cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus" : 12 Documents clear
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA Kustari, Septi Amelinda; Ikhtiono, Gunawan; Mukri, Syarifah Gustiawati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam penggunaan metode make a match, faktor yang mempengaruhinya, dan untuk mengetahui adanya hubungan antara kreativitas guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam penggunaan metode make a match dengan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Babakan Madang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kreativitas yang dilakukan adalah dengan menggunakan media berupa kartu dengan warna-warna yang menarik dan memberikan reward. Faktor yang mempengaruhi kreativitas adalah tuntutan perkembangan zaman dan supaya menjadi guru yang berkesan dan selalu diingat. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, diperoleh besarnya rxy 0.53 jika dilihat dari tabel interpretasi maka indeks korelasi yang diperoleh yaitu 0.53, yang terletak antara 0.40-0.70, dilihat dari tabel interpretasi data yang termasuk korelasi sedang atau cukup yang berarti Ha diterima. Jadi terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas guru PAI dalam penggunaan metode make a match dengan minat belajar siswa.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KELAS X IPS MAN 1 BOGOR Nur Fauzi yasim, Rizal Fahmi; Muhyani, Muhyani; Fahri, Muhammad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.973 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orang tua dan penyalahgunaan media sosial di siswa kelas X IPS di MAN 1 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan penyalahgunaan media sosial di kelas X IPS MAN 1 Bogor. Pada taraf signifikan 5% rxy = 0,357 > r Tabel 0,266 berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, ini berarti terdapat kolerasi yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan penyalahgunaan media sosial di kelas IPS MAN 1 Bogor. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pola asuh orang tua terhadap penyalahgunaan media sosial di kelas X IPS MAN 1 Bogor terdapat kolerasi yang signifikan.
HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMP ISLAM PLUS DAARUL JANNAH BOGOR Nurhasanah, Nurhasanah; Priyatna, Oking Setia; Sutisna, Sutisna
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dalam keluarga, untuk mengetahui bagaimana perilaku siswa di sekolah dan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pendidikan dalam keluarga dengan perilaku siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di di SMP-IP Darul Jannah di daerah Stadion Pakansari Kabupaten Bogor pada bulan Mei-Juli 2019. pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara random. Hasil dari penelitian ini 1) pendidikan karakter dalam keluarga mendapatkan nilai“Sangat Baik”. Hal ini dapat dbuktikan bahwa persentase alternatif jawaban dengan skor 4 atau selalu sebanyak 61,7 %. 2)Perilaku siswa mendapatkan nilai “Sangat Baik”. Hal ini dapat dbuktikan bahwa persentase alternatif jawaban dengan skor 4 atau selalu sebanyak 44,1%. Terdapat hubungan antara pendidikankarakter keluarga dan perilaku siswa sebesar 0,363. Keeratan hubungan termasuk pada tahapan rendah karena berada pada rentang 0,20-0,399.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS KELAS VIII DI MTs. ASH-SHOHEH CITEUREUP BOGOR Maulani, Ririn; Priyatna, Oking Setia; Sutisna, Sutisna
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.048 KB)

Abstract

Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktifitas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits menggunakan metode Quantum Teaching. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 MTs. Ash-Shoheh Citeureup Bogor. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pengamatan (observasi) dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hal ini dijelaskan bahwa metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dari pelaksanaan tindakan pada pembelajaran dari observasi awal didapat tingkat motivasi siswa pada pra siklus adalah 53,33%, dan setelah dilaksanakan pembelajaran mengggunakan metode Quantum Teaching tingkat motivasai belajar siswa meningkat,  pada siklus I mencapai 63,33%, pada siklus II mencapai 76,66% dan pada siklus III mencapai 90%.
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 CIAMPEA Hilmi, Muhammad Irfan; Muhyani, Muhyani; Sobari, Ahmad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pola asuh orang tua sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas pribadi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Islami Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ciampea. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Sedangkan untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Kemudian untuk menganalisis data digunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,500. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,40-0,70 yang berarti antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Kemudian dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,196 dari 100 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,500 > rtabel 0,196. Artinya terdapat hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Islami Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Ciampea.
PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN FORMAL (Studi Kasus di Desa Pilowo Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai) Hayun, Subhan
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.713 KB)

Abstract

Persepsi adalah proses yang menggabungkan dan mengorganisasi data-data untuk dikembangkan sedemikian rupa sehingga kita dapat menyadari pola pikir masyarakat di sekeliling (lingkungan), dan persepsi bisa berkembang menjadi pola pikir, dan selanjutnya menjadi jalan hidup dalam masyarakat yang menunjukan bahwa masyarakat memiliki persepsi positif dan persepsi negatif tentang pentingnya pendidikan formal. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Pilowo. Metode penelitian menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentsi untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pendidikan. Temuan data melalui observasi bahwa masyarakat Pilowo memiliki kehidupan yang membudaya dan memiliki keadaan ekonomi dengan hirarki yang beragam. Hasil wawancara ditemukan terdapat persepsi negative yang ditunjukan oleh masyarakat desa Pilowo. Bahkan lebih beragam lagi bahwa hasil temuannya menunjukan bahwa terdapat persepsi positif, dan persepsi negatif yang ditunjukan oleh masyarakat Pilowo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat persepsi negatif dan persepsi positif yang berkembang di dalam persepsi dan polapikir masyarakat Pilowo.
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP AL-GHAZALY KOTA BOGOR Aekah, Robiatul
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.58 KB)

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an ada beberapa factor, diantaranya metode konvensional serta minat siswa pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Al-Ghazaly Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan motode tutor sebaya, penelitian tindakan kelas ini yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam  dua siklus penelitian dimana tiap siklus difokuskan pada membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an surat Al-Qari’ah. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Pada siklus I hanya mencapai 39% sedangkan yang diharapkan adalah 75% dari seluruh siswa mencapai KKM (75). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96% meningkat sebesar 57%.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI INTERAKSI EDUKATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE Ismail, Julia
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.47 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif presentase, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia melalui Interaksi Edukatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Ternate yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah keseluruhan 126 siswa. Sedangkan penerapan sampel dalam penelitian adalah sebanyak 32 siswa mewakili seluruh populasi. Pengumpulan data menggunakan (1). Teknik Observasi, (2). Teknik Wawancara, dan (3). Angket. Angket penelitian terdiri dari 1 butir soal pilihan ganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan skala interval presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1). Peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia melalui interaksi edukatif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 kota Ternate masih berada pada kategori “rendah” (2). Pada hasil analisis data kategori “sangat rendah” terdapat 35 responden, “rendah” 80 responden, “sedang” 44 responden dan “cukup”  61 responden.
MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SMPN 2 KOPO KABUPATEN SERANG PADA KELILING DAN LUAS LINGKARAN MELALUI PENERAPAN MODEL TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) Mubarok, Alfian
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.585 KB)

Abstract

Matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin kita sampaikan. Siswa juga tampak tidak bermotivasi pada pelajaran matematika. Selain tumbuhnya motivasi, guru juga harus membangkitkan motivasi yang ada dalam diri siswa agar terangsang untuk mempelajari sub pokok bahasan serta ingin memahami pelajaran lebih lanjut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data-data yang terkumpul adalah teknik deskriptif komparatif yaitu untuk membandingkan keberhasilan antar siklus. Teknik analisis data prestasi belajar siswa menggunakan statistik sederhana yaitu analisis Ketuntasan belajar. Dari hasil analisis data dan pembahasannya, diperoleh kesimpulan Penerapan model  Think Pair Share pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran terbukti meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Kopo, Penerapan model Think Pair Share pada sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas VIII B SMP Negeri 2 Kopo.
HUBUNGAN LATAR BELAKANG EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BOGOR Kaharudin, Faisal; R, M. Dahlan; Hamdani, Ikhwan
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai peserta didik, setiap anak dituntut untuk berprestasi, setidaknya oleh orang tua masing-masing. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Salah satunya adalah latar belakang ekonomi keluarga. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneiliti hubungan latar belakang ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar, tepatnya pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan Latar Belakang Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Bogor. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,367. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,420-0,40 yang berarti antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang rendah. Kemudian dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,261 dari 57 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,367 > rtabel 0,261. Artinya terdapat hubungan antara Latar Belakang Ekonomi Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Bogor.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue