cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei" : 12 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK MELALUI METODE DISCOVERY PADA SISWA KELAS IVA SDN KLURAK KEC. CANDI KAB. SIDOARJO Yuwono, Restu
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.706 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan lari jarak pendek melalui metode discovery pada siswa kelas IV A SDN Klurak Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui praktik kemampuan lari jarak pendek siswa, sedangkan non tes terdiri dari observasi, catatan lapangan dan dokumentasi untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data yang telah dilakukan terhadap kemampuan lari jarak pendek siswa diperoleh hasil pra siklus sebesar 30%, meningkat pada siklus I sebesar 78%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 96%. Sedangkan hasil persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 70% meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 91%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa metode discovery dapat meningkatkan kemampuan lari jarak pendek siswa kelas IV A SDN Klurak Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR SERIPADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 DARUBA KABUPATEN PULAU MOROTAI Salim, M Rais; Lessy, Ledy Yanti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.419 KB)

Abstract

Tujuan pengajaran bahasa adalah untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulis. Salah satu kemampuan siswa yang mendasar adalah kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan menggunakan bahasa tulis. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III SD Negeri I Daruba Pulau Morotai peneliti menggunakan media gambar seri sebagai sarana untuk membantu siswa dalam menyampaikan gagasannya. Pada saat proses belajar mengajar menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan menulis karangan, dapat dilihat dari hasil tes keterampilan menulis karangan. Hal tersebut terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar mencapai 54,70 dengan presentase tuntas belajar klasikal 20,58% nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 80,58. Presentase klasikal l pun meningkat menjadi 88.24%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri 1 Daruba.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA SMP DITINJAU DARI KAM Umayah, Yayah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.177 KB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu menumbuhkan berpikir kritis dalam diri siswa dalam belajar adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan apakah kemampuan berpikir kritis matematis bagi siswa yang mengikuti pembelajaran ini lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis bagi siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, serta apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa pada kelompok KAM tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa pada kelompok KAM tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran discovery. Dengan demikian model ini dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan berpikir kritis matematis siswa secara optimal khususnya pada materi bangun segi empat dan segitiga kelas VII.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA DI SMKN 2 BOJONEGORO Rusmani, Rusmani; Indrawati, Mei; Hidayat, Hidayat
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.078 KB)

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian adalah Untuk mendeskripsikan budaya organisasi, kompensasi, motivasi kerja dan kinerja guru di SMKN 2 Bojonegoro. Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kompensasi terhadap motivasi kerja guru di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja, budaya organisasi, dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kompensasi secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMKN 2 Bojonegoro yang berjumlah 62 orang. Penelitian ini dalam pengujian hipotesisnya menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi variabel Kompensasi, Kinerjadan Motivasi Kerja guru dalam kondisi cukup baikdi SMK Negeri 2 Bojonegoro. Sedangkan variabel Budaya organisasi dalam kondisi baik. Budaya organisasi dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Kerja guru SMK Negeri 2 Bojonegoro. Motivasi, budaya organisasi, dan kompensasi berpengaruh langsung tidak signifikan terhadap Kinerja guru SMK Negeri 2 Bojonegoro. Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja melalui Motivasi Kerja guru SMK Negeri 2 Bojonegoro, sedangkan budaya organisasi tidak.
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA YANG ORANG TUANYA BERCERAI Putri, Chairina Gustian; Soetjiningsih, Chr. Hari
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.939 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif antara dukungan sosial keluarga dan motivasi belajar pada remaja yang orang tuanya bercerai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Getasan dengan partisipan penelitian sebanyak 35 remaja yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengukuran penelitian menggunakan skala dukungan sosial keluarga dan skala motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial keluarga dan motivasi belajar pada remaja yang orang tuanya bercerai dengan r = 0,522 dengan sig. = 0,001 (p <0,05). Ini berarti bahwa semakin tinggi dukungan sosial keluarga yang diterima oleh remaja yang orang tuanya bercerai, semakin tinggi motivasi belajar mereka. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELOMPOK INVESTIGASI DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 LAUNG TUHUP KECAMATAN LAUNG TUHUP KABUPATEN MURUNG RAYA Kaspita, Aina
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.301 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan Model Pembelajaran Kelompok Investigasi. Model pembelajaran investigasi adalah pembelajaran dengan spesialis tugas di dalam kelompok investigasi terdapat tiga konsep utama yaitu pengetahuan. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Laung Tuhup, yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 12  siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan  hasil  belajar siswa seiring dengan diterapkannya model pembelajaran kelompok investigasi yakni dapat dilihat dari hasil belajar siswa siklus I yaitu diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 60% dan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa yaitu ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 82% dan  observasi aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni 62,50% serta aktifitas siswa dalam kategori cukup baik. Pada siklus II diperoleh 87,50% dengan peningkatan aktifitas siswa berada dalam kategori baik.
PENGARUH PELATIHAN, KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA GURU DI SMKN SUMBERREJO BOJONEGORO Yanto, Yudhy Dwi; Indrawati, Mei; Hidayat, Hidayat
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.771 KB)

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian adalah Untuk mendiskripsikan pelatihan, kompetensi, disiplin kerja dan prestasi kerja guru di SMKN Sumberrejo Bojonegoro.Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelatihan, kompetensi dan disiplin kerja secara simultan dan parsial terhadap prestasi kerja guru di SMKN Sumberrejo Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMKN Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 32 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara total atau menggunakan metode sensus sampling sehingga keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Metode sensus sampling digunakan mengingat jumlah populasinya sedikit, dengan jumlah 31 orang yang selanjutnya disebut responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menghitung bagaimana pengaruh dari suatu variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelatihan, kompetensi dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja gurudi SMKN Sumberrejo Bojonegorodalam kondisi baik. Pelatihan, kompetensi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru di SMKN Sumberrejo Bojonegoro.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, SEMANGAT KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK TEKNOLOGI BOJONEGORO Fitria, Afinda Mufidah; Utari, Woro; Hartati, C. Sri
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.351 KB)

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian adalah untuk mendeskripsikan lingkungan kerja, semangat kerja, kompetensi guru dan kinerja guru SMK Teknologi Bojonegoro. Menganalisis pengaruh lingkungan kerja, semangat kerja, kompetensi secara parsial dan simultan terhadap kinerja guru SMK Teknologi Bojonegoro Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Teknologi Bojonegoro sebanyak 32 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara total atau menggunakan metode sensus sampling sehingga keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian. Metode sensus sampling digunakan mengingat jumlah populasinya sedikit, dengan jumlah 31 orang yang selanjutnya disebut responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi yaitu analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi lingkungan kerja, semangat kerja, kompetensi dan kinerja guru di SMK Teknologi  Bojonegoro semuanya dalam kondisi baik. Lingkungan kerja, semangat kerja, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK Teknologi Bojonegoro.
PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM KELAS: THE BUKOWITZ AND WILLIAMS KM CYCLE DALAM METODE PEMBELAJARAN PEER-ASSISTED LEARNING (PAL) Lolita, Laura
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.535 KB)

Abstract

Penerapan manajemen pengetahuan memiliki beberapa model yang umum digunakan, salah satunya adalah the Bukowitz and Williams KM cycle yang diperkenalkan pada tahun 2000. Tujuh tahap dalam model Bukowitz and Williams KM Cycle, yakni Get, Use, Learn, Contribute, Assess, Build/Sustain, dan Divest, bukan hanya dapat diterapkan dalam sebuah organisasi saja, melainkan juga dapat diterapkan dalam lingkup yang lebih kecil seperti proses pembelajaran dalam kelas yang menggunakan metode pembelajaran Peer-Assisted Learning (PAL) agar pembelajaran berjalan dengan lebih efektif dan terencana. Ketujuh tahap dalam model Bukowitz and Williams KM Cycle yang diadopsi ke dalam metode PAL dapat dirangkum menjadi empat proses besar, yaitu (1) proses pengumpulan dan pengolahan data serta informasi mengenai siswa; (2) proses pengaturan ‘human capital’, yaitu pengelompokkan siswa berdasarkan informasi yang telah diolah, (3) proses berbagi pengetahuan dalam kelompok yang dilakukan antar siswa; dan (4) proses evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
ANALISIS KOMPETENSI GURU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI SEMANGAT KERJA DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO Suwantono, Alim; Indrawati, Mei; Hidayat, Hidayat
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.539 KB)

Abstract

Kinerja guru sebagai prestasi seseorang dalam suatu bidang atau keahlian tertentu, dalam melaksanakan tugasnya atau pekerjaannya yang didelegasikan dari atasan dengan efektif dan efesien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi, iklim organisasi, semangat kerja dan kinerja Guru di SMKN 2 Bojonegoro. Menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi dan iklim organisasi terhadap semangat kerja dan kinerja di SMKN 2 Bojonegoro. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru melalui semangat kerja guru di SMKN 2 Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sensus sampling. Untuk melakukan analisis data, pengolahan data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi variabel kompetensi Guru, Iklim Organisasi, Kinerja dan Semangat Kerja pegawai dalam kondisi baik hal ini ditunjukkan oleh nilai mean dari kompetensi, iklim organisasi, kinerja dan semangat kerja yang memiliki mean diatas 3,5. Kompetensi Guru berpengaruh signifikan terhadap Semangat Kerja pegawai SMK Negeri 2 Bojonegoro

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue