cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar
ISSN : 25490117     EISSN : 25490125     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, ISSN 2549-0125 (online), ISSN 2549-0117 (cetak). Jurnal ini menerbitkan strategi pembelajaran, manajemen sekolah dan kelas, evaluasi pendidikan, kurikulum, pengembangan media dan bahan ajar. Setiap naskah yang dikirimkan akan ditinjau oleh setidaknya dua peninjau sejawat menggunakan metode peninjauan ganda. Jurnal ini diterbitkan setiap Januari & Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 94 Documents
EDUCATION PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITAR PADA KELAS 2 SEKOLAH DASAR Arina Restian, Arina Restian
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.764 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3412

Abstract

Bahwa dikatakan siswa lebih fokus dalam pembelajaran dengan menggunakan media bergambar, maka diperlukan sebuah media gambar yang menarik dengan tujuan membuat siswa lebih fokus. Kondisi yang abstrak dalam pembelajaran membuat siswa sulit memahami materi hewan di sekitar dalam pembelajaran.  Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan, media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa memerlukan suatu tindakan yang sitematis. Tindakan tersebut berupa pemanfaatan media pembelajaran Scrapbook.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan media Scrapbookpada tema 6 subtema 1 pembelajaran tematik kelas 2 sekolah dasar. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadapmedia Scrapbookpada tema 6 subtema 1 pembelajaran kelas 2 sekolahdasar.Perolehan hasil uji validasi pertama dari ahli media yaitu dengan perolehan hasil validasi 92% dengan keterangan sangat valid tidak perlu revisi. Hasil analisis kedua dari ahli materi yaitu dengan perolehan hasil validasi 95% dengan keterangan sangat efektif dan tidak perlu revisi. Hasil analisis data ketiga dari angket ahli pembelajaran dengan perolehan hasil 92% dengan keterangan sangat efektif dan tidak perlu revisi. Dan hasil analisis terakhir dari angket respon siswa memperoleh hasil 95% dengan keterangan validdan tidak perlu revisi. Dapat disimpulkan bahwa media scrapbook menarik dan validdigunakan dalam pembelajaran tematik.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FIKSI MEMBACA INTENSIF CERITA PETUALANGAN BERBASIS EKOLOGI SISWA SEKOLAH DASAR novitasari, noer intan
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.776 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3672

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca intensif cerita petualangan berbasis ekologi bagi siswa kelas 5 sekolah dasar. Adapun tujuan khusus dalam penelitian ini, yakni (1) menghasilkan produk bahan ajar berbasis ekologi yang dapat mengembangkan kemampuan membaca intensif siswa dan (2) mendeskripsikan kevalidan bahan ajar membaca intensif cerita petualangan berbasis ekologi. Jenis penelitian pengembangan ini mengadopsi model ADDIE. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data hasil angket dalam bentuk analisis skor menggunakan rating scale, sedangkan hasil penilaian bahan ajar dari validator menggunakan persentase (%). Subjek penelitian ini dipilih dari siswa kelas V SD se-Gugus Diponegoro Kecamatan Majenang tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 102 siswa. Sampel penelitian 15 siswa dari tiga sekolah yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar membaca intensif materi cerita petualangan berbasis ekologi efektif dan valid digunakan pada pembelajaran membaca intensif di kelas V SDN se Gugus Diponegoro Kecamatan Majenang.   Kata Kunci: bahan ajar, membaca intensif, cerita petualangan, ekologi
PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI MINAT BACA Widodo, Arif; Husniati, Husniati; Indraswati, Dyah; Rahmatih, Aisa Nikmah; Novitasari, Setiani
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.272 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar pendidikan tahun akademik 2019-2020. Populasi dalam  penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Universitas Mataram semester 1 dengan jumlah 342 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan uji korelasi. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa minat baca mahasiswa PGSD yang masuk dalam kategori sangat tinggi 0.97%, tinggi 26.21, sedang 46.60%, rendah 25.24% dan sangat rendah 0.97%. Prestasi belajar mahasiswa yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 0.97%, tinggi 10.68%, sedang 41.75%, rendah 37.86% dan sangat rendah sebesar 8.74%.  41.75%. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan nilai R hitung > dari R tabel ; sig < ? (0.932 > 0.195 ; 0.000 < 0.05) yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara minat baca dengan prestasi belajar mahasiswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KERTOSARI I MADIUN Kusumawati, Naniek
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.868 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3821

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kertosari I Madiun. Hasil penelitian pada siklus I  menunjukkan  rata-rata  hasil  observasi  aktivitas siswa diperoleh  persentase  56.25%  dengan  kategori  cukup,  persentase  aktivitas  guru 84.37% kategori baik.  Pada  siklus  II  diperoleh  rata-rata  persentase  aktivitas  guru sebesar  100 %  dengan  kategori  sangat baik,  persentase  aktivitas  siswa 93,75 %  kategori sangat baik. Dari ketuntasan hasil belajar dapat dibandingkan peningkatannya yaitu dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II adalah sebesar 9.5%, 67.8% dan 84.04%.Hal  ini  telah  memenuhi  indikator  keberhasilan  yang  telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil belajar minimal 70 dan ketuntasan klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal ? 75 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka bisa disimpulkan bahwa Model Pembelajaran OEL dapat meningkatkan keterampilan proses sains materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN Kertosari I Madiun.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR Muhammad, Azamul Fadhly Noor; Novitasari, Noer Intan
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.59 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3877

Abstract

Abstract This research aims to develop ethnomatematics-based mathematics teaching materials that will be used in the learning process. This is intended to form patterns of understanding of the material and the concept of a flat shape in class III through objects or historic sites. Learning material is made based on literacy that is easily understood by students based on mathematical material and / or the application of mathematics that has entrenched the community environment. The subjects in this study were students of SDN Jenang 05 and SDN Mulyadadi 02 Class III Kec. Majenang Kab. Cilacap Jawa Tengah Academic Year 2018/2019. The use of mathematics teaching materials, teaching devices, and analysis of the lack of teaching materials used will become study material in development research that will produce a product that is mathematics teaching material based on ethnomatatics. The results of the research on ethnomatematics-based teaching material development can be seen from the pre-test assessment, more than 50% of students get a very low learning understanding category and below the specified KKM, which is 75 and post-test assessment results, 4 students with very high grades, 5 students with high grades, 10 students with medium grades, and 40 students with low grades but exceeding the KKM set. This means that students who are above the specified KKM, and Ethnomatic Mathematics-Based Teaching Materials that are developed effectively to improve student understanding of learning.   Keywords: Teaching Materials, Ethnomatematics, Learning Comprehension   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk pola pemahaman pada materi dan konsep bangun datar di kelas III melalui objek atau situs bersejarah. Materi pembelajaran dibuat berdasarkan literasi yang mudah dipahami siswa sesuai materi matematika atau penerapan matematika yang telah membudaya dilingkungan masyarakat. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SDN Jenang 05 dan SDN Mulyadadi 02 Kelas III Kec. Majenang Kab. Cilacap Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penggunaan bahan ajar matematika, perangkat pengajaran, dan analisis kekurangan bahan ajar yang digunakan nantinya menjadi bahan kajian dalam penelitian pengembangan yang akan menghasilkan sebuah produk yaitu bahan ajar matematika berbasis etnomatematika. Hasil dari penelitan pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika ini dilihat dari penilaian pre-test, lebih dari 50% siswa mendapatkan katagori pemahaman belajar sangat rendah dan dibawah KKM yang ditetapkan, yaitu 75 dan hasil penilaian post-test, 4 siswa dengan nilai sangat tinggi, 5 siswa dengan nilai Tinggi, 10 siswa dengan nilai sedang, dan 40 siswa dengan nilai rendah tetapi melebihi KKM yang ditetapkan. Artinya siswa yang berada diatas KKM yang ditetapkan, dan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa.   Kata kunci : Bahan Ajar, Etnomatematika, Pemahaman Belajar
RELEVANSI BUKU CERITA ANAK “NOME” KARYA NURHAIDA DENGAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR Nurfalah, Wawang; Syaripudin, Tatang; Riyadi, Arie Rakhmat
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.753 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.3949

Abstract

In general, this study aims to describe the relevance of children's storybooks to the Character Education program in Elementary Schools, including their relevance to Elementary School levels and levels, relevance to the component contents of character education program content, and relevance to Indonesian Language Basic Competencies in Elementary Schools. This study uses a non-interactive qualitative approach with descriptive methods in the form of literature studies. The data source is the children's storybook "Nome" published by the Indonesian Ministry of Education and Culture. The results showed four sub-stories relevant to the high-grade elementary school level. Relevant to the component content of the character education program because it contains five central character values. Relevant to the curriculum structure of the character education program because it can be integrated into Indonesian Elementary School learning.
IMPLEMENTASI MODEL ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS II TEMA PAHLAWANKU MI MUTIARA IMAN KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG OKTAVIARINI, NOURMA -
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.437 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.4052

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model Role Playing berbantu media boneka tangan dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita dengan mengimplementasikan model Role Playing berbantu boneka tangan pada siswa kelas II SDN Talun 05. Metode yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri empat tahapan diantaranya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil Penelitian pada pra kegiatan hasil kemampuan bercerita siswa dengan jumlah 356 rata-rata 44,5% dengan kriteria Perlu Bimbingan (PB). Pada siklus I pertemuan I hasil pengamatan implementasi model Role Playing berbantu media boneka tangan memperoleh jumlah skor akhir 49 prosentasi nilai rata-rata 71,5% kriteria Baik sedangkan pada sikulus I pertemuan II memperoleh skor 52 kemampuan bercerita siswa dengan jumlah 547 rata-rata 68,3% dengan kriteria cukup , sedangkan hasil kemampuan bercerita siswa dengan jumlah 423 rata-rata 52,8% Kriteria Perlu Bimbingan (PB) untuk siklus I pertemuan II memperoleh jumlah 547 rata-rata 68,3% dengan kriteria cukup. Implementasi penerapan model Role Playing berbantu media boneka tangan pada Siklus II pertemuan I memperoleh skor 56 prosentase nilai 84% kriteria baik, pada siklus II pertemuan II dengan skor 60 prosentase 87% kriteria sangat baik. Kemampuan bercerita siswa siklus II pertemuan I jumlah skor 598 prosentase 74,75% kriteria cukup, sedangkan siklus II pertemuan II skor 663 prosentase 82,87% kriteria baik. Berdasarkan data diatas bahwa implementasi model Role Playing berbantu boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas II MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA GURU SDN TLOGOMAS 2 SDN TLOGOMAS 2, Sutiyono
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.376 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.4073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriksikan tentang supervise akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada guru SDN Tlogomas 2. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) atau bisa disebut penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument wawancara dan instrument observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika komptensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran mncapai nilai rata-rata 75.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus mencapai rata-rata nilainya hanya 60,45. Mengingat hasilnya belum memuaskan maka diadakan penelitian siklus I yang mencapai rata-rata nilainya 73,88. Setelah diadakan refleksi dan pembinaan hasil observasi pada siklus II mengalami peningkatan mencapai rata-rata nilainya 82,22  Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada guru SDN Tlogomas 2.
PENGARUH TWO STAY THREE STRAY TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK SISWA SEKOLAH DASAR Hakim, Arief Rahman; Gutama, Andika
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 4 No 1 (2020): Vol. 4 No. 1 (January)
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.987 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v4i1.4121

Abstract

Proses pembelajaran yang baik harus mampu membuat siswa menjadi bersemangat dan berperan aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Three Stray terhadap kecerdasan linguistik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasy eksperimen dengan sampel 50 siswa kelas IV SDN Lumbang II Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan independent Sample t-test. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,044 dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh signifikan antara model pembelajaran Two Stay Three Stray Stray terhadap kecerdasan linguistik siswa
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAERAH BERBASIS LOCAL GENIUS, LOCAL WISDOM, DAN RISET DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU SEKOLAH DASAR Gularso, Dhiniaty; Lukitoaji, Beny Dwi; Noormiyanto, Faiz
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol 1 No 1 (2017): January
Publisher : Universitas Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.822 KB) | DOI: 10.21067/jbpd.v1i1.1600

Abstract

Abstrak Tujuan umum penelitian mahasiswa dapat menggali kebudayaan berbasis kearifan lokal (indegenous wisdom) melalui penelitian dan berpikir kritis bermuara pada eksistensi budaya local. Tujuan khusus penelitian: Untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas model pembelajaran berbasis local wisdom, local genius, dan riset terhadap ketrampilan berfikir kritis. Jenis penelitian adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi seluruh mahasiswa PGSD yang menempuh matakuliah Pendidikan Kebudayaan Daerah angkatan 2013 yang berjumlah 266 orang. Sampel dari cluster berjumlah 36 orang dikelas A4-2013. Teknik analisis data adalah regresi linear berganda karena penelitian ini dirancang untuk melihat efektifitas pembelajaran berbasis local wisdom n local genius (X1), pembelajaran berbasis riset (X2), terhadap ketrampilan berfikir kritis (Y) sebagai variable terikatnya (dependen). Hasil penelitian menunjukkan koefisien jalur ρ(x1y2) =  1,985  dengan p-value 0,000 jadi X1 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y dengan harga 0,000. Koefisien jalur ρ(x2y) =  1,981  dengan p-value 0,000 jadi X2 mepunyai pengaruh signifikan terhadap Y dengan harga 0, 000.Abstract               The general objective of the study, students can explore the culture based on local wisdom (indigenous wisdom) through research and critical thinking lead to the existence of the local culture. The specific objectives of the study: To know and analyze the effectiveness of the learning model based on local wisdom, local genius, and research on critical thinking skills. This type of research is a survey research with a quantitative approach. The population of all students who take a course PGSD Regional Cultural Educational force in 2013, amounting to 266 people. Samples of the cluster amounts to 36 class A4-2013. The data analysis technique is multiple linear regression because the study was designed to look at the effectiveness of learning based on local wisdom n local genius (X1), a research-based learning (X2), the critical thinking skills (Y) as the dependent variable (dependent). The results showed the path coefficient ρ (x1y2) = 1.985 with a p-value of 0.000 so X1 has significant influence to Y at a price of 0,000. The path coefficients ρ (x2y) = 1.981 with a p-value of 0.000 so X2 Y mepunyai a significant influence on the price of 0, 000.

Page 1 of 10 | Total Record : 94