cover
Contact Name
Maris Kurniwati
Contact Email
maris@unikama.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpm@unikama.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat)
ISSN : 26152649     EISSN : 25411977     DOI : -
JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) is Community Service Journal with registered number ISSN 2541-1977 (online), ISSN 2615-2649 (print). JPM published two issues in a year (May and Nopember). Every manuscript will be reviewed by at least two-peer-reviewers using double blind review method. JPM was published by LPPM Universitas Kanjuruhan Malang. This journal registered in the Crossref system with Digital Object Identifier (DOI) 10.21067. JPM website is http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jpm. JPM email is jpm@unikama.ac.id.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2017): Mei" : 7 Documents clear
IbM KELOMPOK INDUSTRI MAKANAN RINGAN DESA REJOYOSO KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG Heriyawati, Dwi Fita; Sari, Ifit Novita
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 No 1 (2017): Mei
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jpm.v2i1.1738

Abstract

Usaha makanan ringan Desa Rejoyoso, Bantur merupakan salah satu usaha kecil sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun kini usaha tersebut mulai menjadi usaha tambahan pengahasilan bagi masyarakat.Sebenarnya usaha keripik dan rengginang singkong dapat berkembang dengan pesat, mengingat wilayah Bantur menghasilkan singkong yang berlebih, sehingga kelompok usaha keripik dan rengginang tidak khawatir bahan baku. Namun demikian masih banyak kendala yang dihadapi oleh kelompok usaha keripik dan renginang di Desa Rejoyoso.Dampaknya kualitas dan kuantitas keripik dan rengginang yang dihasilkan kurang, sehingga belum mampu bersaing dengan yang lain. Artikel ini memaparkan hasil kegiatan IbM yang bertujuan untuk mengatasi masalah kelompok usaha makanan ringan.Kegiatan yang dilaksanakan yaitu: a) Memodifikasi perajangan yang manual menjadi alat perajang singkong yang menggunakan mesin, b) membuat keripik dan rengginag yang hygienes, aneka rasa dan warna dengan pewarna dan perasa yang alami, c) membuat kemasan label makanan ringan yang menarik yang dilengakapi petunjuk penyimpanan, cara memasak, kandungan gizi, khasiat, ijin perdagangan dan kehalalan, serta d) pemasaran yang  dikembang dengan cara online.   Kata Kunci: pelatihan, pendampingan, pengemasan, dan pengolahan makanan ringan
PELATIHAN PENGAJARAN ENGLISH FOR YOUNG LEARNERS (EYL) BAGI PARA PENGAJAR SEKOLAH ALAM NGELMU PRING BATU Sudarwati, Emy; Manipuspika, Yana Shanti; Indhiarti, Tantri Refa
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 No 1 (2017): Mei
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jpm.v2i1.1739

Abstract

Artikel ini membahas tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah Alam Ngelmu Pring Kota Batu. Kegiatan tersebut berupa program pelatihan pengajaran EYL (Bahasa Inggris bagi Pembelajar Muda). Melalui program pelatihan ini, para pengajar di sekolah alam tersebut diharapkan bisa mengembangkan dan menerapkan materi atau bahan ajar yang sesuai untuk kelompok usia pembelajar muda, menggunakan teknik yang baik dalam proses pembelajaran, menerapkan aktifitas yang tepat, serta mengembangkan media ajar yang tepat yang dapat mendukung pelaksanaan pengajaran EYL di sekolah tersebut. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta cukup antusias menjalani masa pelatihan dan menunjukkan semangat yang baik dalam belajar. Peserta telah dinilai mampu mendalami proses pengajaran yang baik dari segi teknik, materi dan penggunaan media. Tidak ada hambatan yang berarti mengingat peserta sudah memiliki latar belakang pengajaran bahasa Inggris di bangku perkuliahan. Pelatihan inidiharapkan dapat menjadi titik perubahan ke arah yang lebih baik bagi proses pengajaran di sekolah alam Ngelmu Pring.   Kata Kunci: bahan ajar, media pembelajaran, bahasa Inggris bagi pembelajar muda, Sekolah Alam Ngelmu Pring  
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA LAGU “VOCABULARY SONG” PADA GURU SD SE-KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG Mafulah, Siti; Hariyanto, Fitri Anggraini
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 No 1 (2017): Mei
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jpm.v2i1.1740

Abstract

Fakta yang ada bahwa pengajaran bahasa Inggris di tingkat SD hanyalah menggunakan metode yang tradisional dengan guru sebagai sentra pengajaran dan hanya menggunakan buku teks sebagai media pembelajaran  sehingga pembelajaran  bahasa Inggris pada siswa  SD yang seharusnya menyenangkan menjadi membosankan bahkan menjadi “beban” bagi para siswa. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat iniadalah untuk membantu para guru SD/MI se-kecamatan Dau kabupaten Malang untuk mengetahui dan menambah wawasan tentang media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris khususnya vocabulary bagi siswa SD/MI. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode pelatihan dilaksanakan melalui penjelasan tentang konsep pengajaran EYL, modelling of vocabulary song serta workshop pembuatan vocabulary song berdasarkan model yang akan  di berikan.Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini adalah pemahaman tentang pentingnya lagu bagi pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa SD yang membuat peroses pembelajaran dan pengajaran di kelas menyenangkan. Guru mampu mengadaptasi lagu-lagu berbahasa Inggris ke dalam tema yang di berikan di kelas. Terimakasih kami haturkan kepada Allah dan LPPM Universitas Kanjuruhan Malang Kata kunci : Vocabulary song, kosa kata Bahasa Inggris, EYL
PENDAMPINGAN TEKNIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI GUGUS SEKOLAH 11 ARJOWINANGUN KOTA MALANG Wijayanti, Rina; Akbar, Mochammad Ramli
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 No 1 (2017): Mei
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jpm.v2i1.1741

Abstract

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk (1) mendampingi guru di lembaga yang belum memahami dan menyusun model dokumen pembelajaran dan perencanaan (program tahunan, program semester, rencana kegiatan mingguan, rencana program pembelajaran harian) sesuai K13 PAUD (2) mendampingi guru yang masih belum memahami pembelajaran dengan K13 yang terintegrasi dengan lingkungan sekolah(3) mendampingi guru memahami perbedaan esensial untuk penetapan K13 PAUD yang akan menerapkan scientific dalam penerapannya dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya (4) mendampingi guru dalam penyusunan K13 PAUD secara komprehensif dan langsung di situasi pembelajaran. Kegiatan ini menggunakan metode pendampingan dalam implementasi K13 PAUD. Berdasarkan hasil pendampingan yang dilakukan (1) guru sangat tertarik dengan K13 PAUD dan sudah memahami secara komprehensif K13 PAUD; (2) guru masih mempunyai kendala dalam analisis murid (observasi) dan penilaian (marking) dan menilai butuh pendampingan atau pelatihan lanjutan untuk memahami dan menerapkannya, khususnya di wilayah spesifik (3) guru sangat tertarik dengan pendekatan scientific; (4) guru mampu menyusun dokumen pembelajaran dan perencanaan sesuai K13 PAUD.   Kata Kunci: kurikulum, pendampingan teknis, implementasi
STANDARISASI KUALITAS GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DENGAN PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS Mukhlas, Mohammad; Hadi, Sofwan
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 No 1 (2017): Mei
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jpm.v2i1.1743

Abstract

Standart kualitas pendidikan tercermin dari meratanya kualitas guru yang ada diberbagai daerah di Indonesia. MI Mambaul Huda Ngabar Ponorogo merupakan sekolah yang mempunyai tujuan agar bisa menjadi sekolah terstandar. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk menstandarkan kualitas guru dengan mengadakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MI Mambaul Huda Ngabar Ponorogo. Penulisan PTK merupakan salah satu usaha agar guru menyelesaikan masalah yang ada dalam kelas. Pengabdian Masyarakat menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) pada proses pendekatan pengabdian Masyarakat. Pelatihan PTK ini menghasilkan produk berupa PTK yang sudah dibuat oleh bapak/ibu guru MI Mambaul Huda dengan 87% peserta tertarik mengikuti kegiatan pelatihan dan 85% berminat untuk mengikuti kegiatan penulisan PTK. Pelatihan PTK memperoleh hasil dua. Pertama berkaitan dengan pengalaman setelah mengikuti kegiatan pelatihan. Pengalaman pribadi yang berkaitan dengan kesadaran untuk belajar, kesadaran untuk melakukan penelitian, dan peningkatan kemampuan individu. Kedua berkaitan dengan menjadikan pelatihan PTK sebagai bahan kajian peningkatan profesionalitas guru di Madrasah Ibtidaiyah.   Kata Kunci : Asset Based Community Development, Standarisasi Pendidikan, Penelitian Tindakan Kelas
PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA USAHA RUMAH TANGGA SUSU KEDELAI BUGUL LOR Dinnullah, Riski Nur Istiqomah; Fayeldi, Trija
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 No 1 (2017): Mei
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jpm.v2i1.1744

Abstract

Susu kedelai merupakan salah satu produk olahan dengan bahan baku kedelai. Susu kedelai telah banyak dikenal sebagai susu alternatif pengganti susu sapi. Selain harganya yang murah dan bahan baku yang mudah diperoleh, susu kedelai ini mampu mendorong masyarakat untuk mendirikan usaha rumahan dalam meningkatkan pendapatan. Pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Bugul Lor yang diikuti oleh dua mitra UKM susu kedelai. Pada UKM tersebut, proses pembukuan tidak dilakukan dengan teratur. Pemilik UKM hanya menuliskan penge-luaran dan pendapatan yang diperolehnya pada buku kecil tanpa adanya pembukuan yang ter-susun dengan tertib dan baik. Hal ini tentunya menyebabkan kurang maksimalnya hasil yang diperoleh dari penjualan susu kedelai. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini memberikan suatu pelatihan pembukuan yang baik bagi pemilik UKM susu kedelai ini, agar segala pengeluaran maupun pendapatan yang telah diperoleh dapat tercatat dengan lengkap. Sehingga diharapkan nantinya dengan adanya pembukuan ini dapat membantu pemilik UKM dalam mengelola keuangan sehingga peningkatan ekonomi yang diperoleh dari usaha inipun dapat didapat secara optimal.   Kata Kunci: Bugul Lor, UKM susu kedelai, pembukuan
DIKLAT PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 MAPEL IPS DAN PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF Andayani, Endah; Yudiono, Udik
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 No 1 (2017): Mei
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/jpm.v2i1.1750

Abstract

SMP Islam Terpadu di Pakis Kabupaten Malang merupakan sekolah yang sedang berkembang, memiliki permasalahan kompleks mulai dari sumberdaya manusia, peserta didik sebagai santri sekaligus siswa, sarana dan prasarana, kurikulum, dan pembelajaran. Khusus permasalahan pembelajaran, meski sudah menggunakan kurikulum 2013, tetapi dalam implementasimya masih mengacu pada Kurikulum 2006. Solusi yang dilakukan adalah dengan mengadakan pendidikan, pelatihan, praktik dalam memahami konsep, dan menyusun perangkat pembelajaran. Tujuan program kegiatan ini untuk memberikan pemahaman konsep kurikulum 2013, meningkatkan kompetensi cara penyusunan perangkat pembelajaran, memberikan pengalaman dan keterampilan dalam melaksanakan penilaian autentik, menganalisis model pembelajaran kurikulum 2013 melalui video pembelajaran. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah perangkat pembelajaran dan artikel yang dimuat dalam publikasi sebagai referensi bagi pihak lain yang memiliki permasalahan serupa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa evaluasi pemahaman model rata-rata 83%, peserta pelatihan 50% mampu membuat perangkat pembelajaran, dan nilai ketuntasan peserta dalam diklat sebesar 30%. Saran ke depan perlu diadakan diklat lanjutan tentang kurikulum 2013 edisi revisi. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, Kurikulum 2013, Mapel IPS

Page 1 of 1 | Total Record : 7