cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret" : 10 Documents clear
GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT TRANSPORTASI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN Tjahjono Putri, Claudia Nefitha
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.045 KB)

Abstract

Usia dini merupakan usia yang bagus untuk memberikan pendidikan dasar yang tepat, jika ia mendapatkan pendidikan yang tepat maka ia akan siap dalam belajar pada jenjang berikutnya dan memperoleh kesuksesan. Proses belajar-mengajar di sekolah yang menggunakan buku pelajaran sebagai acuan materi lalu disampaikan dari guru ke siswa sudah biasa. Siswa disuruh membaca buku setelah itu dijelaskan oleh guru. Cara tersebut membuat anak cepat bosan dan kurang tertarik dalam hal belajar. Dan juga, perkembangan teknologi yang sangat pesat, dimana anak lebih sering memegang gadget  daripada buku untuk belajar. Dengan alasan tersebut, diperlukan media pendukung pendidikan yang menarik berbentuk game edukasi dengan tema pengenalan alat transportasi. Pembutaan game ini berdasarkan hasil penelitian pada bulan September dan sesuai dengan kuriulum KB-TKIT Ummu Aiman dengan software utama Construct 2 menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap KB-TKIT Ummu Aiman dengan maksud untuk memenuhi data yang diperlukan guna untuk membuat aplikasi agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Pembuatan aplikasi ini dengan tujuan untuk memudahkan anak dalam belajar mengenal alat transportasi dengan cara yang lebih menyenangkan, menarik dan tidak membuat anak cepat bosan. Dalam game ini disertai juga materi tentang alat transportasi yang dibuat menarik jadi, anak tidak hanya bermain dan anak tidak mudah bosan dalam belajar. Kata Kunci :game edukasi, flora dan  fauna, anak usia dini
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI IPA DALAM MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGAN DI SMPN 2 LUBUK BATU JAYA Suryanti, Lis
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.764 KB)

Abstract

Proses belajar-mengajar atau proses pengajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Penggunaan metoda demontrasi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya yang telah dilaksanakan selama kegiatan penelitian sangat baik, hal ini terbukti dari hasil evaluasi dari siklus ke 1 dan siklus ke 2 terjadi peningkatan yang cukup tinggi, disamping situasi belajar sangat kondusif, karena pembelajaran dengan menggunakan metoda demontrasi dapat melibatkan siswa secara utuh, artinya terlibat dari awal sampai akhir pembelajaran. Disamping media pembelajaran yang harus dikuasai, juga alat peraga yang diperlukan perlu dipersiapkan, karena alat peraga mampu menjembatani pemahaman siswa pada siklus 1 jumlah siswa yang mencapai KKM adalah 72 % dan pada siklus 2 86 %. Dengan ini dapat dilihat bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi siswa dalam materi pelajaran interaksi makhluk hidup
PERBEDAAN PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 4 SD YANG DITINJAU DARI HASIL BELAJARNYA Hartina, Aprilian Wahyu
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.716 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Tematik siswa kelas 4 di SD Gugus Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran menggunakan  model Make A Match dan Index Card Match. Penelitian dilakukan pada SD Gugus Ki Hajar Dewantara pada tanggal 12 sampai 21 Maret 2018. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes yang telah dilakukan uji reliabilitas dan validitas item soalnya. Hasil uji hipotesisi menggunakan uji Ancova pada muatan IPA 1,570 taraf signifikansi atau probabilitas 0,214, pada muatan Bahasa Indonesia F hitung 0,334 taraf signifikansi atau probabilitas 0,565. Oleh karena 0,214 dan 0,565 > 0,005 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Maknanya hasil belajar menggunakan model Index Card Match tidak lebih tinggi secara signifikan dibandingkan model pembelajaran Make A Match. simpulan tersebut didukung temuan rerata Make A Match dalam muatan IPA sebesar 82,44 dan muatan Bahasa Indonesia sebesar 76,17 dan Index Card Match pada muatan IPA sebesar 76,08 dan muatan Bahasa Indonesia sebesar 76,03. Artinya pemberian perlakuan dengan model Index Card Match tidak lebih tinggi secara signifikan dari model Make A Match. Dari simpulan penelitian ini disarankan agar para guru SD menggunakan model pembelajaran Make A Match.
PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN SEPAKBOLA DI KELAS VII SMPN 2 LUBUK BATU JAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Siregar, Nifitri
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.119 KB)

Abstract

Proses kegiatan sepak bola yang dilaksanakan di SMPN 2 Lubuk Batu Jaya belum menunjukkan hasil yang maksimal. Pemberian metode melatih sepak bola secara konvensional, hal ini mengakibatkan kemampuan teknik dasar dalam bermain sepak bola masih kurang. Bentuk latihan yang menarik dan tidak membosankan, serta suasana latihan yang menyenangkan mampu membuat siswa bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola. Pada akhirnya diharapkan dapat tercapainya peningkatan keterampilan gerak siswa dalam bermain sepak bola, terutama dalam tercapainya penguasaan teknik dasar sepak bola yang menunjang dalam permainan sepak bola yang baik. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas pembelajaran terlihat bahwa siswa menjadi aktif dan tidak cepat jenuh dalam pembelajaran.Persentase peningkatan aktivitas pembelajaran pada siklus 1 mencapai 72%, siklus 2 mencapai 90%, sementara skor harapan adalah aktivitas pembelajaran adalah 90%. Ini berarti target aktivitas pembelajaran sudah tercapai. Berdasarkan hasil evaluasi pada siklus 1 kemampuan passing atas siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal yaitu: pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai 75 baru 3 siswa (20%) dan pada siklus 1 meningkat menjadi 7 siswa (46,66%), kemudian pada siklus 2, meningkat menjadi 14 siswa yang mencapai nilai 75 bahkan lebih. Ini berarti target 90. dari jumlah siswa mencapai KKM dengan nilai 75 sudah tercapai.
GAME EDUKASI PENGENALAN KERANGKA MANUSIA UNTUK SISWA SDN 1 MAKAMHAJI Hapsari, Yuli
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.352 KB)

Abstract

Belajar merupakan kegiatan wajib bagi siswa saat di Sekolah Dasar. Dalam perkembangan mental, perilaku dan pola pikir belajar merupakan peranan yang penting. Tapi karena metode pembelajaran yang manual, siswa menjadi cepat bosan dan malas dalam memperhatikan materi yang diberikan oleh para guru karena minat belajar mereka yang semakin menurun. Untuk menangani hal tersebut, maka dirancanglah media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar para siswa seperti game edukasi, contohnya  Game Edukasi Pengenalan Kerangka Manusia. Kerangka manusia masuk dalam pelajaran biologi (IPA). Sedangkan IPA sendiri merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa. Dengan game tersebut siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan menyenangkan karena dibarengi dengan grafis yang menarik. Sehingga siswa akan lebih mudah mengingatnya dan memudahkannya dalam belajar. Perancangan game, menggunakan software Scirra Construct 2. Dibantu dengan metode observasi dan wawancara yang dilakukan di SD Negeri 1 Makamhaji. Pengujian dilakukan dengan melakukan demo didepan para siswa dan guru pada tanggal 27 Maret 2018. Para siswa diberi kesempatan untuk mencoba game tersebut. Berdasarkan hasil kuisioner yang sudah diisi para siswa dan guru, dapat dikatakan bahwa game ini menarik, mudah dimainkan dan menjadi media pembelajaran pengenalan kerangka manusia.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA.3 S,Pd, As Asniadarni
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.015 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif type Student Teams Achievement Division (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA.3 SMA Negeri 2 Tembilahan pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Data pada penelitian ini bersumber dari keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan format instrumen aktivitas siswa dan penilaian hasil belajar masing-masing siklus. Prosedur dalam penelitian ini adalah merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Peningkatan itu tampak pada aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II untuk kategori nilai A dari 22,5% menjadi 55,1%, penurunan nilai B dari 35,7% menjadi 31,5% dan nilai C dari 38,9% menjadi 13,4%. Sedangkan hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 37,5% menjadi 66,7% pada kategori tuntas, dan terjadi penurunan pada siswa tidak tuntas dari 62,5% menjadi 33,3%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar kimia kelas XI IPA 3 dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif type Student Teams Achievement Division (STAD).   Kata Kunci : aktivitas,hasil belajar, Student Teams Achievement Division (STAD)  
GAME EDUKASI PENGENALAN FLORA DAN FAUNA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK ANAK USIA DINI 3-5 TAHUN sulistioningsih, saptiyanti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.295 KB)

Abstract

Abstrak Anak usia dini merupakan tahap dimana anak cenderung menginginkan bermain dibandingkan dengan belajar. Kecenderungan ini menyebabkan timbulnya rasa bosan pada anak saat diberikan edukasi yang hanya berisikan materi dalam bentuk komunikasi verbal saja. Di era modern ini, teknologi berkembang sangat pesat. Beberapa metode dilakukan dengan memanfaatkan teknologi untuk mengurangi masalah edukasi pada anak usia dini. Salah satu metode yang dapat membantu proses pembelajaran pada anak usia dini adalah menyampaikan materi edukasi kedalam game berbasis multimedia. Sehingga anak merasa tertarik dan tidak bosan dalam menerima materi yang disampaikan. Metode ini juga dapat meningkatkan minat belajar pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah game edukasi untuk mengenalkan flora dan fauna pada anak usia dini sesuai dengan kurikulum yang ada pada KB-TKIT Ummu Aiman Kartasura, yaitu kurikulum 2013 PAUD. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan interview dengan kepala KB-TKIT Ummu Aiman Kartasura. Game ini dibangun dengan menggunakan software construct 2. Kata Kunci : game edukasi, flora dan  fauna, anak usia dini
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR TEMA 4 MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SALATIGA 01 widyaningsih, katarina
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.147 KB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 yang masih rendah berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar muatan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPA tema 4 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc taggart. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan aktivitas berpikir kritis siswa meningkat. Kemampuan berpikir kritis siswa pada: indikator I dari cukup kritis meningkat menjadi kritis di siklus II, indikator 2 dari kritis meningkat menjadi sangat kritis di siklus II, sedangkan untuk indiaktor 4 dari kritis meningkat menjadi sangat kritis di siklus II. Hasil belajar muatan IPA meningkat dengan perbandingan presentase ketuntasan belajar dari pra siklus 42%, dengan nilai rata-rata 57,9, meningkat menjadi 53,4%, dengan nilai rata-rata kelas 61,2 di siklus I, dan di siklus II menjadi 81% dengan nilai rata-rata 75,81.  
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PERENCANAAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DI GUGUS IV KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER hasyim, Hasyim
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.489 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kepengawasan sekolah ini adalah: meningkatkan kompetensi perencanaan manajerial kepala sekolah di gugus IV Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember melalui supervisi manajerial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai Januari 2016 sampai dengan Juni 2016 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Sedangkan tempat dilaksanakan penelitian tindakan sekolah ini di gugus IV Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember yang terdiri dari SDN Andongsari 01, SDN Andongsari 02, SDN Andongsari 04, SDN Andongsari 05, SDN Andongsari 06, SDN Pontang 01, SDN Pontang 02, SDN Pontang 03, SDN Pontang 04, SDN Pontang 05. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah gugus IV Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember sebanyak 10 orang. Teknik wawancara dalam penelitian digunakan untuk memperoleh sejumlah keterangan dari kepala sekolah tentang penerapan supervisi manajerial oleh pengawas untuk meningkatkan kompetensi perencanaan manajerial kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa supervisi manajerial oleh peneliti dinilai dapat meningkatkan kompetensi perencanaan manajerial kepala sekolah, mulai dari pra-siklus dengan hasil rata-rata guru yang awalnya baik meningkat menjadi pada siklus I peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013, kemudian menjadi sangat baik pada siklus II.
PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING LEARNING (PPL) UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 4 SD Wulandari, Desi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.989 KB)

Abstract

Proses dan hasil belajar muatan bahasa Indonesia kelas 4 SD N Salatiga 02 semester 1 tahun ajaran 2017/2018 masih rendah khususnya pada materi mengungkapkan pendapat tentang isi cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar muatan bahasa Indonesia melalui model problem posing learning. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan, proses dan hasil belajar muatan bahasa Indonesia meningkat. Persentase aktivitas guru pada pra siklus adalah 60%, pada siklus 1 menjadi 84,8%, dan pada siklus 2 mencapai 92,5%. Persentase aktivitas siswa pada pra siklus adalah 49,2%, pada siklus 1 menjadi 80%, pada siklus 2 mencapai 86,9%. Persentase ketuntasan hasil belajar muatan bahasa Indonesia pada pra siklus adalah 66% dengan nilai rata-rata 77,25. Pada siklus 1 meningkat menjadi 82% dengan nilai rata-rata 83 dan pada siklus 2 mencapai 95,5% dengan nilai rata-rata 89.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue