cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni" : 9 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 014 JAMIK TAHUN AJARAN 2017/2018 Hartati, Yuli
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.265 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 014 Jamik   pada pembelajaran Matematika, maka peneliti memutuskan menggunakan metode Drill guna meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika, penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, Setelah dilakukan penelitian siswa menjadi lebih memahami materi pembelajaran yang dilaksanakan pada data awal peneliti menemukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa hanya 52,38%, setelah dilaksanakan siklus I naik menjadi 76,19% dan pada siklus II naik lagi menjadi 90,47%, hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 014 Jamik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS MELALUI MODEL PAKEM PADA SISWA KELAS VI SDN SUGIHWARAS KABUPATEN SIDOARJO Khoiriyah, Khoiriyah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.947 KB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VI. Dikarenakan siswa cenderung bersikap pasif, hanya menghafal kurang memahami konsep, hanya meniru contoh yang diberikan guru. Pembelajaran yang diterapkan bersifat teacher centered dan menggunakan metode konvensional. Pemecahan masalah melalui model pembelajaran PAKEM. Tujuan penelitian: 1) mengetahui pelaksanaan IPA materi konduktor dan isolator panas melalui model PAKEM; 2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi konduktor dan isolator panas siswa kelas VI melalui model PAKEM. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Pengumpulan data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari prasiklus sebesar 66 (46%), siklus I sebesar 74 (71%), siklus II sebesar 90 (94%). Disimpulkan bahwa model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi konduktor dan isolator panas pada siswa kelas VI SDN Sugihwaras.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASORKES MATERI LEMPAR LEMBING MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN RUDAL MELEDAK PADA SISWA KELAS VI SDN JAMBANGAN KABUPATEN SIDOARJO Soewarti, Rr.
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.421 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Penjasorkes materi lempar lembing. Kesulitan yang dialami siswa saat melakukan sikap awalan, teknik memegang dan melempar lembing. Disebabkan pembelajaran yang diterapkan tidak memperhatikan karakteristik siswa. Pembelajaran lempar lembing dengan peralatan standar memiliki resiko atau berbahaya bagi siswa. Alternatif pemecahan masalah melalui modifikasi permainan rudal meledak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Penjasorkes materi lempar lembing melalui modifikasi permainan rudal meledak pada siswa kelas VI SDN Jambangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa prasiklus sebesar 41%, siklus I sebesar 71%, dan siklus II sebesar 94%. Terbukti bahwa modifikasi permainan rudal meledak dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes materi lempar lembing pada siswa kelas VI SDN Jambangan.
KAJIAN PENGEMBANGAN KAPASITAS KELEMBAGAAN PENDIDIKAN VOKASI DI BIDANG ADMINISTRASI PERKANTORAN Sukoco, Johan Bhimo
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.676 KB)

Abstract

Pendidikan vokasi dewasa ini sangat diperhatikan perkembangannya oleh Pemerintah Indonesia. Pendidikan vokasi diharapkan mampu menjawab tantangan dunia industri. Lulusan pendidikan vokasi dirasa lebih siap memasuki dunia kerja. Hal ini dikarenakan pendidikan vokasi membekali peserta didiknya dengan ilmu praktis, selain ilmu teoritis. Perbandingan praktik dan teori di pendidikan vokasi ialah sebesar 40 : 60, dimana lebih besar praktik dibandingkan dengan teori. Paper ini mengkaji mengenai pengembangan kapasitas kelembagaan pendidikan vokasi, utamanya di bidang administrasi perkantoran. Kajian difokuskan pada pengembangan kompetensi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan kompetensi perlu mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasonal Indonesia (SKKNI). Adapun SKKNI yang dimaksud ialah Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 183 Tahun 2016 yang mengatur mengenai administrasi professional.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII SMP ISLAM PLUS DAARUL JANNAH Imanullah, Deni Fajar; R., M. Dahlan; Sobari, Ahmad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.887 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SKI kelas VIII SMP Islam Plus Daarul Jannah, tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SKI kelas VIII SMP Islam Plus Daarul Jannah. Kemudian hasil dari temuan penelitian yang diperoleh yaitu pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran SKI kelas VIII dengan Projektor/Infokus, laptop, software/youtobe, dalam penggunaan TIK memanfaatkan projektor/infokus untuk pembelajaran agar siswa/siswi dalam pembelajaran SKI lebih faham dan mengerti, laptop dimanfaatkan untuk mengelola bahan ajar seperti membuat RPP, powerpoint dan softwere/youtobe untuk membuat video. Sedangkan hambatan yang sering terjadi yaitu kekurangan projektor dalam setiap kelas sehingga cara mengatasi yaitu dengan jauh-jauh hari guru SKI mempersiapkan projektor terlebih dahulu. Kelebihanya Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dan cepat kekurangannya akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran seperti plagiatis dalam mengerjakan tugas-tugas yang di berikan guru SKI.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI CIRI-CIRI BERBAGAI BENTUK BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA TANGRAM PADA SISWA KELAS I SDN SIDOKUMPUL KABUPATEN SIDOARJO Sukarti, Sukarti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.261 KB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini disebabkan karena masih belum tercapainya KKM mata pelajaran Matematika materi ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar pada siswa kelas I. Hal ini dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami berbagai bentuk bangun datar berdasarkan ciri-cirinya. Faktor lain pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dan belum menggunakan media dalam menjelaskan materi, pembelajaran terlihat verbal sehingga siswa sulit memahami materi yang dijelaskan guru. Alternatif tindakan dengan menggunakan media tangram. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data tersebut, dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas I pada prasiklus sebesar 30%, siklus I sebesar 75%, dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulannya bahwa penggunaan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi ciri-ciri berbagai bentuk bangun datar pada siswa kelas I SDN Sidokumpul Kabupaten Sidoarjo.
EXPERIMENT COMPUTATIONAL THINKING: UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROBLEM SOLVING ANAK MELALUI PERMAINAN GORLIDS Syarifuddin, Muhammad; Risa, Diva Fardiana; Hanifah, Azifatul Istna; ,M.T, Ir. Nurussa’adah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.294 KB)

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia menurut berbagai lembaga survey kredibel dunia, menempati posisi bawah. Hal tersebut dikarenakan belum menerapkan metode pembelajaran Computational Thinking (CT) yang menuntut siswa berpikir problem solving secara terstruktur, kritis dan logis. Terbukti dari hasil kuesioner 60 responden menyatakan bahwa berpikir problem solving sebesar 58.7%, terstruktur 62.6%, kritis 58.3%, dan logis 57.8%, dengan rata-rata 59.35%. Penelitian ini menggunakan metode True Design Experimental yang mengetahui sebab dan akibat dari suatu tindakan. Penelitian yang dilakukan dengan memberikan sebuah permainan bernama GORLIDS, yaitu anak usia 4-6 tahun akan menyusun sebuah potongan puzzle secara acak, dalam hal ini anak menerima 3 tahapan bermain GORLIDS yaitu, (1) PreTest, (2) Treatment dan (3) PostTest. Didapatkan hasil PreTest bermain GORLIDS sebesar, 30% berpikir problem solving, 39% terstruktur, 55% kritis, dan 43% logis. Sedangkan hasil PostTest 84% berpikir problem solving, 80% terstruktur, 86% kritis dan 77% logis, dengan kenaikan 40%. Hal tersebut terbukti bahwa permainan GORLIDS dapat memunculkan sifat berpikir computational thinking anak.
PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 014 JAMIK TAHUN AJARAN 2016/2017 Syafriwirna, Syafriwirna
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.146 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Mind Mapping di Kelas V SDN 014 Jamik  Tahun Ajaran 2016/2017  dilatarbelakangi oleh nilai pembelajaran IPA siswa banyak di bawah KKM. KKM IPA adalah 75. Dari 22 siswa hanya 7 orang yang mencapai KKM. Tujuan penulisan perbaikan pembelajaran adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 014 Jamik. Pelaksanaan penulisan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa SDN 014 Jamik   pada siklus I sebesar 64%. Pada siklus II sebesar 82%. Hasil belajar-mengajar juga meningkat. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 014 Jamik.
PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 BOGOR Fadillah, Muhammad Irfan; Lisnawati, Santi; Nawawi, Kholil
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.802 KB)

Abstract

Pembelajaran Aqidah Akhlak sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas aqidah dan akhlak peserta didik. Akhlak yang karimah pasti didasari oleh tauhid yang berkualitas. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneiliti pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Penerapan Nilai-nilai Tauhid dalam Kehidupan Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 3 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap penerapan nilai-nilai tauhid dalam kehidupan siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Bogor. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, diperolehnilai Constant (a) atau variabel Y e sebesar 44,858. Sedangkan nilai variabel X (b/koefisien regresi) sebesar 0,409 sehingga persamaan regresi ditulis Y= 44,858+0,409X. Artinya bahwa setiap pertambahan 1% nilai Pembelajaran Aqidah Akhlak, maka nilai Penerapan Nilai-nilai Tauhid dalam Kehidupan bertambah sebesar 0,409. Koefesien regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue