cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari" : 5 Documents clear
PENGARUH LAMA PEREBUSAN TERHADAP KANDUNGAN ZAT BESI DAUN SINGKONG VARIETAS MANGI (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ) Tuhenay, Willgraf
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.137 KB)

Abstract

Masalah-masalah gizi sering dijumpai di indonesia, namun masalah yang paling umum dijumpai adalah anemia gizi, akibat berkurangnya zat besi dalam tubuh. Zat besi memiliki peran penting dalam sintesis dan metabolisme. Masalah anemia gizi bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran-sayuran hijau. Salah satunya adalah daun singkong yang mengandung zat besi. Kebiasaan masyarakat dalam mengelola daun singkong adalah dengan melakukan perebusan terlebih dahulu agar daun singkong menjadi lunak mudah dimakan. Namun proses perebusan akan memberikan perubahann terhadap zat besi yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini beretujuan untuk mengetahui apakah lama perebusan bepengaruh terhadap kandungan zat besi pada daun singkong. Metode yang digunakan adalah metode Spektrofotometer, dengan waktu perebusan 5,10 dan 15 menit. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimulkan dengan adanya pengaruh lama perebusan terhadap kandungan zat besi.
UJI AKTIVITAS EKSTRAK KOMBINASI BATANG DAN DAUN SURUHAN (Piperumia pellucida L.H.B Kunth) SEBAGAI ANTI DIABETES PADA TIKUS PUTIH atihuta, frangki
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.029 KB)

Abstract

ABSTRAK   Diabetes mellitus merupakan penyakit menahun dan progresif, ditandai dengan kenaikan kadar gula darah (hiperglikemia) terus menerus karena kekurangan hormon insulin, baik secara relatif maupun absolut di dalam tubuh. Banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan karena bermanfaat bagi manusia dalam hal pengobatan. Dalam tanaman banyak terdapat komponen kimia yang dapat digunakan sebagai obat. Salah satunya adalah Suruhan atau Peperomia pellucida L.H.B Kunth, yang secara empiris tumbuhan ini telah digunakan dalam pengobatan demam, penyakit perut, atau pengobatan luar lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji aktivitas ekstrak kombinasi batang dan daun suruhan (Piperumia Pellucida . L.H.B. Kunth) terhadap kadar glukosa darah tikus putih jantan diabetes yang diinduksi streptozotosin. Obyek uji penelitian ini adalah 14 ekor tikus putih jantan diabetes, galur Wistar, umur 2 – 3 bulan, BB 206 gram. Tikus dibagi secara acak dalam dua kelompok penelitian yaitu kelompok I, II, yang berturut-turut mendapat perlakuan dengan akuades, ekstrak kombinasi batang dan daun suruhan dosis 500 mg / Kg BB. Perlakuan diberikan satu kali sehari selama 14 hari. Pengukuran kadar glukosa darah dilakukan pada hari ke 14 setelah perlakuan. Hasil pengukuran kadar glukosa dalam darah ( mg/dl ) dianalisis secara statistika menggunakan metode SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kombinasi batang dan daun suruhan dosis 500 mg / Kg BB dapat menurunkan kadar glukosa darah tikus putih jantan diabetes yang diinduksi streptozotosin.    
STRATEGI BERSAING SMP KRISTEN 2 EBEN HAEZER SALATIGA puspoko jati, dionisius heckie
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.945 KB)

Abstract

Perkembangan pendidikan semakin maju dihadapkan dengan persaingan antar lembaga pendidikann yang kompetitif. Persaingan tersebut dapat menjadikan lembaga pendidikan yang mampu bertahan, namun bagi lembaga pendidikan yang tidak mampu bertahan akan mengalami penurunan. SMP Kristen 2 Eben Haezer Salatiga sebagai lembaga pendidikan mengalami kondisi tersebut. Oleh karena itu, “Bagaimana strategi bersaing SMP Kristen 2 Eben Haezer Salatiga?”. Untuk mengetahui strategi bersaing, dalam penelitian ini dipaparkan tiga strategi generik, yaitu keunggulan biaya, diferensiasi dan fokus. Hasil penelitian menunjukkan SMP Kristen 2 Eben Haezer Salatiga menerapkan strategi diferensiasi untuk menghadapi persaingan antar lembaga pendidikan. Strategi ini dilakukan dengan menerapkan program yang berbeda dengan sekolah lain seperti BCP (Brilliant Class Program) Matematika, Bahasa Inggris, IPS, IPA, Fotografi, Bazar dan Pentas seni, Live in, Studi Lapang dan Retret. Untuk itu, saran bagi SMP Kristen 2 Eben Haezer Salatiga dalam menjalankan strategi diferensiasi yaitu melaksanakan program baru yang telah direncanakan.
PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Rahmiati, Dra
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.283 KB)

Abstract

Dalam Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Lhokseumawe, penulis menemukan dua permasalahan yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. Pertama, kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran belum memuaskan dan kurangnya rangsangan siswa untuk melakukan latihan-latihan atau mengulangi materi pelajaran yang baru didapat di sekolah atau sekaligus mencoba ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya serta membiasakan diri siswa mengisi waktu luangnya di luar jam pelajaran. Penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan Quipper School (QS). Quipper School adalah sebuah platform online gratis untuk guru dan siswa. Quipper School terdiri dari dua bagian: LINK untuk guru dan LEARN untuk siswa. Quipper School Link adalah tempat di mana guru dapat mengelola kelas secara online dan melihat perkembangan siswa. Quipper School Learn adalah tempat di mana siswa belajar. Penggunaan Quipper School mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Selain itu, penggunaan Quipper School terbukti dapat (a) memberikan kesempatan pada siswa untuk mengulang tugas yang diberikan guru sehingga nilai mereka mencapai 100 % (b) menjadi pemicu semangat siswa untuk mendapat nilai 100 (c) mendorong siswa lebih rajin mengerjakan tugas (d) mampu menarik perhatian siswa lain untuk belajar online.
PENGARUH KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU Suryani, Dra
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.223 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapat guru terhadap Kinerja yang ada di SMK Negeri 3 Lhokseumawe. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data ordinal yaitu pendapat para guru 41 (empat puluh satu) orang responden guru di  SMK Negeri 3 Lhokseumawe, selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan konsep-konsep teoritis melalui studi kepustakaan dan  seacara kuantitatif dengan peralatan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Korelasi Regresi Berganda di peroleh bahwa hubungan antara variabel dependen Kinerja Guru (Y) dengan variabel independen, Kemampuan intelektual (X1), Motivasi Kerja (X2). Pengaruh Kemampuan Intelektual dan motivasi terhadap kinerja guru  di SMK Negeri 3 Lhokseumawe adalah: Faktor Kemampuan Intelektual (X1) dengan nilai koefisien sebesar -0,236, Faktor Motivasi Kerja (X2) dengan nilai koefisien sebesar 0,099. Kemampuan Intelektual dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru  di SMK Negeri 3 Lhokseumawe, berdasarkan pengaruh kemampuan intelektual dan motivasi kerja dapat disimpulkan bahwa ke dua indikator tersebut sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Dengan mengetahui faktor-faktor yang paling berpengaruh kinerja guru akan membantu pihak sekolah dalam meningkatkan kinerja guru  

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue