cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari" : 13 Documents clear
PENGEMBANGAN KARTU PENGUKURAN KOMPETENSI SISWA SD PADA PEMBELAJARAN PJOK DI KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI Anggriawan, Ferry Ivana
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.649 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk kartu pengukuran kompetensi siswa SD pada pembelajaran PJOK di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Produk ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu guru PJOK didalam melakukan evaluasi pembelajaran. Produk ini merupakan sebuah instrumen penilaian hasil belajar siswa yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dikemas dalam sebuah produk kartu pengukuran kompetensi siswa. Penelitian ini mengacu pada desian penelitian pengembangan (research and development) dari Borg and Gall (1983, p.775). Teknik analisis datanya menggunakan teknik prosentase. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru PJOK SD di Kecamatan BanyuwanKabupaten Banyuwangi setuju dan mau memanfaatkan produk kartu pengukuran kompetensi siswa. Berdasarkan data hasil vaidasi produk oleh ahli evaluasi pembelajaran PJOK diperoleh skor 91,82% sehingga produk dikategorikan valid dan produk dapat diuji cobakan. Hasil uji coba yang telah peneliti lakukan, rata-rata prosentase hasil uji coba lapangan I sebesar 82,77% dan pada uji coba lapangan II sebesar 86,66%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK MATERI KUBUS DI KELAS VI SDN KEDUNGSOLO PORONG Winarsih, Winarsih
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.564 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistic. Berdasarkan hasil studi pendidikan matematika, dapat disimpulkan bahwa ada kendala dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang harus ditingkatkan karena rata-ratanya masih rendah dan pembelajaran cenderung pasif karena pembelajaran masih menekankan pada transfer pengetahuan dari guru ke siswa sehingga tidak menempatkan diri siswa sebagai pengkontruksi pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan RME Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II dengan subyek penelitian siswa SDN Kedungsolo kelas VI. Dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan mulai dari kegiatan pra siklus, kemudian dilanjutkan oleh siklus I sampai siklus II. Dengan penekatan RME pada siswa SDN Kedungsolo kelas VI mengalami peningkatan. Pada kegiatan pretest, persentasi ketuntasan belajar yang dicapai siswa hanya 50%, akan tetapi pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 60% dan pada siklus II meningkat lagi menjasi 80% atau  dari 20 siswa ada 16 orang siswa yang sudah tuntas belajar.
PENGEMBANGAN KARTU PENGUKURAN KOMPETENSI SISWA SMK PADA PEMBELAJARAN PJOK DI KECAMATAN BAAMANG SAMPIT Fahroq, Ahmad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.103 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa kartu pengukuran kompetensi SMK pada pembelajaran PJOK. Penelitian ini mengacu pada penelitan dan pengembangan (research and development) oleh Borg and Gall (1983). Ahli pembelajaran pertama mendapatkan hasil validasi produk 90%, dan hasil validasi ahli kedua mendapat hasil 85%. Diuji coba lapangan pertama dari 3 guru PJOK dari 2 SMK mendapat hasil 80%. Untuk uji coba lapangan kedua menggunakan 4 guru PJOK dari 3 SMK yang ada di Kabupaten Baamang Sampit menndapat hasil 85%. Jadi kreteria produk yang sudah di validasi 2 ahli pembelajaran dan dilakukan uji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2 layak digunakan dan valid. Hasil dan dari penelitan ini berupa produk kartu dan microsof excel. Sehingga hasil produk kartu pengukuran kompetensi siswa SMK pada pembelajaran PJOK yang dikembangkan oleh peneliti dapat di kategorikan valid dan dapat digunakan sebagai alat ukur kompetensi siswa SMK.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG CAMPURAN FPB DAN KPK KELAS VI DI SD NEGERI BOTO 02 Sukanah, Sukanah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.508 KB)

Abstract

Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan dengan dikuasainya materi oleh siswa yang dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Demikian halnya yang terjadi di kelas yang penulis alami di kelas VI 2017. Dari hasil tes formatif pada pembelajaran matematika Kompetensi Dasar menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK menunjukkan hasil yang masih kurang dari yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan dani seluruh siswa kelas semester I Tahun 2017/2018. Dari hasil tes formatif pada pembelajaran matematika Kompetensi Dasar menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK menunjukkan hasil yang masih kurang dari yang diharapkan. Setelah dilakukan penggunaan model pembelajaran pakem dalam pembelajaran matematika kompetensi dasar menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK didapatkan hasil yang lebih baik sehingga dengan memanfaatkan pendekatan PAKEM dalam nembelajaran Matematika materi Menggunakan sifat-sifat opernal hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK siwa kelas VI di SD Neger Boto 02 maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.
PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES 6 LAWAN 6 DAN 7 LAWAN 7 TERHADAP KELINCAHAN DAN KETERAMPILAN DRIBBLING PEMAIN SEPAKBOLA Rianto, Adi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.521 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan latihan Small Sided Games 6 Lawan 6, Small Sided Games 7 Lawan 7, Kelincahan, Keterampilan Dribbling pada siswa ekstrakurikuler cabang olahraga sepakbola MI Yapisthon Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dan desain menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji beda (t-test) dan multivariat analisis of variance (ANOVA). Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan terjadi peningkatan yang signifikan pada kedua kelompok eksperimen dibanding dengan kelompok kontrol. Kelincahan terjadi peningkatan pada kedua kelompok eksperimen I dan II, tingkat keterampilan dribbling lebih terlihat pengaruhnya pada kelompok eksperimen I, hal ini bisa disebabkan karena pada pengamatan dilapangan kelompok eksperimen 1 dan 2 pada saat melakukan latihan small sided games tidak berani mennggiring bola.keterbatasan waktu yang ada dan minimnya pertemuan perlakuan per minggunya yang diberikan juga mempengaruhi.
PENGEMBANGAN APLIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PJOK BERBASIS ANDROID PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Aidin, Luthfi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.972 KB)

Abstract

Ketersediaan buku dalam proses pembelajaran merupakan penunjang untuk meningkatkan kualitas proses pemebelajaran. Banyak Sekolah SMK dan SMA yang tidak menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan mendapatkan produk aplikasi LKPD PJOK berbasis android dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Driyorejo yang terdiri dari tiga kelas dengan jurusan berbeda, dengan jumlah sampel 92 orang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket respon siswa dan lembar validasi dari tiga ahli. Dari hasil penelitian diperoleh produk aplikasi LKPD PJOK berbasis android dengan respon positif peserta didik terhadap pembelajaran dan aplikasi LKPD. Respon peserta didik 90%  sangat baik digunakan dan 10% masuk kategori baik terhadap LKPD yang digunakan. Respon guru dari penggunaan LKPD sebesar 68,75% sangat baik digunakan dan 31,25% baik digunakan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY SDN 012 BULUH RAMPAI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Haryanto, Eko
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.735 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Melalui Penerapan Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Sdn 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2016/2017 dilatarbelakangi oleh nilai pembelajaran IPS siswa banyak di bawah KKM. KKM IPS adalah 72. Dari 25 siswa hanya 11 orang yang mencapai KKM.Tujuan penulisan perbaikan pembelajaran adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 012Buluh Rampai. Pelaksanaan penulisan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa SDN 012 Buluh Rampaipada siklus I sebesar 64%. Pada siklus II sebesar 88%. Hasil belajar-mengajar juga meningkat. Dengan demikian penggunaan metode two stay two stray untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 012 Buluh Rampai.
HUBUNGAN PENGETAHUAN KESEHATAN DENGAN PERILAKU SEHAT PADA SISWA KELAS XI SMANEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK Thurham, Muhamad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.401 KB)

Abstract

Pendidikan kesehatan merupakan suatu penerapan konsep pendidikan dalam bidang kesehatan sebagai upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan kesehatan dengan perilaku hidup sehat siswa dengan menggunakan angket pilihan ganda dan angket perilaku hidup sehat dengan menggunakan jawaban “Ya” atau “Tidak”. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik, sampel 99 siswa diambil menggunakan Cluster RandomSampling. Sampel kelas XI IPS1, XI IPS 2, dan XI Bahasa. Hasil penelitian pengetahuan tentang kesehatan yang dimiliki siswa baik. Secara keseluruhan perilaku sehat siswa sangat baik. Analisis korelasi diperoleh hasil signifikan 0,027, sehingga ada hubungan pengetahuan kesehatan dengan perilaku sehat siswa. Koefisien determinasi (K) menghasilkan pengetahuan kesehatan berkontribusi sebesar 5,0176% terhap perilaku sehat siswa kelas XI SMANegeri 1 Driyorejo Gresik.
PENGARUH KOMBINASI LATIHAN LADDER DRILL SINGLE PUNCH, ICKEY SHUFFLE DAN LADDER DRILL DOUBLE PUNCH, SIDE TO SIDE JUMP TERHADAP KELINCAHAN, KECEPATAN DAN POWER OTOT LENGAN Ghofur, Moh.
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.937 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk menganalisis tentang: (1) pengaruh latihan Ladder Drill Single Punch, Ickey Shuffle terhadap peningkatan kelincahan, power lengan, dan kecepatan; (2) pengaruh latihan Ladder Drill Double Punch, Crazy Climber terhadap kelincahan, power lengan, dan kecepatan; (3) perbedaan pengaruh latihan Ladder Drill Single Punch, Ickey Shuffle, Ladder Drill Double Punch, Crazy Climber terhadap kelincahan, power lengan, dan kecepatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan Non-Randomize Control Group Pretest-Posttest Design, dan analisis data menggunakan Anova. Proses pengambilan data dilakukan dengan tes keseimbangan stork stand balance beem pada saat pretest dan posttest. Penelelitian ini dilakukan pada siswa ekstrakurikuler SDN Ngaban Tanggulangin, Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan perlakuan latihan Ladder Drill Single Punch, Ickey Shuffle, Ladder Drill Double Punch, Crazy Climber terhadap peningkatan komponen fisik kelincahan, power lengan, dan kecepatan.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 012 BULUH RAMPAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Sumarni, Sumarni
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.319 KB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 012 Buluh Rampai dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan bulan maret hingga april. Penelitian ini dilakukan karena sering terjadinya kendala proses dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.. Karena itu penelitian mengambil model pembelajaran jigsaw dengan tujuan agar siswa dalam pembelajaran tertarik dengan materi yang disajikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 012 Buluh Rampai dengan jumlah siswa 27 orang. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan silabus, RPP, LKS, lembar observasi siswa dan alat penilaian kemampuan guru. Data awal siswa yang mencapai KKM 70 sebanyak 12 siswa dari 27 siswa atau 44,22 %. Pada perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan. Siswa yang mendapat nilai 70 ke atas menjadi 19 siswa atau 70,37% dan pada perbaikan pembelajaran siklus II yang mendapat nilai 70 ke atas menjadi 24 siswa atau 88,88 %.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue