cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret" : 13 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STAD) KELAS IV SDN BATU MIRAU 1 Samson, Samson
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.126 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa Kelas IV SDN KRALI 3 Sumberejo Wonosobo melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas atau istilah dalam bahasa inggris adalah Classroom Action Research (CAR) merupakan sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN BATU MIRAU 1 yang berjumlah 10 siswa, terdiri dari 5 siswa putra dan 5 siswa putri. Dari hasil analisis ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan/pra siklus sebanyak 20%, pada siklus I diperoleh 50%, sedangkan pada siklus II sebanyak 80 %. Hal ini menunjukkan bahwa dari sebelum ada tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dikarenakan minat belajar siswa semakin lebih baik dari tiap siklusnya, serta guru juga sudah menguasai model pembelajaran koopertaif tipe STAD.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL RME BERBANTUAN PERKALIAN JARIMATIKA PADA KELAS V SDN CEBONGAN 02 SALATIGA SEMESTER II TAHUN 2018/2019 Marfuah, Marfuah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.021 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Adapun subjek penelitian pada penelitian tidakan kelas ini adalah siswa kelas V/B SDN Cebongan 02 Salatiga yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk langkah-langkah model pembelajaran RME berbantu perkalian jarimatika. Penelitian ini menggunakan analisis ketuntasan dan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus I dan siklus II dengan hasil pada pra siklus sebesar 54,17%, siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 70,84%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 91,67% dari keseluruhan siswa. Dengan penggunaan model pembelajaran RME berbantuan perkalian jarimatika mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
TEKNOLOGI DAN PERILAKU SOSIAL PELAJAR (STUDI TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR) Saiful, Nur Inayati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.54 KB)

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penggunaan smartphone di SMA Negeri 3 Makassar secara signifikan telah menunjukkan peranannya yang begitu jelas terlihat. Adanya perkembangan dan penggunaan teknologi terkhusus smartphone telah mengantar masyarakat dan kaum pelajar secara khusus bergeser dari nilai-nilai sosial terutama pada perilaku pelajar. Oleh karena itu, permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Faktor apa saja yang mendorong pelajar SMA Negeri 3 Makassar menggunakan smartphone, (2) Bagaimana gambaran perubahan perilaku sosial dalam penggunaan smartphone di SMA Negeri 3 Makassar, (3) Bagaimana dampak penggunaan smartphone pada perilaku sosial pelajar di SMA Negeri 3 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) berbagai faktor yang menjadi latarbelakang sehingga para pelajar menggunakan smartphone, (2) terjadi perubahan perilaku sosial yang dialami oleh para pelajar dalam penggunaan smartphone, dan ke (3) dengan penggunaan smartphone di dalam lingkungan sekolah memberikan dampak positif dan negative terutama pada perilaku atau tindakan pelajar.
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RPP BERBASIS PPK (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER) MELALUI IHT DI SD NEGERI PORONG KABUPATEN SIDOARJO Sujiman, Sujiman
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.929 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum tercapainya kompetensi pedagogik guru SD Negeri Porong dalam menyusun RPP berbasis PPK. Hal ini disebabkan guru belum memahami komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP. Hasil RPP yang disusun guru masih banyak yang belum lengkap. RPP yang disusun guru belum mengintegrasikan PPK. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru diperlukan upaya perbaikan melalui IHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan sekolah (PTS). Subyek penelitian di sini adalah guru-guru SD Negeri Porong Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan program kegiatan IHT terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis PPK. Hal ini terlihat dari siklus I sebesar 81 meningkat pada siklus II sebesar 90. Penerapan IHT terbukti dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP berbasis PPK. Hal ini terlihat dari presentase pra tindakan sebesar 21%, meningkat pada siklus I sebesar 79%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 93%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan IHT dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD Negeri Porong Kabupaten Sidoarjo dalam menyusun RPP berbasis PPK.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VI SDN PORONG KABUPATEN SIDOARJO Soelistyaningroem, Endang
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.583 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum tercapainya KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pada siswa kelas VI SDN Porong. Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa masih belum memahami unsur intrinsik cerita. Permasalahan tersebut guru lebih sering  menggunakan metode ceramah dan kurang menekankan pada aktivitas siswa sehingga sebagian besar siswa bosan, kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan berakibat pada rendahnya kemampuan siswa. Salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut melalui model Cooperative Script. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa. Teknik nontes digunakan untuk mengobservasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dengan menerapkan model Cooperative Script, kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita mengalami peningkatan. Pada prasiklus sebesar 47%, meningkat pada siklus I sebesar 72%, meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 94%. Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SDN Porong.
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN TEMAN SEJAWAT SDN 019 GALANG BATAM TAHUN 2018 Rahman, ABD.
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.559 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan kepala sekolah dengan bertindak sebagai peneliti di sekolah ini bermula dikarenakan banyak guru yang belum menggunakan media audio visual dengan baik, pada bulan Februari 2018, maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian ini dalam dua siklus di SDN 019 Galang Kota Batam dengan tujuan meningkatkan emampuan guru dalam menggunakan media audio visual dengan teman sejawat. Setelah dilaksanakan penelitian ini ditemukan bahwa persentase kemampuan guru meningkat, guru yang mampu menggunakan media audio visual pada pra siklus adalah 42% pada menjadi 75% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II. Maka peneliti menyimpulkan penggunaan punishment dapat meningkatka kedisiplinan guru dan staff juga dapat menekan ketidakhadiran guru dan staff di sekolah.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VI SDN BATU MIRAU 1 Sosito, Sosito
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.819 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar BAHASA INDONESIA pada peserta didik kelas IV dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan media audiovisual. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan MetodePenelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaan penelitian yang didasari oleh asumsi-asumsi dasar, pandangan-pandangan filosofis dan ideologis, pertanyaan dan isu-isu yang dihadapi. Dari hasil siklus I dinyatakan berhasil apabila post test pada penelitian (tes yang dilakukan sesudah tindakan atau siklus I) meningkat dan nilainya mencapai KKM 65 dari pre test (tes yang dilakukan sebelum tindakan atau sebelum dilakukannya siklus I), maka tindakan berhenti sampai disiklus I saja.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA KELAS VI.A SD NEGERI 019 GALANG BATAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Suhardi, Suhardi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.231 KB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VI.a pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terdapat 9 orang siswa dibawah KKM (75) dari total 23 siswa pada SD Negeri 019 Galang Batam  pada tahun pelajaran 2017/2018 membuat peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD  agar memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI.aSD Negeri 019 Galang Batam . Peneliti menggunakan model pembelajaran problem based learning di dalam kelas. Penelitian dilakukan pada bulan maret hingga april 2018,setelah dilakukan evaluasi UH-1 dan UH-2 hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yaitu : prasiklus hanya 9 peserta didik yang mencapai KKM (75) atau 60%. Pada siklus 1 naik menjadi 14 orang siswa atau 60% dan pada siklus 2 juga meningkat menjadi 19 orang siswa atau 82%. Jadi bisa disimpulkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD  dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran problem based learning  dalam proses pembelajaran.
INTERVENSI ANAK ODD DI SEKOLAH AL FALAAH TANGERANG SELATAN Alurmei, Wahyu Aulizalsini
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.373 KB)

Abstract

Salah satu jenis masalah klinis yang dapat terjadi dalam masa perkembangan anak adalah Oppositional Defiant Disorder, selanjutnya lebih dikenal dengan istilah ODD. Diagnosis ODD diberikan pada anak yang memiliki perilaku tidak patuh, menentang, dan sikap bermusuhan terhadap orang tua, guru, orang dewasa lainnya, serta teman sebaya. Perilaku tersebut ditampilkan oleh anak ODD baik di rumah maupun di sekolah dan menimbulkan kesulitan yang signifikan dalam keluarga maupun hambatan dengan teman sebaya. Peserta penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari guru-guru SD, berjenis kelamin perempuan dan berusia dewasa penuh 35-55 tahun. Penelitian diberikan dengan metode eksperimen dilakukan pre test dan post-test. Berdasarkan hasil pre test dan post-test. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil pre test dan post test para guru tentang kemampuan guru mengatasi perilaku anak muridnya. Metode Pelatihan ini efektif digunakan oleh para guru, sebagai strategi intervensi berbasis sekolah untuk menanggulangi perilaku buruk pada anak ODD usia 6-12 tahun.
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 2 KOTA BOGOR Maulani, Wulan Desi; Sa’diyah, Maemunah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.264 KB)

Abstract

Peserta didik membutuhkan kekuatan jasmani, akal, dan ilmu. Selain itu, ia juga membutuhkan pendidikan budi pekerti, perasaan, kemauan, dan kepribadian. Semua mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik harus mengandung pendidikan karakter serta setiap guru harus memperhatikan karakter peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil angket dari keseluruhan strategi yang diterapkan di sekolah dapat disimpulkan bahwa strategi yang sangat baik di terapkan di SMA Negeri 2 adalah strategi pendidikan dengan teladan rata-ratanya berjumlah 89%, Strategi yang masuk dalam kategori cukup dan yang harus di tingkatkan adalah kerjasama dengan alumni SMA Negeri 2 Kota Bogor mencapai 75%, serta pemberian reward dan punishment mencapai 71%.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue