikir kritis maupun berpikir kreatif merupakan hal penting dan sangat diperlukan peserta didik untuk menghadapi persoalan hidup di masa yang akan datang. Akan tetapi, kemampuan berpikir dan kreatifitas ini sering terabaikan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan kreatifitas siswa adalah metode Lightening The Learning Climate. Dalam model pembelajaran ini siswa kebebasan untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode design research. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIC MTsN 2 Sidenreng Rappang Tahun Ajaran 2018/2019. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah observasi untuk penentuan kelas yang dijadikan subyek penelitian, hasil uji kreatifitas dan kemampuan berpikir siswa serta penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran melalui penerapan metode Lightening the Learning Climate dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dari 11,76% menjadi 47,06% untuk kategori tinggi; (2) Terjadi juga peningkatan untuk kemampuan kreatifitas siswa dari 23,53% menjadi 26,47%. Dari penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir dan kreatifitas siswa kelas VIIIC MTsN 2 Sidenreng Rappang melalui penerapan metode Lightening the Learning Climate.
INTEGRASI INTERKONEKSI MATEMATIKA AGAMA DAN BUDAYA Sugilar, Hamdan; Rachmawati, Tika Karlina; Nuraida, Ida
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.6717

Abstract

Integrasi dan interkoneksi merupakan dua kata yang saling berkaitan integrasi berkaitan dengan memadukan atau menyatukan sedangkan interkoneksi berkaitan dengan keterhubungan. Sebuah ilmu akan lengkap manakala ada interkoneksi atau integrasi satu dengan lainnya dan terkadang ilmu itu berkembang melalui kedua hal tersebut, misalnya matematika yang terintegrasi akan lebih kontekstual apabila diintegrasikan atau diinterkoneksikan dengan bidang lain seperti masalah matematika yang konteksnya fisika, biologi, sosial humaniora, agama dan budaya. Jika dapat mengintegrasikan Islam dari setiap konsep matematika tentunya akan lebih mudah mengembangkannya dalam setiap proses pembelajaran
REASONING ABILITY THROUGH CHALLENGE BASED LEARNING KAHOOT Susilawati, Wati; Dewi, Kartika
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.6666

Abstract

The main objective is to analyze the improvement of mathematical reasoning ability through the challenge based learning with kahoot application. An experimental study, pre-test and post-test control group design. The population subjects were all students of class XI of the SMAN 26 Bandung, by involving a sample of three classes through random sampling techniques from five parallel classes available. Instrument for mathematical reasoning tests. Findings: There was improvement in mathematical reasoning abilities of students who obtained a challenge based learning assisted by the kahoot application, challenge based learning without a kahoot, and conventional learning. Improvement of mathematical reasoning abilities of students who obtained a challenge based learning with kahoot application is better than challenge based learning without the kahoot, and expository learning. Challenge based learning kahoot applications can facilitate conflict processes, discovery, social interaction, and reflective to improve students?s mathematical reasoning abilities.
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HABIT OF MIND MATEMATIS MAHASISWA MELALUI TEKNIK SELF-EXPLANATION Maryono, Iyon; Saputri, Rosi Oktaviani
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.6258

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari pembelajaran dengan teknik self-explanation pada mahasiswa yang mengikuti kuliah geometri analitik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan habit of mind matematis.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu desain Nonequivalent Control Grup Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas dengan teknik self-explanation (30 orang) dan kelas dengan model pembelajaran langsung (33 orang). Data yang diperoleh berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala habits of mind matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh teknik self-explanation lebih baik dibandingkan dengan yeng memperoleh pembelajaran langsung; (b) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang memperoleh strategi self-explanation lebih baik dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran langsung berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematis (PAM). (c) Mathematical Habit of Mind untuk dimensi: komitmen, kapabilitas dan kebijakan semuanya terkategori positif setelah memperoleh strategi self-explanation.
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH GADANG MINANGKABAU SUMATERA BARAT Z, Yulia Rahmawati; Muchlian, Melvi
Jurnal Analisa Vol 5, No 2 (2019): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ja.v5i2.5942

Abstract

Pendidikan dan budaya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Etnomatematika hadir untuk menjembatani antara budaya dan pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Tanpa disadari masyarakat telah melakukan berbagai aktivitas dengan meggunakan konsep dasar matematika dan ide-ide matematis. Misalnya, aktivitas berhitung dengan menyebutkan suatu bilangan, aktivitas mengukur (panjang, luas, volume, dan berat), kesenian, permainan, aktivitas jual beli (menghitung uang kembalian, laba atau rugi, dan sebagainya), dan arsitektur bangunan (Rumah Adat). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis eksplorasi etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat agar diperoleh informasi dasar dalam pengembangan ilmu etnomatematika terhadap pembelajaran matematika bidang geometri khusus pada bentuk dan ukiran rumah gadang minangkabau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan etnografi dengan analisis taksonomi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat unsur dan konsep matematika yang digunakan dalam melakukan aktivitas pembuatan rumah gadang minangkabau. Tanpa mempelajari teori tentang konsep-konsep matematika tersebut, masyarakat Minangkabau telah menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Terbukti adanya bentuk etnomatematika masyarakat minangkabau yang tercermin melalui berbagai hasil aktivitas matematika yang dimiliki dan berkembang di masyarakat minangkabau, meliputi: 1) aktivitas membuat rancangan pembangunan rumah gadang; dan 2) aktivitas membuat pola ukiran pada motif ukiran dinding rumah gadang.