cover
Contact Name
Irawati
Contact Email
ijiem.mpi@uin-suska.ac..id
Phone
-
Journal Mail Official
irasofyanpku@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Indonesian Journal of Islamic Educational Management
ISSN : 26153610     EISSN : 26154242     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu Bulan April dan November. Jurnal ini diterbitkan untuk dimanfaatkan sebagai sumber pengetahuan dan rujukan bagi semua yang berprofesi di bidang Administrasi Pendidikan (Manajemen Pendidikan).
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Pemanfaatan Akreditasi dalam Peningkatan Manajemen Madrasah di Kota Pekanbaru (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru) Sohiron, S.
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 2 (2018): IJIEM
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.309 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i2.6652

Abstract

Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. Manfaat akreditasi bagi madrasah adalah  sebagai Acuan dalam upaya peningkatan mutu sekolah/madrasah dan rencana pengembangan sekolah/madrasah dan sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pemanfaatan akreditasi dalam peningkatan manajemen madrasah di Kota Pekanbaru (studi kasus di madrasah tsanawiyah swasta Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru). Metode penelitian pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada 4 (empat) kepala madrasah tsanawiyah swasta di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Hasil penelitian bahwa madrasah telah memanfaatkan akreditasi peningkatan manajemen madrasah meliputi 5 aspek yaitu: 1). Aspek manajemen madrasah mengacu pada standar pengelolaan; 2). Aspek manajemen kurikulum mengacu pada standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar penilaian pendidikan; 3). Aspek manajemen sumber daya manusia mengacu pada standar pendidik dan tenaga kependidikan; 4). Aspek manajemen sarana dan prasarana mengacu pada standar sarana dan prasarana; dan 5). Aspek manajemen pembiayaan mengacu pada standar pembiayaan.
Manajemen Madrasah dalam Perspektif Sejarah Setyaningsih, Rini
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 2 (2018): IJIEM
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.639 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i2.6651

Abstract

The Developing of madrassa from classical times to the present can not be treated partially or half-and-half, but requires thinking the development of a complete and comprehensive measures and efforts are visible, flexible and credible, especially when faced with the national development policy in education who have the vision of the educational system as a social institution that is strong and authoritative to empower all citizens of Indonesia develop into quality human, so capable and proactive answer the challenges of changing times (see explanation of Law No. 20/2003 on the National Education System). Plus era of globalization has given a wide impact in many aspects of life, including quality demands in the organization of education. In this era every field requires the Human Resources (HR) qualified high caliber and reliable, so competition especially concerning human resources are very tight. to meet this demand, the improvement and development of education provision in each madrasah system continuously needs to be done in line with the dynamic development of science as well as the dynamics of change in society itself that is the development of character concerning the aspects of soft skills (spirituality) and hard skills (intellect). Strengthening way blend of character development in the stretcher build madrassas ideals and a strong academic culture that lead to superior output and good as expected madrasah in this age of globalization. Surely madrasas must have good managerial system in realizing the goal of madrasa education in it self.
Pelayanan Kepala Sekolah terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Marzuki, M.; Irawati, I.
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 2 (2018): IJIEM
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.087 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i2.6650

Abstract

Sesuai dengan judul diatas, Pelayanan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Oleh karena itu kepala sekolah dituntut trampil dalam memimpin agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa yang tepat untuk meningkatkan layanan Sekolah. Berdasarkan pokok masalah yang penulis ambil yaitu bagaimana Pelayanan kepala sekolah terhadap tenaga pendidik di sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dan apa Faktor pendukung dan penghambat pelayanan kepala sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi, populasi disini yaitu kepala sekolah Dasar Negeri 01 dan guru-guru berjumlah 31 orang.Seorang kepala sekolah dikatakan mampu melaksanakan tugasnya sebagai manejer dapat dikategorikan sebagai berikut yaitu Kepala sekolah melayani Tenaga Pendidik/kependidikan dengan sopan dan keramahtamahan, kepala sekolah memberikan kemudahan kepada Tenaga Pendidik/kependidikan dalam memberikan pelayanan, kepala sekolah memberikan kenyamanan dalam melayani Tenaga Pendidik/kependidikan, kepala sekolah menerima dan mempertimbangkan saran yang diberikan Tenaga Pendidik/ kependidikan, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikandalam menyusun program sekolah, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikan dalam membuat kebijakan sekolah, tenaga Pendidik/ kependidikan merasa puas ketika berurusan dengan kepala sekolah, kepala sekolah berkomunikasi dengan baik dengan Tenaga Pendidik/kependidikan.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwasanya Pelayanan Kepala Sekolah Terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dengan porsentase ( 63.35) dengan kategori “mampu” .
Pengaruh antara Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Organizatioanal Citizenship Behaviour Pada Guru MIN Se Kota Pekanbaru Nurhasnawati, N.; Subhan, Mhd.
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 2 (2018): IJIEM
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.244 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i2.6649

Abstract

This research aimed at investigating the influence of organizational climate and job satisfaction on organizational citizenship behavior of Islamic elementary school teachers in Pekanbaru. The population of this research was teachers of Islamic elementary schools in Pekanbaru. The sampling technique of this research was simple random sampling which consisted of 164 samples. This research used two instruments: organizational climate and job satisfaction instruments, and organizational citizenship behavior. The validity of data was conducted with 3 experts which consisted of one expert of primary education and 2 experts of educational management. The reliability of 3 instruments was organization climate with Cronbach Alpha 0.84, job satisfaction with Cronbach Alpha 0.77, and organizational citizenship behavior with Cronbach Alpha 0.81. The analysis of data used SPSS Software Version 22.0. The research findings demonstrated that the descriptive level of job satisfaction toward organizational citizenship behavior was intermediate. However, it was significantly difference from climate organization. In addition, the inferential analysis with multiple regression about the influence of organizational climate and job satisfaction on organizational citizenship was 80.8%. It means that other factors was 19.2%. Therefore, the principal required to establish a program to improve the influence the organizational climate and job satisfaction on organizational citizenship behavior of Islamic elementary school teachers in Pekanbaru.
Kepemimpinan: Analisis Kualitas Kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau Darmawan, D.; Ariyanto, Karno
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 2 (2018): IJIEM
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.921 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i2.6648

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kepemimpinan kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kepemimpinannya. Peserta dalam penelitian adalah 2 orang guru, 1 orang tua siswa dan 1 orang dari komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, model data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa: a) Kepala sekolah memiliki visi dalam meningkatkan kualitas SMANe Plus Porvinsi Riau. b) Kepala sekolah memiliki integritas, namun kurang maksimal. c) Kepala sekolah sudah memiliki dedikasi yang tinggi. d) Kepala sekolah memiliki keluhuran budi namun belum dilaksanakan sepenuhnya. e) Kepala sekolah memiliki jiwa rendah hati. f) Kepala sekolah kurang memiliki sikap keterbukaan terhadap bawahan. g) Kepala sekolah memiliki kreativitas yang tinggi. h) Kepala sekolah sudah menerapkan keadilan dalam memimpin. i) Kepala sekolah memiliki ketegasan yang tinggi. j) Kepala sekolah kurang memiliki rasa humor. k) Latar belakang pendidikan kepala sekolah S2 Manajemen Pendidikan UNJ. l) Pengalaman menjabat sebagai kepala sekolah selama 13 tahun. m) Tipe kepemimpinan yang diterapkan situasional.
PENILAIAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP DAFTAR PENILAIAN PELAKSANAAN PEKERJAAN (DP3) GURU SMP NEGERI 1 KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR Hatta, M.
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 1 (2018): IJIEM
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Educational Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.886 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i1.5237

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui baik-buruknya penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru khususnya terhadap Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) Guru. penilaian ini bersifat deskriptif dan untuk pengumpulan data digunakan instrument berbentuk wawancara, angket dan dokumentasi. wawancara ditujukan kepada guru sebagai informan untuk data pendukung dengan jumlah item 14 butir. Sedangkan dokumentasi bertujuan untuk memperoleh arsip, artikel yang berkenaan dengan SMP Negeri 1 Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru pegawai Negeri sipil SMP Negeri 1 kecamatan kubu Kabupaten Rokan hilir yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi, angket yang berisikan pertanyaan tentang penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan hilir. Angket yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk isian tertutup dimana jawaban dari pertanyaan yang diajukan telah disediakan dan responden tinggal memilih salah satu alternatif jawaban tersebut. jawaban yang yang disediakan disusun dalam bentuk 4 alternatif jawaban antara lain: sangat baik, baik, kurang baik, dan tidak baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir Baik, karena skor 70,5% berada dalam rentang 61-80%; dan (2) keseluruhan indikator penafsiran terhadap penilaian kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir Baik, karena skor 70,05% berada dalam rentang 61-80%.
IMPLEMENTASI SISTEM PENATAAN ARSIP DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU Arianto, Karno
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 1 (2018): IJIEM
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Educational Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (799.471 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i1.5511

Abstract

The aim of this study is to investigate the archives management in Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru and to identify its obstacle and supporting factors. The participants of this research were administrator and the vice headmaster. Techniques of collecting data were interviewed, observation and documentation. Analysis of the data used Miles and Huberman model, namely data reduction, data model, and verification of conclusions. This research revealed that: this school has implemented the archives storage using the subject filling system, there was no recorded system for borrowing archives, the staffs has checked the borrowed and returned archives, the finding of the archives used manual system, this school has conducted the maintenance and security of records, the staffs has removed the archives periodically. The obstacle factors were the educational background of head of administration staffs was D3 (Diploma Degree) of Secretary in Bunda Persada Academy, and administration staffs were high school graduate. Supporting factors were infrastructures were sufficient, there was supervision by the headmaster and there was good communication and cooperation between the headmaster and administration staff.
SISTEM PENGELOLAAN PENDIDIKAN FORMAL SMP PLUS PADA PANTI ASUHAN AT-THOIBA PEKANBARU Marzuki, M.
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 1 (2018): IJIEM
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Educational Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.413 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i1.5238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan :1) Gambaran dan penjelasan tentang system pengelolaan pendidikan Formal SMP Plus pada Panti Asuhan At-Thoiba Pekanbaru, 2) penjelasan tentang factor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan pendidikan Formal SMP Plus pada Panti Asuhan At-Thoiba Pekanbaru. System pengelolaan pendidikan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh pimpinan dan seluruh staf pendidik dalam melaksanakan program-program pendidikan untuk mencapai tujuan. Dalam pengelolaan pendididikan disini harus mampu mengembangkan tujuh standar yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar penilaian pendididik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, karena penelitian ini ingin mengungkapkan pelaku actor-aktor sekolah dalam melaksanakan system pengelolaan pendidikan dilingkungan SMP Plus Pada Panti Asuhan At-Thoiba Pekabaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan pengkajian dokumentasi. Sebagai sumber data penulis menetapkan kepala sekolah sebagai key informan, dan guru-guru dan dokumentasi sebagai informasi pendukung. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriftif kualitatif, terdiri dari reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Ketiga kegiatan tersebut saling terkait antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa system pengelolaan pendididikan secara teori dan praktek di Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Plus pada Panti Asuhan At-Thoiba telah dilaksanakan. Namun dalam pelaksanaannnya masih belum berjalan dengan baik yang sesuai dengan tujuan sekolah.
PENGARUH KEPALA SEKOLAH YANG BERJIWA WIRAUSAHA TERHADAP PENGEMBANGAN SEKOLAH Winario, Mohd.; Irawati, I.
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 1 (2018): IJIEM
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Educational Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.421 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i1.5239

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan peradaban bangsa dan negara, dari pendidikan juga akan merubah dunia, sehingga untuk mencapainya, maka pendidikan harus ditata dan dikelola dengan baik dan teratur sesuai dengan fungsi fungsi manajemen, mulai dari  perencanaan, pengorganisasian, melaksanakan, dan fungsi pengawasan, peran pengelola pendidikan disini menjadi penting untuk dilihat bagaimana mereka mengelola pendidikan yang dipimpinnya. Pada Penelitian ini penulis mengambil permasalahan tentang bagaimana pengaruh kepala sekolah yang berjiwa kewirausahaan terhadap pengembangan sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria kepala sekolah sesuai dengan Permendiknas No.13 tahun 2007, memiliki lima dimensi kompetensi, yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial salah satunya adalah memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga setiap kepala sekolah/madrasah haru memiliki jiwa kewirausahaan ini dan Kepala sekolah adalah desicion maker dan regulator merupakan faktor penentu kesuksesan sekolah, sehingga jiwa kewirausahaan kepala sekolah untuk kemandirian dan pengembangan sekolah sangat diperlukan, selain kepala sekolah setiap stakeholder harus bersinergi untuk kemjuan dan pengembangan sekolah.
OPTIMALISASI PENGELOLAAN DAN PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEWUJUDKAN WORLD CLASS UNIVERSITY Mahnun, Nunu
Indonesian Journal of Islamic Educational Management Vol 1, No 1 (2018): IJIEM
Publisher : Indonesian Journal of Islamic Educational Management

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.107 KB) | DOI: 10.24014/ijiem.v1i1.5240

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan tentang implementasi pembelajaran online dan optimalisasi pengelolaan pembelajaran berbasis online diperguruan tinggi Islam dalam mewujudkan world class university. Penulis menyimpulkan bahwa pemanfaatan pembelajaran berbasis online dalam perkuliahan sangat urgen dalam rangka mewujudkan world class university,  oleh karena itu perlu didukung oleh kesadaran akan pentingnya pemanfaatan sistem pembelajaran tersebut dari dosen di lingkungan perguruan tinggi Islam, peningkatan fasilitas dan  penumbuhan budaya terkait pemanfaatan pembelajaran berbasis online dikalangan mahasiswa sangat perlu. Pengelolaan pembelajaran online di beberapa perguruan tinggi Islam perlu  ditangani secara serius dan khusus,  agar pengelolaan pembelajaran berbasis online optimal maka  pengelola harus menjalankan tugas-tugas manajerial pembelajaran berbasis online dengan baik dengan berpegang pada prinsip-prinsip manajerial yaitu; 1) Memprioritaskan tujuan di atas kepentingan pribadi dan kepentingan mekanisme kerja, 2)  Mengkoordinasikan wewenang dan tanggung jawab, 3) Memberi tanggung jawab kepada bawahan harus sesuai dengan sifat-sifat dan kemampuannya, 4) mengenal secara baik faktor-faktor psikologi manusia, dan 5) Relativitas nilai-nilai.

Page 1 of 3 | Total Record : 27