cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI, DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEMESTER 1 SDN TUMBANG LAHUNG-2 Yuniarti, Ana
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.161 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III SDN Tumbang Lahung ? 2, tentang operasi hitung bilangan sampai tiga angka dengan menggunakan media realia dengan metode diskusi dan demonstrasi sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap yang positif. Penelitian ini dilakukan di SDN Tumbang Lahung ? 2 kelas III pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 (19 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki), dalam pembelajaran matematika tentang perkalian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas III SDN Tumbang Lahung ? 2, menggunakan media realia dengan metode diskusi dan demonstrasi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Setelah dianalisis, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 38.8%, pada siklus II sebesar 83.2% dan siklus III sebesar 97.1%. Hal ini berarti ada peningkatan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika pada materi perkalian. Peningkatan ini berdampak positif terhadap hasil belajar yakni semakin tinggi minat siswa terhadap pembelajaran matematika, semakin tinggi pula hasil belajar yang mereka capai untuk meraih prestasi. Maka peran guru menjadi sangat penting yaitu sebagai motivator dan fasilitator. Hal ini ditunjukkan hasil belajar siswa pada penelitian tindakan kelas.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION Gumilar, Rendra
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.535 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena tingkat berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsil masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui metode pembelajaran Investigasi Kelompok atau Group Investigation. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi adalah semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah ekonomi publik. Sampel diambil oleh dua kelas dengan teknik purposive sampling atau dengan pertimbangan tertentu. Kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pre-test dan post-test untuk menentukan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal-soal tes berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji dua perbedaan rata-rata. Berdasarkan uji hipotesis, pretest dan posttest bahwa kelas eksperimen dinyatakan memiliki perbedaan kemampuan berpikir kritis.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II MIS HI. AHMAD SYUKUR DARUBA KABUPATEN PULAU MOROTAI Ismail, Julia
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.255 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa dengan menggunakan media cerita bergambar siswa kelas II MIS HI Ahmad Syukur Daruba. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II MIS HI Ahmad Syukur Daruba, tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 12 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah Wali Kelas II MIS HI Ahmad Syukur Daruba. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cerita bergambar. Desain penelitian mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut model Jhon Elliot, dalam Maryam B. Gainau (2016:82) yang meliputi: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Tes, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan proses membaca nyaring siswa. Hal ini ditujukkan dari nilai rata-rata kelas kemampuan membaca nyaring dari siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 9 orang (42%) dari jumlah keseluruhan (21 siswa), sementara 12 siswa (57%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (38%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 17 siswa (80%) dan yang belum berhasil 4 siswa (19%).
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SDN SUNGAI BATANG - 1 Suriadi, Suriadi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.545 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Ingin mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan, menila, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa dan menyusun rencana pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sungai Batang ? 1 pada tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti mengambil tempat penelitian di SDN Sungai Batang ? 1 karena  SD itu  adalah SD tempat  peneliti bekerja. Guru-guru di SDN Sungai Batang ? 1 ada yang GTT, GB, PNS, dan ijazahnya pun beragam, yakni  ada yang berijazah diploma, sarjana, dan pascasarjana. Berdasarkan peningkatan kinerja guru baik rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian siswa ternyata mempengaruhi hasil ujian siswa tahun 2018.
PENDEKATAN METODE PICTURE AND PICTURE DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI DALAM MENGARANG SASTRA NOVEL PADA SISWA SMAN 1 LHOKSEUMAWE Maimunah, Maimunah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.509 KB)

Abstract

Novel merupakan satu diantara sekian banyak materi pelajaran sastra. Untuk mampu menulis karya tersebut, peserta didik dituntut untuk rajin membaca. Dari kebiasaan membaca, otomatis dapat menguasai isinya. Penguasaan terhadap isi, menjadi modal untuk mengembangkan potensi peserta didik.Akhir-akhir ini, kemampuan peserta didik dalam menulis karya fiksi seperti novel sangat memprihatinkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; kurangnya keinginan peserta didik dalam menggeluti dunia sastra yang maksimal, dan kurangnya motivasi guru terhadap materi tersebut. Dari persoalan di atas, penulis mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan Picture and picture. Adapun tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk memberikan pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan melakukan pengamatan secara visual terhadap gambar-gambar. Melalui gambar-gambar, akan tumbuh motivasi untuk mengembangkan ide-ide. Hasil penelitian pada siklus kedua dengan menggunakan metode Picture and picture, menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan siklus pertama.   Kata Kunci : Novel, Fiksi, Picture and Picture, Meningkatkan Prestasi

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue