cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September" : 4 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN 026 PEMATANG REBA TAHUN AJARAN 2017/2018 Sidar'am, Sidar'am
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.752 KB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SDN 026 Pematang Reba dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan bulan februari semester II tahun 2018. Penelitian ini dilakukan karena sering terjadinya kendala proses dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran.. Karena itu penelitian mengambil model pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dengan tujuan agar siswa dalam pembelajaran tertarik dengan materi yang disajikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 026 Pematang Reba dengan jumlah siswa 26 orang. Prosedur penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Data awal hasil pra siklus, post test siklus I dan post test siklus II. Hasil ketuntasan 44,44%. Sedangkan pada hasil belajar siklus I menunjukkan persentase ketuntasan belajar mencapai 63% kemudian hasil belajar post test siklus II persentase ketuntasan belajar 89%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS IX A SMP NEGERI 2 JAWILAN Dewi, Erning Yustiana
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.348 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jawilan melalui pembelajaran dengan menerapkan Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas di kelas IX A SMP Negeri 2 Jawilan. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan Problem Based Learning. Pembelajaran dengan Problem Based Learning terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1)mengorientasikan siswa pada masalah, (2)mengorganisasi siswa untuk belajar, (3)membimbing penyelidikan individual dan kelompok, (4)mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5)menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi, kegiatan pembelajaran dengan Problem Based Learning terlaksana 86,11% pada siklus I dan 97,61% pada siklus II. Peningkatan juga ditunjukkan dari rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 63,39 pada siklus I menjadi 73,57 pada siklus II.
PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP BANI ABDILLAH Hakim, Fuad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.802 KB)

Abstract

ABSTRAK Fuad Hakim, NPM: 151104090250, ?Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Bani Abdillah?, Fakultas Agama Islam UIKA Bogor, 2019. Skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kinerja guru pendidikan agama islam di SMP Bani Abdillah, dan juga untuk memperoleh gambaran tentang kinerja guru dalam meningkatkan hasil belajar di SMP Bani Abdillah serta untuk mengetahui prestasi belajar dalam mengajar di SMP Bani Abdillah. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April-Juli 2019 di SMP Bani Abdillah. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya adalah menggunakan metode korelasional deskriftif. Untuk teknik pengambilan sampel nya yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuisioner, sedangkan teknik korelasi yang di gunakan adalah product moment. Adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian bahwa terdapat korelasi yang signifikan anatar persepsi siswa terhadap kinerja guru pendidikan agama dalam meningkatkan hasil belajar di SMP Bani Abdillah. Hasil penelitian bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel pada signifikansi 5% dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa item pernyataan dalam kuesioner penelitian ini dinyatakan valid sehingga dapat digunakan sebagai instrumen penelitian dilapangan. Melihat hasil r, angka 0,660 berada diantara 0,60-0,799 yang termasuk kuat, sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan persepsi siswa terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar di SMP Bani Abdillah berada pada tingkat kuat.  
STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH DAN ABUDDIN NATA Solehudin, Tohir; Eranata, Soni
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.854 KB)

Abstract

Pendidikan akan terus berkembang mengikuti zaman, sehingga dibutuhkan pemikiran-pemikiran tokoh Islam yang focus dalam dunia pendidikan, untuk memecah segala problematika pendidikan yang dirasakan saat ini. Kedua tokoh ini terkenal konsen dalam melihat pendidikan dan mengamati sebagai salah satu instrument yang digunakan untuk mencetak generasi yang memiliki syaksiyah islamiya. Proses kependidikan Islam memerlukan konsep-konsep yang pada gilirannya dapat dikembangkan menjadi teori-teori yang teruji dalam prakteknya dilapangan. Bangunan teoritis kependidikan Islam itu akan dapat berdiri tegak diatas pondasi pandangan dasar (filosofis) yang telah digariskan oleh Tuhan dalam kitab suci wahyu-Nya yaitu Al-Qur?an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripitif kualitatif untuk memberikan gambaran konstruksi konsep pendidikan dari tokoh-tokoh Islam yaitu Muhammad Abduh dan Abuddin Nata dalam melihat pendidikan dari sisi tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, dan output yang akan dicetak.  Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian kepustakaan dan literatur yang ada relevansinya dengan judul.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue