cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
ISSN : 25024922     EISSN : 26150867     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal ini membuat Jurnal Ilmiah hasil-hasil penelitian Teknik Mesin, Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan Nopember dan terdaftar di LIPI dengan kode persi cetak p-ISSN 2502-4922 dan persi online e-ISSN 2615-0867.
Arjuna Subject : -
Articles 80 Documents
DESAIN DIFFUSER TURBIN AIR ARUS SUNGAI UNTUK MENINGKATKAN LAJU ARUS SUNGAI ,, Rendi; Arifin, Jainal
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i2.2645

Abstract

Arus air sungai cendrung memiliki kecepatan yang relatif rendah sehinggan tidak banyak turbin arus sungai yang bisa digunakan untuk membangkitkan tenaganya. Ada beberapa turbin yang sudah dilembangkan seperti turbin air rus sungai jenis Savonius, Darius dan Gorlof tetapi kinerja nya masih buruk. Kinerja turbin arus air dapat di tingkatkan dengan menambah kecepatan dan tekanan aliran air. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menambah kecepatan dan tekanan aliran air adalah dengan memasang diffuser pada turbin. Pada penelitian ini akan didesain sebuah difusser yang efektif untuk meningkatkan kinerja turbin arus sungai.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU PADA MTS. AL – FURQON BANJARMASIN Farida, Muthia; Agustini, Dian
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i2.2613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem informasi penerimaan siswa baru agar mempermudah pihak sekolah dalam proses pengolahan data calon siswa lebih cepat dan akurat dengan tahapan metode penelitian : 1. Tahap pengumpulan data yaitu : a) wawancara dengan berkomunikasi secara langsung dengan bagian kepala sekolah, guru serta tata usaha, b) observasi atau pengamatan langsung, c) studi literatur dengan cara mereview jurnal-jurnal ilmiah, buku atau berbagai sumber yan terkait dengan penelitian yang akan dibuat. 2. Analisi kebutuhan sistem. 3. Tahap desain sistem yang  menetukan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru. 4. Implementasi sistem serta pengujian sistem menggunakan metode black box dengan keberhasilan pengujian sistem yang dibuat.
PERANCANGAN TURBIN AIR TIPE ALIRAN SILANG DENGAN VARIASI 3 KECEPATAN POMPA Sidiq, Abdurahim; Gazali, Akhmad
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i2.2646

Abstract

Turbin air adalah alat yang merubah energi aliran menjadi energi mekanik poros. Pemilihan jenis turbin yang sesuai untuk suatu pembangkit tenaga mikro hidro tergantung pada karakteristik aliran yaitu tinggi jatuh dan debit aliran yang tersedia serta kecepatan turbin. Mikrohidro merupakan pembangkit listrik yang mudah diterapkan pada masyarakat karena pembuatannya mudah, peralatan yang digunakan sederhana dan tempat yang digunakan relatif lebih kecil.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu melakukan perhitungan untuk mengetahui seberapa besar daya generator yang dihasilkan dari 3 variasi kecepatan pompa (1200 rpm, 1800 rpm, dan 2300 rpm).Untuk turbin air tipe aliran silang didapatkan data tertinggi putaran pada turbin yaitu 207,9 rpm dan daya terbesar yang dihasilkan oleh generator 21,8 watt pada kecepatan putaran pompa tertinggi yaitu 2300 rpm.
PERENCANAAN SISTEM INSTALASI HIDRANT PADA UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN Anwar, Khairil; Firman, Muhammad; Irfansyah, Muhammad
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i2.2642

Abstract

Fire Hydrant System adalah suatu sistem pemadam api yang dioperasikan secara manual oleh operator (manusia) dengan menggunakan media pemadamnya air dan disepanjang instalasi pempipaan mengandung air bertekanan sampai pada titik Hydrant Valve, Hose reel, Hydrant Pillar atau perangkat lainnya. Suatu sistem hidrant tak terlepas dari kinerja pompa yang dimana pompa adalah sebagai penggerak dari sistem hidrant itu sendiri. Khususnya untuk bangunan gedung, pemilihan jenis dan kapasitas pompa dapat ditentukan setelah mengetahui karakteristik dari gedung itu sendiri.Metode penelitian yang dipakai adalah metode perencanaan yaitu sebuah metode penelitian dengan cara mengukur luas area gedung bertingkat, menentukan rumus-rumus perpipaan beserta head kerugiannya, mendesain sebuah rancangan instalasi hidrant beserta alat dan bahan yang dipakai. Setelah mengetahui data-data perencanaan sistem hidrant berupa : Jenis cairan : Air, masa jenis cairan : 1 kg/liter, temperatur cairan : 25°C, Kapasitas 2400 L/menit, penggerak motor listrik, dan putaran 2900 rpm. Didapat hasil perhitungan instalasi pompa hidrant adalah kerugian total yang terjadi di sepanjang pipa isap adalah : 17,55 m, kerugian total yang terjadi di sepanjang pipa tekan adalah : 36,05 m, head total pompa : 121 m, putaran spesifik pompa : 23,96, efesiensi pompa sebesar 80 % , dan daya pompa sebesar : 6,05 Hp.
ANALISIS PERANCANGAN POMPA UNTUK AIR BERSIH PDAM DESA SUNGAI DANAU KOTA BATULICIN Bashir, Asep Muhammad; Ihsan, Sobar; ,, Mujiburrahman
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i2.2641

Abstract

Seiring meningkatnya penduduk kota Batulicin yang mengakibatkan kebutuhan air bersih meningkat pula, sementara sarana air bersih dari PDAM masih terbatas. Berdasarkan alasan-alasan di atas, maka diperlukan suatu analisis perancangan pompa guna pemenuhan pemakaian air bersih yang dapat digunakan untuk menilai kelayakan suatu sistem distribusi untuk penyaluran air bersih. Dalam penelitian ini, difokuskan pada penelitian tentang pompa sentrifugal yang sesuai kapasitas air yang dibutuhkan untuk sebuah pompa dimana berdasarkan hasil perhitungan untuk setiap kapasitas air yg dipompa yaitu sebesar 422 m3/jam dan bentuk impeller yaitu : diameter dalam (d1 = 0,214 m), diameter luar (d2 = 0,362 m), (?1 = 17o), (?1 = 62o), (?2 = 25o), (?2 = 20o), (? = 172,7 mm), (z = 11) dengan spesifikasi pompa yang digunakan sebagai masukan yaitu kecepatan  motor  penggerak = 1500 (rpm),  tebal  sudu  impeller = 5 (mm)  dan tegangan torsi aman bahan shaft (S45C ) = 58 (Kg/mm3). Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa kebutuhan air bersih yang semakin meningkat maka akan dibutuhkan pompa dengan spesifikasi yang lebih tepat pula dan dimensi impeller akan berubah sesuai dengan spesifikasi pompa yang dirancang sehingga kerja pompa lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada tahun 2022
PENGISIAN ENERGI LISTRIK UNTUK PENERANGAN DARURAT RUANGAN LABORATORIUM KOMPUTER TEKNIK MESIN UNISKA DAYA MAKSIMUM 500 WATT Syahrillah, Gusti Rusydi Furqon; Haryanto, Eko
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i2.2636

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Battery adalah suatu perencanaan penyediaan listrik yang digunakan untuk kebutuhan listrik untuk kebutuhan penerangan darurat yang di bantu dengan inverter pada saat aliran listrik dari PLN dalam keadaaan black out/pemadaman. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan penggabungan kedua piranti tersebut dengan di rakit sedemikian rupa melalui instalasi yang di sesuaikan dengan kebutuhan cahaya suatu ruangan dengan daya listrik yang dihasilkan. Daya listrik yang dihasilkan memberikan pengaruh terhadap hasil dan lama penyimpanan dalam energi batterai mampu memberikan daya sebesar 549 watt.
ANALISIS KEKUATAN TARIK HASIL PENGELASAN GESEK LOGAM SIMILAR MONEL Bastomi, Mochammad; Faisal, Muhammad
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/al-jazari.v4i2.2614

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis perbandingan kekuatan tarik hasil pengelasan gesek logam similar monel dengan raw metal monel tanpa pengelasan. Penelitian dilakukan dengan eksperimen uji tarik pada dua spesimen yang terdiri dari 1 spesimen raw metal monel tanpa pengelasan dan 1 spesimen hasil pengelasan gesek logam similar monel. Pengelasan gesek dilakukan dengan menggunakan mesin bubut yang telah dimodifikasi pada putaran 1600 rpm dan beban gesek sebesar 10 kg. Bentuk spesimen dibubut sesuai standar ASTM A 370-07a dan selanjutnya dilakukan pengujian tarik. Diperoleh hasil tegangan tarik maksimal pada spesimen hasil pengelasan gesek logam similar monel sebesar 406.108 MPa, regangan sebesar 5.0%, dan modulus elastisitas sebesar 8.12 GPa. Sedangkan tegangan tarik maksimal spesimen logam monel tanpa pengelasan gesek yaitu sebesar 1025.957 MPa, regangan sebesar 27.5%, dan modulus elastisitas sebesar 3.73 GPa. Proses penyambungan monel dengan pengelasan gesek belum layak untuk digunakan kembali, karena kekuatan tariknya yang kurang dari setengah dari kekuatan tarik logam monel raw metal tanpa pengelasan.
PERANCANGAN PROTOTIPE GENERATOR AXIAL MAGNET PERMANEN 3 PHASE Suprapto, Muhammad; Herlina, Firda
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.859 KB)

Abstract

Generator axial magnet permanen memiliki banyak kelebihan diantaranya bentuk konstruksinya yang mudah dibuat, dan bisa beroprasi pada putaran yang relatif rendah dan tidak memerlukan tegangan mula DC sebagai pembentuk awal magnet.Pada penelitian ini analisis generator dilakukan dengan metode eksperimen dengan melakukan variasi putaran dan celah udara pada genrator, kemudian hasil tegangan pengukuran genrator akan di bandingkan dengan hasil perhitungan tegangan induksi generator. Dimana tegangan tertinggi yang di hasilakan pada pengjian sebesar 45.18 volt pada Celah udara 0.0010 m dan hasil tertinggi pada perhitungan 53.73 volt pada celah udara  0.0010 m. nilai terendah pada pengujian 27.30 volt dan pada perhitungan 32.24 volt pada variasi celah udara 0.0030 m. Penuruan hasil tegangan generator pada saat pengujian depengaruhi oleh akurasi dalam perakitan generator, akurasi alat ukur yang digunakan, kondisi tidak ideal pada generator dan rugi-rugi.
ANALISA DISTRIBUSI TEKANAN DAN ALIRAN DISEKITAR ROTOR SAVONIUS WATER TURBINE Rendi, Rendi
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (876.453 KB)

Abstract

Distribusi tekanan dan aliran pada model Savonius water turbin sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi tekanan dan pola aliran disekitar rotor turbin. Penelitian ini dilakukan dengan membuat model CAD dengan variasi penambahan deflektor yaitu deflektor tunggal dan deflektor ganda. Simulasi menggunakan software Solid works Flow Simulasi berbasis Finite Elements Analysis (FEA) Method. Kecepatan aliran air ditetapkan 1,5 m/s. Hasil simulasi menunjukan peforma berupa distribusi tekanan dan distribusi kecepatan aliran air lebih tinggi dan terlihat lebih luas dan merata terjadi pada penambahan deflektor ganda dibandingkan dengan tampa deflektor dan penamabah deflektor tunggal. Efektifitas tinggi rendahnya tekanan dan kecepatan aliran yang terjadi memberikan pengaruh terhadap putaran turbin sehingga memberikan dampak signifikan terhadap peforma turbin yang dihasilkan.
ANALISIS TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL DENGAN 4, 6 DAN 8 SUDU Suprapto, Muhammad
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.821 KB)

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini perkembangan tekologi semakin pesat baik itu industri besar maupun di industri kecil yang mana manfaatnya sangat terasa bagi kehidupan masyarakat, perkembangan teknologi ini berakibat pada peningkatan kebutuhan listrik yang semakin meningkat. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen, dengan memvariasikan jumlah sudu 4, 6 dan 8 sudu dan kecepatan angin 3.3, 5, 7, dan  pada turbin angin tipe vertikal. Dari hasil eksperimen dan analisis didapat data unjuk kerja turbin angin vertikal dengan daya terendah yaitu 7,63 watt dan putaran rotor 75.1 rpm pada kecepatan angin 3,3 m/s, pada kecepatan angin 3 m/s.