cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli" : 11 Documents clear
PENINGKATAN CAPAIAN MUTU SEKOLAH DENGAN MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN BERKELANJUTAN DI SD NEGERI MOJOSARI 01 Aisyah, Siti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.582 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan dalam meningkatkan kinerja guru SD Negeri Mojosari 01 Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mojosari 01 Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang dan berlangsung pada bulan Oktober hingga November 2018. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Pada siklus I, rata-rata nilai hasil pembinaan sebesar 72,5 dan meningkat menjadi 77,8 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada siklus III dimana rata-rata nilai hasil pembinaan menjadi 83,5. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembinaan melalui pelatihan berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja guru dalam dengan ketuntasan mencapai 100 %.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI SANGOWO KECAMATAN MOROTAI TIMUR Sibua, Amrin
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.386 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran IPA Terpadu berbasis lingkungan di MTs Negeri Sangowo Kecamatan Morotai Timur serta untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran IPA Terpadu berbasis lingkungan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas VII-A di MTs Negeri Sangowo Kecamatan Morotai Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan setiap materi yang akan diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran IPA Terpadu berbasis lingkungan pada siswa kelas VII-A MTs Negeri Sangowo Kecamatan Morotai Timur dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) pada siklus II, yakni sebanyak 7 siswa (21,8%) yang berkualifikasi memuaskan, 7 siswa (21,8%) berkualifikasi baik, 10 iswa (31,2%) berkualifikasi cukup, 5 siswa (15,6%) berkualifikasi kurang dan 3 siswa (9,3%) berkualifikasi gagal.
MANAJEMEN PEMBINAAN GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus pada SMAN 3 dan SMAN 13 Kabupaten Tangerang) Sudarsa, Agus Suarman
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.144 KB)

Abstract

Manajemen pembinaan guru memberikan implikasi rendahnya kualitas dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran. Manajemen pembinaan guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang. Kebijakan, strategi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembinaan guru serta perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi standar proses. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis data kasus individu (individual cases) dan analisis data lintas kasus (cross-cases analysis). Berdasarkan hasil temuan manajemen pembinaan guru memiliki kesamaan dan berjalan dengan baik. Kebijakan pembinaan guru berasal dari kesadaran kepala sekolah mengenai pentingnya peranan guru dalam menentukan mutu proses pembelajaran. Strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru dilakukan secara internal di sekolah dengan cara memotivasi, penghargaan bagi guru berprestasi, pengawasan atau supervisi terhadap kinerja guru.  
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN (Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Naskat Cendana Kecamatan Morotai Jaya Kabupaten Pulau Morotai) Hayun, Subhan; Ataphary, Nobertina
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.593 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa SD Kelas III SD Naskat Cendana. Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang bersifat reflektif, partisipatif dan kolaborasi yang bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi dan kompetensi atau situasi pembelajaran di kelas Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan nilai rata-rata pada siklus I 60, pada siklus II meningkat menjadi 75, hal yang sama terjadi peningkatan yang mencapai batas tuntas minimal KKM (> 65) pada siklus I sebanyak 10 siswa (62,5%). Kemudian yang tuntas pada siklus II menjadi 14 siswa (87,5%), serta 2 siswa yang belum tuntas karena terbatasnya waktu penelitian tidak dilanjutkan ke siklus III dan hanya diadakan remidi sampai dapat mencapai ketuntasan. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN RUMAH SEHAT MELALUI METODE WORD SQUARE PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI MOJO 03 Hariyani, Titis
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.545 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode word squere dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Materi Lingkungan Rumah Sehat pada siswa kelas I semester II SD Negeri Mojo 03 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata prestasi belajar siswa pada kondisi awal mencapai  72,27  dengan prosentase ketuntasan sebesar 54,55%, pada siklus I rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 78,86 dengan prosentase ketuntasan mencapai 72,73% dan kembali meningkat pada siklus II yaitu rata-rata prestasi belajar siswa mencapai 84,32 dengan prosentase ketuntasan 90,91% artinya indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 85% telah tercapai bahkan terlampaui. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Word Squere dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I Semester II pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan Rumah Sehat SD Negeri Mojo 03 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017.
STRATEGI PENINGKATANKUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN 1 LAMONGAN Aisyah, Siti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.83 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Lamongan.Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa-masa mendatang.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat di SMP Negeri 1 Lamongan.Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi partisipasi), interview (wawancara mendalam), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa : (1) Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Lamongan, (2) beberapa kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMPN 1 Lamongan, (3) Upaya mengatasinya adalah, pertama, secara bertahap melengkapi saranya prasarananya, kedua, menumbuhkan motifasi dan menambah sumber belajarn siswa, ketiga, memberi pemahaman pada wali siswa bahwa prestasi dibidang pendidikan agama pun juga penting.
HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMPS IT ROUDLOTUL JANNAH KABUPATEN BOGOR Ali, Haidar; R, M Dahlan; Sobari, Ahmad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.621 KB)

Abstract

Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Kedisplinan Siswa di SMPS IT Roudlatul jannah Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Kedisplinan Siswa di SMPS IT Roudlatul jannah Bogor. Penelitian ini dilakukan kurang lebih 3 bulan, yaitu bulan Februari sampai Maret 2019 yang dilaksanakan di SMPS IT Roudlatul Jannah Bogor. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS IT Roudlatul Jannah Bogor. Responden penelitian ini ditentukan secara Random Sampling. Tipe penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis kolerasional dengan teknik pengumpulan data berupa obesrvasi, dokumentasi dan kuesioner (angket). Kemudian data yang sudah didapatkan di analisis secara kuantitatif menggunakan teknik kolerasional menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian mengenai Motivasi Berprestasi dengan Kedisplinan Siswa (Studi Kasus Siswa SMPS IT Roudlatul jannah Bogor, menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Motivasi Berprestasi dengan Kedisplinan siswa besar koefiesien yang diperoleh yaitu 0,550 dan berada pada level cukup.
BUDAYA PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF ORANG TERNATE Sibua, Alfatah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.023 KB)

Abstract

Kebudayaan pendidikan merupakan gagasan dan konsep yang mendasari praksis pendidikan, kebudayaan pendidikan juga tidak terlepas dari keseluruhan elemen, dan wujud kebudayaan khususnya yang menyangkut ilmu pengetahuan, adat istiadat, dan cara hidup lainnya. Nilai-nilai inilah yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi lainnya sebagai sebuah kesadaran budaya dalam kehidupan masyarakat. Ternate dipilih sebagai wilayah penelitian, dikarenakan kota ini memiliki benang sejarah yang ditinggalkan oleh para leluhur zaman dahulu, sehingga menjadi warisan bagi bagi generasi sekarang di dalam mempersiapkan pendidikan baik formal maupun non-formal sebagai dasar pijakan atau pedoman dalam kehidupan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur dengan cermat terhadap fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat, dengan menggunakan perspektif etik dan emik serta analisis, model for dan model of untuk menggunakan makna dan fungsi, sesuai dengan persepsi warga setempat. Dengan demikian hasilnya dapat di pahami bahwa budaya pendidikan dapat mendorong masyarakat menjadi cerdas dalam melihat sebuah fenomena kehidupan konsep ini tidak bisah dipisahkan antara satu dengan lainnya, karena dengan ketiga dasar itulah akan melahirkan manusia yang kaya dalam ilmu pengetahuan dan anggun dalam berperilaku budaya.
PENERAPAN METODE STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD GMIH L.O.C KABUPATEN PULAU MOROTAI Salim, M Rais
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.334 KB)

Abstract

Penelitian  tindakan kelas (PTK) yang digunakan pada siswa kelas III SD GMIH L.O.C, dengan jumlah keseluruhan 16 siswa yang terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah wali kelas III SD GMIH L.O.C.  Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 5 orang (31,25%) dari jumlah keseluruhan (16 siswa), sementara 11 siswa (68,75%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (65%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 13 siswa (81,25%) dan yang belum berhasil 3 siswa (18,75%).  Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode story telling dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan materi “Menulis Karangan Bebas”.
KEKUATAN GEMOHING DALAM LITERASI SASTRA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA INSTITUT KEGURUAN DAN TEKNOLOGI LARANTUKA Wissang, Imelda Oliva
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.724 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kekuatan gemohing dalam literasi sastra mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, tahun akademik 2018/2019.Gemohing merupakan kearifan budaya  masyarakat Lamaholot, kabupaten Flores Timur yang menjadi kekuatan atau penggerak dalam hidup bermasyarakat terlebih dalam berbagai kegiatan. Kearifan gemohing berkaitan dengan kearifan gotong royong, kerjasama, saling membantu, saling menghargai, dan secara sadar merasa sebagai bagian yang tak terpisahkan dari komunitas atau masyarakat. Dalam kegiatan literasi sastra yang dilaksanakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, kearifan gemohing menjadi kekuatan atau landasan. Sehingga kegiatan ini dapat berjalan dan memberi makna bagi peserta maupun masyarakat pada umumnya dideskripsikan bahwa kekuatan ini dapat; a) saling menyadarkan, b) saling mendukung, c) saling melengkapi, d) saling peduli, e) saling memberi koreksi, evaluasi, dan f) saling meneguhkan,  sehingga tujuan dari kegiatan literasi sastra ini dapat berjalan dan berhasil baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue