cover
Contact Name
Wahyudin Rahman
Contact Email
wahyu@unismuhluwuk.ac.id
Phone
+6285342453454
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. KH.Wahid Hasyim No 58
Location
Kab. banggai,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
ISSN : 25794744     EISSN : 25812262     DOI : https://doi.org/10.32529/jim
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan konsep ilmu manajemen dan bisnis.
Articles 54 Documents
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PERALATAN KESEHATAN DI PT. KASA HUSADA WIRA JATIM Widyawati, Nur
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.662 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.412

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara individu dan bersama?sama antara variabel bebas harga, promosi dan keamanan barang terhadap variabel terikat keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner sebanyak 50 customer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan objek dalam penelitin ini adalah PT. Kasa Husada Wira Jatim. Volume penjualan PT. Kasa Husada Wira Jatim 5 tahun terakhir yang semakin meningkat, karena adanya beberapa strategi perusahaan yang telah diterapkan demi kelangsungan hidup perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas harga secara individu berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian artinya apabila harga yang ditawarkan sesuai maka customer akan membeli pada perusahaan tersebut. Variabel promosi secara individu berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian artinya apabila perusahaan mampu melakukan kegiatan promosi dengan semakin baik, maka akan semakin meningkatkan pula keputusan pembelian customer. Variabel keamanan barang secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian artinya apabila perusahaan mampu meningkatkan/mengurangi keamanan barang pada jasa penjualan, maka customer belum tentu melakukan pembelian pada perusahaan tersebut. Hasil secara bersama?sama menunjukkan bahwa variabel bebas harga, promosi dan keamanan barang mampu memberikan pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada perusahaan tersebut.
PENGARUH PELAYANAN KARTU PRABAYAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG) Syam, Widiastira Taha
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.662 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.396

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Apakah bukti langsung (tangibles) dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada mahasiswa fakultas Ekonomi UMS. 2) Untuk mengetahui Apakah pengaruh Kehandalan (reliability) terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, pengumpulan data diperolah dengan menggunakan angket berupa pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden untuk diisi dengan keadaan sebenarnya. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna produk Telkomsel sebanyak 40 responden. Sedangkan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan 0,049, dalam penelitian ini digunakan taraf signifikan adalah 0,05 atau 5% berarti 0,049 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh antara variabel bukti fisik (X1), dan variabel kehandalan (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). dari data tersebut bias dilihat bahwa hipotesis (Ha) dapat diterima yaitu adanya pengaruh variabel bukti fisik dan kehandalan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sorong.
PENGARUH MOTIVASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. PERKASA ABADI LUWUK Saudin, La
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.075 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel motivasi kerja, Gaya Kepemimpinan dan Komitmen organisasi secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan CV. Perkasa Abadi Luwuk. Kabupaten Banggai dan untuk menganalisis serta mengetahui apakah dari ketiga variabel tersebut manakah yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan CV. Perkasa Abadi Luwuk. Kabupaten Banggai. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang karyawan CV. Perkasa Abadi Luwuk. Metode penelitian kepustkaan (Library Research), yaitu metode atau teknik penelitian yang dimaksutkan untuk medapatakan teori dari buku- buku / literatur dan tulisan ?tulisan ilmiah yang mempunyai hubungan dengan pembahasan tulisan ini. Untuk metode penelitian menggunakan pendekatan metode penelitian lapangan (Field Research), yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan jalan melakukan kunjungan langsung kelokasi penelitian yaitu kantor CV. Perkasa Abadi Luwuk. Kabupaten Banggai. Untuk mendapatkan data dengan teknik (Accidental Sampling) adalah pengumpulan yang dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Dokumentasi, yaitu pengumpulan data  berdasarkan dokumen ?dokumen dan laporan tertulis lainya yang ada hubunganya dengan penelitian ini dan penyebaran kuesioner. Dan Metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda  dengan mengunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Motivasi kerja (X1), memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) pada CV. Perkasa Abadi Luwuk, secara parsial variabel Gaya kepemimpinan (X2), memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) pada CV. Perkasa Abadi Luwuk, secara parsial variabel Komitmen Organisasi (X3), memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) pada CV. Perkasa Abadi Luwuk. variabel Komitmen organisasi (X3), memberikan pengaruh dominan dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada CV. Perkasa Abadi Luwuk. Kabupaten Banggai. Dari hasil uji ANOVA (Analysis of variant) atau uji F di dapatkan F- hitung sebesar 28.638, dengan nilai F-tabel 52.756 yang berarti terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Motivasi kerja (X1), Gaya kepemimpinan (X2) dan Komitmen  Organisasi (X3), terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada CV. Perkasa Abadi Luwuk. Kabupaten Banggai. Berdasarkan hasil analsis korelasi, diperoleh koefisien korelasi berganda (R) adalah sebesar 0.801 atau 80,1 %, ini berarti bahwa korelasi atau hubungan ketiga variabel yaitu Motivasi kerja (X1), Gaya kepemimpinan (X2) dan Komitmen  Organisasi (X3), terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah kuat. Besarnya koefisien determinasi atau adjust R square sebesar 0.619, sehingga koefisien determinasi  adalah sebesar 64,2 %, ini berarti bahwa sebesar 64,2 %, dari ketiga variabel bebas yaitu Motivasi kerja (X1), Gaya kepemimpinan (X2) dan Komitmen  Organisasi (X3) memberikan kontribusi terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Perkasa Abadi Luwuk. Kabupaten Banggai Kata Kunci : Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan                                                          ABSTRACT This study aims to determine whether the variable work motivation, leadership style and organizational commitment partially and simultaneously have a positive and significant effect on employee performance CV. Mighty Eternal Luwuk. Banggai Regency and to analyze and find out whether of the three variables which have the dominant influence on employee performance CV. Mighty Eternal Luwuk. Banggai Regency. The samples in this study were 52 employees of CV. Mighty Eternal Luwuk. Library research method, which is a research method or technique that is intended to obtain theories from books / literature and scientific writings that have a relationship with the discussion of this paper. For research methods using the approach of field research (Field Research), the research method is carried out by direct visits to the research location namely the office of CV. Mighty Eternal Luwuk. Banggai Regency. To get data with technique (Accidental Sampling) is a collection conducted through questionnaires and interviews. Documentation, which is data collection based on documents and other written reports that are related to this research and the distribution of questionnaires. And the method of data analysis using multiple linear regression analysis method using SPSS. Based on the results of the study showed that partially work motivation variable (X1), had a positive and significant effect on employee performance (Y) on the CV. Perkasa Abadi Luwuk, partially the leadership style variable (X2), has a positive and significant influence on employee performance (Y) on the CV. Perkasa Abadi Luwuk, partially the Organizational Commitment variable (X3), has a positive and significant influence on employee performance (Y) on the CV. Mighty Eternal Luwuk. Organizational commitment variable (X3), provides a dominant and significant influence on Employee Performance (Y) on the CV. Mighty Eternal Luwuk. Banggai Regency. From the ANOVA (Analysis of variant) test or the F test, the F-count was 28,638, with an F-table value of 52,756, which means there was a simultaneous influence between the variables of work motivation (X1), leadership style (X2) and organizational commitment (X3) ), on Employee Performance (Y) on the CV. Mighty Eternal Luwuk. Banggai Regency. Based on the results of correlation analysis, the multiple correlation coefficient (R) obtained is 0.801 or 80.1%, this means that the correlation or the relationship of the three variables namely work motivation (X1), leadership style (X2) and organizational commitment (X3), on performance The employee (Y) is strong. The magnitude of the coefficient of determination or adjust R square of 0.619, so the coefficient of determination of R ^ 2 is 64.2%, this means that at 64.2%, of the three independent variables namely work motivation (X1), leadership style (X2) and commitment Organization (X3) contributes to Employee Performance on the CV. Mighty Eternal Luwuk. Banggai Regency Keywords: Work Motivation, Leadership Style and Organizational Commitment, Employee Performance
ANALISIS KELAYAKAN BISNIS PENGEMBANGAN SEKOLAH BERDASARKAN ASPEK STRATEGI DAN ASPEK KEUANGAN Yanti, Etyca Rizky; Simatupang, Apriani
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.386 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.387

Abstract

Keputusan pengembangan sekolah tentu berkaitan dengan investasi dalam jumlah besar yang berisiko. Dengan demikian untuk meminimalisir risiko dan mengestimasi keuntungan yang mungkin diperoleh, maka suatu studi kelayakan bisnis perlu dilakukan. Studi kelayakan ini harus dilakukan secara tepat dan cermat dengan maksud membantu tugas para estimator dalam menganalisis berbagai aspek kelayakan dan faktor- faktor yang berpengaruh dalam bisnis. Paper ini bertujuan untuk memaparkan Analisis Kelayakan Bisnis pengembangan SMAIT dari aspek strategi dan dari aspek keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dengan mendeskripsikan apakah pengembangan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Istiqomah Balikpapan layak untuk dikembangkan atau tidak yang diukur dari aspek strategi dengan analisis SWOT dan aspek keuangan dengan analisis NPV, IRR, PI dan PP. Hasil temuan yakni Aspek Strategi dengan matriks SWOT dengan Internal Factors menemukan total score 2,9 dan Eksternal Factors dengan total score 2,8. Hasil S-W adalah ?1 dan hasil O-T adalah +0,9 sehingga  melalui analisis SWOT pengembangan sekolah yang dilakukan sebaiknya menggunakan strategi ubah taktik (turn around) artinya strategi lama perlu diubah untuk mencapai peluang/kesempatan yang ada. Aspek Keuangan yang dilakukan dengan analisis NPV diperoleh senilai Rp.18.330.651.900, IRR sebesar 15,11568%, PI lebih besar dari 1 yakni 1,3604 dan PP selama 7,8054 tahun jika dimulai tahun 2019 maka di proyeksikan payback period hingga tahun 2026. Temuan analisis kelayakan aspek keuangan dapat disimpulkan pengembangan bisnis sekolah SMAIT Istiqomah Balikpapan layak diterima. Keywords : studi kelayakan bisnis, SWOT, NPV, IRR, PI, PP.
STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA PASCA PERUBAHAN MENJADI UNIVERSITAS PADA UNIVERSITAS MUSLIM MAROS Hasan, Adnan; Hamid, Nur Asia
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.234 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Universitas Muslim Maros dalam meningkatkan jumlah mahasiswa. Universitas Muslim Maros adalah Universitas yang belum lama berubah dari gabungan tiga Sekolah Tinggi. survey awal menemukan bahwa strategi promosi yang dilakukan adalah strategi Iklan, Personal Selling, Publishitas, dan Word of Mouth. Hasil penelitian ini akan berkontribusi terhadap kekayaan data dan informasi sebagai upaya pengembangan strategi promosi dalam penerimaan mahasiswa tahun selanjutnya. Target khusus dalam penelitian ini yakni menjadi referensi atau rekomendasi atas pentingnya strategi dalam proses penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi yang mengalami perubahan nama institusi. Metode yang digunakan yakni metode observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil uji parsial menunjukkan variabel Word Of Mouth memiliki pengaruh yang paling signifikan yaitu 7.214. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel iklan (X1), Personal Selling(X2), Publishitas(X3), Word Of Mouth (X4)  mempengaruhi variabel keputusan mahasiswa dalam memilih UMMA (Y) sebesar 48,33%        
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH DI KOTA BAUBAU Sujana, I Wayan
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.021 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.428

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah;  2) Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah pada Bank Syariah yang ada di Kota Baubau.  Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank Muamalat dan BNI Syariah di kota Baubau.  Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang nasabah yaitu 50 orang merupakan nasabah dari bank Muamalat dan 50 oarang merupakan nasabah dari bank BNI Syariah.  Jenis data berupa data primer yang bersumber dari kuisioner.  Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji korelasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000;  2) Terdapat korelasi/hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah dengan tingkat korelasi yang kuat sebesar 0,751. 
ANALISIS KOMPETENSI DALAM MEMAKSIMALKAN PELAYANAN PRIMA PADA USAHA RESTORAN DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR SULAWESI BARAT Winowatan, Wim; Suarta, I Putu; Sukaran, Murdiani
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.537 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman pramusaji terhadap pelayanan prima, dan (2) Implementasi uji kompetensi bagi pelaku usaha jasa Restoran di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Populasi penelitian adalah Pemerintah Daerah Polewali Mandar, Masyarakat dan Pelaku Usaha Jasa Restoran (Stakeholder). Metode pengambilan sampel secara purposive sejumah 50 informan, yakni 20 orang berasal dari industry, 5 orang berasal dari pemerintah daerah dan 25 orang berasal dari pramusaji. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan daftar pertanyaan dan dokumentasi. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemahaman pramusaji terhadap konsep pelayanan prima masih kurang sesuai dengan kebutuhan industri. Demikian pula kompetensi yang dimiliki bagi pelaku usaha jasa restoran masih kurang. Dengan demikian diharapkan pemerintah daerah dan Stakeholder dapat melakukan pendekatan kepada pelaku usaha jasa restoran melalui kegiatan sosialisasi tentang pentingnya penerapan  pelayanan prima bagi setiap tamu yang berkunjung di restoran. Demikian pula pengembangan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan dapat diterapkan.  Jika kedua hal tersebut dapat dilaksanakan maka, pelayanan dapat diberikan kepada setiap tamu. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah melalui pajak pada setiap usaha jasa restoran
PENGARUH STRES KERJA TEHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA PT ANGKUTAN SUNGAI DANAU DAN PENYEBRANGAN INDONESIA FERRY KOTA SORONG ., Musdalifah
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 3, No 2 (2019): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.667 KB) | DOI: 10.32529/jim.v3i2.408

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui Stress kerja berpengaruh tehadap prestasi kerja pegawai pada PT Angkutan Sungai Danau Dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah Keseluruhan pegawai PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Sorong yaitu 30 orang. Sedangkan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data peneitian dengan menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Koefisien Variabel Stress Kerja (X) adalah 0,118 sedangkan konstanta adalah 42,061 , dengan demikian dapat diperoleh regresi Y= 42,061 + 0,118X. Stress Kerja memberikan pengaruh terhadap prestasi kerja pegawai. Hasil analisis menunjukkan stress kerja berpengaruh secara positif dansignifikan terhadap kinerja karyawan PT. ASDP Indonesia Ferry Kota Sorong dengan nilai 0,688, dalam penelitian ini digunakan taraf signifikan adalah 0,05 atau 5%. Berarti 0,688 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yaitu adanya pengaruh stress kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LUWUK RAHMAN, WAHYUDIN
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.105 KB) | DOI: 10.32529/jim.v1i2.33

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan secara simultan mengenai kualitas layanan dan citra institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen dan kuesioner. Penelitian ini dilaksanakan pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk, dengan 236 responden sebagai sampel yang diperoleh dengan menggunakan Rumus Sloven. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif yang menjelaskan data penelitian dan deskripsi penelitian, sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa secara simultan maupun secara parsial variabel kualitas layanan dan citra institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Unismuh Luwuk, serta berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Luwuk adalah kualitas layanan.
ANALISIS RASIO PROFITABILITAS LAPORAN LABA RUGI PADA HOME INDUSTRI CITA RASA PAGIMANA KABUPATEN BANGGAI BOTUTIHE, NUR'ATNI
Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) Vol 1, No 2 (2017): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.908 KB) | DOI: 10.32529/jim.v1i2.29

Abstract

Home Industri Cita Rasa Pagimana merupakan salah satu UKM yang sudah terkenal dimasayarakat kabupaten Banggai. Usaha ini merupakan usaha rumah tangga yang bergerak dalam usaha aneka olahan ikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh analisis rasio profitabilitas terhadap laba rugi home industri cita rasa pagimana. Dari hasil laporan laba rugi dari bulan Januari 2016 sampai dengan bulan Juni 2016 diketahui bahwa laba tertinggi berhasil dibukukan perusahaan pada bulan Juni 2016 dengan total penjualan bersih sebesar Rp. 114.522.000 dan laba bersih sebesar Rp. 17.292.000. sementara laba bersih terendah diperoleh pada bulan Mei 2016 sebesar Rp. 3.329.000, hal ini dikarenakan pada saat itu penjualan memang meningkat sebesar Rp. 98.654.000,- namun manajemen tidak mampu mengendalikan tingginya biaya operasional perusahaan, sehingga mempengaruhi laba yang diperoleh. Dari hasil perhitungan net profit margin diketahui bahwa nilai persentase tertinggi diperoleh pada bulan Januari 2016 dengan nilai net profit margin sebesar 19,83%, hal ini menunjukkan bahwa pada bulan tersebut perusahaan atau manajemen mampu mengoperasionalkan perusahaan dengan produktif, dimana nilai produksi meningkat serta biaya produksi yang dikeluarkan sangat efisien. Nilai net profit margin terendah diperoleh pada bulan mei 2016 sebesar 3,37% hal ini terjadi karena tingginya biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Secara keseluruhan dari hasil net profit margin diketahui bahwa kemampuan menghasilkan laba dari home industri cita rasa pagimana masih sangat rendah, nilai persentase terbaik jika berkisar pada angka 30% untuk usaha industri.