cover
Contact Name
Muhammad Fahreza W
Contact Email
fahreza_stkippi@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
fahreza_stkippi@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan
ISSN : 20898118     EISSN : 25806998     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah “Pena” (JIP) adalah media komunikasi ilmiah, Pemikiran serta hasil-hasil penelitian Sains dan Ilmu Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar dan Peneliti dari Lembaga Pendidikan maupun Riset terkait. Jurnal ini terbit berkala enam bulanan yaitu Mei dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 144 Documents
PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN METAKOGNISI DENGAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP HANDAYANI SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA ,, Salaniah; Liana, Alin; Yahya, Muh.
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 2 November 2019
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.045 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (i) pengaruh integrasi pembelajaranmetakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap keterampilan metakognisi siswa SMP; (ii) pengaruh integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar IPS siswa SMP; (iii) hubungan antara keterampilan metakognisi siswa dengan hasil belajar IPS siswa SMP.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Handayani Sungguminasa tahun pelajaran 2018-2019. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan rubrik untuk mengukur keterampilan metakognisi siswa dan tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar IPS siswa. Data dianalisis secara statistic deskriptif dan ststistik inferensial (uji t dan uji korelasi; ? = 5%) dengan bantuan SPSS (Statistcal Product and service Solution) statistics 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (i) ada pengaruh signifikan  integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap keterampilan metakognisi siswa. (ii) ada pengaruh  signifikan integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar IPS siswa. (iii) ada hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI.Kata Kunci: Pembelajaran Metakognisi, Pendekatan SAVI, Keterampilan Metakognisi, Hasil Belajar IPS.
REKONSTRUKSI NILAI PANCASILA DENGAN PENDEKATAN LOCAL WISDOM MASYARAKAT SASAK SEBAGAI UPAYA PENYELAMATAN IDENTITAS NASIONAL MELALUI MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN DI UNIVERSITAS MATARAM (STUDI DESKRIFTIF DI NUSA TENGGARA BARAT) Zubair,, Muh; Ismail,, Muh.; Alqadri, Bagdawansyah
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 2 November 2019
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.31 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi nilai-niali Pancasila melalui nilai kearifan lokal masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan menggunakan tiga tahapan penelitian: Pertama, mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal yang berkembang pada masyarakat NTB dengan tujuan utuk mengumpulkan dan mendokumentasikan kearifan lokal yang berkembang pada mayarakat untuk dianalisis. Kedua, menganalisis kearifan lokal yang berkembang pada masyarakat NTB yang tidak bertentangan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuannya adalah untuk memantapkan Pancasila sebagai Identitas Nasional dalam diri masyarakat NTB khususnya dan Indonesia pada umumnya, sehingga keyakinan akan Pancasila sebagai ideology nasional tetap terjaga. Ketiga, adalah menganalisis hasil penelitian sebelumnya terkait dengn kearifan lokal yang dapat dijadiakan buku ajar pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) Kearifan lokal pada masyarakat Lombok mulai terpengaruh oleh budaya luar akibat pertumbuhan pariwisata yang terjadi di pulau Lombok. 2) Dalam kearifan masyarakat Lombok secara simbolik dapat di bagi dalam empat tingkatan yaitu nilai budaya, nilai norma, hukum, dan aturan khusus yang dapat menyaring masuknya budaya-budaya asing. 3) Terdapat berbagai macam kearifan lokal yang berkembang pada masyarakat NTB baik dalam bentuk cerita (foklor) sanjak dan atraksi budaya yang berkembang saat ini sangat relevan dengan nilai-nilai Pancasila.Kata kunci: Nilai-nilai Pancasila, Kearifan Lokal dan Identitas Nasional
IMPLEMENTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 SOPPENG AS, Husain; ., Elpisah; As'ad, Muh.
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 1 Mei 2019
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.9 KB)

Abstract

This study examines the implementation of industrial work practice programs (Prakerin/ Workmanship) at SMK Negeri 1 Soppeng. The purpose of this research is to find out the planning, organizing, implementing, and supervising industrial work practices at Soppeng Vocational School 1. This research will benefit the implementation and development of industrial work practices, especially the apprenticeship managers, namely principals, teachers, and the business world/industrial world. This study uses descriptive qualitative method to analyze the implementation of industrial work practice programs at SMK Negeri 1 Soppeng. The sources of data in this study are the Principal, teachers, students, alumni, and the business world/industrial world. Data collection in this study is by interview, observation, and documentation. The data analysis techniques are data reduction, data presentation, conclusions and verification. The results of this study indicate that the planning of industrial work practices at SMK Negeri 1 Soppeng has been running in accordance with the objectives to be achieved. Organizing industrial work practices at Soppeng 1 State Vocational School is in accordance with school organization standards. The implementation of industrial work practices at SMK Negeri 1 Soppeng is carried out well and optimally. While the supervision of industrial work practices at SMK Negeri 1 Soppeng involves school stakeholders so that it is well implemented, especially regarding the suitability and quality of students with the competencies that have been owned at the time of implementation of the business practice in the business/industrial world.Keywords: Implementation, Prakerin/Workmanship, planning, organization, actuation, and supervision
PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD INPRES 159 PANGI KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN JENEPONTO ,, Gusniati; ,, Sapinah
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 2 November 2019
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.193 KB)

Abstract

This study aims to determine (1) description of managerial skills, principal work motivation and teacher performance in elementary school Inpres 159 Pangi District Rumbia Jeneponto District. (2) The influence of principal managerial skills on the performance of teachers of Inpres Elementary School 159 Pangi Rumbia District Jeneponto Regency. (3) The influence of principal's work motivation on teacher performance of Inpres Elementary School 159 Pangi Rumbia District Jeneponto Regency. (4) Effect of managerial skill and work motivation of principal, to teacher performance of Inpres Elementary School 159 Pangi District Rumbia Jeneponto Regency. The population in this study is all teachers of Inpres 159 Pangi elementary school amounting to 12 people and a total sample of 12 people. The method used in this research is quantitative research. The first hypothesis test, second, using simple linear regression. The third hypothesis test uses multiple linear regression. Based on the data analysis, the research results show that: (1) Description of managerial skill is high with percentage 58,3%, headmaster work motivation is high with percentage 50% and teacher performance in SD Inpres 159 Pangi is high with percentage 58,3 % (2) There is influence of principal managerial skill to teacher performance of SD Inpres 159 Pangi District of Rumbia Regency of Jeneponto. (4) There is influence of managerial skill and work motivation of headmaster, on performance of teacher of Inpres elementary school 159 Pangi District of Rumbia Regency of Jeneponto Keywords: Managerial Skills, Work Motivation, Teacher Performance.
THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING METHOD IN READING COMPREHENSION SUBJECT FOR THE SECOND YEAR-STUDENTS OF SMAN 9 MAKASSAR Mushrihah, Andi
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 1 Mei 2019
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.925 KB)

Abstract

This study aimed to examine The Implementation of Cooperative Learning Method in Reading Subject for The Second Year-Students of SMAN 9 Makassar. There are three problems of this study, such as (1) How the Cooperative Learning Method influenced the Second Year-Students achievements in SMA Negeri 9 Makassar,  (2) The Students Interest in Reading Comprehension Subject which the Cooperative Learning Method Applied For, and (3)  What extent the Cooperative Learning Method improves the Reading Comprehension in terms of Literal, inferential, and Critical Comprehension. Moreover, the implementation of Cooperative Learning Method concerned to analyze the student?s abilities by applying this method in Reading Comprehension Subject regarding to its techniques and kinds of reading. The result of this study showed that the percentage students? mastery for pre-test and post-test in understanding of Reading Subject. From the analysis conducted, there are 2 (two) students are in a VERY GOOD category, whereas 26 Students in a GOOD Percentage and 2 Students placed in FAIR category for the Pre-Test Achievement. The Post-Test Percentage after Learning Method applied, the experimental class achievement?s students have significantly increased where 4 students are in EXCELLENT grade, while 19 students have VERY GOOD category, and about 7 Students placed in a GOOD category. However, the questionnaire given to the students covered the statements about the students? interest for the application of cooperative learning in teaching English. The result shows that the use of cooperative learning made the students interested in learning English. Keywords: Cooperative Learning, Reading Comprehension, Learning Method
UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR Rahayu, Sri
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 2 November 2019
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.715 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja pegawai pada Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 51 orang. Mengingat populasinya yang tidak begitu banyak dan dapat dijangkau, maka seluruh populasi dijadikan responden, satu orang  disamping sebagai Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu keadaan secara persentase dalam bentuk tabel frekuensi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar, berada pada kategori meningkat. Ditinjau dari Pendidikan dan Pelatihan (diklat) berada pada kategori meningkat, motivasi berada pada kategori cukup meningkat, dan disiplin berada pada kategori meningkat. Kata Kunci: Kinerja, Pendidikan dan Pelatihan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 GOWA ,, Hajariah; Hasyim, Ahmad
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 2 November 2019
Publisher : STKIP Pembangunan Indonesia Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.683 KB)

Abstract

The main objectives of this research are: Improving the learning outcomes of Class XI Accounting Students through the application of Problem Based Learning learning models at State 1 Gowa Vocational School. This type of research is Classroom Action Research (CAR). This research was carried out on 32 subjects of XI Accounting research at State 1 Gowa Vocational School. The results showed that: The application of the Problem Based Learning learning model could improve the accounting learning outcomes of the 11th grade students of Accounting at the State Vocational School 1 Gowa ". The main objectives of this research are: Improving the learning outcomes of Class XI Accounting Students through the application of Problem Based Learning learning models at State 1 Gowa Vocational School. This type of research is Classroom Action Research (CAR). This research was carried out on 32 subjects of XI Accounting research at State 1 Gowa Vocational School. The results showed that: "The application of Problem Based Learning learning models can improve accounting learning outcomes for eleventh grade students of Accounting at 1 Gowa State Vocational High School". Indications of improvement in learning outcomes can be seen from the increasing trend of student learning outcomes from the initial conditions, cycle I, and cycle II, and the achievement of completeness of student learning outcomes in cycles I and II, as follows: Implementation of cycle I actions, obtained student learning outcomes, average the value of 45, the standard deviation 15, then the students who complete there are 5 people or 15.63%, students who are not complete there are 27 people or 84.38%. In the implementation of the second cycle of action student learning outcomes increased, with a total value of 2,319, an average score of 72, a standard deviation of 7, then complete students there were 28 people or 87.50%, students who did not complete there were 4 people or 12.50%. Thus both individually and classically exceed the achievement indicators of the KKM, which is 70 for individual achievement scores and 70% for KKM class achievements. Keywords: Problem Based Learning Learning Model, Learning Outcomes
NELAYAN PULAU LUMU-LUMU DAN PULAU LANGKAI PASCA PENEGAKAN ATURAN PELARANGAN PENGGUNAAN BAHAN PELEDAK DALAM MENANGKAP IKAN Syahadat, Susanti I Mutia Lagaligo
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.565 KB)

Abstract

         Pemasalahan pokok dalam penelitian ini adalah, (1) bahwa tingkat pendapatan masyarakat di kedua pulau menurun secara drastic pasca  pelarangan penggunaan pukat trwul dan pemggunaan bahan peledak, sehingga  terasa pada kehidupan sosal ekonomi keluarga. (2) bahwa masyarakat nelayan di kedua Pulau tidak punya keterampilan lain diluar sebagai nelayan, (3) bahwa potensi alam atau sumberdaya alam yang tersedia di kedua pulau hanya potensi  laut, sehingga alternative pengembangan penduduk  diluar potensi kelautan susa dilakukan. Target dan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah menghasilakn inovasi dan pengembangan iptek-sosbud yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di kedua Pulau yakni Pulau Salemo dan Pulau Sabutung berupa teknologi tepat guna berupa alat penangkapan Kepiting Rajungan, pembuata rumpon  sebagai solusi mengatasi pengangguran masyarakat pasca pelarangan Jaring Trawl dan Penggunaan Bahan Peledak. Selanjutnya metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah metode pemberdayaan kemitraanmasyarakat di kedua pulau ini. Metode yang dimaksud adalah melakukan pelatihan tentang cara pembuatan alat tangkap kepiting Rajungan, dengan melibatjkan bebrapa instruktur dari lembaga lain yang dianggap memahami teknologi pembuatan maupun cara operasional alat yang akan dibuat. Sementara  urgensi atau keutamaam penelitian ini adalah mencari solusi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat nelayan di kedua pulau pasca pelarangan penggunan alat tangkap trawl dan penggunaan bahan peledak. Kata Kunci: Nelayan, Peraturan dan Bahan Peledak
POTENSI ISOLAT LOKAL Bacillus thuringiensis SEBAGAI PENGHASIL PROTEIN PROTOKSIN DAN ENZIM KITINASE AlBanna, Maisya Zahra
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Pena Volume 6 Nomor 1 November 2014
Publisher : Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bacillus thuringiensis secreted chitinase and protoxin protein which is play an important role in their pathogenicity to insect pest. This research was aimed to determined the ability of B. thuringiensis Lot II and B. thuringiensis 47 to produce chitinase enzyme and protoxin protein. Both of an isolates showed the clear zone when grown in a medium containing chitin agar, which is means they have secreted exochitinase enzyme. Optimum production of chitinase from B. thuringiensis subsp. pakistani was obtained at 24th hour,  B.  thuringiensis Lot II  was optimum at 21th hour and  B. thuringiensis 47 was optimum at 21st hour. The highest production of protoxin protein from B. thuringiensis Lot II was obtained at 33rd hour, whereas B. thuringiensis 47 at 36th hour. 
REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL KINANTHI TERLAHIR KEMBALI KARYA TASARO GK DALAM PENGAJARAN SASTRA ., Filawati
Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 1 Mei 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan representasi nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Kinanti Terlahir Kembali  Karya Tasaro GK, (2) mendeskripsikan implikasi nilai pendidikan karakter dalam novel Kinanti Terlahir Kembali karya Tasaro GK bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kutipan teks yang menggambarkan representsi nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel dan implikasi bagi peserta didik. Sumber data penelitian ini adalah novel Kinanti Terlahir Kembali karya Tasaro GK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca, teknik catat dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara identifikasi data, mengklasifikasi data, dan menginterpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) representasi nilai pendidikan karakter dalam novel Kinanthi Terlahir Kembali karya Tasaro GK terdapat tiga nilai karakter yaitu (i) nilai yang berkaitan dengan religi/keagamaan yang meliputi: keterlibatan ritual dalam menjalankan kewajiban beribadah, hidup rukun bersama agama lain, dan keterlibatan intelektual (pengetahuan tentang agama). (ii) nilai yang berkaitan dengan pribadi manusia meliputi nilai karakter: jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, mandiri, disiplin, pemberani, cinta tanah air, demokratis, gemar membaca dan sabar. (iii) nilai karakter yang berkaitan dengan orang lain meliputi nilai karakter: peduli sosial, toleransi, menghargai prestasi, dan sopan. 2) implikasi nilai pendidikan karakter dalam pengajaran berkaitan dengan indikator,  kompetensi inti, dan kompetensi dasar, sedangkan bagi peserta didik berimplikasi pada pengetahuan tentang moral, perasaan tentang moral, dan perbuatan moral. Saran dalam penelitian ini adalah pendidik diharapkan lebih kreatif dalam pemilihan materi dalam pengajaran sastra dengan memanfaatkan karya sastra, khususnya novel bagi peserta didik agar wawasan dan kualitas berpikir lebih kritis, bentuk-bentuk moral buruk yang terdapat dalam novel Kinanthi Terlahir Kembali karya Tasaro GK hendaknya menjadi pelajaran bagi pembaca untuk tidak mencontoh sikap dan perbuatan tersebut, bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini menjadi acuan dalam mengembangkan penelitian-penelitian selanjutnya yang bersifat inovasi. Kata Kunci: Novel, nilai pendidikan karakter, pengajaran sastra

Page 1 of 15 | Total Record : 144