cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA VII D SMP NEGERI 2 RENGAT BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Rosvaria, Rosvaria
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.62 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model inquiry learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus.Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan indikator pencapaian jika 85% siswa sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka penelitian dinyatakan sudah berhasil. Nilai KKM mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri 2 Rengat Barat adalah 75. Hasil belajar pada siklus 1 belum mencapai nilai ketuntasan klasikal yaitu 74,2% untuk KD Pengetahuan, kondisi pada siklus 2 meningkat menjadi 87,1%, dengan demikian hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sudah mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 85%.. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran Model Discovery Learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPA.
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SURVEI PADA SISWA SMPN DI KABUPATEN SERANG Sumarni, Nani
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.338 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial baik secara bersama-sama maupun parsial. Jika memang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri Kabupaten Serang. (2) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri Kabupaten Serang. (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri Kabupaten Serang.
PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR FISIKA BERBANTUAN EVALUASI QUIZIZZ DI SEKOLAH BERSISTEM KREDIT SEMESTER Dewi, Hartini
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.195 KB)

Abstract

Problem based learning merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran, artinya dalam implementasi PBL ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa. Siswa  tidak hanya mendengar, mencatat, kemudian menghafal materi pelajaran, tetapi melalui model problem based learning (PBL) siswa menjadi aktif berpikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, dan akhirnya membuat kesimpulan. Kedua, aktivitas pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan masalah. Problem based learning ini menempatkan masalah sebagai kata kunci dari proses pembelajaran. Dengan menggunakan unit kegiatan belajar mandiri yang dikenal dengan istilah ukbm, awalnya semua siswa di semester satu diberi awalan pengajaran yang sama. Setelah tengah semester, mulai ketahuanlah kemampuan masing-masing kelompok. Ada 20? siswa berkemampuan cepat. Ada 25? siswa berkemampuan menengah. Sisanya ada 55? siswa berkemampuan rendah, Kesimpulan dapat ditarik sebagai berikut  PBL sebagai strategi pembelajaran berbasis masalah di dunia nyata dapat digunakan untuk merangsang pemikiran kritis siswa dalam menyelesaikan masalah. Prosentase perubahan yang terjadi dalam penggunaan metode problem based learning di kelas yang menggunakan sistim kredit semester berbantuan Quizizz. Pada awalnya, hasil belajar untuk aspek kognitif siswa adalah 29,06% dan setelah metode PBL pada siklus pertama meningkat menjadi 56,88% dan menjadi 84,77% pada siklus kedua. Peningkatan antara siklus I dan II adalah 27,89% setelah penerapan PBL.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGARANG DENGAN METODE CRITICAL INCIDENT SISWA KELAS VA SD NEGERI UNGGULAN 1 PULAU MOROTAI Ismail, Julia; R.S. Budian, Aditia
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.124 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri Unggulan 1 Pulau Morotai yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Pada hasil belajar siklus I, siswa yang berhasil berjumlah 9 siswa (40,90%) dari jumlah keseluruha 22 siswa (100%). Sedangkan 13 siswa (59,09%) belum berhasil. Dengan hasil demikianlah sehingga peneliti melakukan penelitian ke siklus II, pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu siswa yang berhasil menjadi 19 siswa (86,36%). Peningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 45,46%. Hasil penelitian ini dikarenakan penggunaan metode Critical Incident yang sudah efektif dari guru. Sehingga peneliti dapat berkesimpulan bahwa penggunaan metode Critical Incident dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri Unggulan 1 Pulau Morotai mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengarang.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 RENGAT BARAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Deliana, Tiapul
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.636 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun pelajaran 2018/2019 melalui praktik penerapan Model Discovery Learning. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) maka penelitian dinyatakan sudah berhasil. Nilai KKM mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Rengat Barat adalah 60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Model Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar pada siklus 1 belum mencapai nilai ketuntasan klasikal yaitu 71,9% untuk KD Pengetahuan pada kondisi pada siklus 2 meningkat menjadi 90,6%  sedangkan  pada KD Ketrampilan 68,8% pada siklus 1 dan pada kondisi pada siklus 2 meningkat menjadi 87,5%, dengan demikian hasil belajar Matematika siswa pada materi pokok Aritmatika Sosial sudah mencapai ketuntasan klasikal lebih dari 85%. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran Model Discovery Learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran Matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue