cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ)
ISSN : 25982206     EISSN : 25982206     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 33 Documents
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER KOTA JAMBI: KASUS PEMERINTAH DAERAH KOTA JAMBI, DINAS PENDIDIKAN KOTA JAMBI DAN SMA DI KOTA JAMBI Mahluddin, Mahluddin
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 3 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Masalah yang akan di teliti adalah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Kota jambi tentang pendidikan karakter di SMA di kota jambi, serta tentang implementasi kebijakan pendidikan karakter pemerintah kota jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang didasari oleh filsafat positivesme yang memandang setiap realitas/gejala/fenomena itu dapat diklasifikasikan, relative tetap, konkrit, teramati, terukur, dan hubungan gejala bersifat sebab akibat. Pendekatan yang yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sosiologis dengan menggunakan metode scientific.Kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah di dinas pendidikan Kota Jambi adalah kebijakan tentang  pelaksanaan KTSP di setiap sekolah, ini mengikutui kebijakan pusat.Masalah kebijakan yang ditungkan pemerintah dalam KTSP yaitu masalah  MUlOG, tetapi belum ada dari dinas pendidikan..Kebijakan yang dibuat oleh dinas kota yaitu permen 59 tentang lintas minat dari jurusan IPA ke jurusan IPS  atau sebaliknya.Kebijakan tentang permen no 53, tentang sikap siswa sangat menentukan untuk naik kelas atau kelulusan.Kebijakan tentang kurikulum yang digunakan sekarang adalah k13.Kebijakan pemerintah dinas pendidikan kota Jambi tentang waktu isterahar selama 40 menit saja.Kebijakan dinas kota Jambi tentang jadwal ujian mulai tanggal 20-30 Mei.Kebijakan pemerintah kota menetapkan penerimaan siswa baru melalui onlene pemkot 80 % dan kepala sekolah 20%.Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kota tentang pakaian yang dipakai oleh guru setiap hari yaitu mengikuti aturan pemerintah pusat, senin  selasa rabu berpakaian putih hitam kamis pakai baju batikbatik jum,at pakai baju melayu.Pemerintah melakukan kebijakan sesuai dengan peraturan pemerintah pusat tentang ujian akhir dengan menggunakan onlene.Kebijakan pemerintah dinas kota tidak boleh memungut uang dari siswa dan wali murid.
Development of Inquiry Model Worksheet for 4th Grader Elementary School Students Prasinta, Dian Jani; Jaya, M. Thoha B. S.; Surbakti, Arwin
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to develop student worksheets, and to know the effectiveness of thematic based LKS through Inquiry model for fourth grade students of Elementary School I Pinang Jaya. This type of research is research and development (R & D) which refers to Borg & Galls theory. The population of this research were all fourth grade students of SDN Kemiling Cluster 1 and the samples were 54 students obtained by multistage random samplin technique. Data collection techniques use learning and observation tests. Data analysis technique is done through quantitative analysis for product development that is effectiveness test used N-gain and t test. The results of this study indicate that the developed LKS feasible to be used and effective through experts from material experts and media experts in improving student learning outcomes.
Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD/MI Putra, Purniadi
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah supaya pembelajaran IPA di SD/MI dilaksanakan dalam rangka mengembangkan potensi siswa dalam menunjukkan perilaku ilmiah yaitu memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi agar memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, mengetahui dan memahami konsep dasar dalam memecahkan masalah-masalah sosial sesuai dengan perkembangan psikologisnya, mengembangkan keterampilan berfikir kritis, memperkuat identitas kebangsaan, rasa cinta tanah air,  membangun diri sendiri agar survive dalam segala kondisi serta bertanggung jawab membangun masyarakat beradab berdasarkan nilai-nilai universal kemanusiaan. Metode yang dipergunakan adalah metode pustaka dengan cara menelaah referensi yang terkait dalam bentuk teori dan hasil penelitian dalam bentuk jurnal maupun buku ajar Kelas IV SD/MI. Hasil penelitian bahwa etnopedagogi menjadi salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar. The purpose of this study is that science learning in SD / MI is implemented in order to develop students potential in showing the scientific behavior of having curiosity; objective; honest; thorough; careful; persistent; Watch Out; to be responsible; open; and care of the environment in daily activities as a form of implementation of attitude in doing scientific inquiry and discussing in order to have awareness and concern for society or its environment, knowing and understanding basic concept in solving social problems in accordance with its psychological development, developing critical thinking skill, national identity, love of the homeland, self-building in order to survive in all conditions and responsible to build a civilized society based on universal values ​​of humanity. The method used is the literature method by reviewing related references in the form of theory and research results in the form of journals and textbooks Class IV SD / MI. The results of research that ethnopedagogi become one of alternative approach of learning that can be used to develop science learning process by using local wisdom value as learning resource.
Model Pembelajaran Debat untuk Peningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Yulis, Irma; Nugroho, Aris Dwi
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Debat pada siswa klas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanai Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui penggunaan model pembelajaran Debat dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi, sedangkan objek penelitian adalah model pembelajaran Debat, peningkatan Kecerdasan Emosional siswa pada materi politik luar negeri Indonesia. Data yang diperoleh melalui pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II dengan persentase pada siklus I 77,72% dan siklus II 88.09%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Telanaipura Kota Jambi.
Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Ibtidaiyah Saidah, Saidah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini membahas Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Ibtidaiyah. Tulisan ini merupakan pengkajian literatur. Bimbingan dan konseling merupakan upaya pemberian bantuan kepada peserta didik untuk mencapai perkembangan yang optimal dan kemandirian berdasarkan norma-norma yang berlaku. Penyelenggara bimbingan dan konseling di Madrasah Ibtidaiyah adalah guru kelas. Pendekatan yang tepat untuk penyelenggaraan bimbingan dan konseling di Madrasah Ibtidaiyah adalah pendekatan perkembangan. This paper discusses the Implementation of Guidance and Counseling in Madrasah Ibtidaiyah. This paper is a literature review. Guidance and counseling is an effort to provide assistance to learners to achieve optimal development and independence based on prevailing norms. The organizer of guidance and counseling in Madrasah Ibtidaiyah is a classroom teacher. The right approach for guidance and counseling in Madrasah Ibtidaiyah is a developmental approach.
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Ill-Structure Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi Syahrial, Syahrial; Pamela, Issaura Sherly
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar memecahkan masalah dikategorikan Reed dalam keterampilan kogninif yang kompleks. Memecahkan sebuah masalah tergantung pada representasi subjektif yang disimpan dalam ingatan, serta pembentukan representasi internal merupakan sebuah proses yang aktif. Secara umum masalah diklasifikasikan dalam 2 jenis, yaitu: well-structure dan ill-structure. Masalah ill-syructure merupakan masalah dengan penyelesaian yang rumit, biasanya masalh ini tidak jelas, namun Keterampilan memecahkan jenis masalah ill-structure dapat dilatih untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah ill-structure. Keterampilan pemecahan masalah ill-structure dapat dilakukan dengan mengintegrasikan model problem based learning kedalam proses pembelajaran. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dimana terdapat satu kelas eksperimen dan dilakukan pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi semester 3 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 41 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah ill-structur mahasiswa. Hal ini terlihat dari signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,00. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah ill-structur mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi.
Epistemologi Ahmed Al-Jabiri dalam Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah Siregar, Nasyariah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bangkitnya peradaban Islam akan sangat tergantung pada keberhasilan dalam bidang sains melalui prestasi instutisional dan epistemologi menuju pada proses dekonstruksi epistemologi sains modern, yang memungkinkan nilai-nilai Islam terserap secara seimbang ke dalam sistem pengetahuan yang akan dibangun tanpa harus menjadikan sains sebagai alat legitimasi agama dan sebaliknya. Tokoh pemikir Muslim kontemporer, Mohammed Abed Al-Jabiri mencoba mengemukakan tiga konsep pemikiran. Ketiga sistem pengetahuan ini sebagai analisa kritisnya terhadap nizam al-ma’rifah (epistemologi) dalam pemikiran dan kebudayaan Islam yaitu epistemologi bayani, burhani dan irfani. Hal ini tentu saja dapat menjadi acuan sebagai rekonstruksi dalam kurikulum pembelajaran. Kurikulum yang dimaksud adalah Pembelajaran Sains, khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), oleh karena itu artikel ini akan mencoba membahas pelaksanaannya dalam pembelajaran MI The rise of Islamic civilization will greatly depend on the success of science through institutional and epistemological achievements leading to the process of deconstruction of epistemology of modern science, enabling Islamic values to be absorbed balanced into the knowledge system to be developed without having to be a science as a tool of religious legitimacy and vice versa. The figure of contemporary Muslim thinkers, Mohammed Abed Al-Jabiri tries to present three concepts of thought. These three systems of knowledge as a critical analysis of nizam al-marifah (epistemology) in Islamic thought and culture epistemologi bayani, burhani and irfani. This of course can be a reference as a barrier in the learning curriculum. The curriculum in question is Science learning, especially at Madrasah Ibtidaiyah (MI) level, therefore this article will try to discuss its implementation in learning MI.
Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia Nisak, Zeni Hafidhotun
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan inklusif sejauh ini prakteknya sukar untuk ditemui, tetapi tawaran pendidikan inklusif  yang mengakomodasi semua anak tanpa terkecuali dengan pola sistem yang menyesuaikan anak dan bukan sebaliknya paling tidak telah menginklusi orang-orang yang tereksklusi dengan mutu pendidikan yang sama.  manfaat lingkungan pembelajaran yang inklusif adalah sebagai berikut:  Manfaat bagi anak yaitu: kepercayaan diri anak menjadi lebih berkembang; bangga pada diri sendiri atas prestasi yang diperolehnya; dapat belajar secara mandiri dengan mencoba memahami dan mengaplikasikan pelajaran di sekolah dalam kehidupan sehari-hari; mampu berinteraksi secara aktif bersama teman dan guru; belajar menerima perbedaan dan beradaptasi terhadap perbedaan; dan anak menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran. Pembahasan dalam tulisan ini  adalah deskriptif analitis menggunkan literatur yang relevan dengan  pertanyaan-pertanyan yang muncul berdasarkan latar belakang masalah yang ada. Semua teori ataupun fakta yang ada dialisis sedemikan rupa untuk menggambrakan kondisi ideal yang harus dimiliki sebuah negara dalam era digital yang semakin pesat dan berkembang.
Tinjauan Perkembangan Psikologi Manusia pada Usia Kanak-Kanak dan Remaja Sari, Sri Yulia
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan psikologi pada manusia mempunyai tahapan–tahapan perkembangan, yaitu tahap perkembangan dari bayi hingga dewasa. Tulisan ini lebih kapada pembahasan perkembangan psikologi perkembangan pada usia Kanak-kanak dan remaja. Karena kita ketahui bahwa masa kanak-kanak merupakan cikal bakal terbentyuknya kepribadian manusia yang sesungguhnya, sedangkan pada masa remaja merupakan salah satu masa terpenting dalam kehiduan manusia, karena masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan individu, dan merupakan masa transisi yang dapat diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat. Aspek–aspek perkembangan individu meliputi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, moral dan agama. Perkembangan fisik meliputi pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir. The development of psychology in humans has the stages of development, namely the stage of development from infant to adult. This paper is more to discuss the development of developmental psychology at the age of children and adolescents. Because we know that childhood is the embryo of the real human personality, while in adolescence is one of the most important period in human life, because adolescence is an important life segment in the development cycle of individuals, and is a transition period that can be directed to the development of healthy adulthood. Aspects of individual development include physical, intellectual, social, emotional, linguistic, moral and religious. Physical development includes growth before birth and growth after birth.
Iklim Kelas yang Kondusif untuk Membangun Pendidikan Karakter Kemandirian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ilmi Telanaipura Kota Jambi Yusria, Yusria
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang penciptaan iklim kelas yang kondusif untuk menanamkan nilai karakter kemandirian siswa di SD IT Nurul Ilmi Telanaipura Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis induktif yaitu analisis yang berawal dari data dan bermuara pada simpulan-simpulan umum. Temuan data penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menanamkan nilai karakter kemandirian melalui penciptaan iklim kelas yang kondusif guru menggunakan cara-cara sebagai berikut: 1) penugasan kepada siswa lebih banyak diarahkan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan secara individu maupun kelompok, 2) membuat kontrak belajar dan aturan kelas, dan 3) mengembangkan kemandirian siswa melalui pengembangan kreativitas di kelas.

Page 1 of 4 | Total Record : 33