cover
Contact Name
Taqiudin
Contact Email
akademikstaid@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
akademikstaid@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 25022474     EISSN : 26141612     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan yang memiliki perhartian dan konsen dengan isu-isu Pendidikan Klasik dari masa klasik – modern.
Arjuna Subject : -
Articles 45 Documents
THE USE OF STUDENT-CENTERED ADVOCACY LEARNING APPROACHES IN IMPROVING STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT IN SOCIAL STUDIES SUBJECTS CLASS VIII AT MTS. NURUSSALAM TETEBATU SIKUR SUB-DISTRICT TA. 2019/2020 Lisnawati, Lisnawati
AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 5 No 1 (2020): Education
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknik mengajar yang bermakna memiliki peranan penting dalam proses balajar mengajar sehingga dapat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa, untuk itu guru dapat memilih dan menentukan pendekatan dan metode yang disesuaikan dengan kemampuan, keadaan siswa serta keadaan sarana dan prasarana  sebagai penunjang  proses belajar mengajar. Salah satu model pendekatan yang dapat ditempuh oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran advokasi berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Penggunaan Pendekatan Belajar Advokasi Berpusat pada Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif True Experimental Desaign, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Nurussalam Tetebatu yang berjumlah 66 orang siswa, dan teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung = 2,71, sedangkan harga t tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan df = 64 yang diperoleh dari penjumlahan sampel kelas kontrol 33 orang siswa dan kelas eksperimen 33 orang siswa dikurangi dengan 2 (n-2), sehingga diperoleh F tabel = 1,67. Karena harga t hitung lebih besar dari pada t tabel untuk taraf kesalahan 5%, maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan advokasi berpusat pada siswa.
PENDIDKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI Afriani, Andri
AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 5 No 1 (2020): Education
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In the globalization era, Islamic education must prepare a strategy in meeting the challenges of globalization which is very complex. To deal with such problems, there are some innovative steps in the form of changing the vision, mission and goals. Integrating the approach model and learning method that combines a behaviorism approach with a constructive approach that is godly valid. Using management that combines systems and infrastructure approaches with approaches that are valid in human behavior. By reintroducing the vision and mission and objectives of Islamic education in a comprehensive manner. This is important to do, because so far the world community has not known Islamic education as a whole and transparently. The impact of globalization that already exists before us various kinds of models there are 'positive' for easy living, comfortable, cheap, beautiful, advanced. There is also a negative impact that is causing anxiety, suffering and misdirection. Whereas Islamic Education is an Islamic-based education and is a system that has several interrelated components, for example the aqeedah, shari'ah and moral system which includes the effective, cognitive, and psychomotor domains, to prepare humans to live perfectly and happily.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS Alwan, Muhammad
AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 5 No 1 (2020): Education
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran cooperative learning tipe rotating trio exchange terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel  yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas VIIIb 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIc 27 siswa sebagai kelas kontrol. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes. Analisis yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai  = 5,069 pada taraf  signifikan 5% diperoleh dengan derajat kebebasan (dk) 27 - 2 =25 adalah 2,052, karena nilai  >  (5,069 > 2,052) maka hipotesis nihil  ditolak dan hipotesis alternatif  diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran cooperative learning tipe rotating trio exchange terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Dan adapun persamaan regresinya adalah ? = 8,621 + 0,744x dan yang bisa diterangkan oleh model sebesar 50,7%.
THE THE COMPARATIVE STUDY BETWEEN USING FACTOR TREE TECHNIQUE AND TABULAR TECHNIQUE IN DETERMINING GREATEST COMMON DIVISOR (GCD) AND LEAST COMMON MULTIPLE (LCM) Silfiana, Rifqi
AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 5 No 1 (2020): Education
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The objectives of the research were to find out the profile of the students learning result using factor tree technique, to find out the profile of the students learning result using tabular technique, and to find out the difference between students learning result implementing factor tree technique and tabular technique in determining Greatest Common Divisor (GCD) and Least Common Multiple (LCM) at the 5th-grade students of MI Al Ma?arif Kebumen village, Banyubiru district, Semarang regency. This research was quantitative research with quasi-experiment design. The research population was 54 students. Its samples were 5th-grade students of A as the first experimental class while 5th-grade students of B as the second experimental class. The instruments were pre-test and post-test of the students learning result, and the observation sheet. The technique of data analysis was descriptive statistical analysis and inferential statistic. The research showed that in the first experimental class the mean of pre-test was 42,59 and the post-test mean was 60,96. Thus, in the second experimental class the pre-test mean was 41,15 and the post-test mean was 83. Based on the result of inferential analysis was tcount in the mount of 6,4787 and ttable as big as 2,6737 with  99% level of trustiness and 1% level of error, because tcount > ttable  consequently H1 was accepted and H0 was rejected. It meant there was significant difference between students learning result using factor tree technique and tabular technique in determining Greatest Common Divisor (GCD) and Least Common Multiple (LCM) at the 5th-grade students of MI Al Ma?arif Kebumen village, Banyubiru district, Semarang regency.  
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Munir, Muhammad; Sholehah, Hijriati
AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 5 No 1 (2020): Education
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam Permendiknas No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi mata pelajaran matematika, yaitu menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, kreatif, cermat dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah. Sesuai dengan tujuan tersebut, diharapkan guru dapat membimbing dan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika sesuai dengan caranya masing-masing. Namun, pembelajaran pemecahan masalah di sekolah-sekolah masih banyak mengalami hambatan sehingga perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran yang mampu melatih siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Pendekatan matematika realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang menekankan pada aktivitas siswa dan berpijak dari hal yang riil (kontekstual) bagi siswa. Berdasarkan analisis kajian dari jurnal-jurnal hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan motivasi, minat dan antusias belajar siswa, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar siswa serta pembelajaran matematika realistik cocok digunakan untuk meningkatkan  kemampuan pemecahan masalah matematik pada ketiga level sekolah baik itu level sekolah rendah, sedang, dan tinggi.
STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK DI MI NAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG AIKMEL husairi, Husairi
AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 5 No 1 (2020): Education
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pemilihan metode pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. kooperatif learning tipe Jigsaw dan Word Square dapat dijadikan metode alternatif untuk mendorong peserta didik aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan antara metode Jigsaw dan Word Square dalam mengembangkan kemampuan kognitif dan afektif peserta didik di MI NW 1 Kembang Kerang Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif  eksprimen yang yang sangat kuat mengukur hubungan sebab akibat, dan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalen Control Group Design. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 61 peserta didik, 31 kelas Va dan 30 kelas Vb. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas dan uji t. Hasil uji hipotesis untuk kemampuan kognitif peserta didik yaitu menggunakan rumus independent-sample t test, melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, sig. (2 tailed) 0,00 < ?= 0,05 dengan hasil uji t (t hitung > t tabel = 4,513 > 2,001). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan pada pengujian kemampuan afektif peserta didik juga menggunakan rumus independent-sample t test, melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, sig. (2 tailed) 0,00 < ?= 0,05 dengan hasil uji t (t hitung > t tabel = 4,6201 > 2,043751 ) maka Ha diterima, sehingga kesimpulannya ada perbedaan signitifikan kemampuan kognitif dan afektif peserta didik antara metode Jigsaw dengan metode Word Square di MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur.
IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA SISWA KELAS I DI MIN 1 JOMBANG TAHUN AJARAN 2018-2019 aminah, siti
AL-Muta'aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 5 No 1 (2020): Education
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi di MIN 1 Jombang, prestasi belajar  siswa kelas I dalam pembelajaran Tematik Integratif relatif menurun, disebabkan oleh guru yang hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian dalam proses pembelajaran menggunakun media gambar. Fokus dalam penelitian ini adalah  Implementasi penggunaan media gambar pada Pembelajaran Tematik, faktor kesulitan Pembelajaran Tematik Integratif siswa di Kelas I MIN 1 Jombang, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Kelas I MIN 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah prosedur penelitian ini adalah Reduksi data, Display data, Coding data, Interpretasi data, dan Pengambilan kesimpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Implementasi media gambar pada pembelajaran tematik yaitu dengan cara : menyiapkan gambar sesuai dengan materi dan memperlihatkan gambar-gambar saat proses pembelajaran, (2) Faktor-faktor kesulitan dalam pembelajaran tematik Integratif adalah: (a) Keterbatasan pengetahuan dan kemampuan guru; (b) Bahan ajar yang tersedia masih menggunakan pendekatan mata pelajaran;  (c) Bahan ajar tematik masih bersifat nasional (d) sarana pendukung yang tidak memenuhi syarat; (e) Jadwal yang menggunakan mata pelajaran. (3) Upaya mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MIN 1 Jombang adalah mengulangi materi pelajaran dan memberikan latihan atau tugas.
BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTS NEGERI BATU DAN SMP AR-ROHMAH PUTRI MALANG, JAWA TIMUR Harmonika, Sri
AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2016): Pendidkan Kajian Tokoh
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.369 KB)

Abstract

Organizational culture is one of the aspects that determine the success of an organization. Cultures distinguish people from one another in how to interact and act complete a job. Cultural binding members of the community into one unified view of creating uniformity behave or act. Culture will affect the performance and behavior of the organization, one of which affects the increase in teacher performance. Improved performance of teachers is a must for educational institutions who wish to survive all time, because teachers in educational institutions is the key to the success of the learning process. This study aimed to analyze and examine (1) the type of teacher performance and other forms of organizational culture that develops in improving the performance of teachers at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Malang, (2) the development of organizational culture in improving the performance of teachers in MTs Stone and SMP Negeri High School Ar-Rohmah Malang, (3) the impact of organizational culture in improving the performance of teachers at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Malang. This study used a qualitative approach with case study design multikasus. Data collection method is observation, interview and documentation. Data were analyzed using data analysis Miles and Huberman model that includes four components: data collection, data reduction, data presentation and conclusion. Checking the validity of the data using Credibility, Transferbility, Dependebilitas, and confirmability. The results of this research: 1) The shape of the cultural values of the organization that developed at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah daughter Malang, among others, the motivation need of power and the need for achievement, discipline, unity, obedience, pray, adab studying, mutual respect 2) The process of cultural development organization in improving performance both school teachers conducted by five phases namely a) the desire of change is based on the value transendent / religious leader and a strong desire; b) preparing (preparation) through the [1]development of systems and cultural mindset; c) unfreezing (liquefaction) is done through continuous socialization, coaching cadre and non-cadre, as well as reward and punishment; d) movement (move) through motivation and encouragement; e) Refreezing (freezing) through a process of habituation and commitments 3) The impact of organizational culture in improving teacher performance both schools a) For the teacher began to grow the value of labor discipline, growing mutual respect and appreciate, b) For students begin to grow more diverse both academic achievement and non-academic c) For the community began to grow interest and public trust. 
NILAI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN Nursyamsu, Nursyamsu
AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2016): Pendidkan Kajian Tokoh
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1197.785 KB)

Abstract

The Quran in it contained many educational values that can be picked from a paragraph to paragraph in the letter and juz. The value of education in the Quran or being able to adapt with the times. The value of an education in the Quran that is stories of the prophets and giving examples such as the Prophet Ibrahim, Ismail and the Lukmanul Hakim recounted in the Quran Luqman verse 13 and ash-Shaffat verse 102. The interpretation of the verses is the content of the educational values, all values that can be obtained through science, the science of education.
PEMIKIRAN PENDIDIKAN IKHWAN AL-SHAFA Izzati, Himayatul
AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 1 No 1 (2016): Pendidkan Kajian Tokoh
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1133.437 KB)

Abstract

The science of education is essentially a series of long experience of human activities throughout history education systematically arranged so easily understood, tested, applied and then developed from generation to generation. So that the concepts and theories of education that exist now or in the future, be developed in the future by experts in essence an attempt to continue thinking, experience and building a culture that has been developed by previous generations. For that examines the thinking of scholars, philosophers and scholars who are experts in the field of education remains a relevant activity in an effort to find the right education and the formulation can be applied in the present and in the future. This paper seeks to identify more concretely about who and how the formulation of educational thought of Ikhwan al-Safa, especially with regard to the role, dedication, ideas and contribution in developing a system and a new order of thought of Islamic education for the empowerment of its time, shown through their existence as a form of actualization of social function.