cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November" : 12 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BERIWIT – 7 Mastiawati, Mastiawati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.811 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Bangun Ruang menggunakan metode mind map pada siswa kelas V SDN Beriwit ? 7.  Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Beriwit ? 7 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2017. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  hasil  belajar  matematika  siswa dengan menggunakan metode Mind Map mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas V sebesar 49,01%. Selain itu dari hasil analisis data observasi mengalami peningkatan yaitu dari 46,7% aspek terpenuhi menjadi 86,7% aspek. Karena pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, maka diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran tersebut.
IMPLEMENTASI NILAI BUDAYA LOKAL DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP DI KABUPATEN PULAU MOROTAI Salim, M Rais; Ismail, Julia
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.893 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses implementasi nilai budaya lokal dalam penguatan pendidikan karakter siswa SMP di Kabupaten Pulau Morotai.Analisis data digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada 5 SMP di 5 Kacamatan Kabupaten Pulau Morotai. Data penelitian yang berupa kata-kata, tulisan-tulisan atau dokumen-dokumen yang terkait dengan penelitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan atau Narasumber yaitu kepalah sekolah, guru, staf, orang tua dan siswa. Model intraktif adalah teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dalam proses pembelajaran selalu mengkombinasikan nilai budaya lokal dalam pendidikan karakter, sebagai siswa harus mampu mengenal budaya dan bahasa daerahnya. Untuk memetik nilai budaya lokal adalah saling menghormati dan menghargai sesama manusia, budaya berkata jujur, bertanggung jawab pada diri sendiri, dan yang paling penting yaitu budaya malu.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MELALUI TEKNIK REWARD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BERIWIT 7 TAHUN AJARAN 2016/2017 Renadelika, Renadelika
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.405 KB)

Abstract

                Tujuan dalam penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran tematik integratif melalui teknik reward pada siswa kelas III SD Negeri Beriwit 7. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan Maret-Mei 2017pada semester II tahun ajaran 2016/ 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Beriwit 7 tahun ajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 48 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan peningkatan motivasi belajar terlihat dari hasil skala motivasi belajar siswa secara klasikal pada pratindakan memperoleh persentase 54,31%, siklus I memperoleh persentase 71,65% dan siklus II memperoleh persentase 90,10% sehingga telah mencapai kriteria keberhasilan. Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari persentase rata-rata hasil skala motivasi belajar siswa secara individu, jumlah siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan pada pratindakan sejumlah 4 siswa atau 8.35% siswa, siklus I sejumlah 15 siswa atau 31.25% siswa, siklus II sejumlah 45 siswa atau 93.75% siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD Kristianto, Yusuf
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.843 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan yaitu untuk menganalisis model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdapat 3 pertemuan, 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dan tes yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitas dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar. Hasil analisis data pada siklus I yaitu rata-rata hasil belajar dan rata-rata berpikir kritis 65,6, Hasil analisis data pada siklus II yaitu rata-rata hasil belajar dan rata-rata berpikir kritis 80,13, Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada simpulan bahwa berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran IPA siklus I dan siklua II meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Widodaren.
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KARAKTER SISWA DENGAN PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMA NEGERI 10 BOGOR Muhyani, Muhyani; Fatimah, Siti; Asmahasanah, Salati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.808 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan pemanfaatan media sosial, untuk mengetahui pengaruh karakteristik dari pemanfaatan media sosial dan untuk mengetahui pola asuh orang tua dan karakter siswa secara bersama-sama berpendaruh terhadap pemanfaat media sosial. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Uji hipotesis menggunakan analisis product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan pola asuh orang tua dan karakter siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemanfaatan media sosial. Tingkat keeratan hubungan tersebut yaitu melihat R koefisien korelasi dengan nilai 0.432 artinya derjat hubungan antara 3 variabel tersebut merupakan kategori korelasi sedang. Karena nilai 0.432 masuk dalam kategori person correlation 0,41 s/d 0,60 = korelasi sedang. Maka Ho ditolak dan disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua (X1) dengan karakter siswa (X2) dan pemanfaatan media sosial (Y).
PENGARUH AKTIVITAS FISIK DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA HIPERTENSI DI PANTI WREDHA MARIA SUDARSIH AMBARAWA Windri, Tabita Ma; Kinasih, Angkit; Sanubari, Thresia Pratiwi Elingsetyo
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.716 KB)

Abstract

Lansia rentan mengalami penyakit yang berhubungan dengan proses menua salah satunya hipertensi. Dalam penelitian Xu et al. (2016), mengatakan bahwa orang dengan hipertensi memiliki kualitas hidup yang buruk dari pada orang yang tidak mengalami hipertensi. Aktivitas fisik diduga berhubungan dengan kualitas hidup pada lansia hipertensi. Dengan melakukan aktivitas fisik, lansia dapat mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui perubahan pemberian senam lansia untuk peningkatan kualitas hidup lansia  di Panti Wredha Maria Sudarsih Ambarawa yang menderita hipertensi. Metode penelitiannya: instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner WHOQOL-BREF dari WHOQOL Group. Kusioner kualitas hidup pada lansia penderita hipertensi akan dilakukan 2 kali yaitu sehari sebelum dan sesudah kegiatan aktivitas fisik selama 2 minggu. Data lainnya adalah tekanan darah sebelum senam dan sesudah senam untuk mengetahui perubahan tekanan darah. Hasil penelitin terdapat pengaruh aktivitas fisik dengan kualitas hidup lansia pada domain kesehatan fisik dengan didukungnya data tensi tekanan darah yang mengalami penururan.
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN GURU DENGAN PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL DI MAN 1 KOTA BOGOR Darmawan, Agus; Muhyani, Muhyani; Asmahasanah, Salati
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.533 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan Pola Asuh Orang Tua dan guru terhadap Penyalahgunaan Media Sosial Kelas XI di MAN 1 Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Sedangkan untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Kemudian menganalisis data menggunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,384. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,20-0,40 yang berarti antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang kecil atau rendah. Kemudian dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,196 dari 100 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,384 > rtabel 0,196. Artinya terdapat hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Guru dengan Penyalahgunaan Media Sosial Kelas XI di MAN 1 Kota Bogor.
UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK Irwandi, Irwandi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.831 KB)

Abstract

Penelitian ini mengetahui efektifitas bimbingan kelompok terhadap disiplin siswa. Jenis penelitian adalah PTK. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Mutiara Pidie Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian pada siswa kelas XII IPS 2, sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian, melalui bimbingan kelompok siklus I belum mencapai hasil yang diharapkan. Hal dilihat kemampuan siswa dalam prestasi belajarnya masih kurang, presentase rata-ratanya 67,90%. Sedangkan pada siklus II mencapai nilai keberhasilan yang baik sesuai harapan guru. Presentase nilai rata-ratanya 81,12%. Sementara hasil tes awal dan tes akhir siklus I dan siklus II adalah hasil belajar siswa yang melanggar disiplin sekolah setelah diadakan bimbingan secara intensif berkesinambungan dalam rangka untuk meraih prestasi belajar dalam berbagai kegiatan dapat menyelesaikan masalah atau kesulitan dengan baik. Hal ini dapat dari hasil belajar siswa. Adapun hasil prestasi belajar siswa yang diperoleh dari akhir siklus I nilai rata-ratanya 67,90% dan meningkat menjadi 81,12% pada akhir siklus II meningkat hasil belajar siswa.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 SD Hidayat, Wisnu Agung; Harjono, Nyoto
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.485 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis video pembelajaran tematik dan mengetahui efektifitas media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 1 SD. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Berdasarkan penilaian dari ahli media didapatkan rata-rata skor 3 dengan kategori baik. Penilaian dari ahli materi didapatkan rata-rata skor 3 dengan kategori baik. Selain penilaian dari ahli media dan ahli materi, didapatkan penilaian dari ahli motivasi atau psikologi dengan rata-rata skor 3,1 dengan kategori baik. Nilai ketuntasan tes siswa meningkat 22% setelah menggunakan media video pembelajaran. Selain itu, angket respon siswa mengenai keterterimaan siswa terhadap media pembelajaran juga tergolong sangat baik dengan persentase 86% atau 20 siswa mengisi angket dengan jawaban yang memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pengembangan media video pembelajaran dinyatakan layak.
ANOMALUS SEBAGAI BRAND AURA PADA KARAKTER SUPERHERO FILM AVENGERS: ENDGAME Triartanto, A. Yudo; Martias, Martias; Suriyanto, Adhi Dharma; Fitriyanto, Fitriyanto
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.995 KB)

Abstract

Genre film superhero telah banyak mencapai boxoffice movie, termasuk tetralogi film The Avengers. Indikatornya, selama waktu tiga hari pemutaran, The Avengers (2012) ? dari hasil kreasi Marvel Cinematic Universal - mampu meraup pendapatan USD 200 juta sepadan dengan Rp. 1,8 triliun. Begitupun Avengers: Endgame (2019). Mengacu dari kesuksesan tersebut, penelitian dan analisis ini difokuskan terhadap film Avengers: Endgame, yang dikaitkan dengan kuatnya minat penonton untuk menyaksikan filmnya. Selain skenario naratif yang menarik, patut dicermati adalah adanya unsur-unsur daya tarik yang dimiliki para karakter tokoh superhero, dan juga villains. Maka itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan konsep kategori anomalus yang digagas Claude Levi-Strauss, tentang posisi dan oposisi biner para superhero dan villains, yang tergabung dalam film Avengers: Endgame. Kategori anomalus bertujuan untuk mengurai batas kekaburan para superhero dan villains mengenai kategorialnya. Sedang konsep brand aura untuk menyingkap dan menemukan unsur-unsur daya tarik yang dimiliki para superhero dan villains. Struktur Naratif Vladimir Propp dimanfaatkan sebagai penjabaran mengenai peran-peran karakter dalam suatu narasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue