cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April" : 10 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING Irawan, Adhitya Panji
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.735 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Jubelan 01. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai Ulangan Tengah Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 siswa yang belum tuntas mencapai KKM≥60 sebanyak 10 siswa (56%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Jubelan 01 mencapai KKM≥60 melalui penggunaan model kooperatif tipe role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jubelan 01 setelah diberikan tindakan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe role playing. Pada siklus I diperoleh 6 siswa tidak tuntas (33,33%) dan 12 siswa tuntas (66,67%). Pada siklus II terjadi peningkatan nilai mata pelajaran IPA, sebanyak 16 siswa tuntas (88,89%) dan 2 siswa tidak tuntas (11,11%). Jadi penggunaan model kooperatif tipe role playingdapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jubelan 01 semester II tahun ajaran 2016/2017.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) Amanah, Nur
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.505 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matrmatikan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Kelas IV SD Negeri Duren 02 Bandungan. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Duren 02 Bandunganyang berjumlah 35 siswa.Hasil penelitian penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) mempunyai pengaruh yang segnifikan terhadap hasil belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Duren 02 Bandungan. dibuktikan dari perbandingannilaiprasiklus 16 dari 35 siswa(45,71% ) tuntas, 19 dari 35 siswa (54,3%) tidaktuntas. siklus I 27 dari 33 siswa (81,81%) tuntas, 6 dari 33 siswa (18,19%) tidaktuntas. Siklus II sebagaipenyempurnaansiklus I mengalamipeningkatan 32 dari 34 siswa (91.4%) tuntas, 2 dari 34 siswa (5,9%) tidaktuntas. Dengan KKM 67.Kesimpulannya penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT  terbuktidapatmeningkatkanhasilbelajar Matematika.
PERBEDAAN EFEKTIVITAS ANTARA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INQUIRY DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPA SISWA Hanifah, Ummu
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.346 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan efektivitas antara penerapan model pembelajaran discovery dan inquiry ditinjau dari hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Tunjungharjo 1 dan SD Negeri Gaji Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Tunjungharjo 1 dan SD Negeri Gaji. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran discovery dan inquiry dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji uji Independent Sample T-Test dengan bantuan software SPSS 16 for windows. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,002. Oleh karena nilai signifikansi 0,002 kurang dari 0,05 (0,002 < 0,05) artinya  ditolak dan  diterima maka terdapat perbedaaan efektivitas antara penerapan model pembelajaran discovery dan inquiry ditinjau dari hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Negeri Tunjungharjo 1 dan SD Negeri Gaji Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery lebih efektif dibanding dengan pembelajaran menggunakan model inquiry pada mata pelajaran IPA siswa kelas 4 SD Negeri Tunjungharjo 1 dan SD Negeri Gaji Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.
UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING Etik, Etik
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.983 KB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan belajar matematika kelas 3 terlihat kesulitan siswa dalam menggunakan operasi hitung perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika yang diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 semester II SD N 12 Salatiga. Dengan kondisi ini maka peneliti akan menerapkan modeldiscovery learning dalam upaya meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 semester II. Dengan diterapkannya model discovery learning diharapkan proses aktivitas pada guru dan siswa dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar matematika. Setelah dilaksanakan penelitian maka proses aktivitas guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 2,6 atau 65% (cukup) sedangkan siklus II  mendapatkan skor rata-rata 3,31 atau 82% (baik) .  Proses aktivitas siswa  siklus I mendapatkan skor rata-rata 3,09 atau 77% (baik) pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 3,53 atau 88%(baik). Dengan meningkatnya proses aktivitas guru dan siswa maka Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I dari 19 siswa tuntas atau 63% dan 11 atau 37% tidak tuntas dengan rata-rata nilai kelas 73, pada siklus II sebanyak 30 siswa tuntas atau 100% dengan rata-rata kelas 83. Dari proses dan hasil belajar tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas 3 semester II.
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR Wahyuni, Sri
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.252 KB)

Abstract

Latar belakang masalah diperoleh dari hasil mata pelajaran IPA sangat sulit bagi siswa dan menyebabkan hasil belajar siswa kurang baik. hasil belajar IPA kelas 5 SD Negeri 1 Ngrandusehingga berimplikasi pada rendahnya hasil belajar IPA. Penleiti ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar melalui model Make a Match pada siswa kelas 5 SD Negeri 1 Ngrandu kota Grobogan.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 67,8% pada kondisi awal menjadi 76% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II.Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 7 siswa atau 43,7% pada kondisi awal menjadi 10 siswa atau 62,5% pada siklus I dan meningkat menjadi 15 siswa atau 93,75% siswa tuntas pada siklus II. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MISTAR BILANGAN Alvian, Akbar
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.795 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik (PMR) berbantuan media mistar bilangan pada siswa kelas IV SDN Barukan 02. Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika, dari 20 siswa ada 12 siswa (64,2%) yang tidak mencapai KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, 3) refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV terdiri dari 20 siswa.Teknik pengumpulan data adalah pre tes dan non tes.Penelitian ini menggunakan analisis ketuntasan yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus I dan siklus II.Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan pembelajaran matematika realistik (PMR). Hal ini tampak adanya peningkatan dari awal (pra siklus) 40% atau 8 siswa dari 20 siswa telah mencapai KKM = 65, pada Siklus I meningkat menjadi 75% atau 15 siswa yang dari 20 siswa telah mencapai nilai KKM = 65 kemudian pada Siklus II 90% atau 18 dari 20 siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik (PMR) berbantuan mistar bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Barukan 02.
UPAYA MENINGKATKANPROSES DAN HASIL BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) Matdyani, Soffy
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.183 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 1 Mojowetan mengalami kesulitan dalam membaca permulaan.Untuk menjawab malasah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar membaca permulaan menggunakan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 SDN 1 Mojowetan. Peneltian ini dilakukan dengan melalui tahapan yaitu perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, serta tahap refleksi.Peneliti melaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan disetiap siklusnya.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan melalui hasil observasi siswa dengan presentase rata-rata skor aktivitas individu siswa meningkat dari kondisi prasiklus sebesar 67% meningkat menjadi 78% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata ulangan harian Bahasa Indonesia siswa kelas 1 adalah 67,7% dengan ketuntasan 43,4%. Setelah diterapkan metode pembelajaran SAS rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siklus 1 meningkat menjadi 78% dengan presentase ketuntasan 87%, setalah dilakukan perbaikan maka pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia yang diperoleh menjadi 85 dengan presentase ketuntasan mencapai 100% dari 36 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Struktur Analisis Sintesis (SAS) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar dan hasil belajar Bahasa Indoneisa  siswa kelas 1 SDN 1 Mojowetan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA Raharjo, Ponco Budi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.099 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III di SDN Tegalrejo 02. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai Ulangan Tengah Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 siswa yang belum tuntas mencapai KKM≥70 sebanyak 9 siswa (34%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Tegalrejo 02 mencapai KKM≥70 melalui penggunaan pembelajaran kooperatif model inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Tegalrejo 02 setelah diberikan tindakan pembelajaran kooperatif model inquiry. Pada siklus I diperoleh 6 siswa tidak tuntas (27,6%) dan 19 siswa tuntas (72,4%). Pada siklus II terjadi peningkatan nilai mata pelajaran IPA, sebanyak 22 siswa tuntas (83,0%) dan 3 siswa tidak tuntas (17,0%). Jadi penggunaan pembelajaran kooperatif model inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IIISDN Tegalrejo 02 semester II tahun ajaran 2016/2017.
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR Sulistyowati, Retno
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.202 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru dalam mengajar menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga siswa pasif dalam menerima materi. Hal ini menjadikan pembelajaran berlangsung tidak efektif, siswa kurang antusias dan kurang konsentrasi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan dengan media gambar siswa kelas 5 SD N Tlompakan 01 Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus setiap siklusnya ada tiga pertemuan.Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan perbandingkan prasiklus, siklus I dan siklus II. Perbandingan proses aktivitas guru mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu siklus I mencapai 55% dari kondisi awal yang mencapai 29.41%, kemudian meningkat ke siklus II mencapai 67.5%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa yaitu melalui rata-rata hasil belajar IPS prasiklus adalah 59.06, kemudian siklus I 65, kemudian siklus II adalah 85.93.Berdasarkan analisis dan pembahasan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas 5.
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG Lestari, Leni
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.645 KB)

Abstract

Latar belakang dalam  penelitian ini adalah mata pelajaran matematika dipandang sebagai ilmu yang sulit untuk dipahami dan masih abstrak.Secara umum pula prestasi anak-anak di sekolah dasar di bidang matematika rendah. Ini di buktikan di berbagai tempat, pada hasil nilai ulangan harian maupun pada nilai Ujian Nasional. Hal tersebut di duga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 4 SD Negeri Tlompakan 01. Untuk mencapai perbaikan itu maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model PBLyang bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas 4 SD Negeri Tlompakan 01. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 13 peserta didik yaitu 5 perempuan dan 8 laki-laki. Jenis penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Siklus 1 menggunakan model pembelajaran PBLbelum memenuhi harapan peneliti karena nilai yang diperoleh belum maksimal. Pada hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di lihat dari nilai rata-rata sebelum dilakukan tindakan yaitu 55, setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 74 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,5. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika kelas 4 menggunakan model pembelajaran PBL dapat disimpulkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue