cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan
ISSN : 14128152     EISSN : 25801007     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Administrasi Pendidikan (JAP) published on 2003 with the ISSN: p.1412-8152 e.2580-1007 and issued by Program Studi Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. JAP is a journal that focuses on publishing qualitative and quantitative research articles in the scope of Educational Administration including Leadership, Planning, Human Resources, Finance, Curriculum, Facilities and Infrastructure, Public Relations, Student Affairs, Learning and Management Education, and Organization.
Arjuna Subject : -
Articles 279 Documents
SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KONSEP DIRI DALAM DISIPLIN KERJA GURU PNS DI SMP NEGERI Rochimah, Heni
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengawasan kepala sekolah dan konsep diri terhadap disiplin kerja guru Pegawai Negeri Sipil. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PNS di SMP Negeri Kabupaten Cilacap, sedangkan responden adalah 143 guru yang dipilih secara acak. Hasilnya adalah sebagai berikut: (1) ada pengaruh langsung positif dari pengawasan utama pada disiplin kerja guru; (2) ada pengaruh langsung positif konsep diri terhadap disiplin kerja guru, dan (3) ada pengaruh langsung positif dari pengawasan prinsip pada konsep diri. Oleh karena itu, peningkatan disiplin kerja guru harus ditingkatkan dengan meningkatkan pelaksanaan pengawasan kepala sekolah dan standar kerja di sekolah. 
STUDI TENTANG PELAYANAN FRONT LINE EMPOYER DI PERGURUAN TINGGI Rosalin, Elin
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tanggung jawab Front Line employees (FLE) yang memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan penyampaian jasa untuk mendukung tercapainya kepuasan pelanggan melalui penyampaian service encounter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service encounter terhadap kualitas jasa dan dampaknya terhadap service recovery effort yang dilakukan serta switching intention. Metode yang digunakan adalah Metode Survei Penjelasan (Explanatory Survei Method). Sebagai bentuk penelitian kualitatif fokusnya terletak pada penjelasan hubungan sebab akibat. Populasi penelitian yakni mahasiswa di perguruan tinggi di Jawa Barat yang terdiri dari PTN non Badan Hukum Milik Negara (BHMN), PTN BHMN, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terakreditasi, PTS non akreditasi. Hasil penelitian menunjukan secara umum pelayanan administratif pada 4 perguruan tinggi yaitu PTN BHMN, PTN Non BHMN, PTS Akreditasi dan PTN Non Akreditasi tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kinerja penyampaian jasa pada keempat jenis perguruan tinggi tersebut menunjukkan pada kisaran yang cukup baik, khususnya dalam aspek seleksi penerimaan mahasiswa baru, persiapan kuliah dan kuliah serta ujian. Temuan penting dari penelitian ini adalah seluruh perguruan tinggi tersebut masih belum menunjukkan kinerja penghantaran jasa yang optimal, khususnya pada aspek sikap pelayanan karyawan administrasi. Secara umum sikap karyawan pada saat melakukan kontak masih jauh dari memadai. 
KEPEMIMPINAN AUTENTIK DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DALAM DISIPLIN KERJA PEGAWAI Fadhilah, Gena Aghnia; Komariah, Aan; Herawan, Endang
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan autentik dan kualitas kehidupan kerja terhadap disiplin kerja pegawai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan sampel penelitian ini adalah pegawai struktural berjumlah 68 orang pegawai. Hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata disiplin kerja pegawai sudah tinggi, begitu juga dengan kepemimpinan autentik dan kualitas kehidupan kerja. Kepemimpinan autentik dan kualitas kehidupan kerja secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai sebesar 46%. Namun, disiplin kerja pegawai ini masih perlu ditingkatkan dengan cara adanya pegawai dalam bekerja harus berhati-hati, bertanggung jawab, dan cermat atas pekerjaan yang dilakukan. Kemudian dilakukan pembinaan disiplin berupa adanya keteladanan pimpinan, pengawasan secara langsung oleh pimpinan, sanksi hukum bagi pegawai yang melanggar aturan, dan ketegasan pimpinan dalam memberikan sanksi kepada bawahan yang indisipliner sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Pimpinan harus miliki kesadaran diri dan melakukan evaluasi diri demi kemajuan dan menjadi teladan bagi pegawainya. Organisasi sebaiknya meningkatkan kualitas kehidupan kerja, diantaranya memberikan kompensasi selain gaji. 
IMPLEMENTASI TALENT MANAGEMENT DAN MOTIVASI KERJA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI DIREKTORAT Diniati, Irni; Komariah, Aan; Kurniady, Dedy Achmad
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Talent Management dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja pegawai Direktorat PGTK PAUD dan Dikmas Kemdikbud dengan metode kuantitatif menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan pada tahun 2018 ketiga variabel kinerja, talent management, dan motivasi kerja pegawai berada pada kategori “tinggi”. Berdasarkan pengolahan data, talent management berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Begitu pula halnya dengan motivasi kerja yang juga berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja pegawai. Apabila kedua variabel independen ini digabungkan maka didapatkan hasil bahwa talent management dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh sebesar 46,4% terhadap kinerja pegawai, sementara sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Namun dalam uji parsialnya (uji t), meskipun kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap kinerja pegawai, dapat disimpulkan bahwa khusus variabel talent management dianggap tidak berpengaruh secara signifikan.
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN, SEBUAH REFLEKSI Faridah, Faridah; Arismunandar, Arismunandar; Basri, Syamsurijal
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini fokus pada pola pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada program Studi Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dosen pendamping, kaprodi AP, mentor, dan mahasiswa AP yang telah memprogramkan mata kuliah PPL. Informan utama dari penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi Pendidikan yang telah mengikuti program PPL. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi dan focus group discussion. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan PPL pada prodi AP belum memiliki pola yang baku. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini karena AP merupakan prodi yang tidak menghasilkan guru, sementara panduan untuk PPL non-keguruan belum tersedia. Program dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa selama berada di lokasi PPL belum terstruktur dan terkesan tidak jelas. Pembimbingan yang dilakukan oleh dosen pembimbing dan pamong juga belum fokus, terutama untuk mahasiswa yang mengikuti program KKN PPL terpadu. 
PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI Dekawati, Ipong
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya seorang kepala madrasah sebagai salah satu penentu keberhasilan operasional madrasah, maka fokus penelitian ini berkaitan dengan perilaku kepemimpinan kepala madrasah tsanawiyah negeri pada salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa barat. Metode untuk menganalisis penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif dan verifikatif. Untuk mengumpulkan data dilakukan melalui studi dokumentasi, observasi, wawancara dan angket terhadap guru madrasah tsanawiyah negeri. Data hasil penelitian dianalisis secara tabulasi silang dengan memaknai persentase masing-masing dimensi perilaku kepemimpinan. Keberhasilan sekolah dalam menghasilkan output yang bagus dimulai dari kepemimpinan yang efektif dalam hal mana kepemimpinan efektif diawali dengan perilaku kepemimpinan yang baik. Perilaku kepemimpinan yang baik dalam mendorong peningkatan kualitas madrasah secara keseluruhan serta memberikan penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan lainnya yang berprestasi. 
ERAN INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI DALAM PENGEMBANGAN KAPASITAS KOMUNITAS DESA CIBUNTU DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT Ismar Pramala, Iis
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan pembangunan pariwisata ditingkat desa/ lokal tergantung pada kapasitas komunitas setempat. Dalam proses pengembangan, Komunitas lokal perlu untuk melibatkan pihak eksternal yang mampu memberikan kontribusi positif bagi komunitas lokal. Selain sebagai penerima manfaat dan pemangku kepentingan, komunitas atau masyarakat juga sebagai salahsatu peserta yang perlu terlibat sebagai pengguna layanan pendidikan. Komunitas atau masyarakat merupakan salahsatu ruang lingkup praktek umum pendidikan tinggi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran mengenai peran institusi pendidikan Tinggi bagi kapasitas intitusi komunitas Desa Cibuntu Kabupaten Kuningan Jawabarat dalam pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Desa Cibuntu dijadikan sebagai studi dalam artikel ini karena berhasil menjadi Desa Wisata dengan melakukan penataan dan perbaikan bekas galian pasir menjadi daya Tarik wisata yang mempesona, menjadikan Desa Cibuntu mendapatkan penghargaan baik tingkat Nasional maupun tingkat Internasional. Dalam proses pengembangan tersebut terdapat peran institusi pendidikan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Temuan lapangan menunjukkan bahwa Institusi Pendidikan Tinggi memiliki peran bagi kapasitas Komunitas Desa Cibuntu dalam pengembangan pariwisata berbasis komunitas melalui peningkatan kesadaran, pemberian informasi, dan pelatihan. 
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DALAM KINERJA MENGAJAR GURU Saidah, Saidah
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan rendahnya kinerja mengajar guru yang disebabkan oleh kurang efektifnya supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja mengajar guru. Metode penelitian: analisis deskriptif, pendekatan kuantitatif, teknik analisis menggunakan korelasi product moment, determinasi dan regresi. Pengumpulan data melalui angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru-guru SMK Negeri di Kota Bandung, sedangkan unit analisis menggunakan pengambilan sampel dengan teknik probability sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru berkorelasi positif sangat kuat. Motivasi kerja guru terhadap kinerja mengajar guru berkorelasi positif sangat kuat. Supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja mengajar guru secara simultan berkorelasi positif sangat kuat. Kesimpulannya, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja mengajar guru. Rekomendasi: Meningkatkan motivasi kerja guru dengan melakukan supervisi klinis, kunjungan kelas, pembicaraan individual dan diskusi kelompok untuk membahas permasalahan yang dihadapi oleh guru. 
KINERJA PEGAWAI, KOMITMEN ORGANISASI DALAM PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI Nursanti, Intan
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kinerja pegawai dan komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil di Unit kerja pengembangan tenaga pendidik sejumlah 137 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 58 orang sesuai perhitungan dengan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan berupa angket mengenai kinerja pegawai, komitmen organisasi dan produktivitas kerja pegawai. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi kinerja pegawai lebih besar daripada komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai. Secara simultan keduanya berpengaruh sangat kuat dan signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai. 
MANAJEMEN KURIKULUM, KOMITMEN DAN KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR Maromy, Tri Chusniyatul
Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung yang diduga disebabkan oleh kurang optimalnya manajemen kurikulum dan komitmen guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh dari manajemen kurikulum dan komitmen guru terhadap kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Sampel penelitian adalah 30 SD Negeri di kota Bandung dengan responden berjumlah 164 guru dan 30 kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja mengajar guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung berada pada kategori sangat tinggi. Sementara manajemen kurikulum pada kategori sangat tinggi, dan komitmen guru pada kategori sangat tinggi. Secara parsial, manajemen kurikulum dan komitmen guru memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja mengajar. Begitupun jika dilihat secara bersama-sama, kedua variabel tersebut memberikan pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap kinerja mengajar guru. Rekomendasi penelitian ini yaitu kepala sekolah dapat meningkatkan manajemen kurikulum di sekolahnya, khususnya dari sisi pelaksanaan kurikulum serta membantu guru dalam mengembangkan kompetensi dan keterampilan yang dimilikinya dengan mengambil langkah-langkah yang dapat meningkatkan kinerja mengajarnya. 

Page 1 of 28 | Total Record : 279


Filter by Year

2003 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 25, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.2 OKTOBER 2018 Vol 25, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXV NO.1 APRIL 2018 Vol 24, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN VOL.XXIV NO.2 OKTOBER 2017 Vol 24, No 1 (2017): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.I April 2017 Vol 23, No 2 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.2 Oktober 2016 Vol 23, No 1 (2016): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIII No.1 April 2016 Vol 22, No 2 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.2 Oktober 2015 Vol 22, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXII No.1 April 2015 Vol 21, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.2 Oktober 2014 Vol 21, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXI No.I April 2014 Vol 17, No 1 (2013): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XVII No.1 April 2013 Vol 14, No 1 (2012): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.I April 2012 Vol 14, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIV No.2 Oktober 2011 Vol 13, No 1 (2011): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XIII No.1 April 2011 Vol 12, No 2 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.2 Oktober 2010 Vol 12, No 1 (2010): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XII No.1 April 2010 Vol 9, No 1 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.1 April 2009 Vol 10, No 2 (2009): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.IX No.2 Oktober 2009 Vol 8, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol VIII No 2 Oktober 2008 Vol 7, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.VII No.1 April 2008 Vol 5, No 1 (2007): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.V No.1 April 2007 Vol 3, No 2 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.2 Oktober 2005 Vol 3, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.III No.1 April 2005 Vol 2, No 2 (2004): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.II No.2 Oktober 2004 Vol 1, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.I No.1 April 2003 More Issue