cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli" : 11 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS 5 SD NEGERI SELOMIRAH Sayuti, Ester Widi; Kristin, Firosalia; Anugraheni, Indri
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.997 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan 1) untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning, 2) untuk meningkatkan kemampuan analisis dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Discovery Learning. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa dan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan mengunakan model Kemmis dan Mc taggart. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik tes dan non tes sedangkan analisis data menggunakan analisis data diskriptif komparatif. Hasil analisis data non tes dilakukan dengan menganalisis hasil observasi dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru, aktivitas siswa, kemampuan analisis siswa dan hasil belajar IPA mengalami peningkatan, hal ini terlihat dari presentase aktivitas guru dari rata-rata siklus I sebesar 55,66 menjadi rata-rata skor 71,67 pada siklus II . aktivitas analisis siswa capaian indikator 1 skor 71, indikator 2 skor 78. indikator 3 skor 66. Hasil belajar mata pelajaran IPA mengalami peningkatan pada pra siklus(35,72%) dengan nilai rata-rata 64,64, siklus I (75%) nilai rata-rata sebanyak 72,64 dan siklus II (92,86%) mencapai rata-rata 78,75.
PERBAIKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS 4 SD Muasaroh, Maulida Ilfin; Harjono, Nyoto; Airlanda, Gamaliel Septian
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.918 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar muatan IPA tema 8 subtema 1 siswa kelas 4 SD Negeri Dukuh 01 Salatiga Semester II Tahun 2017/2018 melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kajian dokumen, dan tes, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Muatan IPA merupakan salah satu muatan pelajaran dengan hasil belajar yang kurang maksimal. Proses pembelajaran muatan IPA siswa masih pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Terbukti dari hasil observasi prasiklus aktivitas guru memperoleh persentasae 66,69%. Kemudian prasiklus aktivitas siswa memperoleh persentase 42,89%. Aktivitas belajar yang belum maksimal berdampak pada rendahnya hasil belajar. Berdasarkan hasil ulangan harian muatan IPA kelas 4 memperoleh hasil nilai tertinggi 95, nilai terendah 36, nilai rata-rata 63. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 14 siswa dari 34 siswa , itu artinya hasil belajar muatan IPA masih rendah. Simpulan hasil penelitian adalah bahwa penerapan model PBL dapat memperbaiki proses dan hasil belajar muatan  IPA tema 8. Pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas guru sebesar 88,1% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 97,62% dan ketercapaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,6% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 95,24%. Peningkatan hasil belajar muatan IPA dilihat dari aspek kognitif persentase ketuntasan untuk siklus I mencapai 67,65% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,24%.
ANALISIS KEBUTUHAN PEMELAJAR: DESAIN KURSUS ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES (ESP) DI AKADEMI BSI JAKARTA Sidauruk, Juniato
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.609 KB)

Abstract

Pemelajar menjadi bagian yang utama dan sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu, pemelajar perlu diberikan perhatian khusus agar tercapai target pembelajaran dan tujuan belajar dari pemelajar. Analisis kebutuhan pemelajar diperlukan sehingga perencanaan dan perancangan materi ajar dapat dibuat sesuai dan selaras dengan kebutuhan pemelajar. Untuk mengetahui kebutuhan para pemelajar diterapkan teknik wawancara dan kemudian diaplikasikan menggunakan metode CNP Munby agar dapat diketahui secara terperinci mengenai pemelajar dan kebutuhannya yang dikategorisasikan kedalam beberapa profil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemelajar merupakan bagian yang sangat penting untuk diketahui lebih dulu sehingga tenaga pengajar mampu memetakan kebutuhan pemelajar yang mencakup profil kebutuhan komunikasi tulis dan komunikasi lisan.
STUDI DESKRIPTIF LULUSAN PROGRAM BEASISWA BIDIKMISI POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS TAHUN 2015-2017 Mujiono, Mujiono; Mubarak, Husni
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.647 KB)

Abstract

Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diperuntukan kepada lulusan SMA,SMK,MA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Konsepnya dengan memberikan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup setiap bulan. Tujuanya adalah untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada mereka yang masuk dalam kelompok masyarakat ekonomi lemah namun memiliki prestasi akademik yang baik. Politeknik Negeri Bengkalis mulai mendapatkan kuota Bidikmisi pada tahun 2012 dengan jumlah 90 orang, tahun 2013 berjumlah 175 orang, tahun 2014 berjumlah 175 orang, tahun 2015 berjumlah 175 orang, tahun 2016 berjumlah 140 orang dan tahun 2017 sebanyak 114 orang. Dari jumlah tersebut selama 3 tahun terakhir (2015-2017) telah meluluskan 404 mahasiswa Bidikmisi terdiri dari 22 orang program studi teknik perkapalan, 40 orang program studi teknik mesin, 47 orang program studi teknik elektro, 67 orang program studi teknik informatika, 67 orang program studi teknik sipil, 116 orang program studi administrasi bisnis dan 45 orang program studi bahasa inggris bisnis. Dengan Indek Prestasi Akademik (IPK) sebanyak 6,44% berpredikat memuaskan, 76,24% sangat memuaskan dan 17,33% cumlaoude. Artinya tidak diragukan lagi bahwa mahasiswa Bidikmisi yang sangat jelas berasal dari keluarga ekonomi lemah memiliki kemampuan akademik yang luar biasa dan mampu bersaing dengan mahasiswa lainya. Dengan demikian Bidikmisi merupakan peluang emas bagi keluarga miskin untuk mewujudkan prestasi akademiknya di perguruan tinggi
PERBAIKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) PADA SISWA KELAS IV SD Susanti, Ani Sri; Harjono, Nyoto; Airlanda, Gamaliel Septian
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.518 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Bertujuan untuk memperbaiki proses dan hasil belajar muatan IPA Tema 6 siswa kelas 4 semester II Tahun 2017/2018 melalui model pembelajaran Discovery Learning. Pelaksanaan dalam masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dengan jumlah 34 siswa. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kajian dokumen, dan tes. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Muatan IPA merupakan salah satu muatan pelajaran dengan hasil belajar yang kurang maksimal. Kurang maksimalnya hasil belajar dikarenakan siswa kurang aktif didalam kelas sehingga siswa sulit untuk memahami pembelajaran IPA. Terbukti dari hasil observasi prasiklus aktivitas guru memperoleh persentasae 66,69%. Kemudian prasiklus aktivitas siswa memperoleh persentase 42,89%. Pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas guru sebesar 86% dan ketercapaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81,3% yang kemudian meningkat pada siklus II sebesar 98%  menjadi 94%. Peningkatan hasil belajar muatan IPA dilihat dari aspek kognitif persentase ketuntasan untuk siklus I mencapai 73,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.
PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR TEMA 8 SUBTEMA 1 MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 4 SDN LEDOK 07 SALATIGA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Rusyita, Lucky; Harjono, Nyoto; Airlanda, Gamailiel Septian
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.842 KB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah guru menerapkanprinsip pembelajaran yang tidak hanya dilakukan di sekolah melainkan juga di rumah dan lingkungan serta menerapkan prinsip pembelajaran untuk siswa membaca buku di perpustakaan. Meskipun begitu, masih terdapat beberapa siswa yang memiliki hasil belajar rendah. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran PBL siswa kelas 4 SDN Ledok 07 Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. penelitiannya adalah PTK dengan dua siklus setiap siklusnya ada tiga pertemuan. Instrument yang digunakan adalah observasi, tes, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan prasiklus, siklus I, siklus II. Perbandingan proses aktifitas guru mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu siklus I mencapai 58% dari kondisis awal mencapai 35% kemudian meningkat ke siklus II mencapai 81%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar yaitu melalui rata-rata hasil belajar IPS prasiklus adalah 62, siklus I 66, siklus II adalah 79. berdasarkan analisis pembahasan model PBL dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas 4.
PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS 4 SD Anugrahwati, Dina Candra; Harjono, Nyoto; Airlanda, Gamaliel Septian
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.027 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar muatan IPA tema 8 subtema 1 menggunakan model pembelajaran PBL siswa kelas 4 SD Negeri Kutowinangun 04 Salatiga semester II tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, kajian dokumen, dan tes, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Terbukti dari observasi keaktifan guru pada prasiklus dengan rata-rata presentase 75,7%, kemudian aktivitas siswa prasiklus rata-rata 72,8. Hasil belajar muatan IPA pada prasiklus membuktikan nilai- rata- rata 64,03%. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa 85 sedangkan nilai terendah 38. Ketuntasan belajar prasiklus sebanyak 16 siswa dinyatakan belum mencapai KKM atau 53%, sedangkan yang dinyatakan tuntas sebanyak 14 siswa atau 47% dari keseluruhan siswa. Simpulan hasil penelitian adalah bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan proses dan hasil belajar muatan IPA tema 8 subtema 1, persentase ketercapaian aktivitas guru sebesar 91% yang meningkat pada siklus II menjadi 100% dan ketercapaian aktivitas siswa siklus I sebesar 88% yang meningkat pada siklus II menjadi 100%. Peningkatan hasil belajar muatan IPA dibuktikan dari aspek kognitif persentase ketuntasan untuk siklus I mencapai 73,3 % dan meningkat pada siklus II menjadi 93,3 %.
KONSEP KEPRIBADIAN MUSLIM MUHAMMAD IQBAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN KARAKTER GENERASI MILENIAL Rafid, Rahmad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.61 KB)

Abstract

Peradaban yang semakin maju juga bisa menjadi salah satu faktor runtuhnya moral dan akhlak. Melihat realitas saat ini, masih banyak generasi bangsa yang belum memiliki kepribadian yang baik, sudah banyak terjadi kasus dalam bidang pendidikan, ini mencerminkan bahwa kualitas kepribadian anak didik masih kurang baik. Konsep Iqbal dalam membentuk kepribadian seorang muslim sejatinya adalah untuk menambah kedekatan manusia dengan Tuhan-Nya dengan menjelmakan sifat-sifat tuhan kedalam dirinya atau dalam kepribadiannya sehingga dengan jalan seperti ini akan mendekatkan diri kepada Tuhan seperti hadist yang selalu dikutip Iqbal dalam pembahasannya mengenai konsep khudi/pribadi yaitu “Takhallaqu bi Akhlaqillah” (tumbuhkan lah dalam dirimu sifat sifat Allah). Jadi, dalam mencari Tuhan bukan dengan cara merendahkan diri dan meminta-minta tetapi dengan himmah dalam menjelmakan sifat sifat uluhiyah dalam diri dan masyarakat.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN SIMULASI MEDIA MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Arifin, Syamsul; Utomo, Priyo; Anisa, Nur Aini
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.326 KB)

Abstract

Penelitian ini  di tujukan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dengan simulasi media monopoli pada mata pelajaran ekonomi  materi pokok monopoli kelas XI IIS I SMA  IPIEMS surabaya di laksanakan dua sikus yakni siklus I dan siklus II. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan PTK yang berusaha memecahkan atau menjawabpermasalahan yang dihadapi pada situasi yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian diperoleh pembelajaran  yang di lakukan dengan model pembelajaran kooperartif tipe teams games tournament pada kelas XI IIS SMA IPIEMS mengalamami peningkatan. Rata-rata  ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 34,1%  dan pada siklus kedua meningkat sebesar 86,7%Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dengan Media Permainan Monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok Pasar Modal Kelas XI IIS I SMA IPIEMS  Surabaya.
PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD Ella, Ella; Koeswanti, Henny Dewi; Giarti, Sri
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.764 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Inquiry di kelas 4 SD pada gugus Sultan Agung dan Gugus Teuku Umar yang dilakukan pada bulan April tanggal 12 sampai 18 April 2018 . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan  desain  Non-equivalent control group design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen test yang telah dilakukan uji reliabilitas dan uji validitas item soalnya. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Ttest  pada hasil belajar matematika memperoleh Fhitung sebesar 2,963 dengan taraf signifikansi/probabilitas sebesar 0,088. Dikarenakan 2,963 > 0,088 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Problem Solving dan Inquiry. Hasil tersebut didukung dengan rerata hasil yang diperoleh menggunakan model pembelajaran problem solving sebesar 63,86 dan model pembelajaran Inquiry sebesar 69,63. Kesimpulannya adalah hasil belajar yang diperoleh menggunakan model Inquiry lebih tinggi dari model Problem Solving. Dari hasil diatas penelitian ini disaran kan agar para guru menggunakan model pembelajaran Inquiry.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue