cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli" : 12 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN THINK PAIR SHARE (TPS) Sari, Dea Komala
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.427 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 02 Duren. Hal ini dilihat dari rendahnya nilai hasil Ulangan Akhir Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 siswa yang belum tuntas mencapai KKM ≥ 69 sebanyak 21 siswa (60%). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Duren supaya mencapai KKM ≥ 69 melalui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dan Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Duren setelah diberikan tindakan pembelajaran menggunakan model Picture and Picture dan Think Pair Share (TPS). Pada siklus I diperoleh 13 siswa tidak tuntas (37,14%) dan 22 siswa tuntas (62,85%). Pada siklus II terjadi peningkatan nilai mata pelajaran IPA, sebanyak 32 siswa tuntas (91,4%) dan 3 siswa tidak tuntas (8,57%). Jadi penggunaan model pembelajaran Picture And Picture Dan Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 02 Duren Bandungan Semester II Tahun Ajaran 2016/2017.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD Kurniawati, silfi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.006 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SD Negeri 03 Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, hasil belajar siswa kelas V masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah 75, dari 23 siswa hanya terdapat 12 siswa yang tuntas belajar dan 11 siswa lainnya belum tuntas belajar. Hasil belajar siswa yang masih rendah disebabkan karena pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional (ceramah). Metode ini membuat siswa menjadi pasif dan kurang kreatif sehingga perlu digunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan tertarik dengan pembelajaran. Model yang dapat diterapkan misalnya dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture Tujuan dari oenelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Peristiwa Alam Yang Terjadi di Indonesia dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup dan Lingkungan  dengan menggunakan model Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri 03 Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung semester II Tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan Standar Kompetensi “Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam” di SD Negeri 03 Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata – rata 81 dengan persentase ketuntasan 78% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata – rata menjadi 89 dengan persentase ketuntasan 96%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 03 Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING KELAS 5 NUGRAHA, AJI SULISTYA
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.959 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat  penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping  terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri Binangun 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk tabel. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas 5. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada evaluasi mengacu pada kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 89,9% pada mata pelajaran IPA, dengan rincian pra siklus ketuntasan 33,3% dari 6 siswa yang mencapai keberhasilan dengan rata-rata 57,7, siklus I menjadi 77,8% dari 14 siswa yang mencapai keberhasilan dengan rata-rata 72,7 dan menjadi 89,9% pada siklus II dari 16 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 82,7. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SD roqit, afandi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan tujuan belajar agar siswa dapat berperan aktif mengembangkan kemampuan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, berkarakter yang cerdas sehingga dalam implementasi pendidikan harus sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) refleksi. Penelitian dilakukan pada kelas IV SDN Barukan 02 Kec. Tengaran Kab. Semarang dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa juga soal tes evaluasi. Penelitian ini menggunakan analisis ketuntasan yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang mulanya pada pra siklus sebesar 35%. Pada siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 60%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 90% dari keseluruhan siswa. Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak lagi hanya duduk diam mendengarkan penjelasan dari guru, akan tetapi siswa harus mampu berfikir dan aktif untuk menyelesaikan permasalahan yang ia hadapi dengan cara bekerja secara kelompok. Dengan bekerja kelompok siswa dapat saling bertukar pikiran untuk lebih meningkatkan pengetahuan masing-masing siswa.
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD Wulandari, Siti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.286 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendiskripsikan penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media konkret, 2. Meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media konkret pada siswa kelas 3 SD Negeri Sidorejo Lor 01. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Sidorejo Lor 01 sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah (1) Mengamati: Melatih kesungguhan, ketelitian, dan mencari informasi dalam proses pembelajaran. (2) Menanya: Mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu dan kemampuan merumuskan pertanyaan. (3) Mencoba: Mengembangkan ketelitian, kesopanan, menghargai pendapat orang lain, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi. (4) Menalar: Kompetensi yang tercapai adalah mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, dan berpikir kritis dalam menyimpulkan. (5) Mengomunikasikan: Mengembangkan ketelitian, toleransi, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar. 2. Penerapan pendekatan scientific dengan menggunakan media konkret meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematikakelas 3 SD Negeri Sidorejo Lor 01. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 34%, siklus I sebesar 71%, pada siklus II meningkat menjadi 92%.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING Lugina, Dina Ratna
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.343 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan KPK dan FPB. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching sebesar 80% dengan KKM 65 pada mata pelajaran Matematika. Model Quantum Teaching menerapkan suasana dan ruang kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa, melibatkan siswa secara aktif, serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan pengalaman yang dilakukannya.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS Putro, Hendri Isyuliyanto
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.64 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi dari model pembelajaran xample non Example dilihat dari hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD Gugus Gunung Sumbing. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4A SD Negeri 3 Sukorejo (SD Inti)  dan SD Negeri 1 Karanganyar (SD Imbas dekat) sebagai kelompok eksperimen 1 kemudian siswa kelas 4B SD Negeri 3 Sukorejo  (SD Inti) dan SD Negeri 2 Karangkendal (SD Imbas Jauh) sebagai kelompok eksperimen 2. Dalam penelitian ini variabelnya adalah model pembelajaran Picture and Picture dan Example non Example sebagai variabel bebas kemudian hasil belajar sebagai variabel terikat, dan pretest sebagai variabel kovariat. Pengumpulan  data menggunakan lembar observasi dan instrumen soal tes. Teknik analisis data pada hasil penelitian ini menggunakan teknik diskriptif dan teknik stastistik ANCOVA. Dari uji ANCOVA yang sudah dilakukan terhap skor posttest kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diperoleh hasil uji F hitung sebesar 77,331, pada taraf signifikansi/probaliatas 0,00 kerena nilai probalitas < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maknanya hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SDN Gugus Gunung Sumbing dalam penerapan pembelajaran model Picture and Picture lebih tinggi dari pada Example non Example. Hasil belajar IPS yang signifikan didukung dengan rata-rata dari dua sampel penelitian, dari hasil belajar penerapan model Picture and Picture memperoleh rata-rata 80,48 sedangkan rata-rata hasil belajar pada penerapan model pembelajaran Example non Example memperroleh rata-rata 72,50. Artinya adalah pemberian treatment pembelajaran dengan model Picture and Picture memberikan dampak pada hasil belajar yang lebih tinggi dan berbeda dari model pembelajaran Example non Example. Saran dari penulis semoga diterima dan berkenan dengan hasil penelitian ini adalah guru dapat memilih model pembelajaran yang terbukti meningkatkan hasil belajar IPS secara signifikan.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD DITINJAU DARI METODE MIND MAPPING DAN MODEL CONCEPT SENTENCE Aristiyono, Kristian
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.616 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dengan model pembelajaran Concept Sentence. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain counter balance. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 5 di SDN Salatiga 10 dan SDN Dukuh 01. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik Uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran Concept Sentence.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DIPADUKAN DENGAN METODE NHT Sari, Indri Puspita
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.214 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif dengan model Problem Solving dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Jetak 01 Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan non tes (observasi).Teknik pengolahan data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan peningkatan hasil belajar, pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dari pertemuan pertama sampai ketiga meningkat yaitu 85%  ke 92% dan mencapai 100%. Pada siklus II sebanyak 92%, 92% dan mencapai 100%. Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I pertemuan pertama sampai ketiga meningkat sebanyak 77% ke 85% dan mencapai  92%. Pada siklus II sebanyak 85% ke 92%. dan mencapai 92%. Hasil belajar siswa meningkat dari kondisi awal sampai siklus II dengan ketuntasan sebanyak 14 siswa menjadi 20 siswa  dan mencapai 26 siswa dengan presentase 54% naik 77% dan  mencapai 100% dengan rata-rata 60 naik 66,3dan mencapai 83,07. Selain meningkatkan hasil belajar juga meningkatkan keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapat,  menjawab pertanyaan dari guru dan menumbuhkan minat belajar siswa dengan pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Problem Solving dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan  hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Perdanita, Ariska Wulan
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.531 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas 3 SD Negeri Mangunsari 07 Salatiga semester 2 tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model spiral dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD Negeri Mangunsari 07 Salatiga berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD. Presentase siswa yang mencapai nilai  KKM dan dinyatakan tuntas pada pra siklus sebanyak 40% (12 dari 30 siswa) kemudian meningkat menjadi 66,7% (20 dari 30 siswa) pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 90% (27 dari 30 siswa) pada siklus II.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue