cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April" : 13 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) TIPE DEBAT AKTIF TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN FIQIH KABUPATEN BOGOR Agustina, Siti Maulida; Priyatna, Oking Setia; Arif, Suyud
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.051 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas X MA darut Tafsir. Hal ini disebabkan mendominasinya metode ceramah, dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang antusias terhadap mata pelajaran Fiqih. Peneliti tertarik untuk menerapkan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Fiqih yaitu dengan menggunakan model Debat Aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe debat aktif terhadap keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran fiqih kelas X MA Darut Tafsir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji-t Hasil uji-t diperoleh ͭ hitung = 5,507 dan  ͭ tabel sehingga Ho diterima. Maka terdapat pengaruh model pembelajaran debat aktif terhadap keaktifan belajar siswa kelas X di MA Darut Tafsir.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS III B SDN SIDOKUMPUL KABUPATEN SIDOARJO Mukaiyah, Mukaiyah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.331 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih belum tercapainya KKM mata pelajaran IPA pada siswa kelas III B SDN Sidokumpul. Hal ini dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam mengelompokkan berbagai hewan dan tumbuhan berdasarkan penggolongannya. Pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut melalui model Kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian adalah siswa kelas III B berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti presentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 30%, siklus I sebesar 75%, dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulannya bahwa model Kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi penggolongan makhluk hidup pada siswa kelas III B SDN Sidokumpul.
HUBUNGAN KETELADANAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTS AR-ROFIQY KABUPATEN BOGOR Aprilianingsih, Elsa; Lisnawati, Santi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.144 KB)

Abstract

Guru sudah memberikan segala macam cara pada peserta didiknya mencontohkan perilaku-perilaku yang baik seperti disiplin masuk sekolah, berpakaian rapi, rambut rapi, tetapi pada kenyataan masih banyak peserta didik yang belum meneladaninya. Meski siswa yang belum berlaku disiplin di sekolah, masih dijumpai siswa yang berpakaian tidak rapi dan lain-lainnya. Keteladanan guru sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan pribadi peserta didik. Hal ini dapat dimaklumi karena manusia merupakan makhluk yang suka mencontoh, termasuk peserta didik mencontoh pribadi gurunya dalam proses pembentukan pribadinya. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk mengetahui hubungan keteladanan guru terhadap akhlak siswa. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Penelitian mengambil latar MTs Ar-Rofiqy Kabupaten Bogor, penelitian dilaksanakan pada kelas VIII, dengan populasi 188 siswa dan yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap: Mencari frekuensi, Mencari angka dengan rumus Korelasi Product Moment, Mencari besarnya sumbangan (kontribusi) variabel X terhadap Y, dan Uji Signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Keteladanan Guru terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Ar-Rofiqy Kabupaten Bogor. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan koefisien kolerasi.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FIQIH PERSPEKTIF PSIKOLOGI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH Dewi, Fitria; Sa’diyah, Maemunah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.705 KB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar yang sangat penting dilakukan oleh pendidik untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Tulisan ini difokuskan pada pengembangan modul yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah penyusunan modul dan tingkat kelayakan untuk dapat meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yaitu melakukan penelitian dan menciptakan produk berupa modul pembelajaran Fiqih yang disusun dengan memperhatikan tiga aspek kelayakan yaitu dari segi materi, bahasa, dan desain. Aspek tersebut dinilai oleh validator yang ahli dalam bidangnya.  Tema pada modul ini adalah ‘Tenangnya Dekat dengan Allah SWT (Zikir dan Doa)’ yaitu mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs. Penyusunan modul ini mengintegrasikan materi zikir dan doa perspektif Al-Qur’an dan psikologi dengan tujuan untuk meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara menguji data sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan One Sample T-Test pada SPSS 20. hasil penelitian menyatakan bahwa prosedur penyusunan modul dinilai sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan karakter religius siswa.
PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SENI RUPA MATERI PENERAPAN RAGAM HIAS PADA BAHAN ALAM UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TANGGULANGIN Winarsih, Winarsih
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.808 KB)

Abstract

Pengembangan Buku Suplemen Seni Rupa Materi Penerapan Ragam Hias pada Bahan Alam untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tanggulangin dimaksudkan untuk memberikan salah satu jawaban pada permasalahan kurang tersedianya bahan ajar yang dirancang dengan memperhatikan ketertarikan siswa pada mata pelajaran seni rupa. Tujuan pengembangan adalah menghasilkan produk berupa buku suplemen seni rupa materi penerapan ragam hias pada bahan alam untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanggulangin. Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick, Carey & Carey (2001) yang telah mengalami penyesuaian karena keperluan pengembangan. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan kajian hasil analisis data penilaian ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, penilaian teman sejawat, dan penilaian peserta didik dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan buku suplemen seni rupa materi penerapan ragam hias pada bahan alam untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanggulangin ini sangat layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran pada peserta didik di SMP Negeri 2 Tanggulangin Sidoarjo.  
PERANAN KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN BOGOR Firdaus, Muhammad Hasan; Baisa, Hidayah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.989 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan permasalahan semua kalangan, baik kalangan pendidik maupun lembaga pendidikan hingga masyarakat. Guru menjadi salah satu faktor permasalahan dalam pendidikan, diantaranya guru kurang terampil dalam menerapkan metode dan strategi dalam pembelajaran maupun keterbatasan guru dalam memanfaatkan media dan teknologi dalam pembelajaran. Terdapat guru tidak mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi, serta keterampilannya dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kreativitas guru dalam pembelajaran, minat belajar siswa dan peranan kreativitas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional yang mencari data sesuai keadaan yang sebenarnya di lapangan tanpa merubah atau memanipulasi hasil data penelitian, kemudian berdasarkan hasil data tersebut mencari hubungan antara variabel (x) dan variabel (y). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya bentuk kreativitas guru PAI dalam pembelajaran di kelas dalam kompetensi pengetahuan guru terbilang cukup baik walaupun guru tersebut memiliki basic guru olah raga. Adapun  dalam  metode pembelajaran, guru  masih lebih dominan menggunakan metode ceramah saja sehingga masih relatif kurang dalam pemanfaatan metode dan media pembelajaran di kelas. Minat belajar siswa masih terlihat efektif dan siswa masih antusias dalam pembelajaran di kelas. Hubungan peranan kreativitas guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa diperoleh nilai rxy atau nilai rhitung lebih kecil dari rtabel, pada taraf signifikan rxy (0,212)  <  rt (0,221), maka Ho di terima dan Ha ditolak. Ini menunjukan bahwa tidak adanya korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan Y
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 2 BOGOR Lutfiah, Via Laila; Sa’diyah, Maemunah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.739 KB)

Abstract

Motivasi belajar peserta didik merupakan tindakan atau dorongan yang muncul dari dalam diri peserta didik untuk belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar akan mempunyai energi lebih untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Kota Bogor berdasarkan pada tingkat motivasi yang meningkat dari tiap siklus. Pada pra siklus mencapai 40 % - 52 %. Siklus I motivasi belajar peserta didik mencapai 56 % - 68 %, siklus II mencapai 72 % - 84 %, dan pada siklus III mencapai 88 % - 96 %.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA TANGRAM PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMIRI KABUPATEN SIDOARJO Astuti, Ekandari Rusmini
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.27 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum tercapainya KKM mata pelajaran Matematika pada siswa kelas II. Hal ini dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami berbagai bentuk bangun datar dan sifat-sifatnya. Pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan belum menggunakan media dalam menjelaskan materi, pembelajaran terlihat verbal sehingga siswa sulit memahami materi yang dijelaskan guru. Salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut, yakni dengan menggunakan media tangram. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian di sini adalah siswa kelas II berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data tersebut, dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti pada prasiklus sebesar 30%, siklus I sebesar 75%, dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulannya media tangram dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun datar pada siswa kelas II SD Negeri Kemiri.
PERANAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 KOTA BOGOR Irmayanti, Mutia; Baisa, Hidayah; Kosim, Ahmad Mulyadi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.985 KB)

Abstract

Kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi yang bertugas sebagai manajer yang mengatur seluruh aspek yang berada dalam lingkunagn sekolah, serta Stakeholder yang berada di luar lingkungan sekolah, hal ini bertujuan agar pendidik dapat meningkatkan profesinya sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
PENGEMBANGAN MODUL AKHLAK ANAK MELALUI KISAH RASUL UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SANTRI TPQ NURUL AMIN Pratiwi, Firda; Lisnawati, Santi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.898 KB)

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting, sebagai individu maupun masyarakat dan bangsa. sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat tergantung kepada bagaimana akhlaknya. Lingkungan dan pendidikan yang baik akan membiasakan anak dengan perbuatan yang baik begitu pula sebaliknya. Wujud dari pendidikan akhlak tersebut yaitu dengan menyusun modul untuk menunjang proses pembelajaran untuk meningkatkan akhlakul karimah anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penyusunan modul dalam meningkatkan akhlakul karimah anak, mengetahui tingkat kelayakan modul, dan untuk mengetahui peningkatan akhlakul karimah anak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) yang telah disederhanakan oleh Nana Syaodih Sukmadinata melalui tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Proses yang dilakukan adalah melihat kondisi awal dan mempelajari hasil penelitian yang telah ada, membuat produk, menilai produk melalui angket yang diberikan kepada tim ahli yaitu dosen dan santri  sebagai subjek penelitian, merevisi produk, melakukan uji coba terbatas dan luas terhadap produk, yang terakhir mencetak produk secara massal. Hasil penelitian dihitung menggunakan SPSS-23 untuk mengetahui tingkat kelayakan modu.. Hasil kelayakan, validasi ahli materi menunjukkan angka 70.83% yaitu modul cukup valid/ tidak perlu revisi, validasi ahli desain menunjukkan angka 80.88% yaitu modul valid/ tidak perlu revisi, dan ahli bahasa menunjukkan angka 84.61% yaitu modul valid/tidak perlu revisi. Proses pengembangan pada uji terbatas (kelas B) yaitu 87.13% yang berarti modul valid/tidak perlu revisi, pada uji luas  (kelas  A) yaitu 93.87% yang berarti modul valid/tidak perlu direvisi. Pada tahap pengujian, perbedaan presentase antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, 42.907 dan 43.948 dengan perbedaan hasil 1.041. Dengan demikian, bahan ajar berupa modul telah sesuai dengan prosedur penyusunan dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan akhlakul karimah santri TPQ Nurul Amin.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue