cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
UPAJIWA DEWANTARA
ISSN : 26140888     EISSN : 25804553     DOI : -
Core Subject : Economy,
Upajiwa Dewantara merupakan jurnal yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Upajiwa Dewantara menerbitkan artikel yang melaporkan hasil penelitian dan hasil pemikiran dari berbagai bidang yang berkaitan tentang ekonomi, bisnis dan manajemen. Jurnal Upajiwa Dewantara menerima naskah dari berbagai kalangan yang memenuhi syarat penulisan ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi, bisnis dan manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
UKM DALAM PERSAINGAN DI ERA GLOBALISASI EKONOMI Faizah, Nur Hasanatul
UPAJIWA DEWANTARA Vol 3, No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.4378

Abstract

AbstrakGlobalisi ekonomi merupakan proses kegiatan ekonomi secara global yang melibatkan negara-negara di dunia. Adanya perdagangan bebas di era globalisasi ekonomi saat ini, UMKM ?Hunay? dituntut untuk melakukan strategi-strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi oleh UMKM dan strategi yang harus dilakukan pelaku UMKM agar mampu memenangkan persaingan yang begitu ketat di tengah arus globalisasi ekonomi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder yakni melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM bawang merah ?Hunay? mampu mengahadapi persaingan di tengah globalisasi ekonomi, terbukti wilayah pemasaran produknya bukan hanya di Probolinggo, namun sudah sampai luar kota bahkan telah menembus pasar luar negeri. Faktor agar UMKM tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan, yakni UMKM harus terus melakukan inovasi, meningkatkan teknologi, dan memperluas jaringan bisnis agar dapat menguasai pangsa pasar.Kata Kunci: UMKM, Daya Saing, Globalisasi Ekonomi.
PERSEPSI KUALITAS LAYANAN PENGUNJUNG CANDI PRAMBANAN (STUDI KOMPARASI WISATAWAN LOKAL DAN MANCANEGARA) Nasution, Olivia Barcelona
UPAJIWA DEWANTARA Vol 3, No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.5399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh masing-masing dimensi kualitas layanan (bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan) terhadap kepuasan pengunjung Candi Prambanan serta dampaknya terhadap minat berkunjung kembali ke Candi Prambanan. Lebih lanjut, penelitian ini akan mengungkapkan apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan dan minat berkunjung kembali ke Candi Prambanan pada wisatawan lokal dan mancanegara. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yaitu dengan menguji hipotesis yang dirumuskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan survei. Penelitian ini menggunakan teknik penyampelan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan penilaian terhadap beberapa karakteristik anggota sampel yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS versi 23. Alat analisis menggunakan regresi berganda untuk pengujian hipotesis 1-5, analisis regresi sederhana untuk pengujian hipotesis 6 dan menggunakan uji independent sample t-test untuk pengujian hipotesis 7 dan 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua dimensi kualitas layanan terbukti berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Kedua, kepuasan pengunjung terbukti berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Terakhir, tidak ditemukan perbedaan tingkat kepuasan dan minat berkunjung kembali pada dua kelompok wisatwan yaitu wisatawan lokal dan mancanegara.
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS KONSUMEN SUPERMARKET MIROTA KAMPUS GODEAN welsa, henny; Mutaqin, Rohandi
UPAJIWA DEWANTARA Vol 3, No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.5119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merek parsial dan kualitas layanan terhadap kepercayaan konsumen. Untuk menguji pengaruh citra merek secara simultan dan kualitas layanan terhadap kepercayaan konsumen. Untuk menguji pengaruh citra merek parsial dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen di Supermarket Mirota Campus Godean. Untuk menguji pengaruh citra merek secara simultan, kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas konsumen Kampus Mirota, Supermarket Godean. Untuk menguji apakah kepercayaan dapat memoderasi pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen di Mirota Campus Godean Supermarket. Variabel penelitian ini adalah citra merek, kualitas layanan, kepercayaan dan loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Supermarket Mirota Campus Godean yang jumlahnya tidak dapat diketahui, sehingga jumlah sampel menurut rumus Slovin sebesar 97,6 dibulatkan menjadi 100 responden. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh citra merek dan kualitas layanan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Citra merek dan kualitas layanan secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen di Supermarket Mirota Campus Godean. Citra merek, kualitas layanan, dan kepercayaan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Citra merek, kualitas layanan, dan kepercayaan secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Mirota Campus Godean Campus Trust mampu memediasi hubungan pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. Kepercayaan mampu memediasi hubungan pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen
PENGARUH ENVIRONMENTAL UNCERTAINTY, ENTREPRENEURIAL ORIENTATION, PENGAMBILAN RESIKO BERINOVASI, KOMITMEN TERHADAP KINERJA ORGANISASI wasiati, hera
UPAJIWA DEWANTARA Vol 3, No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.4824

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh Environmental Uncertainty, Entrepreneurial orientation, Pengambilan Resiko berinovasi, dan Komitmen Organisasi, Terhadap Kinerja Organisasi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuisioner, dengan populasi manajer dan karyawan perusahaan kecil dan menengah di wilayah Yogyakarta.  Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purpusive sampling, sehingga di dapatkan data sebanyak 192 kuisioner yang dapat digunakan untuk pengujian hipotesis.  Pengujian hipotesis menggunakan Path analisys. Hasil penelitian menunjukkan dari 7 hipotesis yang diuji 5 hipotesis dapat didukung secara statistik sedang 2 Hipotesis tidak didukung secara statistik. Hasil penelitian ini secara umum dapat menjelaskan fenomena disruption yang terjadi sekarang ini mempengaruhi variabel-variabel yang diteliti dan bermuara pada kinerja organisasi serta kepuasan karyawan. Key Word :  EU, Risk Inovation, Organizational Performance, Satisfaction
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Wardani, Rehania
UPAJIWA DEWANTARA Vol 3, No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.5284

Abstract

(Yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2017)
PROCESS, PEOPLE, PLACE DAN LOYALITAS WISATAWAN ASING STUDI KASUS COMMUNITY BASED TOURISM (CBT) “BEACH BOYS KUTA” DI KUTA, LOMBOK, NUSA TENGGARA BARAT wulanjaya, abdurrahman ihtifazhuddin
UPAJIWA DEWANTARA Vol 3, No 2 (2019): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26460/mmud.v3i2.6044

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses, people dan place dengan Beach Boys sebagai pelaku bisnis terhadap tingkat loyalitas wisatawan asing sebagai pengguna jasa dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Lokasi penelitian di kawasan wisata Pantai Kuta, Lombok. Sampel sumber data sebanyak 100 orang wisatawan asing yang pernah berkunjung sebanyak dua kali kunjungan atau lebih. Analisis penelitian menggunakan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh Process, People dan Place sebesar 96%. Loyalitas Wisatawan dipengaruhi oleh Process, People dan Place sebesar 72%. Berdasarkan hasil output SmartPLS dapat dilihat bahwa Tottal Effect yang paling besar pada saat variabel intervening dipengaruhi oleh loyalitas wisatawan. Artinya bahwa para wisatawan yang datang ke kuta Lombok berperan terhadap loyalitas. Process berpengaruh positif dan berperan terhadap loyalitas dan kepuasan wisatawan. People berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap Loyalitas dan kepuasan wisatawan. Place lebih berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas dan kepuasan wisatawan. Kata Kunci :CBT Beach Boys, Process, People,Place, Kepuasan dan loyalitas.
PINJAMAN BERGULIR, KREDIT MACET SERTA EFEK MODERASI PENDAMPINGAN Astuti, Andri Yuni
UPAJIWA DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.261 KB)

Abstract

This study aims to determine the Revolving Loans and Non-Performing Loans (NPL) its impact on Profit Unit of the Community Self-Supporting Institutions Bangunkerto village, Sleman, Yogyakarta, with Mentoring as its moderating effect. The method used in this research is descriptive analysis and inferential analysis. Data collection in the form of a questionnaire for primary data, and Revolving Loans and NPL Reports for secondary data. Subject of primary data in this study was manager of Community Self-Supporting Institutions. Structural Equation Modeling based variance using in this research with SmartPLS application version 3.2.3. The results of this study indicate that the Revolving Loans significant positive effect on Profit Unit with a coefficient parameter of 0.476 and      P-Value 0.000 <= 0.05, NPL is not proven effect on the variable Profit Unit, NPL is not proven effect on Revolving Loans, Mentoring does not affect to the profit unit, NPL with moderating effects Mentoring negatively affect on Profit Unit with a coefficient parameter of -0.306 and P-Value of 0,013 < = 0.05.  Keywords: Revolving Loans, Non-Performing Loans, Profit Unit, Mentoring.
KEPUTUSAN PEMBELIAN BERBASIS BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF DESAIN Solikhah, Puji; Lukitaningsih, Ambar
UPAJIWA DEWANTARA Vol 1, No 2 (2017): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.126 KB)

Abstract

This study aims to: 1) Determine the influence of brand image and service quality on purchasing decisions 2) Knowing the interaction effect of the design to the purchasing decision. This research was conducted at the Art Shop Borobudur Silver in Magelang, populations are consumers who buy at Borobudur Silver Art Shop Magelang, sampling used purposive sampling technique. The analytical tool used Patial Least Square (PLS), the SEM-based variance, with software SmartPLS 3.0. The results showed that: 1) Brand Image (X1) positive and significant impact on the purchase decision (Y) in the Art Shop Borobudur Silver Magelang proved the value P.Sig (0.000). 2) Quality of Service (X2) positive and significant impact on the Purchase decision (Y) in the Art Shop Magelang Borobudur Silver proved the value P.Sig (0000) .3) Brand Image (X1) and Quality of Service (X2) positive and significant impact on the purchase decision (Y) in the Art Shop Borobudur Silver Magelang proved the value P.Sig (0000). 4) Design (Z) does not moderate the effect of Brand Image (X1) of the Purchase Decision (Y) at the Art Shop Borobudur Silver, Magelang. This can be seen from P Values 0834 (> 0.05) and the coefficient parameters -0016 (Tstatistik0.194 <Ttabel 1661).Keywords: brand image, quality of service, design, purchasing decisions
KECENDERUNGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI TRIGGER TURNOVER Saputra, Raditya Adi
UPAJIWA DEWANTARA Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.887 KB)

Abstract

The purpose of this study are: (1) To determine the effect of job satisfaction on turnover intention; (2) To determine the effect of work stress on turnover intention; (3) To determine the effect of compensation on turnover intention; (4) To determine the effect of organizational climate on turnover intention; and (5) To determine the stress of work, compensation, organizational climate and job satisfaction effect on turnover intention. The population in this study are employees of the Cooperative KOKAPURA AVIA totaling 180 people, while employees who have worked more than three years as many as 128 people. Samples were taken 97 people. The technique of collecting data using questionnaires. The analysis used is multiple regression analysis and path analysis using PLS 3.0 Smart program. Based on the results of the study concluded that: (1) Job satisfaction significantly influence employee turnover intention; (2) Work stress significantly influence employee turnover intention; (3) Compensation incentives significantly influence employee turnover   intention; (4) organizational climate significantly influence employee turnover intention; and (5) Work stress, incentive compensation, organizational climate and job satisfaction simultaneously significantly influence employee turnover intention.Keyword: work stress, incentive compensation, organizational climate, job satisfaction, turnover intention
DESA WISATA SEBAGAI COMMUNITY BASED TOURISM Nugroho, Dhimas Setyo
UPAJIWA DEWANTARA Vol 1, No 2 (2017): UPAJIWA DEWANTARA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.161 KB)

Abstract

Abstract The concept of community-based tourism in the dome house tourism village has succeeded in becoming a tool to trigger the development of the dome house resident and its environment. All of the development can be obviously seen from the economic, social, cultural, environmental and political aspects with a very enthusiastic participation of the resident. The rapid development of the resident and their high participation can emerge a strategy to make the tourist village survive from the tourism industry competition. In this case, the author found that there is a connection between the high level of community participation and the rapid development as the result of it.  Therefore, the more the resident willing to participate, the more it will affect the development of the resident and its environment. This research uses qualitative method. The data were obtained by conducting interview, observation, and documentation. After those steps, the data were processed by interactive and SWOT analysis. Then, questionnaire was used to validate the data towards 21 residents. Keyword: Community Based tourism, Ladder of participation

Page 1 of 4 | Total Record : 34