cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
ISSN : 25416057     EISSN : 25414674     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. MUST Journal is published twice in a year, on July and December.
Arjuna Subject : -
Articles 90 Documents
TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAJIAN DAN PENGEMBANGAN MATEMATIKA SEKOLAH 2 Farida, Nur; Sesanti, Nyamik Rahayu; Ferdiani, Rosita Dwi
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.517 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.2897

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan dalam mengajar mahasiswa pada mata kuliah Kajian dan Pengembangan Matematika Sekolah 2. Proses belajar mengajar yang berkembang di kelas umumnya ditentukan oleh peran guru dan siswa sebagai individu-individu yang terlibat langsung di dalam proses tersebut. Oleh karena itu, kemampuan serta kesiapan dan pemahaman guru akan materi yang akan diajarkan memegang peranan penting dalam keberhasilan proses belajar siswa. Pemahaman konsep merupakan dasar utama dalam pembelajaran matematika. Agar konsep-konsep dan teorema-teorema dapat diaplikasikan ke situasi yang lain, perlu adanya keterampilan menggunakan konsep-konsep dan teorema-teorema tersebut. Oleh karena itu, pembelajaran matematika harus ditekankan ke arah pemahaman konsep. Subyek penelitian ini sebanyak 48 mahasiswa. Proses pengumpulan data pada panelitian ini menggunakan tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Prosedur yang dilakukan untuk menganalisis data pada panelitian ini yaitu (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian tes pemahaman konsep yang dilakukan pada dua kelas, dapat diperoleh bahwa sekitar 80% mahasiswa telah menguasai konsep dengan baik dan benar dalam menyampaikan materi pelajaran, penggunaan model serta media yang tepat, dan mengelola kelas dengan baik. Namun beberapa mahasiswa sekitar 20% masih kurang dalam hal pemahaman konsepnya.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS POKOK BAHASAN PROBABILITAS MATA KULIAH STATISTIK PADA PERGURUAN TINGGI AMIK DCC BANDAR LAMPUNG Hidayah, Tsamaniariaty
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.694 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.2976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat perencanaan pembelajaran, 2) melakukan  pelaksanaan pembelajaran, 3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dan 4) mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa melalui model PBM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengunakan tiga siklus. Kegiatan setiap siklus yaitu membantu mahasiswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar, mendorong mahasiswa untuk mengumpulkan informasi, membantu mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Perguruan Tinggi AMIK DCC Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017 / 2018, data dikumpulkan dengan observasi dan tes serta dianalisis secara deskriptif analisi. Hasil penelitian adalah: 1) desain pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan tentang rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman mahasiswa, 2) aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran adalah dosen membimbing mahasiswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, 3) kemampuan keterampian berpikir kritis mahasiswa mengalami peningkatan setiap siklusnya, dan 4) pemahaman mahasiswa tentang materi juga meningkat setiap siklusnya.
PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNITOMO TERHADAP INDEKS PRESTASI (IP) DITINJAU DARI ASAL DAERAH Widayat, Edy; Ardianik, Ardianik; Kadar, Suharti
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (780.694 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.2911

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan kemampuan awal matematika, perbedaan motivasi belajar, perbedaan indek prestasi (IP) mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, serta menguji pengaruh kemampuan awal matematika, motivasi belajar dan asal daerah terhadap indek prestasi mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi, metode tes, angket identitas diri, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan kemampuan awal mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05; 2) Ada perbedaan motivasi belajar mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05; 3) Ada perbedaan indeks prestasi mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,009 < = 0,05; 4) Ada pengaruh kemampuan awal, motivasi belajar, dan asal daerah terhadap indek prestasi pada mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05.
PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA Afifah, Nur; Hartatik, Sri
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1016.497 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.3035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan pre-experimental designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa sebelum diterapkan media permainan ular tangga sebesar 53,09% dengan kriteria kurang, (2) motivasi belajar siswa sesudah diterapkan media permainan ular tangga sebesar 75% dengan kriteria baik, (3) hasil pengolahan data dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai Asymp. Sig 0,000 < 0,05 maka dapat diyatakan bahwa Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap motivasi belajar siswa.
DESAIN PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI LUKIS Nuriyatin, Siti; Widadah, Soffil
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (986.497 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.3357

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan modul Geometri Lukis. Research and Development merupakan metode dalam penelitan ini. Modul yang dikembangkan ini disajikan untuk mendukung kemampuan pengajuan soal Geometri Lukis. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar tes dan lembar angket. Hasil validasi ahli memperoleh skor 4,64 dengan kategori sangat valid. Hasil angket sebesar 80,55 dengan respon positif. Hasil tes menunjukkan sebesar 80% subyek mampu mengajuakan soal dengan benar. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa modul Geometri Lukis yang dikembangkan mempunyai kelayakan untuk digunakan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS III SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA Birillina, Nur; Hartatik, Sri
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.853 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.2914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Numbered Head Together mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas (pertanyaan) dengan nomor yang berbeda-beda. Sintaks model pembelajaran Numbered Head Together yaitu: (1) fase 1 penomoran; (2) fase 2 mengajukan pertanyaan; (3) fase 3 berpikir bersama; (4) fase 4 menjawab. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen jenis pre-exprerimental desaign, bentuk desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas 3 yang hasnya 1 kelas dengan jumlah 21 orang. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.Hasil kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh bahwa signifikan 0,000 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Selanjutnya, hasil belajar siswa menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh bahwa signifikan 0,001 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian kelas III SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah khususnya materi operasi hitung perkalian dan pembagian sehingga hasil belajar siswa meningkat.
PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DI MTS DARU MAFATIHIL ULUM PROBOLINGGO Arifin, Ubaydillah; Farihah, Umi
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1010.488 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.3507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. Metode penemuan terbimbing adalah suatu metode pembelajaran yang menghendaki siswa menemukan ide-ide dalam proses penemuan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes, pretest untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan uji prasyarat, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat antara sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo. Sehingga metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA Rismawati, Rismawati; Suhendri, Huri; Zulkarnain, Ihwan
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.436 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.3201

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran matematika kelas V SD berbasis etnomatematika. Penelitian dilakukan pada SD dan MI di wilayah Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Develompment atau R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: pertama tahap analysis yaitu menentukan potensi, masalah, dan solusi yang tepat serta menentukan kompetensi peserta didik melalui analisis kebutuhan; kedua tahap design yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, tingkah interaksi, dan prosedur evaluasi; ketiga tahap development yaitu melakukan pembuatan media pembelajaran berdasarkan indikator etnomatematika; keempat tahap implementation yaitu dengan menerapkan desain pembelajaran yang dikembangkan pada kondisi yang sebenarnya; dan kelima tahap evaluation yaitu melakukan penilaian produk oleh pakar atau ahli (pengembangan, media, dan materi) dan pengguna (guru dan peserta didik). Hasil dari penelitian ini adalah desain pembelajaran matematika berupa modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika bagi peserta didik kelas V SD/MI. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, maka saran atau rekomendasinya adalah guru dapat menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
DETERMINING THE SHORTEST PATH BETWEEN TERMINAL AND AIRPORT IN YOGYAKARTA USING TRANS JOGJA WITH MIN PLUS ALGORITHM Susilowati, Eka; Fitriani, Fenny
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1146.758 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.2966

Abstract

Route arrangement is an important factor to be considered so that areas in Yogyakarta city can be reached by Trans Jogja bus. One of the routes to consider is the route that connects between the terminal and the airport in Yogyakarta. Jombor terminal, Giwangan terminal, Condong Catur terminal, and Prambanan terminal are terminals in Yogyakarta. In this paper, we discussed the shortest path between the terminal and Adisucipto Airport with the estimated minimum travel time using Trans Jogja bus. Determination of this route is searched by using min plus algorithm. The shortest trajectory presented is the trajectory between Giwangan and Condong Catur terminal, Condong Catur and Prambanan terminal, and Adisucipto Airport and Jombor terminal. This paper is limited to the passage of Trans Jogja bus stop.
PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR Safitri, Maya; Farihah, Umi
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 4, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1200.832 KB) | DOI: 10.30651/must.v4i2.3506

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana terkadang siswa tidak begitu memperdulikan tatanan dalam menjawab ataupun penggunaan simbol yang mereka gunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih belum mencapai hasil yang maksimal. Salah satu yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika kelas IX di SMP Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa yang dipilih berdasarkan gaya belajar, terdiri dari dua siswa gaya belajar visual, dua siswa gaya belajar audiotori, dan dua siswa gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner, tes kemampuan komunikasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar audiotori mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis.