cover
Contact Name
Susilo
Contact Email
neo.meld@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsolma@uhamka.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal SOLMA
ISSN : 2252584x     EISSN : 26141531     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal SOLMA dikelola dan diterbitkan oleh LPPM UHAMKA.
Arjuna Subject : -
Articles 175 Documents
PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA KELAS (CLASSROOM LANGUAGE) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SMK JAKARTA PUSAT 1 JAKARTA: - Martriwati, Martriwati; Setyani, RR Sri; Sari, Heni Novita; Kaniadewi, Nita
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.645

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatan wawasan dan keterampilan bahasa Inggris guru-guru SMK Jakarta Pusat 1 khususnya dalam penggunaan bahasa kelas atau Classroom Language. Target luaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah supaya kemampuan guru dalam menggunakan classroom language bisa meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas dalam rangka menghadapi rencana jangka panjang sekolah untuk mendirikan kelas dwi bahasa dapat terlaksana sesegera mungkin. Pelatihan ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Jakarta Pusat 1 yang berlokasi di Jl. Abdul Muis Jakarta Pusat dan dilakukan selama 4 hari dimulai dari tanggal 26 Desember hingga 29 Desember 2016. Materi pelatihan berisikan konsep Classroom Language, jenis-jenis Classroom Language dan bagaimana mengucapkan Classroom Language tersebut dengan benar. Semua materi pelatihan disampaikan secara interaktif dimana peserta pelatihan terlibat aktif dalam setiap kegiatan hingga praktek role play penggunaan Classroom Language di  depan peserta lain dalam kelompok. Hasil dari kegiatan pelatihan melalui post test yang diberikan baik secara tulisan maupun praktek menunjukkan ada peningkatan yang signifikan di beberapa kompenen Classroom Language yaitu di kegiatan opening(Greeting) dan Penutup. Pada kegiatan inti, peningkatan yang terjadi tidak begitu signifikan terjadi karena peserta pelatihan fokus pada penyampaian materi dalam bahasa Indonesia sehingga seringkali lupa mengucapkan Classroom Language seperti memberikan perintah (command), permintaan (request) atau menegur siswa ketika situasi itu memungkinkan.
PELATIHAN KETRAMPILAN MEMBATIK BAGI PARA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS SISINGAMANGARAJA KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR: - Arini, Novanita Whindi; Abdullah, Kusmajid
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.655

Abstract

Perlombaan membatik untuk tingkat SD dilaksanakan setiap tahun di wilayah DKI Jakarta. Namun pemahaman tentang batik pada guru SD masih kurang. Hal ini terjadi karena keterbatasan anggaran untuk mengikuti pelatihan membatik dan waktu yang terbatas untuk belajar membatik di galeri menjadi permasalahan. Kegiatan meliputi pengetahuan dan pengenalan tentang batik, pelatihan membuat pola, mencanting, dan mewarnai dengan teknik pencelupan. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan selama dua hari tersebut. Mereka mengharapkan adanya pelatihan serupa bagi mereka yang dapat menunjang kinerja mereka sebagai guru yang harus memberikan ketrampilan tambahan kepada para siswanya. tidak memiliki ketrampilan yang memadai untuk melakukan bimbingan pada siswa yang akan mengikuti lomba membatik,
PELATIHAN PENGELOLAAN OBAT YANG TEPAT DAN BENAR DI UKS SEKOLAH-SEKOLAH MUHAMMADIYAH WILAYAH DKI JAKARTA: - Yati, Kori; Hariyanti, Hariyanti; Dwitiyanti, Dwitiyanti; Lestari, Pramulani Mulya
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.656

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan agar para guru mampu mengelola obat yang tepat dan benar di UKS sekolah-sekolah Muhammadiyah Wilayah DKI Jakarta. Adapun manfaat dari pengabdian ini agar dapat meningkatkan derajat kualitas kesehatan di lingkungan sekolah.  Target yang dicapai adalah peningkatan pemahamam para guru penanggung jawab UKS SD, SMP, SMA wilayah PWM DKI Jakarta dengan cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang Obat (DAGUSIBU) sehingga dapat meningkatkan derajat kualitas kesehatan di lingkungan sekolah tersebut Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan cara yang sederhana yakni dengan metode ceramah (pemberian materi) dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Dengan mengucapkan bismillahirrahmaanirrahiim, kami tim pengabdian masyarakat mengharapkan doa restu agar niat kami dalam pengabdian masyarakat mendapat persetujuan, kelancaran dan kemudahan dalam upaya peningakatan pengetahuan dan pemahamam para guru penganggung jawab UKS SD, SMP, SMA wilayah PWM DKI Jakarta.
PELATIHAN PERHITUNGAN ARAH QIBLAT DAN AWAL WAKTU SHALAT SESUAI STANDAR KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DI KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH: - Iman, Ma'rifat; Tricahyono, Tricahyono; Mariza, Fira
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.658

Abstract

Terbentuknya kader-kader Muhammadiyah yang memahami dan mahir perhitungan falakiyah, khususnya perhitungan waktu-waktu ibadah (arah qiblat dan waktu-waktu shalat). Sedangkan manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini Terjalinnya kerjasama dengan para mitra kerja, yang dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan lainnya di masa mendatang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah memberikan motivasi, memberikan wawasan umum dan dasar-dasar ilmu falak tentang letak geografis suatu tempat di permukaan bumi, dan memberikan ilmu perhitungan arah qiblat dan waktu-waktu shalat, serta praktik pengukuran arah qiblat. Hasil atau luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini Antara lain terdapat 70% (35 orang dari 50 orang) peserta pelatihan mampu melakukan perhitungan arah qiblat dan mempraktikkan pengukurannya; sekurang-kurangnya 60% (30 orang dari 50 orang) peserta pelatihan mampu menghitung awal waktu shalat dengan mempraktikkan software winhisab yang menjadi standar Kementerian Agama Republik Indonesia.
PENDAMPINGAN ORANG TUA MEMBIMBING MATEMATIKA ANAK DI JATILUHUR, JATIASIH, KOTA BEKASI: - Purwanto, Sigid Edy; Kurniasih, Meyta Dwi
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.659

Abstract

Kampung Pedurenan sebagai kampong metropolis dengan wilayah geografis dekat perbatasan dengan Ibukota Jakarta. Kampung Pedurenan dituntut untuk serius menata sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan pendidikan sebagai prioritas utama. Pengembangan pendidikan pembelajaran vital terhadap peningkatan SDM adalah pembelajaran Matematika. Pentingnya matematika sebagai alat bantu sebagai pembimbing pola maupun sebagai pembentuk sikap. Oleh karena itu, pendidikan matematika mempunyai peran yang strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industrialisasi dan globalisasi. Permasalahan yang dihadapi di Kampung Pedurenan berupa orang tua mempunyai keterabtasan kemampuan dalam membimbing belajar matematika anak, anak mengalami kesulitan dalam memeahami pelajaran matematika, orang tua tidak percaya diri membimbing belajar matematika anak, belum banyak yang paham bahwa pendidikan yang baik berawal dari rumah, dan kesadaran yang kurang bagi masyarakat akan pentingnya memperoleh pendidikan yang berkualitas. Dari permasalahan prioritas mitra maka metode pelaksanaan yang diberikan berupa melatih orang tua dalam merencanakan  dan melaksanakan pendampingan belajar matematika anak, membantu keterbatasan siswa secara tidak langsung  melalui orang tua  masing-masing dalam mempelajari  matematika, dengan metode memperkaya wawasa orang tua  tentang pembelajaran matematika yang menarik untuk anak,  membangun  keakraban dan kesadaran orang tua  akan pentingnya pendidikan anak terutama matematika, memotivasi orang tua siswa untuk memberikan  kesempatan  dan memberikan kesempatan  dan dukungan  bagi putra-putri untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Hasil PKM Pendampingan didapatkan orang tua memperoleh keterampilan dan pengetahuan tentang matematika dan bagaimana mengajarkan matematika, orang tua mendapat kesempatan untuk bertukar pengalaman, wawasan dan informasi dengan dosen dalam rangka  meningkatkan mutu pendidikan anak dan bagaimana meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis anak, tumbuh kesadaran bermatematika di kalangan orang tua sehingga orang tua tidak perlu terlalu banyak bergantung kepada guru bimbel untuk membantu belajar matematika.
PELATIHAN PENULISAN JURNALISTIK DAN NASKAH KEHUMASAN BAGI SISWA-SISWI SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA SELATAN: - Praptiningsih, Novi Andayani; Rohim, Syaiful
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.660

Abstract

Pengabdian dan Pemberdayaan pada Masyarakat berupa pelatihan ketrampilan jurnalistik dan penulisan naskah kehumasan bagi siswa siswi SMA Muhammadiyah 3, berlokasi di Jalan Limau, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Alasan memilih sekolah ini adalah sebagai bentuk pengabdian pada kader Muhammadiyah, terutama generasi muda, sehingga mampu menjadi manusia unggul yang mampu bersaing baik lingkup regional, nasional, maupunn internasional. Di samping itu, siswa-siswi SMA Muhammadiyah 3 Jakarta Selatan, yang berada di bawah payung besar lembaga Dakwah Muhammadiyah patut memperoleh ketrampilan jurnalistik dan penulisan naskah kehumasan secara benar dan efektif, sehingga pandai berargumentasi dan mampu mengaplikasikan tulisan naskah-naskah publikasi formal yang informatif dan menarik. Pelatihan yang bekerja sama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta ini, menekankan pada makna belajar (learning). Belajar adalah proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktek atau pengalaman tertentu. Artinya setelah memiliki pengalaman mengikuti pelatihan jurnalistik dan penulisan naskah kehumasan diharapkan para peserta mendapat tambahan pengetahuan dan pengalaman yang dapat menunjang kegiatan dan kemampuannya dalam berorganisasi di sebuah lembaga. Dengan adanya pelatihan jurnalistik akan sangat membantu pelajar dalam mengasah kreatifitas dan bakat seseorang, khususnya dalam bidang tulis menulis. Dengan jurnalistik juga mampu membangun daya kritis nalar pelajar dalam membaca realitas kehidupan. Bidang Public Relations atau biasa disingkat dengan PR atau dapat juga dikatakan Hubungan Masyarakat atau Humas sebagai sebuah profesi semakin kuat berkembang. Individu bergantung kepada hubungan baik dengan kelompok-kelompok lainnya dan individu-individu yang memiliki berbagai pendapat, keputusan dan tindakan yang mempengaruhi vitalitas/daya dan kelangsungan hidup mereka. Upaya yang senantiasa diperjuangkan oleh seorang praktisi Public Relations adalah bagaimana dapat menginformasikan berbagai momen penting, khususnya yang berhubungan dengan terobosan dan perkembangan kekinian.
PENANGGULANGAN HIV DAN NARKOBA DENGAN METODE PERMAINAN AIKA: - Yusuf, Yusnidar; Marini, Ragil
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.661

Abstract

Peserta sebanyak 150 siswa SMPM 4 Cawang dan 40 siswa SMPM 30 Cakung. Semua siswa berasal dari kelas 9, sebagai pencerahan dan penyadaran menghadapi UN. Rangkaian materi tentang kebijakan UU narkoba dan akibatnya, narkoba dan efeknya serta jenis-jenisnya, HIV, materi AIKA melalui games. Materi diberikan dalam  bentuk persentasi dari fasilitator dilanjutkan dengan permainan AIKA. Siswa sangat antusias dan senang pada kegiatan tersebut, dilihat dari respon siswa yang banyak mengajukan pertanyaan sehingga suasan penyuluhan sangat kondusif. Kegiatan sosialisasi di SMPM 4 dan SMPM 30 Jakarta Timur sangat menarik perhatian siswa (antusias dengan banyak pertanyaan). Kegiatan harus intensif pelaksanaannya agar siswa terhindar dari masalah HIV dan narkoba sebagai cikal bakal penyakit AIDS.
PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG EFEKTIF MELALUI METODE HYPNOTEACHING: - Faradillah, Ayu; Hadi, Windia; Miatun, Asih; Khusna, Hikmatul
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.662

Abstract

Proses pembelajaran  matematika di kelas merupakan salah satu  penentu keberhasilan peserta didik. Guru dituntut untuk memberikan inovasi baru dalam proses belajar mengajar, misalnya dalam memilih model, metode atau strategi pembelajaran yang tepat digunakan. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah hypnoteaching. Hypnoteaching berasal dari dua kata hypno dan teaching. Hypnoteaching merupakan metode pembelajaran yang kreatif , unik dan imajinatif. Sebeum pelaksanaan pembelajaran peserta didik sudah dikondidikan untuk belajar. Dengan demikian, peeserta didik mengikuti proses belajar dalam kondidi segar dan siap untuk menerima materi pelajaran. Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, tentu guru itu sendiri dituntut untuk stabil baik secara psikis maupun psikologis. Pelatihan metode hypnoteaching ini bertujuan agar guru lebih mengenal apa itu hypnoteaching sehingga guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran matematika di kelas. Dari hasil pelaksanaan secara umum pelatihan pembelajaran matematika yang efektif melalui metode Hypnoteaching empat tahap: 1) Matematika itu mudah, 2) Matematika dengan Benda Konkrit Sederhana, 3) Matematika Itu Menyenangkan, 4) Operasi Hitung Matematika, 5) Menjadi Guru Inspiratif Berbasis Hipnosis.
PENINGKATAN PROFESIONALISME PEDAGOGIK MENGAJAR GURU TK, SD, SMP/MTS MELALUI PELATIHAN MENGAJAR GAYA MOTIVATOR (MGM): - Zulfadewina, Zulfadewina; Nurmawati, Nurmawati; Meilana, Septi Fitri
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.663

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, sekurang-kurangnya meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, dan  pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Peningkatan profesionalisme guru sudah sewajarnya dilakukan untuk bisa lebih profesional sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai seperti yang tercantum dalam Undang-ndang Guru. Kenyataannya kemauan dan kemampuan guru TK, SD, dan SMP/MTS masih perlu dibina. Tujuan pada peningkatan yang dipaparkan diantaranya berdasarkan permasalahan: 1) Keterbatasan pengetahuan guru untuk pengembangan  pembelajaran di sekolah, 2) Standar pendidikan tidak mencukupi, 3) Mengajar selalu menggunakan metode ceramah, dan 4) Minimnya pengetahuan guru mengenai penggunaan media pembelajaran yang tepat dan benar. Melihat berbagai permasalahan tersebut maka diperlukan peningkatan kualitas pendidikan bagi guru khususnya di wilayah Cabang Aisyiyah Ciracas Jakarta Timur. Program Abdimas ini menekankan pada peningkatan profesionalisme pedagogik bagi guru. Tugas guru tidak hanya menyampaikan materi dalam kelas tetapi harus mempunyai kemampuan penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran. Karena saat ini guru dituntut harus berusaha mengembangkan berbagai kemampuan dalam proses pembelajaran. pelatihan mengajar gaya motivator (mgm) ini diharapkan memberikan manfaat besar bagi guru-guru terutama dalam menjalankan perannya sebagai pendidik dan pengurus organisasi Aisyiyah. Materi pelatihan disusun didasarkan atas analisis kebutuhan peserta yang dilaksanakan melalui pelatihan dengan melibatkan guru-guru. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kebutuhan mereka. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian adalah sebagai berikut.1) Pelatiahan, 2) Lokakarya, dan 3) Pembimbingan.
EDUKASI KEBERSIHAN TANGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KOMUNITAS ANAK ASUH REMAJA ISLAM BAITUL MUGHNI (A2R) JAKARTA SELATAN: - Suraya, Izza; Khairunisa, Rina; Farradika, Yoli
Jurnal SOLMA Vol. 7 No. 1 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29405/solma.v7i1.664

Abstract

Beragam penyakit seperti diare, kecacingan, dan tipes dapat timbul akibat tangan yang kurang bersih. Salah satu faktor yang melatarbelakangi kejadian tersebut adalah kondisi sosial dan ekonomi rendah yang dimiliki oleh anak asuh Remaja Islam Masjid Baitul Mughni (A2R). Berdasarkan observasi yang dilakukan, anak siswa SD di dalam komunitas A2R tinggal di bantaran kali dengan rumah yang cukup sempit. Selain itu, mereka juga memiliki pengetahuan yang rendah tentang kebersihan khusunya tentang kebersihan tangan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan edukasi  tentang kebersihan tangan. Bentuk edukasi tersebut berupa penyuluhan dan praktek mencuci tangan dan memotong kuku yang baik dan benar. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, anak asuh diharapkan dapat termotivasi untuk mencuci tangan sebelum makan dan memotong kuku dengan rutin. Dengan demikian, kebersihan tangan mereka terjaga sehingga angka kesakitan penyakit yang terkait makanan dapat dihindari.

Page 1 of 18 | Total Record : 175