cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus" : 12 Documents clear
GAMBARAN AKTIVITAS FISIK SISWA DENGAN IMT KATEGORI GEMUK DI SEKOLAH DASAR DESA BUTUH Nugroho, Arya Mahendra Aji; Kinasih, Angkit; Messakh, Sanfia Tesabela
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.002 KB)

Abstract

Kegemukan menjadi masalah global di semua negara, kegemukan dapat menyerang semua orang. Prevalensi kegemukan pada anak usia 6-12 tahun mengalami peningkatan sangat tinggi, hal ini akibat ketidakseimbangan antara konsumsi energi yang tinggi dibandingkan dengan aktivitas fisiknya. Untuk mengatasinya kegemukan ini diharuskan sering beraktivitas fisik dan pengecekan berat badan dengan mengukur Indeks Massa Tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas fisik siswa dengan kategori IMT gemuk di desa Butuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan menghitung IMT dan mengukur aktivitas fisik dengan instrumen The Physical Activity Questionnaire for Children (PAQ-C) yang dimodifikasi. Dalam penelitian ini ditemukan total populasi 259 siswa, 25 siswa mengalami kegemukan dengan presentase intensitas aktivitas fisik 4% sangat ringan, 36% ringan, 48% sedang, 8% berat, 4% sangat berat. Disimpulkan bahwa aktivitas fisik siswa SD Butuh cukup baik dengan kategori sedang, dibandingkan siswa  lainnya yang  rendah aktivitas fisiknya.
SIMULASI KELAINAN HIPERMETROPIA YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA AKADEMIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR SWASTA JEMBAR BANDUNG TAHUN 2018 Rohayati, Rohayati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.273 KB)

Abstract

Kelainan pada penglihatan akan menjadi suatu hambatan bagi seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan mewujudkan cita-citanya. Diantara kelainan-kelainan pada mata, hipermetropia merupakan kelainan refraksi terbanyak urutan ke-2 setelah kelainan refraksi myopia (rabun jauh) yang dating berobat ke Poliklinik Mata. Pada anak-anak yang memiliki kelainan refraksi ditemukan 25% mereka tidak mampu menunjukan performa yang maksimal dalam bidang akademik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengalami kelainan refraksi. Tujun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari Simulasi Kelainan Hipermetropia yang berhubungan dengan Kinerja Akademik siswa di Sekolah Dasar Jembar Bandung tahun 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif analitik dengan sampel sebanyak 30 siswa Sekolah Dasar Swasta Jembar Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan Simulasi Hipermetropia dengan Kinerja Akademik (membaca, menulis, dan menggambar) dengan nilai ρ = 0.000 < 0,05. Hipermetropia berat yang dinyatakan tidak bisa dalam kinerja akademik sebanyak 28 responden (93,3%).
TINGKAT DAYA TAHAN AEROBIK (VO2 MAX) PADA ANGGOTA TIM FUTSAL SIBA SEMARANG Ninzar, Khomarul
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.12 KB)

Abstract

Pemain futsal harus memiliki kebugaran yang baik karena futsal adalah olahraga yang dimainkan dengan waktu 2 x 20menit, sehingga untuk bias bertahan dalam permainan yang baik diperlukan kebugaran fisik yang prima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat VO2Max anggota tim futsal SIBA. VO2 max adalah jumlah maksimum oksigen dalam milliliter, yang dapat digunakan dalam satu menit per kilogram berat badan. Orang yang kebugarannya baik mempunyai nilai VO2 max yang lebih tinggi dan dapat melakukan aktifitas lebih kuat dari pada mereka yang tidak dalam kondisi baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimen dengan menggunakan model pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tim futsal SIBA yang berjumlah 35 orang dan akan dijadikan sampel untuk anggota yang aktif dalam latihan. Oleh karena itu untuk mengetahui daya tahan pemain bias diketahui berdasarkan tingkatVO2 Max melalui tes Multistage Fitness Test (MFT).
PENERAPAN PERMAINAN BONEKA MAGNET DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK TUNA GRAHITA DI KELAS B TK NEGERI PEMBINA 3 KUALA TUNGKAL Aisyah, Siti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.252 KB)

Abstract

Kurangnya pengetahuan seorang guru dalam memahami kemampuan bahasa anak tuna grahita dan kurang kreatifnya guru dalam menyediakan alat permainan edukatif bagi anak. Fenomena ini terus berlanjut tanpa ada usaha nyata dari seorang guru, sementara untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini yang berkebutuhan khusus diperlukan pengetahuan yang mendalam dan kreatifitas tinggi bagi seorang guru agar kemampuan berbahasa anak tuna grahita dapat berkembang optimal. Melalui penerapan permainan boneka magnet diharapkan ada perubahan signifikan dalam kemampuan berbahasa anak tuna grahita. Kreatifitas seorang guru dalam membuat alat permainan edukatif dan memilih metode pembelajaran yang cocok bagi perkembangan bahasa anak sangat dibutuhkan sekali. Penerapan permainan boneka magnet sangat efektif dilaksanakan pada pembelajaran di kelas B TK Negeri Pembina 3 Kuala Tungkal dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak tuna grahita. Dalam permainan boneka magnet ini anak dapat berinteraksi melalui percakapan dan tanya jawab dengan teman sepermainannya. Melalui tulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru TK sebagai salah satu strategi untuk menstimulasi kemampuan berbahasa anak tuna grahita.
PENGGUNAAN METODE INKUIRI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 007 SEKIP HULU RENGAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Sarpina, Sarpina
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.735 KB)

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penggunaan Metode inkuiri di SDN 007 Sekip Hulu Rengat.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 27 siswa.Penelitian berlangsung pada semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil belajar yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Untuk persentase ketercapaian KKM mengalami kenaikan, yaitu kenaikan tes hasil belajar pada siklus I sebesar 70% menjadi 92% pada siklus II. Pada instrumentes, melebihi target yang diharapkan yaitu sebesar 75% dari jumlah seluruh siswa yang mampu mencapai standar KKM.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan Mind Map maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan.Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentases pencapaian pada tiap siklusnya.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PROGRAM JTV PADA MATERI SPLDV PADA KELAS VIII-3 SMPN 5 PENAJAM PASER UTARA Fitrawati, Fitrawati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.77 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru dan rendahnya capaian hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan program JTV pada materi sistem persamaan linear dua variabelpada kelas VIII-3 SMPN 5 Penajam Paser Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, Pengerjaan Lembar Kegiatan Peserta Didik, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem persaaan linear dua variabel. Hal ini ditunjukkan melalui tes di setiap siklus. Dari pra siklus terdapat 50% yang nilainya diatas KKM (80) dan 89,04% pada akhir siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan melalui program JTV dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem persamaan linear dua variabel dua variabeldi kelas VIII-3 SMPN 5 Penajam Paser Utara.
PERANAN MOTIVASI BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN DAARUL MUHAJIRIN KOTA BOGOR DALAM MEMPERDALAM ILMU AGAMA SEBAGAI PENERUS ‘ALIM ULAMA Nuratiqoh, Nina
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.188 KB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem pengajaran, strategi dan upaya apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi santri memperdalam ilmu agama. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui sistem pembelajaran yang ada di Pondok Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor, (2) mengetahui strategi dan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi santri memeperdalam ilmu agama di Pondok Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor, (3) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi santri memperdalam ilmu agama di Pondok Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru yang ada di Pondok Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara ke lokasi mewawancarai guru yang ada di Pondok Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Daarul Muhajirin adalah sistem pendidikan salafi (tradisioanal) yang menggunakan metode sorogan dan balaghan. Sistem pendidikan yang diberikan yaitu mananamkan nilai keagamaan dan juga membiasakan hidup bermoral serta didukung oleh materi-materi yang dapat membentuk kepribadian santri seperti, pembelajaran Ahklaq, Fiqih, Tasawuf serta ilmu lain yang berkaitan dengan ahklaq, dan tazkiyah. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren Daarul Muhajirin adalah dengan menggunakan pendekatan personal kepada santri, agar guru mampu memahami karakter masing-masing santri. memberikan bimbingan berupa arahan, nasihat, motivasi dan dukungan sehingga motivasi belajarnya meningkat, serta guru melakukan musyawarah bersama.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN PADA SISWA KELAS VIB SD NEGERI 004 TELUK BINJAI Yusniar, Yusniar
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.911 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIB SD Negeri 004 Teluk Binjai melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik Round Robin tahun pelajaran 2016/2017. Tindakan yang dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik Round Robin. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,81; dan pada siklus II meningkat menjadi 85,97. Ketuntasan klasikal pada sebelum tindakan adalah sebesar 32%, pada siklus I meningkat menjadi 48%, dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik Round Robin telah berhasil meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIB SD Negeri 004 Teluk Binjai.
STUDI KOMPARASI TENTANG PERANAN KELENGKAPAN FASILITAS DI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Fitriani, Fitriani
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.442 KB)

Abstract

Studi komparasi tentang peranan kelengkapan fasilitas di dalam meningkatkan hasil belajar (Studi Kasus Di SMPIT AL-MADINAH dan SMPIT AL-ISLAH). Tujuan penelitian ini adalah untuk : Mengetahui bagaimana peranan kelengkapan fasilitas di dalam meningkatkan  hasil belajar siswa di SMPIT AL-MADINAH dan SMPIT AL-ISLAH, Mengetahui bagaimana perbedaan antara peranan kelengkapan fasilitas di dalam meningkatkan belajar hasil belajar siswa di SMPIT AL-MADINAH dan SMPIT AL-ISLAH. Untuk menganalisis komparasi peranan kelengkapan fasilitas belajar di dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPIT AL-MADINAH dan SMPIT AL-ISLAH, penulis menggunakan rumus product moment dan membandingkan hasil dari korelasi di kedua tempat tersebut. Sedangkan hasil uji korelasi peranan kelengkapan fasilitas belajar di dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMPIT AL-MADINAH sebesar 0.311 dan SMPIT AL-ISLAH sebesar 0.233, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara peranan kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SMPIT AL-MADINAH dan SMPIT AL-ISLAH
PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK XI IBB SMAN2 SIDOARJO PADA MATERI PERSEBARAN HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PETAINLEK Soegiarto, Soegiarto
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.9 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan   karena kualitas proses pembelajaran rendah yang ditunjukkan oleh tingkat partisipasi dan penyelesaian tugas sebagian besar peserta didik pada materi Persebaran Hewan dan Tumbuhan tidak tuntas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IBB pada materi tersebut masih rendah.Dalam proses pembelajaran konvensional, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami penggunaan peta dan lembar kerja pada materi  Persebaran Hewan dan Tumbuhan. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan media pembelajaran dengan  mengkombinasikan  Peta, jaringan Internet dan Lembar Kerja (Petainlek) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil  belajar dalam materi tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan  Model Siklus karena praktis dan aktual.Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II menunjukkan  bahwa dengan menggunakan  Petainlek,1) terjadi peningkatan kualitas .proses pembelajaran pada materi persebaran hewan dan tumbuhan sebesar 40 % pada unsur partisipasi dan ketuntasan penyelesaian tugas ,2) terjadi peningkatan hasil belajar sebesar  40% pada ketepatan jawaban dalam menyelesiakan soal.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue