cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMOTIVASI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) setiyaningsih, agatha iwan
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.523 KB)

Abstract

  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa dengan media gambar yang layak digunakan dan dapat memotivasi siswa kelas III Sekolah Dasar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial serta untuk mengetahui hasil penilaian ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan media gambar dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Dick & Carey. Hasil penelitian menujukan Lembar Kerja Siswa dengan media gambar layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat memotivasi siswa kelas III Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukan oleh: (1) penilaian produk LKS oleh ahli materi I termasuk dalam kriteria “cukup baik” dengan skor sebesar 3,33, (2) hasil penilaian oleh ahli materi II termasuk dalam kriteria “sangat Baik” dengan skor sebesar 4,58, (3) hasil penilaian oleh ahli media termasuk dalam kriteria “cukup baik” dengan skor  sebesar 3,25, (4) penilaian oleh ahli bahasa termasuk dalam kriteria “cukup baik” dengan skor  sebesar 3,33, (5) hasi penilaian ujicoba perorangan termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan skor sebesar 4,23, (6) hasil penilaian  ujicoba kelompok kecil termasuk dalam kriteria “baik”  dengan skor  sebesar 4,16, (7) hasil penilaian ujicoba kelompok besar termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan skor  sebesar 4,39. Kata Kunci : Lembar kerja siswa, media gambar, motivasi.
ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER WARDANI, GISTA AYU KUSUMA
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel yang ditinjau berdasarkan gender bagi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Proses metakognisi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap mengembangkan perencanaan, monitoring pelaksanaan dan evaluasi tindakan. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yang terdiri 3 siswa perempuan  dengan kemampuan matematika tinggi (SPT), kemampuan matematika sedang (SPS), kemampuan matematika rendah (SPR) dan 3 siswa laki-laki dengan kemampuan matematika tinggi (SLT), kemampuan matematika sedang (SLS), kemampuan matematika rendah (SLR). Hasil penelitian menunjukkan proses metakognisi SPT meliputi mengembangkan perencanaan, monitoring pelaksanaan, evaluasi tindakan. Proses metakognisi SPS dan SLT meliputi mengembangkan perencanaan, beberapa monitoring pelaksanaan, sedikit evaluasi tindakan. Proses metakognisi SPR dan SLS meliputi mengembangkan perencanaan, sedikit monitoring pelaksanaan, sedikit evaluasi tindakan. Proses metakognisi SLR meliputi sedikit mengembangkan perencanaan.
SOLUSI DARI HAMBATAN GURU MATEMATIKA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI PADA MATERI ALJABAR Rosalina, Rebeca Elva
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hambatan yang dialami oleh guru matematika SMP Negeri 1 Jambu dalam menerapkan kurikulum 2013 edisi revisi pada materi aljabar dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner terbuka, wawancara individual, dan FGD (focus group discussion) untuk memperoleh data yang kredibel. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa hambatan dan solusi diantaranya: 1) pelatihan dan sosialisasi belum menyeluruh namun teratasi melalui MGMP dan IHT; 2) pemahaman siswa dalam berperan mencari tahu dan pemahaman istilah pada materi aljabar dapat dikemas dalam kehidupan sehari-hari; 3) mengoreksi jawaban yang beragam diminimalisir dengan maksimal dua variasi soal saja; 4) implementasi RPP tidak sesuai karena menyesuaikan karakteristik kelas 5) budaya menulis terlaksana melalui pembuatan rangkuman singkat di akhir pembelajaran; 6) pendeskripsian penilaian dilakukan dengan bantuan aplikasi; 7) latihan soal dilakukan dengan memilih soal kembali dan mengemas sesederhana mungkin.
ANALISIS PROSES BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA SMP BERKEMAMPUAN TINGGI Paramitha, Nandya
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.39 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif siswa yang berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika materi Aritmatika Sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa SMP Kristen 2 Salatiga yang berkemampuan matematika tingkat tinggi dan telah mempelajari materi aritmatika sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan dilanjutkan wawancara secara individual untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian proses berpikir kreatif siswa berkemampuan tinggi sebagai berikut: 1) pada tahap persiapan, subjek sedikit mengalami kesulitan memahami maksud soal maka subjek cenderung bertanya kepada peneliti atau temannya, mengingat-ingat materi yang telah diajarkan oleh guru, mencoba beberapa cara untuk menyelesaikan masalah; 2) pada tahap inkubasi, subjek cenderung membaca soal berkali-kali, merenung memikirkan cara menyelesaikan soal, mengkaitkan soal dalam kehidupan sehari-hari, dan mengingat-ingat materi yang diajarkan oleh gurunya; 3) pada tahap iluminasi, subjek dapat memecahkan soal dengan melogika, berimajinasi, cenderung mencoba satu persatu, mencari cara cepat dengan membagi, mengkali, atau menjumlahkan bilangan yang telah diketahui, serta mencari salah satu yang ditanyakan dan dianggap mudah; 4) pada tahap verifikasi, terkadang subjek dapat menyelesaikan masalah namun hasilnya belum tepat, terkadang subjek menemukan beberapa cara dalam memecahkan masalah serta menyadari masih ada jawaban yang lain tetapi malas mencari, dan terkadang tidak mau mencari cara yang lain.
ANALISIS KELANCARAN PROSEDURAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MATERI OPERASI ALJABAR Larasati, Felisia Anindya
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelancaran prosedural merupakan salah satu faktor pendukung bagi siswa untuk mahir dalam belajar matematika. Analisis mengenai kelancaran prosedural penting dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelancaran prosedural matematika yang dimiliki siswa SMP terkhususnya pada materi operasi hitung aljabar. Subjek dari penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP Kristen 2 Salatiga yang telah belajar materi aljabar. Subjek dipilih secara acak berdasarkan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Metode dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa soal isian berupa tabel yang sudah disediakan dan harus dikerjakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Analisis kelancaran prosedural ini menggunakan tiga kriteria penilaian yaitu skor aktual, kemampuan penyelesaian, serta ketepatan subjek dalam menjawab soal operasi aljabar. Data kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk nilai persentase rata-rata dan didapati hasil bahwa, subjek dengan kemampuan matematika tinggi memiliki rata-rata skor pada tes pertama sebesar 84,22% dan tes kedua sebesar 90,29% Subjek dengan kemampuan matematika sedang memiliki rata-rata skor pada tes pertama sebesar 80,89% dan tes kedua sebesar 88,88% dan subjek dengan kemampuan matematika rendah memiliki rata-rata skor pada tes pertama sebesar 45,34% dan tes kedua sebesar 46,54%.
HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Puspitasari, Harli Marlina
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.343 KB)

Abstract

Prestasi belajar matematika adalah tingkat penguasaan yang dicapai siswa dalam mengikuti proses belajar matematika sesuai dengan tujuan yang ditetapkan (Royyana, 2010: 2). Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya suatu prestasi belajar siswa meliputi faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal adalah pengaruh dari dalam siswa itu sendiri, seperti faktor motivasi, rasa percaya diri, kecerdasan, kesehatan, gaya belajar, sikap, kemandirian belajar, dan kedisiplianan belajar. Kemandirian belajar adalah kegiatan belajar siswa yang dilakukan tanpa bergantung oleh orang lain, tanpa perlu dipantau oleh orang tua pada saat dirumah maupun guru dan teman pada saat disekolah untuk mencapai tujuan belajar yaitu memahami serta dapat menerapkan materi pada soal yang diberikan. Siswa dituntut untuk dapat bersikap disiplin, disiplin belajar ini dapat dilatih pada lingkungan sekolah maupun dirumah oleh orang tua siswa. Siswa yang memiliki rasa disiplin belajar tinggi akan memilik rasa tanggung jawab yang tinggi pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitan ini adalah jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi berganda (multivariat) yaitu untuk mengetahui hubungan dua variabel independen secara bersama-sama atau lebih dengan satu variabel dependen. Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika.
DESKRIPSI PENGGUNAAN OTAK KIRI DAN OTAK KANAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BAGI SISWA SMP Wigati, Wigati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.666 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan otak kiri dan otak kanan pada pembelajaran matematika materi pola bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Salatiga, dengan jumlah siswa 34 orang dan diambil 6 orang sebagai subjek untuk kemudian diwawancara. Subjek dikelompokkan dalam kategori dominan menggunakan otak kiri, dominan menggunakan otak kanan, dan dominan dalam menggunakan kedua belahan otak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dominasi otak, tes pemahaman yang berbentuk soal uraian, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu subjek dengan dominasi otak seimbang dapat menemukan rumus dari setiap soal pola yang diberikan. Kemudian kedua subjek dengan dominasi otak kanan dapat menemukan 3 rumus soal pola bilangan dan 1 rumus soal pola gambar. Sedangkan kedua subjek dengan dominasi otak kiri dapat menemukan 2 rumus soal pola bilangan dan 1 rumus soal pola gambar.
PENGARUH FASILITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 GETASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA Yulieta, Yesiska Ratna
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar matematika siswa di sekolah terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik pengambilan sujek menggunakan Simple Random Sampling dan diperoleh 140 subjek yang diambil dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan. Berdasarkan hasil Analisa yang korelasi yang sudah diperhitungkan dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows maka diperoleh hasil penelitian yaitu koefisien korelasi antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar, yaitu nilai taraf signifikansi sebesar 0,08 probabilitas lebih dari 0,05 menunjukkan hubungan yang tidak signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar Matematika. Angka korelasi sebesar -.224 menunjukkan korelasi yang sangat lemah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang positif signifikan antara fasilitas dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Getasan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue